Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Empedu: Apa, Fungsi, Penyakit, dan Tips Menjaganya

Tentang Apa itu Empedu, Fungsi, Penyakit, dan Tips Menjaganya dengan Gaya Hidup Sehat

Apa itu empedu? Di manakah letaknya di dalam tubuh kita? Lalu bagaimana ciri-ciri empedu bermasalah?

Mungkin pertanyaan di atas pernah terlintas oleh kita, tatkala membicarakannya atau ketika membersihkan empedu ayam. Loh kok? Iya, rejekingalir.com kerap mendengar, bahwa tatkala membersihkan ayam, harus hati-hati jangan sampai empedu-nya pecah, karena akan membuat daging ayam terasa pahit. Entah memang ada kaitannya atau tidak, kamu boleh curcol-kan tentang ini di kolom komentar. Cuss kita lanjut ke bahasan berikutnya.

Apa itu empedu dan apa saja fungsinya

Apa Itu Empedu?

Empedu, yang dalam bahasa Inggris disebut dengan gallbladder, merupakan organ dalam tubuh yang dihasilkan dari organ hati. Posisinya berada di bawah hati, bagian kanan atas perut kita. Bentuknya seperti buah pir, dan berupa cairan kental berwarna hijau, kuning, atau cokelat. 

Fungsi Empedu pada Tubuh Manusia

Adanya kantung empedu pada tubuh manusia, bermanfaat dalam mendukung sistem pencernaan, khususnya mencerna lemak. Pasalnya lemak tidak mudah larut dalam air, maka kehadiran empedu dapat mengemulsi lemak sehingga dapat menyatu dengan air dan berlanjut ke proses pencernaan selanjutnya.  

Gejala dan Penyakit Empedu

Dari fungsi di atas, kita perlu mengenali apa ciri-ciri empedu bermasalah. Hal ini dikarenakan, gangguan empedu dapat menjangkiti siapa saja termasuk usia muda atau produktif. Tanda-tanda empedu bermasalah dapat dilihat dari gejalanya, yaitu:

  • Sakit perut pada bagian tengah atas

  • Nyeri bagian perut kanan yang menjalar hingga ke bahu atau punggung bagian kanan

  • Kulit dan bagian mata menguning (kerap disebut penyakit kuning)

  • Nafsu makan menurun

  • Demam, mual dan muntah

  • Urine berwarna cokelat muda dan tinja berwarna pucat

  • Sakit usai menyantap hidangan berlemak

apa saja penyakit gangguan empedu
ilustrasi batu empedu (freepik)

Penyakit gangguan empedu dapat terjadi, ketika seseorang gemar mengonsumsi makanan berlemak. Boleh-boleh saja kita makan makanan yang menganduk lemak, karena tubuh pun membutuhkan asupan lemak baik seperti lemak tak jenuh untuk mengurangi dampak risiko diabetes tipe-2, kesehatan mata terjaga, cegah dari penyakit Parkinson, kolesterol dapat diturunkan, hingga berat badan lebih terjaga. Hanya saja, terdapat juga jenis lemak jenuh yang patut kita waspadai. Sebab ini dapat memberikan sinyal buruk untuk empedu yang mengakibatkan penyakit:

1. Batu Empedu (Cholelithiasis)

Pastinya kita sering dengar kata “batu empedu”. Ini adalah gangguan pada empedu karena tingginya kolesterol dan bilirubin yang berlebih, sehingga menumpuk menjadi bongkahan keras. 

2. Sumbatan Saluran Empedu (Choledocholithiasis)

Tersumbatnya saluran empedu karena batu empedu. Hal ini menjadikan empedu tidak menjalankan fungsinya secara normal, yaitu menuju ke usus kecil, tetapi kembali ke hati. 

3. Radang Empedu (Kolesistitis)

Radangnya empedu akibat tersumbat batu empedu, infeksi, gangguan sirkulasi darah, dan tumor.

4. Polip Kantung Empedu

Bila kita familiar dengan polip pada organ hidung, maka pada bagian dalam tubuh, juga terdapat polip kantung empedu, yaitu adanya tonjolan yang tumbuh ke bagian dalam kantung empedu. Umumnya, polip kantung empedu ini masih bersifat jinak. 

