Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Bagaimana Cara Merawat Kesehatan Tenggorokan?

bagaimana cara merawat kesehatan tenggorokan? apa saja penyebab dan macam-macam gangguan kesehatan tenggorokan?
tips menjaga kesehatan tenggorokan

Pada artikel sebelumnya sudah rejekingalir.com bahas tentang kerongkongan, bagian organ tubuh yang kerap keliru penyebutannya dengan tenggorokan. Atas dasar itulah, pada artikel ini akan kita kulik lebih dalam tentang apa itu tenggorokan dan bagaimana tips menjaga tenggorokan tetap sehat. 

Kenal Lebih Dekat dengan Tenggorokan

Apa yang dimaksud dengan tenggorokan? Tenggorokan merupakan bagian dari 2 sistem pada tubuh, yaitu sistem pernapasan dan sistem pencernaan. 

Pada sistem pernapasan, tenggorokan terhubung dengan rongga hidung. Jalannya udara masuk melalui hidung, lalu menuju laring, trakea dan paru-paru. Sedangkan keterkaitan dengan sistem pencernaan, makanan akan melintasi tenggorokan sebelum menuju kerongkongan dan lambung untuk dicerna.

bagaimana merawat kesehatan tenggorokan
ilustrasi dari freepik

Panjang saluran berbentuk tabung ini, sekitar 12 sentimeter, menjalar dari bagian belakang hidung hingga ke bagian kerongkongan. 

Fungsi Tenggorokan pada Tubuh

Kalau kamu sering mendengar ungkapan tentang “Sampai napas ke tenggorokan, di situlah detik-detik pintu taubat akan tertutup”, mungkin terinspirasi karena peran tenggorokan yang memang berkaitan dengan sistem pernapasan. 

Dilihat dari fungsinya, tenggorokan memiliki peran penting, baik dalam sistem pernapasan maupun sistem pencernaan. Di sini, tenggorokan memiliki fungsi memastikan proses ketika kita bernapas dan menelan makanan dapat berjalan dengan baik. Tujuannya agar makanan tidak masuk ke trakea dan membuat kita tersedak.

teknik menjaga kesehatan tenggorokan
ilustrasi dari freepik

Macam-macam Gangguan Tenggorokan

Seringnya kita mendengar seseorang mengalami radang tenggorokan. Kira-kira adakah selain itu, gangguan pada tenggorokan? Ternyata lumayan juga loh, macam-macam gangguan tenggorokan ini, seperti:

1. Infeksi Tenggorokan

Streptococcal pharyngitis atau infeksi tenggorokan terjadi karena infeksi bakteri streptococcus, sehingga bisa menular. Gejalanya adalah demam, muntah, bengkak pada amandel, sakit tenggorokan, dan nodus limfa yang membesar.

2. Laringitis

Laringitis adalah terjadinya peradangan pada tenggorokan bagian laring atau kotak suara.

3. Tonsilitis

Radang amandel atau tonsilitis merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang umumnya menyerang anak-anak, dan disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejalanya, dapat membuat sakit pada tenggorokan, demam tinggi, nyeri saat menelan, batuk, dan sakit telinga.

4. Abses Peritonsil 

Abses peritonsil terjadinya gangguan kesehatan dari radang amandel yang disebabkan infeksi bakteri di sekitar tonsil atau amandel, sehingga muncul nanah di area tersebut. Gejalanya seperti suara serak, dan ada benjolan di leher.

5. Faringitis

Faringitis merupakan radang pada faring, dan kerap disebut juga dengan sakit tenggorokan. Gangguan kesehatan tenggorokan ini banyak bermunculan ketika musim dingin. Penyebabnya adalah infeksi virus atau bakteri. Gejala yang dirasakan adalah nyeri saat menelan, dan tenggorokan terasa kasar. 


tips merawat kesehatan tenggorokan dengan mudah
ilustrasi gangguan tenggorokan dari freepik

Penyebab Gangguan Kesehatan pada Tenggorokan

Gangguan kesehatan pada tenggorokan bisa diobati dengan sendirinya. Atau menggunakan pengobatan herbal seperti jahe, kumur air garam dan sebagainya. Walau memungkinkan pula penanganan khusus ke fasilitas kesehatan. 

Meski begitu, tetap saja ketika terjadi gangguan pada tenggorokan tidak dapat dianggap remeh. Penyebabnya bisa karena alergi, udara kering atau dingin, gastroesophageal reflux disease (GERD), asap, tumor di tenggorokan dan lidah, serta bahan kimia dan iritan lainnya. 

Tips Menjaga Tenggorokan Tetap Sehat

Antisipasi dalam menjaga kesehatan tenggorokan penting dilakukan. Pasalnya, efek yang ditimbulkan ketika terjadinya gangguan keeshatan dapat membuat tubuh tidak nyaman untuk beraktivitas. Maka dari itu penerapannya dapat dilakukan dengan:

1. Minum Air Putih Secara Teratur

Konsumsi banyak air putih, bisa membantu mencegah dan meredakan radang tenggorokan. Pastikan suhu air yang dikonsumsi tidak terlalu panas maupun dingin, agar tidak melukai tenggorokan.

2. Hindari Jenis Makanan Ini

Makanan dengan rasa yang asam, pedas dan memiliki kandungan minyak berlebih, sebaiknya dihindari demi menjaga kesehatan tenggorokan.

3. Istirahat dengan Cukup

Istirahat yang cukup, khususnya saat tidur malam hari dapat memberikan kesegaran dan kenyaman pada tubuh, termasuk juga tenggorokan. Apalagi manfaat beristirahat dapat mendukung terbentuknya imunitas, sehingga berdampak baik dalam menjaga kesehatan tenggorokan.

4. Cuci Tangan Secara Teratur

Masih ingat tentang bagaimana cara mencegah virus covid-19 dengan mencuci tangan? Pada dasarnya, kebiasaan mencuci tangan secara teratur tak hanya berdampak kepada pencegahan dari corona saja, tetapi juga untuk penjagaan kesehatan tubuh. Jadi tetap teratur ya mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah memegang sesuatu. 

bagaimana cara merawat tenggorokan dengan benar

5. Gunakan Masker Mulut

Meski keadaan sudah kondusif sehingga kita bisa lepas masker, tidak seperti ketika di tahun 2000-2022, tetapi manfaat menggunakan masker mulut dapat menjadi langkah praktis dalam menjaga kesehatan tenggorokan dan bahaya polusi. 

6. Jauhi Kebiasaan Merokok 

Asap rokok dan juga kebiasaan merokok dapat menimbulkan gangguan kesehatan tubuh, termasuk tenggorokan. Pasalnya asap rokok dapat merusak bagian lapisan mukosa tenggorokan. Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut, agar tubuh lebih bugar.

7. Rutin Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah secara rutin tidak hanya membantu rumah jadi lebih resik semata. Hal ini sekaligus meminimalisir pencetus yang dapat menyebabkan alergi contohnya serbuk sari dari pohon, bulu binatang, partikel debu yang terbang dibawa angin, dan lainnya. 

8. Berkumur dengan Garam

Manfaatkan garam untuk menjaga kesehatan tenggorokan, dengan mencampurkannya dengan air hangat lalu berkumurlah. Cara minimalis ini bisa dilakukan secara rutin, khususnya ketika musim flu atau cuaca yang tak bersahabat. 

9. Tidak Berbagi Peralatan Makan 

Sebaiknya hindari sharing atau berbagi peralatan makan seperti cangkir, sendok, gelas, dan botol dengan orang lain, karena memungkinkan kitanya atau orang lain memiliki risiko terkontaminasi yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. 

bagaimana cara merawat tenggorokan dengan benar
ilustrasi tenggorokan dalam sistem pernapasan manusia (freepik)

Penutup

Cara merawat kesehatan tenggorokan menjadi langkah baik agar tetap dalam kondisi optimal. Pastinya, kita sendiri pula yang akan merasakan dampak baik ketika menjalankan tips menjaga tenggorokan tetap sehat secara rutin. Nah setelah ini, rejekingalir.com akan membahas tentang apa saja "Ciri-ciri Jantung Tidak Sehat" biar kita makin semangat menjaga tubuh tetap sehat.


Sumber materi:

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/tht/6-kiat-menjaga-kesehatan-tenggorokan
  • https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-5-penyakit-yang-ditandai-dengan-sakit-tenggorokan
  • https://www.docdoc.com/id/info/body/throat

30 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Tenggorokan merupakan salah satu bagian tubuh yang vital dalam kehidupan manusia. Fungsinya tak hanya untuk bernapas dan menelan, tetapi juga untuk menghasilkan suara. Menjaga kesehatan tenggorokan sangatlah penting, terutama di tengah kesibukan dan polusi yang tinggi.
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Paling sering adalah mengalami radang tenggorokan. Kalau sudah gitu, sangat tidak nyaman mau ngapa-ngapain juga. Memang lebih baik jaga kesehatan. Supaya tidak kambuh gangguan di tenggorokan.
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Banyak banget ya gangguan kesehatan tenggorokan. Kudu benar-benar kita jaga nih tenggorokan kita. Karena jujurly, kalau ada masalah sama tenggorokan tuh nggak nyaman banget. Mau nelan rasanya nggak enak.

Buat yang doyan makan, jelas kondisi ini adalah siksaan banget.
Komen Blog rejekingalir.com
Yustrini mengatakan…
Kalo kecapekan pasti kena radang tenggorokan. Udah gitu trus larinya jadi batuk pilek. Memang harus menjaga agar tidak terlalu capek dan lingkungan bersih
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Udah pernah nyoba. Dan ajaib loh, kumur air garam tuh malah menolong banget.
Engga nyangka cuma dari bahan-bahan di dapur aja.
Radang tenggorokan kalau udah parah, aku trus merembet jadi batuk sih.
Makanya sedari awal dicegah
Komen Blog rejekingalir.com
Indra DP mengatakan…
aku juga sering tenggorokan sakit saat menelan,seringnya itu setelah makan gorengan. tapi gak lama, paling cuma 3 - 5 harian sembuh setelah minum obat sariawan.
Komen Blog rejekingalir.com
Yonal Regen mengatakan…
Waktu kecil pernah mengalami radang tonsilitis dan dokter menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang asam, pedas, gurih, dan banyak mengandung minyak. Alhamdulillah akhirnya dapat sembuh setelah melalui proses tahap-tahap pengobatan
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Cuaca skrg emg lagi ga bersahabat ya kak. Bentar2 panas tp sering mendung yg ga hujan2. Kalo ga menjaga makanan ya bakal sakit tenggorokan sih.

Aku sih mulai rutinkan selalu minum air putih dan mulai mengurangi yg es meski air putih sekalipun.

