Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya

Kalau membicarakan tempat wisata favorit di kampung halaman minim bujet, mungkin rejekingalir.com agak berbeda nih bentuknya. Pasalnya kampung halaman rejekingalir.com ini ya di sini aja, alias di Jakarta gaess, hehe. Dari dilahirkan, makan-tidur-mandi-nyuci, sekolah, kuliah, hingga bisa ngeblog seperti sekarang, ya di sini-sini aja.

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) online, definisi kampung halaman adalah desa atau daerah tempat kelahiran. Maka dari itu kalau mengdengar orang-orang ngomong pengen mudik, rejekingalir.com cuma bengong aja, 

“lah wong kampung halamannya dimarih pan. Mau mudik ye transportasinye tinggal pake Tije, Jaklingko, atau Comutterline, hihi”.

Namun tenang aja, rekomendasi tempat wisata favorit di kampung halaman minim biaya ala rejekingalir.com ini, bisa jadi pilihan buat kamu yang mungkin mudiknya atau sedang berkunjung ke Jakarta, yaitu:

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Hemat Bujet
ilustrasi dari akun IG @integrasitransit.jkt

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Lokasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini amat strategis. Kamu bisa menggunakan transportasi MRT Stasiun Blok M BCA dan TiJe rute: 1, 1C, 1E, 1N, 1M, 1P, 1Q, 4K, 6M, 6N, 7B, 8D, 8E, 9H, 10H. Wilayah ini berada di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di taman yang telah direvitalisasi semenjak tahun 2021 ini, tak hanya terdapat taman saja, tetapi juga perpustakaan, mini café, mushola, toilet, area bermain anak. Biaya masuk ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, gratis ya gaes.

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Bujet
ilustrasi dari detik.com

Taman Margasatwa Ragunan

Destinasi wisata favorit di kampung halaman minim biaya yang satu ini, mungkin sudah pada hapal nih buat pembaca blog rejekingalir.com. Yes, Taman Margasatwa Ragunan yang juga berada di bilangan Jakarta Selatan ini, bisa menjadi lokasi relaksasi sekaligus edukasi tentang tumbuhan maupun hewan, terlebih kalau kamu datangnya bareng si kecil nih ke sini. Untuk akses transportasi terdekat ke tempat yang sudah berdiri semenjak tahun 1964 ini, bisa menggunakan layanan TiJe rute: 5N, 6, 6A, 6B, 6F, 6N, 6R, 7E, 13, dan Jaklingko Mikrotrans Jak 42. Untuk masuk ke Taman Margasatwa Ragunan, kamu harus menggunakan kartu JakCard (Khusus Hari Senin, libur ya):

  • Dewasa: Rp 4.000
  • Anak-anak: Rp 3.000
  • Masuk ke Primata Schmutzer (Selasa-Jumat Rp 6.000, dan Weekend Rp. 7.500)

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Bujet
ilustrasi dari antaranews.com

Museum Kota Tua Jakarta

Untuk akses masuk ke museum Kota Tua Jakarta, sama seperti ke Taman Margasatwa Ragunan menggunakan kartu JakCard. Lokasinya ini berada di Jakarta Barat. Di area Kota Tua Jakarta ini, cukup banyak museum yang bisa dijadikan wisata edukasi dan sejarah yang mengesankan, seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum BNI, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Museum Wayang, Museum Toko Merah, Kantor Pos Kota Tua, dan Magic Art 3D Museum. Akses ke Museum Kota Tua Jakarta, kamu dapat mengandalkan KRL Comutterline tujuan stasiun Kota, dan busway TiJe rute: 1, 3H, 12, dan M1.

destinasi Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya
ilustrasi dari merdeka.com

Taman Ismail Marzuki

Tempat wisata favorit di kampung halaman minim bujet selanjutnya adalah Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. Lokasi favorit tak hanya untuk keluarga, tetapi juga para Gen Z di sini. Pasalnya di sini terdapat aneka kafe yang akan memanjakan lidah, perpustakaan keren, dan area TIM yang kerap dijadikan spot untuk pepotoan, bikin konten, hingga kesenian. Untuk akses masuk ke sini, gratis ya gaess. Kamu bisa mengandalkan transportasi KRL Comutterline turun di stasiun Cikini (lanjut jalan kaki) atau stasiun Gondangdia lanjut Mikrotrans Jak10A, dan TiJe 5M (dari arah Tanah Abang).

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Religi Islami di Indonesia Timur

destinasi Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya
ilustrasi dari okezone.com

Perpustakaan Nasional Medan Merdeka Selatan

Jaman now ke perpustakaan bukan lagi hal yang membosankan. Apalagi nih, bisa melihat pemandangan dari lantai 24. Udah gitu, bisa baca buku yang mengesankan, melihat area taman yang menyegarkan, mini kafe yang membuat perut aman, serta berbagai fasilitas menarik lainnya di tiap lantai di Perpustakaan Nasional yang berlokasi di Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini. Tidak perlu biaya, tetapi kamu perlu menjadi anggota agar memudahkan aksesnya. Untuk ke perpustakaan dengan 24 lantai ini, bisa menggunakan layanan busway TiJe turun di halte Balai Kota rute: 2, 5C, 1P, 2Q (dari/menuju Stasiun Gondangdia). Gimana, udah siap berwisata yang menyenangkan di kampung halaman rejekingalir.com gaess? 

Komentar

Maria G Soemitro mengatakan…
udah lama pingin punya kartu JakLingko supaya bisa "traveling" di dalam kota jakarta

baru inget, kalo rencana saya mau muterin Bandung (dan menulis ulasannya) belum juga terealisasi :D
sarrahgita mengatakan…
Rekomendasi tempat wisata hematnya boleh juga nih. dari semua daftar tempat wisata yang ada di list di atas saya pengen banget berkunjung ke perpustakan nasional sama ke kota tua. semoga soon yaa, bisa sengaja jalan2 ke jakarta, sekalian menjajal Whoosh dan transportasi umum lainnya di Jakarta.
Okti Li mengatakan…
Situ bilang kampung halaman, kita nyebutnya masih ibu kota negara lho. Hahaha...
Iya ya kalau jadi anak metropolitan, apa apa serba tersedia dan dekat. Seperti di DKI ini kalau ditanya tempat wisata wah jangan salah udah pasti gak kehitung. Hehehe ...
Utie Adnu mengatakan…
Iya banyak hiburan gratis tapi aku belum pernah sih kalo pas hari lebaran mba... Pasti rame banget yakkk... Udah kesana semua tapi kebetulan pas bukan hari libur weekday jadi agak sepi
GE MAULANI mengatakan…
Waaah ke taman marga satwa ragunan biaya masuknya murah ya kak. Saya tertarik ke perpusatakaan nasional sih. ternyata 24 lantai yaaaa. Next direncanain mau ke sana

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja