Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Cara Lambung Sehat Saat Puasa dengan Gaya Hidup Sehat

Bagaimana Cara Lambung Sehat Saat Puasa dengan Gaya Hidup Sehat? Dan Apa Saja Macam-macam Gangguan Lambung?

Bagaimana cara sehatkan lambung ketika berpuasa dengan gaya hidup sehat? Pertanyaan ini bakal terus membekas, terlebih belum lama ini kita telah melewati masa satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Masa-masa indah yang akan terus dirindukan kedatangannya, karena memberikan manfaat untuk kesehatan mental, spiritual, dan fisik. Meski begitu, berpuasa tetap dapat kita laksanakan, khususnya bagi umat muslim beberapa diantaranya seperti:

Cara Lambung Sehat Saat Puasa dengan Gaya Hidup Sehat

  • Ayyamul Bidh, yaitu puasa 3 hari pada tanggal 13,14, dan 15 setiap bulannya (perhitungan kalender Hijriyah).
  • Puasa sunnah hari Senin dan Kamis
  • Puasa Daud, yaitu puasa yang dilakukan selang satu hari, misalnya hari ini berpuasa, esok tidak, lalu lusa kembali berpuasa, kemudian tulat tidak, dan begitu seterusnya. 
  • Puasa 6 Syawal, yaitu puasa sunnah berjumlah 6 hari pada bulan Syawal
  • Puasa Arafah, yaitu puasa sunnah yang dilakukan pada hari arafah tanggal 9 Zulhijjah. 

Macam-macam puasa ini, akan nyaman dilakukan tentunya dengan dukungan kondisi tubuh yang sehat, khususnya organ lambung. Pasalnya salah satu sistem pencernaan ini kerap menjadi “sesuatu” ketika puasa dilakukan. Sesuatu apa yang dimaksud tersebut? Yuk kita bahas bersama sambil mengenal lebih dekat tentang lambung. 

Apa Itu Lambung?

Lambung adalah salah satu organ dalam sistem pencernaan tubuh. Memiliki lapisan mukosa, submukosa, proparia muskularis dan serosa. Ukuran lambung yang elastis dapat mengembang, menjadi besar dan kecil sesuai dengan porsi makan yang masuk ke tubuh. Saat kita makan dalam porsi besar, maka perut juga tampak membesar dan terasa penuh. 

Ketika proses pencernaan selesai, maka perut akan kembali lagi pada ukuran normal. Ukuran lambung dewasa sekitar 75mililiter, sedangkan ukuran lambung bayi sekitar 30 mililiter. Biar makin sayang lagi dengan lambung, yuk kita kenalan juga dengan bagian-bagiannya, yaitu:

a. Kardiak: Bagian Paling Atas Lambung

Bagian paling atas lambung yang memiliki otot seperti cincin disebut juga dengan kardiak. Bagian ini langsung terhubung dengan kerongkongan, sehingga dapat mencegah terjadinya isi dalam lambung kembali ke kerongkongan.

b. Fundus: Sebelah Kiri Kardiak

Bagian lambung selanjutnya yang berda di bawah diafragma dan berada di sebelah kiri kardiak disebut dengan Fundus. Ketika makanan berada di bagian ini akan dibantu dengan zat pepsinogen yang kemudian menjadi enzim pepsin yang bermanfaat dalam mencerna protein. 

Bagaimana Cara Lambung Sehat Saat Puasa
ilustrasi bagian lambung (sumber: Roboguru-Ruangguru)

c. Badan lambung

Di dalam badan lambung, makanan mulai diproses dan dicerna dengan bantuan asam lambung.

d. Antrum: Bagian Bawah Lambung

Antrum ini lokasinya berada dekat dengan usus dua belas jari. Ketika makanan dari badan lambung menuju antrum, akan sementara disimpan, sebelum nantinya masuk ke dalam usus dua belas jari. 

e. Pilorus: Bagian Akhir Lambung

Pada bagian akhir lambung atau pilorus terdapat katup, yang bermanfaat agar makanan dari usus dua belas jari tidak masuk lagi ke lambung, karena posisinya, di sini terhubung dengan usus halus.

Peran Lambung dalam Sistem Pencernaan

Proses masuknya makanan ke dalam tubuh mulai dari mulut lalu ke kerongkongan, kemudian ke dalam lambung. Pada tahapan ini, organ lambung akan mengeluarkan enzim dan asam, sebagai proses pencernaan makanan. Kehadiran organ yang berada di bagian atas perut sisi kiri ini berperan dalam: 

Peran Lambung dalam Sistem Pencernaan
ilustrasi lambung dan usus (sumber: freepik)

a. Tempat Penampungan Makanan

Makanan ditampung pada lambung sekitar dua jam sebelum berlanjut ke proses pencernaan berikutnya. 

b. Pemecah Makanan 

Pada tahapan ini, lambung yang memiliki jaringan otot dan enzim pencernaan akan memecah makanan agar mudah terserap oleh tubuh, khususnya saat penyerapan vitamin B12 yang berguna dalam pembentukan sel darah merah dan DNA, juga memelihara sistem saraf. 

c. Eliminasi Zat Berbahaya

Peran lambung dalam mengeliminasi zat ataupun mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh melalui enzim HCl atau asam klorida, sehingga makanan yang layak masuk ke dalam usus adalah yang sudah disaring dengan layak.

d. Pendorong Makanan ke dalam Usus

Usai makanan diolah di lambung, proses selanjutnya berlanjut dengan mendorong makanan ke usus halus guna penyerapan nutrisi. 

Alasan Lambung Perih Ketika Berpuasa

Lambung kita pada dasarnya terus bekerja dengan gerakan peristaltik (meremas), baik kita sedang tidur ataupun beraktivitas. Sedangkan puasa berarti menahan dari aktivitas makan dan minum kurang lebih sekitar 12-14 jam sehari. 

Ketika kita terbiasa mengisi perut dengan makanan pada jam tertentu, misalnya di jam 8 pagi, kemudian esoknya kita berpuasa, maka bukan berarti lambung pun ikut berpuasa dari gerakan peristaltiknya meski perut kita kosong, karena di situlah rasa perih terjadi akibat meningkatnya asam lambung dan kembung. 

Tips Agar Lambung Sehat Meski sedang Berpuasa
ilustrasi gangguan lambung (sumber: freepik)

6 Tips Lambung Tetap Sehat Saat Berpuasa

Macam-macam gangguan lambung yang perlu kita ketahui seperti dispepsia (kembung, mual, sendawa), GERD, gastritis, tukak lambung (luka pada lambung), gastroparesis (otot lambung tidak berfungsi normal sebagaimana mestinya), gastroenteritis (flu lambung), kanker lambung, dan hernia hiatus (posisi lambung masuk ke rongga dada). Oleh karenanya, perlu antisipasi dalam menjaga lambung tetap sehat ketika berpuasa sehingga lancar hingga waktunya berbuka tiba, dengan cara sehat:

a. Makan Secukupnya dan Perlahan

Sebab perut kosong seharian dan punya mindset sebagai cadangan makanan untuk siang hari, jangan makan terlalu banyak. Lebih baik, banyak makan buah dan sayur yang dapat membuat kenyang lebih lama dan lebih bersahabat untuk lambung. Selain itu, usahakan untuk memiliki waktu yang cukup untuk santap sahur, agar tidak terburu-buru mengunyah makanan. 

b. Hindari Makanan PEMAKSA

Hemm, apakah ada makanan yang dipaksa-paksa? Ada nih makanan PEMAKSA, dan sebaiknya dihindari ketika berpuasa, yaitu jauhi makanan PEdas, berleMAK dan aSAm. Ketiga kandungan makanan tersebut berpotensi terjadinya gangguan lambung. Oleh karena itu, sebaiknya beralih ke asupan dengan gizi seimbang lebih dibutuhkan ketika berpuasa.

c. Hindari Tidur Pasca Makan

Kita pastinya acap kali merasakan kantuk usai makan-makanan berat. Terlebih di momen sahur, dengan nuansa syahdu dan sejuk, kita menyantap hidangan, eh tiba-tiba mata pun ingin sejenak berlabuh di bantal yang empuk. Sebisa mungkin, hindari tidur pasca makan, karena dapat memberikan tekanan pada lambung, sehingga cairan lambung dan makanan yang berada di dalam lambung akan naik ke kerongkongan.

d. Batasi Minuman Berkafein

Di satu sisi, minum-minuman berkafein memiliki manfaat untuk kurangi risiko depresi, memperbaiki mood, dan bantu dalam berkonstrasi. Hanya saja, bila diminum secara berlebihan ketika perut yang lama kosong saat puasa, akan mengganggu kesejahteraan lambung kita. Batasi konsumsinya dengan gaya hidup sehat yaitu cukupi dengan minum air putih. 