5. Kanker Kantung Empedu

Gangguan empedu yang sudah bersifat ganas, adalah kanker kantung empedu. Jenis kanker ini terbilang langka. Akan tetapi, faktor risikonya mengarah kepada obesitas dan akibat batu empedu

Penanganan yang cepat untuk mengatasi gangguan pada empedu, dapat dilakukan dengan berkonsultasi kepada dokter, agar segera dilakukan CT Scan, pemeriksaan USG, ERCP atau Endoscopic Retrograde Cholangiography, tes darah untuk mengecek kadar bilirubin. Bahkan memungkinkan terjadinya pembedahan untuk mengangkat kantong empedu yang disebut dengan kolesistektomi.

apa makanan dan buah yang baik untuk kesehatan empedu
ilustrasi lever dan empedu (freepik)

Gaya Hidup Sehat untuk Empedu Sehat

Dari mengetahui apa ciri-ciri empedu bermasalah, siapa nyana kita bisa mengantisipasinya melalui gaya hidup sehat dengan memerhatikan:

1. Makanan yang Baik untuk Empedu

Pola hidup sehat untuk empedu yang sehat dapat dilakukan dari memilih makanan yang baik untuk empedu, seperti:

  • Asupan yang mengandung serat, kalsium, serta vitamin C yang bermanfaat dalam menghambat kolesterol membentuk batu empedu.

  • Perbanyak makanan bernutrisi yang mengandung asam lemak omega-3

  • Jauhi makanan dengan kolesterol tinggi.

  • Rutinkan untuk makan dengan porsi kecil

2. Sayur dan Buah untuk Kesehatan Empedu

Asupan lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan empedu adalah sayur dan buah. Pilihlah yang kaya akan antioksidan, mineral dan vitamin, misalnya stroberi, jeruk, pepaya, pisang, tomat, buah kiwi, jamur, asparagus, brokoli, kangkung, bayam, kacang polong, dan kacang almond.

3. Hindari Minuman Berkarbonasi

Dirangkum dari laman lawankanker.org bahwa orang yang berisiko tinggi terkena kanker empedu dan kanker saluran empedu adalah mereka yang mengonsumsi dua atau lebih minuman bersoda. Oleh karena itu, lebih baik beralih ke minuman yang lebih sehat, seperti minum air putih yang cukup, serta hindari pula minuman beralkohol. 

4. Olahraga Rutin Selama 30 Menit

Banyak bergerak misalnya berolahraga rutin selama 30 menit, dapat menurunkan faktor risiko sumbatan saluran empedu dan batu empedu. Bila tubuh kurang melakukan aktivitas fisik, akan menghambat jalannya sistem pencernaan, karena empedu tidak menjalankan fungsinya secara benar. Dengan merutinkan olahraga, tubuh pun akan terasa lebih bugar, dan menjadikan empedu lebih optimal.

5. Gaya Hidup Sehat Lainnya

Gaya hidup sehat lainnya yang dapat diterapkan demi menjaga kesehatan empedu, bisa dengan berhenti merokok, jaga tubuh agar tetap tegak sekitar 2 sampai 3 jam pasca makan dan tidak tidur usai makan, atur pola makan rendah lemak dan bisa pula dengan berpuasa yang dapat membantu mengurangi beban kerja empedu.

bagaimana gaya hidup sehat untuk sehatkan empedu
ilustrasi empedu dan organ tubuh lainnya (freepik)

Yuk, Sehatkan Empedu!

Pengenalan dari apa itu empedu, fungsinya, dan bagaimana gejala empedu bermasalah, serta penerapan gaya hidup sehat untuk empedu sehat, membuat kita bisa lebih peduli dengan organ penting dalam tubuh. Lalu mungkinkah seseorang tidak memiliki kantung empedu, dan bagaimana cara ia agar tetap bugar? Kamu dapat menuju artikel selanjutnya Tidak Ada Kantung Empedu: Ini Cara Menjaga Hidup Sehat untuk menambah seputar empedu. Yuk, sehatkan empedu!