Komen Blog rejekingalir.com
Diaz Bela mengatakan…
Aku kira berkumur dengan garam hanya resep tradisional saja.. tapi ternyata itu berpengaruh juga ya untuk kesehatan tenggorokan.. kalau aku sih tetep harus jaga dan minum air putih, walau kadang suka kelupaan hehe
Komen Blog rejekingalir.com
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Menjaga kesehatan tenggorokan emang penting banget, ya! Dari minum air putih cukup, hindarin makanan pedas dan asam, sampai rajin cuci tangan dan gak berbagi peralatan makan, semua langkah kecil itu ternyata bisa berdampak besar.
Komen Blog rejekingalir.com
Alfa Anisa mengatakan…
Ternyata berkumur air garam bisa membantu mencegah sakit tenggorokan, ya. Baru tau aku. Soalnya kalau pergantian musim sering banget kena radang tenggorokan.
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Aku klo sakit tenggorokan semua badan juga ikut sakit, jadi kaya demam gitu. Biasanya klo tenggorokan udah sakit gini aku kasih kaya model adem sari gitu, tapi bukan yang serbuk trus diseduh sama air panas. Dan kenapa bisa sakit tenggorokan ini biasanya aku kecantok minum Air dari keran,wkwwkk. Klo di luar negeri kan suka minum Air keran langsung nah ini kadang bikin tenggorokan sakit.
Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
Menjaga kesehatan tenggorokan sangat penting, terutama untuk mencegah masalah seperti sakit tenggorokan, batuk, dan infeksi lainnya. apalagi sekarang musim peralihan seperti ini
Komen Blog rejekingalir.com
Triani Retno A mengatakan…
Air putih di suhu ruangan sepertinya udah paling cocok buat tenggorokan ya, Kak. Eh, di rumahku sih. Alhamadulillah disimpan di suhu ruangan juga jadinya sejuk-sejuk nyesss aja. Kalau yang dari kulkas malah terlalu dingin.
Komen Blog rejekingalir.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Kalau mau kerongkongan sehat, salah satunya memang hindari makanan pedas, panas, dan asam sih. Apalagi yg punya gerd, bisa langsung naik tuh asam ke kerongkongan dan kayak kebakar.
Komen Blog rejekingalir.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Aku baru tahu mba manfaat berkumur dengan garam untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Biasanya tahunya untuk pengobatan gusi sakit. Bisa dicoba juga nih
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Keinget pas masih ngajar Biologi SMP dulu. Meski sudah saya jelaskan berkali-kali, murid-murid saya masih banyak yang salah anyara tenggorokan dan kerongkongan. Hehehe.
Komen Blog rejekingalir.com
Deeva Collection mengatakan…
Untuk menjaga tenggorokan, saya mulai mengidentifikasi jenis makanan yanb harus saya hindari. Khususnya gorengan, sekaramv sudah ga lagi, meskipun pengin.
Karena sehat lebih enak
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Kalau lagi sakit tenggorakan tas hanya tak nyaman sekali. Seperti ada yang nyangkut di leher. Makanya saya memang menghindari tempat makanan bersama di rumah. Apalagi di luar rumah. Terus masih sangat efektif memakai masker saat di luar rumah.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Sejak SD saya memiliki penyakit amandel yang sampai sekarang sering kambuh. Dulu memang tidak dioperasi, melainkan pakai pengobatan tradisional. Konon katanya amandel saya sering kambuh karena pengobatan tidak maksimal. Karena itu saya sangat menjaga kesehatan tenggorokan saya. Karena kalau udah sakit, wah, sampai gak bisa ngapain secara menelan ludah saja sakiiit banget
Komen Blog rejekingalir.com
Eka FL mengatakan…
menjaga kesehatan tenggrorokan memang sepenting itu, kalau udah radang kan duuuh tersiksa itu apalagi disertai batuk dan pilek. gak hanya orang dewasa sih, anak - anak juga. apalagi kalau sudah terlalu sering makan es krim terus panas - panasa, aaah udah deh. orang dewasa masih bisa menahan lalu makan obat dan istirahat, tapi anak anak kan ada tantrumnya ya. eh tapi orang dewasa juga perlu banget tuh menghindari makanan asam dan pedas, meski menggoda yaa
Komen Blog rejekingalir.com
Eka FL mengatakan…
menjaga kesehatan tenggrorokan memang sepenting itu, kalau udah radang kan duuuh tersiksa itu apalagi disertai batuk dan pilek. gak hanya orang dewasa sih, anak - anak juga. apalagi kalau sudah terlalu sering makan es krim terus panas - panasa, aaah udah deh. orang dewasa masih bisa menahan lalu makan obat dan istirahat, tapi anak anak kan ada tantrumnya ya. eh tapi orang dewasa juga perlu banget tuh menghindari makanan asam dan pedas, meski menggoda yaa
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Duh, kalo tenggorokan udah ngerasa ga enak, tanda² mau sakit dah tu, jadi kudu diantisipasi sama cara-cara yg baik buat memulihkan si sakit tenggorokan ini tadi.
Komen Blog rejekingalir.com
Monica Anggen mengatakan…
Duh, nggak enak banget euy kalo sampai sakit tenggorokan, dan bener sih yang jadi penyebab paling sering tuh gorengan :( Makanya daripada sakit, mending jaga kesehatan tenggorokan saja ya mulai sekarang
Komen Blog rejekingalir.com
Yusriah Ismail mengatakan…
padahal enak banget ya itu makan makanan pedas, asam dan berminyak...itulah kenapa yang enak-enak itu dilarang, kalo berlebihan jadi bikin sakit..terimakasih remindernya mbaa
Komen Blog rejekingalir.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Kadang kalau kebanyakan ngemil, tenggorokanku jaadi nggak nyaman. Mungkin radang kali ya, jadi kalau mau nyemil lagi nunggu tenggorokan agak enakan dulu biar gak tambah parah
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Merawat tenggorokan bisa jadi hal yang penting mengingat tenggorokan adalah saluran untuk lewatnya makanan dan pernapasan. Sehingga dengan hal sesederhana menjaga kesehatan melalui tips di atas akan menambah imunitas tubuh terutama organ tenggorokan.
Komen Blog rejekingalir.com
gemaulani mengatakan…
Ternyata ada banyak jenis sakit tenggorokan ya kak. Untuk menghindari makanan yang pedas ini saya masih PR banget sih tapi emang bener kalau habis makan makanan pedas dan berminyak pasti tenggorokan langsung sakit dan Saya seneng banget kumur pakai air garam
Komen Blog rejekingalir.com
timduniamasak mengatakan…
yang sulit adalah poin nomor 9, di kantor maupun rumah pasti bisa ganti gantian alat makan :')
Komen Blog rejekingalir.com
Goresan hati mengatakan…
Sakit tenggorokan itu ternyata banyak macamnya ya. Kirain ya sakit tenggorokan aja. Dan biasanya aku kasih minum air putih yang banyak. Wawasan baru nih. Makasih kak

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network