Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Ini Ciri-ciri Jantung Tidak Sehat yang Patut Diwaspadai

apa saja tanda-tanda jantung bermasalah? Ini Ciri-ciri Jantung Tidak Sehat yang Patut Diwaspadai

Bisa gak sih kita mengenali ciri-ciri jantung tidak sehat itu seperti apa? Atau adakah tanda khusus yang mudah diketahui bahwa ternyata jantungnya bermasalah? 

apa ciri-ciri jantung bermasalah

Nah, sebelum membahas hal di atas, hemm bagaimana pola hidup sehat pembaca blog rejekingalir.com apakah masih terus semangat dilakukan? Kalau rejekingalir.com masih terus berusaha konsisten, karena memang urusan rutin harus dengan adaptasi yang brilian, ye gak sih, hehe. Cuss kita balik lagi ke bahasan tentang tanda-tanda jantung tidak sehat.

Sekilas Berkenalan dengan Jantung

“Selama jantung ini berdetak

Ku akan selalu menjagamu

Hingga akhir waktu” 

Lirik lagu Rizky Febian – "Hingga Tua Bersama" itu, bukan hanya sekadar tentang romantisme hubungan manusia saja, tetapi ada inspirasi yang mengesankan bahwa dengan berdetaknya jantung maka tanda kehidupan itu masih ada. Setiap makhluk hidup di dunia ini ditandai dengan detak jantung.

Jantung adalah organ vital dalam tubuh yang berperan dalam sistem peredaran darah. Letaknya berada di rongga dada agak ke sebelah kiri. Beratnya sekitar 350kg, atau kira-kira seukuran kepalan tangan manusia. 

Dalam menjalankan fungsinya untuk sirkulasi darah dalam tubuh, jantung memiliki 4 ruang utama yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. 

apa ciri-ciri jantung bermasalah yang sering terjadi
ilustrasi jantung (freepik)

Penyebab Jantung Tidak Sehat

Bilamana jantung kurang lancar dalam menjalankan fungsinya, perlu bagi kita untuk mengenali apa saja yang menjadi penyebab jantung tidak sehat dengan melihat tanda-tandanya, seperti:

1. Sesak Napas

Sesak napas dapat menjadi sinyal jantung bermasalah. Hal ini terjadi saat jantung tidak menjalankan fungsinya memompa darah dengan baik. Bahkan ada kondisi yang menyebabkan darah dapat menumpuk pada jaringan paru-paru, dan menyebabkan seseorang sesak napas atau napas menjadi pendek. 

2. Detak Jantung tidak Teratur

Ketika jantung berdetak tidak teratur seperti lebih cepat atau lebih lambat, memungkinkan ada gejala aritmiafibrilasi atrium. Kondisi ini harus cepat mendapat penanganan dari dokter, karena ini pertanda ciri-ciri jantung tidak sehat.

3. Sleep Apnea

Apakah kamu pernah mengalami sleep apnea? Apnea tidur atau sleep anea adalah salah satu gangguan tidur yang dapat terjadi saat pernapasan tidak kembali, sehingga pengidapnya dapat kehilangan nyawa. Kondisi ini terjadi karena kurang lancarnya peredaran darah sehingga fungsi otak dapat terpengaruh seperti refleks pernapasan.

4. Nyeri Dada yang Menjalar

Tanda-tanda jantung tidak sehat selanjutnya adalah terasa nyeri di dada, khususnya sebelah kiri dan menjalar ke bagian lengan kiri, leher, rahang (terasa seperti sakit gigi), hingga terasa ke punggung. Ini terjadi karena penyumbatan pembuluh darah jantung atau familiar disebut dengan serangan jantung.

apa tanda gangguan jantung yang sering terjadi
ilustrasi jantung (freepik)

5. Keringat Berlebih

Kalau kita aktif bergerak atau berolahraga tentunya akan banyak berkeringat. Hanya saja, bila tidak melakukan aktivitas dan cuaca juga tidak panas tetapi malah banyak mengeluarkan keringat, maka ini perlu diwaspadai, karena memungkinkan adanya gangguan jantung.

6. Batuk

Batuk kerap dianggap sepele. Bahkan umumnya sering diartikan sebagai tanda gangguan pada sistem pernapasan. Siapa nyana, bahwa batuk juga menjadi tanda jantung tidak sehat. Terlebih bila tidak kunjung sembuh tanpa disertai dahak (lendir), ini memungkinkan adanya masalah pada jantung akibat menumpuknya cairan pada paru-paru.

7. Nyeri Perut

Sakit atau nyeri perut kerap menjadi pertanda adanya masalah pada lambung atau sistem pencernaan. Namun, jika nyeri perut tersebut berada di sisi atas, perlu untuk mewaspadainya dengan melakukan pemeriksaan dan rekam jantung untuk mengetahui kondisi lebih lanjut.