e. Bergerak Ringan Pasca Sahur dan Berbuka Puasa

Alhamdulillah perut telah terisi usai menikmati hidangan sahur dan makanan berbuka puasa. Umumnya kita akan duduk sejenak. Sedapat mungkin, jangan terlalu lama duduk, bisa jalan kaki ringan agar perut (lambung) tidak terlalu tertekan. 

f. Berbuka Puasa Tepat Waktu

Kita pastinya mengetahui bahwa menyegerakan berbuka puasa memiliki manfaat baik, beberapa diantaranya adalah sebagai buah kesabaran dan rasa syukur dari menahan lapar, haus, dan hal-hal yang dilarang lainnya. Tubuh kembali bugar, termasuk bagian lambung, karena telah terisi sehingga makin semangat menjalankan ibadah.

Tips Lambung Tetap Sehat agar Puasa Lancar dengan Gaya Hidup Sehat
ilustrasi lambung (sumber: freepik)

Penutup

Sehatkan lambung ketika berpuasa dengan gaya hidup sehat, bisa diterapkan dengan bahagia. Sebab kondisi lambung yang sehat, dapat menyehatkan diri pula, karena bebas dari gangguan kesehatan. Untuk menjaga kesehatan tubuh yang berkaitan dengan sistem pencernaan, kamu bisa mampir pula ke artikel Empedu: Apa, Fungsi, Penyakit, dan Tips Menjaganya. Semangat sehat untuk sistem pencernaan kita dengan pola hidup sehat. 


Sumber materi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/6-cara-jaga-kesehatan-lambung-selama-puasa
  • https://www.alodokter.com/ketahui-fungsi-lambung-di-sini 

36 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Irrya Lucita mengatakan…
Bulan ramadhan makanan Pemaksa justru banyak banget tersedia pas buka puasa ngatur nya lumayan sulit pas ramadhan tapi kalau puasa sunah ini sangat bisa di kurangi bahkan dihindari
Komen Blog rejekingalir.com
Yustrini mengatakan…
Terima kasih informasinya mbak. Penting sekali ya untuk menjaga kesehatan lambung terutama saat puasa. Sistem pencernaan kuat, badanpun sehat...
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Saya tidak lagi minum kopi setelah memiliki penyakit lambung. Terakhir kali minum kopi lambung jadi sakit, tidak bisa nga ngapain. Sejak itu gak lagi minum kopi deh
Kapok
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Sulit banget kayaknya menolak makan makanan pemaksa. Secara ya, udah doyan banget sama makanan pedas, minuman asam dan makanan berlemak. Hehehehe

