Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya

destinasi Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya yang hemat bujet

Kalau membicarakan tempat wisata favorit di kampung halaman minim bujet, mungkin rejekingalir.com agak berbeda nih bentuknya. Pasalnya kampung halaman rejekingalir.com ini ya di sini aja, alias di Jakarta gaess, hehe. Dari dilahirkan, makan-tidur-mandi-nyuci, sekolah, kuliah, hingga bisa ngeblog seperti sekarang, ya di sini-sini aja.

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) online, definisi kampung halaman adalah desa atau daerah tempat kelahiran. Maka dari itu kalau mengdengar orang-orang ngomong pengen mudik, rejekingalir.com cuma bengong aja, 

“lah wong kampung halamannya dimarih pan. Mau mudik ye transportasinye tinggal pake Tije, Jaklingko, atau Comutterline, hihi”.

Namun tenang aja, rekomendasi tempat wisata favorit di kampung halaman minim biaya ala rejekingalir.com ini, bisa jadi pilihan buat kamu yang mungkin mudiknya atau sedang berkunjung ke Jakarta, yaitu:

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Hemat Bujet
ilustrasi dari akun IG @integrasitransit.jkt

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Lokasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini amat strategis. Kamu bisa menggunakan transportasi MRT Stasiun Blok M BCA dan TiJe rute: 1, 1C, 1E, 1N, 1M, 1P, 1Q, 4K, 6M, 6N, 7B, 8D, 8E, 9H, 10H. Wilayah ini berada di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di taman yang telah direvitalisasi semenjak tahun 2021 ini, tak hanya terdapat taman saja, tetapi juga perpustakaan, mini café, mushola, toilet, area bermain anak. Biaya masuk ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, gratis ya gaes.

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Bujet
ilustrasi dari detik.com

Taman Margasatwa Ragunan

Destinasi wisata favorit di kampung halaman minim biaya yang satu ini, mungkin sudah pada hapal nih buat pembaca blog rejekingalir.com. Yes, Taman Margasatwa Ragunan yang juga berada di bilangan Jakarta Selatan ini, bisa menjadi lokasi relaksasi sekaligus edukasi tentang tumbuhan maupun hewan, terlebih kalau kamu datangnya bareng si kecil nih ke sini. Untuk akses transportasi terdekat ke tempat yang sudah berdiri semenjak tahun 1964 ini, bisa menggunakan layanan TiJe rute: 5N, 6, 6A, 6B, 6F, 6N, 6R, 7E, 13, dan Jaklingko Mikrotrans Jak 42. Untuk masuk ke Taman Margasatwa Ragunan, kamu harus menggunakan kartu JakCard (Khusus Hari Senin, libur ya):

  • Dewasa: Rp 4.000
  • Anak-anak: Rp 3.000
  • Masuk ke Primata Schmutzer (Selasa-Jumat Rp 6.000, dan Weekend Rp. 7.500)

Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Bujet
ilustrasi dari antaranews.com

Museum Kota Tua Jakarta

Untuk akses masuk ke museum Kota Tua Jakarta, sama seperti ke Taman Margasatwa Ragunan menggunakan kartu JakCard. Lokasinya ini berada di Jakarta Barat. Di area Kota Tua Jakarta ini, cukup banyak museum yang bisa dijadikan wisata edukasi dan sejarah yang mengesankan, seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum BNI, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Museum Wayang, Museum Toko Merah, Kantor Pos Kota Tua, dan Magic Art 3D Museum. Akses ke Museum Kota Tua Jakarta, kamu dapat mengandalkan KRL Comutterline tujuan stasiun Kota, dan busway TiJe rute: 1, 3H, 12, dan M1.

destinasi Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya
ilustrasi dari merdeka.com

Taman Ismail Marzuki

Tempat wisata favorit di kampung halaman minim bujet selanjutnya adalah Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. Lokasi favorit tak hanya untuk keluarga, tetapi juga para Gen Z di sini. Pasalnya di sini terdapat aneka kafe yang akan memanjakan lidah, perpustakaan keren, dan area TIM yang kerap dijadikan spot untuk pepotoan, bikin konten, hingga kesenian. Untuk akses masuk ke sini, gratis ya gaess. Kamu bisa mengandalkan transportasi KRL Comutterline turun di stasiun Cikini (lanjut jalan kaki) atau stasiun Gondangdia lanjut Mikrotrans Jak10A, dan TiJe 5M (dari arah Tanah Abang).

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Religi Islami di Indonesia Timur

destinasi Wisata Favorit di Kampung Halaman Minim Biaya
ilustrasi dari okezone.com

Perpustakaan Nasional Medan Merdeka Selatan

Jaman now ke perpustakaan bukan lagi hal yang membosankan. Apalagi nih, bisa melihat pemandangan dari lantai 24. Udah gitu, bisa baca buku yang mengesankan, melihat area taman yang menyegarkan, mini kafe yang membuat perut aman, serta berbagai fasilitas menarik lainnya di tiap lantai di Perpustakaan Nasional yang berlokasi di Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini. Tidak perlu biaya, tetapi kamu perlu menjadi anggota agar memudahkan aksesnya. Untuk ke perpustakaan dengan 24 lantai ini, bisa menggunakan layanan busway TiJe turun di halte Balai Kota rute: 2, 5C, 1P, 2Q (dari/menuju Stasiun Gondangdia). Gimana, udah siap berwisata yang menyenangkan di kampung halaman rejekingalir.com gaess? 