8. Pusing dan Cepat Lelah

Jantung bertugas untuk memompa darah dan mengalirkannya lebih dari 14.000 liter setiap harinya yang diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah, serta menyuplai oksigen yang menjadi sumber tenaga tubuh. Bila jantung terganggu fungsinya tersebut yang menyebabkan tidak mendapat pasokan oksigen, ini dapat mengakibatkan tubuh mudah terasa lelah dan pusing.

9. Rasa Tidak Nyaman di Dada

Salah satu ciri lain jantung bermasalah adalah rasa tidak nyaman di dada. Ketidaknyamanan ini bukan lagi terasa nyeri, tetapi seperti ada rasa terbakar, ada beban tekanan atau seperti dipukul di bagian dada. 

10. Mual dan Muntah

Jantung yang tidak sehat pun memiliki ciri-ciri mual dan muntah, karena terjadinya penumpukan cairan pada daerah perut.

11. Kram atau Mati Rasa pada Betis Saat Berjalan

Merujuk dari laman Hopkins Medicine, tanda jantung tidak sehat dapat terjadi karena penyakit pembuluh darah perifer (PVD), yang ditandai mati rasa atau kram pada betis ketika berjalan. Kondisi kram ini karena adanya penumpukan plak atau aterosklerosis pada pembuluh arteri. 

12. Kaki Bengkak

Apa ciri-ciri jantung yang tidak sehat selanjutnya? Yaitu edema, atau menumpuknya cairan yang menyebabkan bengkak pada bagian kaki dari punggung kaki – pergelangan – betis. 

apa tanda-tanda jantung bermasalah
ilustrasi jantung dari freepik

Penutup

Dengan mengenali apa ciri-ciri jantung yang tidak sehat, membuat kita lebih peduli lagi akan sinyal pada tubuh, khususnya jantung ketika terdapat masalah. Serta, ketika terjadi masalah bisa lebih sigap dalam penanganannya dan bila perlu untuk mengunjungi fasilitas kesehatan. Kira-kira apakah sakit jantung itu antara wanita dan pria memiliki kesamaan. Hemm, ini jadi bahasan asik berikutnya, yaitu Apa Perbedaan Serangan Jantung pada Wanita dan Pria. Semangat jaga jantung sehat yak!


Sumber materi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/waspada-ini-ciri-ciri-jantung-yang-tidak-sehat
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/jantung/inilah-tanda-jantung-anda-tidak-sehat

27 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Yustrini mengatakan…
Jantung penting banget ya diperhatikan kesehatannya. Seringnya orang mengabaikan.Dan bahaya banget kalo kena serangan jantung.
Komen Blog rejekingalir.com
Akarui Cha mengatakan…
Nah lho, bahkan nyeri perut yang dialami pun bis dicurigai sebagai masalah kesehatan pada jantung. Duh, memang deh ya, permasalahan kesehatan satu ini ruh kadang sering nggak terduga, Apalagi bisa memicu kematian pada yang mengalaminya.
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Banyak juga ya mbak ternyata tanda-tanda kalau jantung lagi butuh istirahat atau lagi ada masalah. Aku sendiri sering banget sih keringetan gitu. kadang takut kalau jantung ada masalah. Semoga saja tidak
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Mengenai sleep apnea, jangan sampe ngalami, kan katanya bisa kehilangan nyawa mba. Masalah kesehatan organ-organ penting ini memang tidak bisa dihiraukan, kita harus benar-benar menjaganya
Komen Blog rejekingalir.com
Indra DP mengatakan…
ngeri juga ya gejala jantung tidak sehat. pengetahuan sepeerti ini harus dimiliki setiap orang agar sigap jika orang sekitarnya mengalami gejala gangguan jantung
Komen Blog rejekingalir.com
Bunda Saladin mengatakan…
Ternyata ini ciri-ciri jantung bermasalah ya. Dan kudu dicegah juga melalui hidup sehat. Rajin olahraga dan mengurangi konsumsi minyak.
Komen Blog rejekingalir.com
Dee_Arif mengatakan…
Penyakit jantung adalah penyakit yang mematikan ya mbak
Makanya biar tidak fatal, kita harus m ngenali tanda tandanya terlebih dahulu ya
Agar mudah ditangani
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Jantung ini organ vital tubuh. Karena dari jantung ini sumber aktivitas organ tubuh lainnya. Dan memang bagusnya dengan mengenali gejala jantung, kita akan lebih waspada, dan segera mengatasi gejala atau menghindari penyebab penyakit jantung.
Komen Blog rejekingalir.com
Tria TR mengatakan…
Aduh, baca gejala-gejalanya kok jadi serem ya, Kak. Soalnya aku lumayan sering sesak napas (ngobrol biasa aja sering berujung dengan megap-megap nggak bisa napas). Mesti cek ke dokter nih berarti.
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Baru tahu loh kalau kram pada betis, bisa berkaitan dengan jantung yang engga sehat. Aku sering kram betis kalau malam, karena varises sih.
Tapi...perlu diwaspadai sih ya.
Trims artikelnya...
Komen Blog rejekingalir.com
Diaz Bela mengatakan…
Well noted untuk semua ciri-cirinya.. Takut banget karena sekarang banyak kasus penyakit jantung di usia muda ya
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Serem banget ya tanda-tanda penyakit jantung ini. Kyknya sih sepele, kyk sesak hingga batuk. Padahal itu kyk penyakit biasa aja.