Cuma demi menjaga kondisi lambung biar tetap nyaman saat puasa ya kudu dipaksa sih.
Komen Blog rejekingalir.com
Tria TR mengatakan…
Lambungkui justru lebih sering terasa perih di luar bulan puasa. Mungkin karena selama Ramadhan pola makan jadi teratur, makanya lambung pun lebih aman.
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Bersyukur saya selama ini tidak memiliki masalah dengan alat pencernaan khususnya lambung. Sehingga bisa menjalankan puasa dengan tenang. Syawal sudah habis, ini mau mulai lagi dengan puasa-puasa sunnah.
Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
yang susah nih hindari tidur setelah makan, apalagi habis sahur, hehehe. godaan kasur besar banget
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Saat puasa, saya sangat menghindari makanan pedas, asam dan berlemak. Karena pasti perut saya bermasalah. Terus saya sekarang kalai buka, secukupnya dulu. Kalau puasa Ramadan, habis tarawih baru tancap gas hahaha. kalau puasa sunah, dijeda dulu habis isya.
Komen Blog rejekingalir.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
konsumsi kafein nih ngaruh di lambungku. Jadi aku batasi konsumsi kafein mulai dari teh, kopi, coklat. Bisa ngaruh di jam tidur juga makanya udah jarang banget konsumsi
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Katanya kalau lambung bisa sakit itu karena ada gerakan meremas di dalamnya, kalau gak ada makanan, otomatis yang keluar asam sehingga itu yang membuat orang kena asam lambung. Jadi lebih aware untuk sahur secukupnya tiap mau puasa.
Komen Blog rejekingalir.com
Dee_Arif mengatakan…
Puasa kadang jadi sedikit menantang bagi penderta asam lambung ya
Tapi kalau tahu bagaimana cara menghadapinya, ya tetap oke saja ya puasa
Komen Blog rejekingalir.com
Diaz Bela mengatakan…
Kenapa bisa pas banget ya baca ini ketika... asam lambung lagi naik :') udah dua harian ini muntah2 terus dan nggak enak badan krn telat makan.. terima kasih tipsnya ya mbak, akan aku terapkan nanti
Komen Blog rejekingalir.com
Mรผzeyyen Salik mengatakan…
Nggak tau kenapa klo puasa mesti disuruh ibuku minum promag, trus harus makan timun, dan teh panas. Timun ini ok, tapi teh manis panas ini yang suka bikin kaya haus dan pengen minum terus meskipun udah mendekati imsak
Komen Blog rejekingalir.com
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Bener banget! Menyokong minat dan bakat anak itu penting banget, ya. Jadi nggak cuma bikin mereka bahagia, tapi juga bisa membangun kepercayaan diri yang kuat. Dengan dukungan dan pengarahan dari orang tua, anak bisa berkembang sesuai potensinya dan meraih prestasi yang membanggakan! ๐Ÿ‘๐ŸŒŸ
Komen Blog rejekingalir.com
Goresan hati mengatakan…
Oooo kalau punya penyakit lambung itu gak boleh minum banyak kopi ya? Baru tau. Pecinta kopi kudu merhatiin nih. Lambungnya sehat atau sakit. Jadi bisa menakar porsi minuman ber kafein dengan benar
Komen Blog rejekingalir.com
Happy mengatakan…
aku punya asam lambung dan pernah tumbanh banget di hari pertama puasa setelah buka gara-gara salah makan. dari situ jadi lebih hati-hati lagi milih makan untuk buka ๐Ÿ˜…
Komen Blog rejekingalir.com
Monica Anggen mengatakan…
Ingat banget nasihat nenekku semasa hidupnya. Katanya, kesehatan pencernaan itu menjadi kunci kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satunya menjaga kesehatan lambung ini ya sepertinya
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Memang nggak nyaman sih ya kalo lambung udah nggak sehat. Apalagi kalo mau konsisten berpuasa selain di bulan Ramadan. Paling penting memang jaga makan juga, khususnya makanan PEMAKSA itu.
Komen Blog rejekingalir.com
Catcilku mengatakan…
Baca soal lambung ini, jadi seperti belajar IPA di sekolah dulu ๐Ÿ˜…

Lebih senang puasa, lambungnya nyanan. Badan jadi lebih ringan. Di bulan Ramadhan enak jalaninnya. Di luar Ramadhan ada aja yang gangguin. Moga kali ini sudah tidak ada gangguan. Jadi puasanya lebih lancar
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Ada beberapa hal juga yang biasa aku lakukan sih, seperti mengHindari merokok dan konsumsi alkohol. Aelalu mengunyah makanan dengan baik sebelum ditelan. Tidak pernah berbaring setelah makan dan mengelola emosi dengan baik dong!
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Setuju banget sih kalo abis makan nggak boleh tidur. Mknya pas abis sahur, ya lgsg beraktivitas sih. Kalo pas abis buka, aku malah jarang makan berat lgsg. Biasanya sih pas abis tarawih baru makan berat.

Plus yg aku jaga jg, nggak minum minuman manis pas sahur. Soalnya bakal memicu kencing mulu. Imbasnya, ya tubuh jadi lemas. Lebih enak sih air putih yg banyak. Aku sih selalu ngebagi 8 liter ke abis buka, abis makan, abis tarawih, sblm sahur dan sesudah sahur. Ingat, kandungan kafein dlm teh jg tggi loh. Jd kafein nggak cmn di kopi aja.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Setuju banget sih kalo abis makan nggak boleh tidur. Mknya pas abis sahur, ya lgsg beraktivitas sih. Kalo pas abis buka, aku malah jarang makan berat lgsg. Biasanya sih pas abis tarawih baru makan berat.

Plus yg aku jaga jg, nggak minum minuman manis pas sahur. Soalnya bakal memicu kencing mulu. Imbasnya, ya tubuh jadi lemas. Lebih enak sih air putih yg banyak. Aku sih selalu ngebagi 8 liter ke abis buka, abis makan, abis tarawih, sblm sahur dan sesudah sahur. Ingat, kandungan kafein dlm teh jg tggi loh. Jd kafein nggak cmn di kopi aja.
Komen Blog rejekingalir.com
Anis Khoir mengatakan…
saya yang termasuk paling susah beraktivitas setelah sahur dan biasanya ngantuk sekali, jadinya ya tidur habis sahur.
Padah aku juga tahu tidur habis makan itu tidak baik untuk lambung.
Komen Blog rejekingalir.com
April Hatni mengatakan…
Dulu saya sangat rutin puasa Senin-Kamis, karena memang banyak sekali manfaat yang saya rasakan. Saya merasa lebih fresh dan bersemangat. Ini belum mulai lagi sih, insyaAllah segera.
Komen Blog rejekingalir.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
lengkap kak infonya, thanks ya.. memangg organ kita itu harus dirawat dikasih yang terbaik yaa.. apalagi lambung nih yang terpapar makanan terus tiap hari, kudu di detoks dg puasa yg ternyata banyak manfaatnya ya
Komen Blog rejekingalir.com
Siti Mustiani mengatakan…
Penting banget menjaga kesehatan lambung, soalnya lambung tuh beneran penting kalau sudah sakit takutnya bakalan ngaruh atau malah menjadi sakit organ organ lain yang gak seimbang
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Membaca artikel ini semakin menyadarkan saya jika ternyata obat dari segala penyakit adalah dengan kembali ke pola hidup sehat, termasuk pola makan sehat. Karena mengonsumsi makanan sehat, artinya kita memberikan kebutuhan tubuh dengan baik.
Komen Blog rejekingalir.com
Yusriah Ismail mengatakan…
setelah kemarin berpuasa sebulan..berikutnya harus rutinin lagi yaa biar lambung tetap terjaga. Soalnya kalo gak puasa, apa aja pengen dimasukin ke perut hehe
Komen Blog rejekingalir.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Lambung emang rentan banget kalau lagi puasa. Karena memang kalau telat makan dikit asam lambung jd naik. Aku ada sedikit maag jadinya tetep selalu menjaga kondisi tubuh
Komen Blog rejekingalir.com
sudutpandangnovita mengatakan…
Kalau lagi buka puasa tuh sulit sekali menahan untuk makan secukupnya. Maunya semua-semua dimakan, Akibatnya perut sakit hehehe...Kalau kopi sudah lama seklai gak minum. Meski gak lagi puasa kalau minum kopi perut terasa gak nyaman.
Komen Blog rejekingalir.com
GE MAULANI mengatakan…
Ternyata lambung berbagi menjadi beberapa bagian. Terus salah satu menjaga kesehatan lambung itu bisa dengan menjalankan puasa Daud. aku baru tahu kalau puasa Daud itu puasa yang selalu saling sehari puasa besoknya enggak terus gitu seterusnya. Ah aku merasa tertampar dengan singkatan makanan pemaksa, karena kadang suka khilaf konsumsi makanan pedas, asam, dan berlemak secara berlebihan hehe
Komen Blog rejekingalir.com
vita mengatakan…
Selalu tergiur dengan makanan PEMAKSA itu. Padahal sudah tahu itu nggak sehat untuk lambung, eh sering nekat buka puasa dengan makanan PEMAKSA. Semoga lebih menjaga kesehatan lagi, nggak tergiur enak di lidah yang malah bikin lambung tersiksa...
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku sendiri merasa perlu banget berpuasa karena bikin badan terasa lebih ringan. Dengan asupan yang dijaga dari mulai gula garam dan seperti yang tertulis di artikel ini PEMAKSA, maka seluruh organ istirahat sesuai dengan haknya dan semoga sehat selalu.
Komen Blog rejekingalir.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Salah makan pada waktu berbuka memang bisa jadi masalah. Setuju deh, kalau berpuasa sebaiknya menghindari PEMAKSA
Komen Blog rejekingalir.com
Deeva Collection mengatakan…
Pas bulan ramadhan kemarin, kebetulan kami ada progrma keliling ke pesantren untuk edukasi hidup sehat saat ramadhan. Ternayta yangboerku dilakukan slaah satjnya adalah menjaga makan saat buka puasa agar lambung tidak kaget.
Komen Blog rejekingalir.com
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Penjelasannya lengkaap mbaa๐Ÿ‘. Kalo seseorang sudah terbiasa berpuasa, lambungnya juga menyesuaikan dengan jam2 kita berpuasa. Aku sendiri ada gastric. Tp ga parah. Dan jarang kumat. Tapiiii aku perhatikan selalu kumat di saat aku makan terlalu cepat, dan yg dimakan berminyak. Pastiii deh perih langsung. Makanya krn sudah tahu penyebabnya aku memang menghindari yg oily foods dan mengunyah pelan2 saat makan.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network