17 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
udah lama pingin punya kartu JakLingko supaya bisa "traveling" di dalam kota jakarta

baru inget, kalo rencana saya mau muterin Bandung (dan menulis ulasannya) belum juga terealisasi :D
Komen Blog rejekingalir.com
sarrahgita mengatakan…
Rekomendasi tempat wisata hematnya boleh juga nih. dari semua daftar tempat wisata yang ada di list di atas saya pengen banget berkunjung ke perpustakan nasional sama ke kota tua. semoga soon yaa, bisa sengaja jalan2 ke jakarta, sekalian menjajal Whoosh dan transportasi umum lainnya di Jakarta.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Situ bilang kampung halaman, kita nyebutnya masih ibu kota negara lho. Hahaha...
Iya ya kalau jadi anak metropolitan, apa apa serba tersedia dan dekat. Seperti di DKI ini kalau ditanya tempat wisata wah jangan salah udah pasti gak kehitung. Hehehe ...
Komen Blog rejekingalir.com
Utie Adnu mengatakan…
Iya banyak hiburan gratis tapi aku belum pernah sih kalo pas hari lebaran mba... Pasti rame banget yakkk... Udah kesana semua tapi kebetulan pas bukan hari libur weekday jadi agak sepi
Komen Blog rejekingalir.com
GE MAULANI mengatakan…
Waaah ke taman marga satwa ragunan biaya masuknya murah ya kak. Saya tertarik ke perpusatakaan nasional sih. ternyata 24 lantai yaaaa. Next direncanain mau ke sana
Komen Blog rejekingalir.com
rahma mengatakan…
Hahhaha...toss. Sesama warga Jakarta yang nggak punya kampung halaman, kita nikmati "wisata mudik" ala Jakarta aja karena di Jakarta banyak juga yang bisa dieksplor. Pernah suatu waktu saya ngobrol dengan orang daerah dan ternyata mereka bilang, Jakarta itu menyenangkan karena transportasinya mudah dan banyak pilihan, jadi biaya mereka wisata ga semahal di kota besar lainnya.
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya di Jakarta sejak 1998, Mbak. Dan Alhamdulilah saya sudah mengunjungi semua tempat di atas. Dan enaknya, semua tempat bisa dijangkau dengan busway. Makin happy karena saya punya 4 kartu e-money hahaha. Gaya benar saya.
Komen Blog rejekingalir.com
Dewi Rieka mengatakan…
Pas lebaran tuh enak buat piknik dan eksplorasi Jakarta yaa, giliran sudah lebaran hari ketiga dan seterusnya padatnya minta ampun hihi
Komen Blog rejekingalir.com
iyan'blogs mengatakan…
wisata saat lebaran di jakarta jadi enak sepi dan engga meacet jadi berasa leluasanya ya haha
Komen Blog rejekingalir.com
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Sejak transportasi umum di Jakarta semakin bagus, saya semakin semangat untuk keliling Jakarta. Dan banyak yang menarik untuk dikunjungi. Murah meriah pula.
Komen Blog rejekingalir.com
Raja Lubis mengatakan…
Bener juga ya, kalau orang Jakarta asli mudiknya ya diam di tempat. Tapi jadi lebih leluasa karena banyak manusia yang keluar dari Jakarta saat mudik.

Taman dan perpustakaan, adalah salah dua pilihan liburan hemat dan bermanfaat.
Komen Blog rejekingalir.com
Antung apriana mengatakan…
Aku baru pernah ke ragunan, kota tua sama perpustakaan di taman ismail marzuki. Penasaran sama taman literasi Martha Christina tiahahu jadinya
Komen Blog rejekingalir.com
Endah Kurnia Wirawati mengatakan…
Tempat nongkrong favoritku kalau di Jakarta Masih Perpustakaan Nasional sih. Bisa sembari kerja juga Dan aksesnya mudah untuk dijangkau.
Saya belum sempat ke TIM lagi sejak direnovasi Dan rebranding itu. Lihat gambarnya tampaknya harus kesana nih kalau lain waktu ke Jakarta lagi.
Komen Blog rejekingalir.com
Cindi mengatakan…
Untuk yang di luar Jakarta macam saya, rekom tempatnya ini menarik semuanya. Wajib saya kunjungi satu-satu sih ini...
Komen Blog rejekingalir.com
Ayah Ugi mengatakan…
Jakarta menyimpan banyak kenangan baik untuk bangsa, maupun untuk setiap pribadinya. Senang sekali membaca tulisan ini, bisa tahu berbagai potensi wisata atau destinasi lain yang ada di Jakarta
Komen Blog rejekingalir.com
William Giovanni mengatakan…
Senasib dengan saya, mudik ke Jakarta. Ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi, rekreasi dengan biaya minim.
Komen Blog rejekingalir.com
Leyla Hana mengatakan…
Pengen banget ke Perpus Nas. Gedungnya mewah dan koleksinya banyak.Harusnya liburan ajak anak ke saja ya. Di Jakarta banyak juga tempat menarik untuk dikunjungi.
Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network