Hrs diwaspadai bgt tuh kalo ada tanda2 tsb ya kak. Biar ga kena operasi atau kelewat pengobatannya.
Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
wah batuk pun harus dicurigai ya. batuk tidak bisa disepelekan apalagi dibiarkan begitu saja
Komen Blog rejekingalir.com
Yonal Regen mengatakan…
Kemarin orang tua mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, mulai dari nyeri dada sampai ke perut. Pas dibawa ke IGD dokter menyarankan untuk cek jantung, tapi Alhamdulillah ternyata bukan jantung walaupun gejalanya mirip
Komen Blog rejekingalir.com
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Jantung memang organ vital yang perlu diperhatikan kondisinya. Seringkali kita lupa untuk mendengarkan sinyal-sinyal kecil dari tubuh kita yang mungkin mengindikasikan ada masalah pada jantung. Misalnya, sesak napas, detak jantung yang tidak teratur, atau bahkan kaki yang bengkak. Penting untuk tidak mengabaikan gejala-gejala ini dan segera berkonsultasi dengan dokter bila mengalami tanda-tanda tersebut.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Waduh ciri-cirinya benar semua nih seperti yang saya rasakan
Malah dua hari lalu, dada sebelah kiri saya sakit sampai menjalar ke punggung dan rahang. Ya seperti sakit gigi gitu...
Termasuk kaki dan betis juga sering kebas. Ya Allah semoga jantung saya sehat...
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Nah ini, berarti kalau ada tanda-tanda seperti itu harus diobservasi dengan seksama. Takutnya kalau mengarah ke jantung bermasalah.
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Naudzubillah.. jauhkan dari penyakit jantung Ya Allah. Organ jantung memang kudu dilindungi yah. Gejalanya yg ringan² pun betul² harus diwaspadai.
Komen Blog rejekingalir.com
Sabrina mengatakan…
baca ini mendadak berhenti beraktivitas langsung cek dan mengingat kondisi jantung selama ini apakah memiliki tanda tersebut, apalagi beberapa hari ini saya memang tidurnya malam terus, terima kasih Kak untuk mengingatkan saya juga, alhamdulillah semoga makin aware dengan kesehatan
Komen Blog rejekingalir.com
Dyah Kusuma mengatakan…
Penyakitan yang harus diwaspadai, ibuku penderita kelainan jantung bawaan, periode tertentu jantungnya berhenti berdetak dan penderita jantung koroner. Karena ibu memahami kondisi dirinya, maka jika jantungnya ada gangguan, langsung diam sejenak, tidak bergerak, bicarapun tidak, kalau sudah seperti ini kami hanya memantaunya membaik atau tidak, jika tidak langsung bawa ke RS, Alhamdulillah lebih sering kondisinya membaik perlahan

Memang penting mengenali kondisi tubuh kita, agar menyadari jika ada perubahan
Komen Blog rejekingalir.com
Deeva Collection mengatakan…
Ternyata ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabsakit jantung. Bukan hanya karena kolesterol tinggi ya, Kak. Duhga boleh anggap remeh nih sakit sederhana
Komen Blog rejekingalir.com
Yusriah Ismail mengatakan…
eh ada lirik lagu di awal tulisan, ikutan nyanyi lhoo mbaa hehe, btw jantung memang vital banget, barusan kemarin dapat berita beberapa orang yang meninggal mendadak karena jantungnya berhenti..kudu peduli banget sama organ tubuh satu ini
Komen Blog rejekingalir.com
Happy mengatakan…
agak serem ya karena ciri-ciri penyakit jantung tuh agak umum juga. jadi mesti lebih aware sama tubuh kita sendiri.
Komen Blog rejekingalir.com
Irra Octaviany mengatakan…
Kesehatan jantung harus selalu kita perhatikan agar fungsinya berjalan dengan baik. Kalau sudah terasa nyeri sebaiknya langsung periksakan ke dokter. Bahaya soalnya kalau sampai terlambat.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Ternyata meskipun sakitnya gak spesifik di dada juga bisa menjadi ciri jantung gak sehat yaa..
Sebagai manusia kudu meningkatkan awareness nih..
Komen Blog rejekingalir.com
April Hatni mengatakan…
Sekarang ini memang harus ketat dalam menerapkan pola hidup sehat. Jadi teringat tetangga sebelah yang waktu itu kena serangan jantung, karena pola hidup.
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Untungnya tanda-tanda kesehatan jantung ini ada yang berupa ciri-ciri tampak dari luar. Jadinya, kita bisa lebih waspada jika mengalami salah satunya.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network
Postingan Terpopuler