Sumber Materi:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/body/21690-gallbladder
  • https://www.alodokter.com/
  • https://hellosehat.com/pencernaan/empedu/menjaga-kesehatan-empedu/#google_vignette
  • https://lawankanker.org/cukup-dua-kaleng-soda-per-hari-untuk-picu-kanker-kantung-empedu/

27 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Indra DP mengatakan…
empedu sangat penting banget dalam sistem pencernaan manusia. dan sudah seharusnya kita melakukan pola hidup sehat agar fungsi empudu tetap berjalan optimal
Komen Blog rejekingalir.com
Bunda Saladin mengatakan…
Jadi biar gak kena batu empedu kudu jaga makan, minum air putih, dan bergaya hidup sehat yaa. Aku pernah baca pengalaman org yg operasi batu empedu dan biayanya wow banget. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati.
Komen Blog rejekingalir.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Empedu yang katanya pahit, rupanya memiliki fungsi penting dalam tubuh kita. Selain itu kalau gak dijaga beneran bisa bahaya yg mengancam kesehatan kita.
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Minuman bersoda bukan cuma nggak sehat buat empedu, tapi juga organ tubuh lainnya ya. Intinya memang harus seluruhnya ubah pola hidup ke yg lebih sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Bener mba, empedu ayam kecil warna ijo itu, klo udah pecah kena di hati atau ampela ayam jadi pahit rasanya. Aku udah kurangin minuman berdosa, karena memang bukan penggemar minuman berkarbonasi. Kalo lagi pengen aja minum, itupun sedikit banget.
Komen Blog rejekingalir.com
Yonal Regen mengatakan…
Walaupun bentuknya mini alias kecil, tapi empedu sangat penting keberadaannya untuk tubuh kita. Jadi harus tetap dijaga pola makan dan pola hidup sehatnya, ya
Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
empedu ini salah satu organ yang jarang banget dibahas. tapi ternyata sepenting ini. memang harus selalu menjalankan hidup sehat ya
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Trims artikelnya informatif banget. Bbrp temenku ada batu di empedu. Nah, untuk tahu bahwa ada masalah di empedu hrs bol-bal ke dokter dulu, krn lama baru ketemu masalahnya. Kasihan juga kan...menderita banget
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Meski mungil, tapi kalau ada masalah juga berdampak besar bagi sistem percernaan tubuh yaa..
Jadi sebisa mungkin untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kesehatan masing-masing organ.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Pantesan dulu hampir kena gejala empedu. Soalnya dulu suka bgt minuman berkarbonasi. Gaya hidup sih ya. Dulu di kota sering bgt nongki di gerai makanan xepat saji. Jd minumannya selalu gt.

Abis itu tobat deh. Minum air putih aja.
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Empedu ini rasanya luput dari perhatian saya. Kalau bicara organ dalam mikirnya selalu jantung, ginjal, paru-paru. Pokoknya yang besar-besar gitu. Padahal keberadaan empedu ini penting juga, ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Aku juga sering mendengar mamaku bilang, jangan sampai empedunya pecah kalau pas bersihkan ayam. Emang jadi pait sih dagingnya. Terutama yang kena cairan empedu.

Terus ternyata, penyakit yang berkaitan dengan empedu tuh ada banyak ragamnya ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Han mengatakan…
ya Allaah baca artikel ini jadi tersentil banget, olahraga haaann olahragaaa! Kenapa susah banget ya ngerutinini olahragaa sampe sebel sama diri sendriii :((
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya suka membeli ati amplea ayam, Mbak. dan memang masih ada empedunya. Makanya harus hati-hati saat dibuang, agar tidak pecah. Karena akan pahit. Makanya ada pepatah, rasanya seperti empedu hehehe.
Dan karena empedu kita sangat penting, maka harus terus dijaga ya,agar terus berfungsi dengan baik.
Komen Blog rejekingalir.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Empedu merupakan organ tubuh yg paling penting untuk pencernaan. Cukup gaya hidup sehat udah ngebantu buat organ empedu bekerja aesuai fungsinya
Komen Blog rejekingalir.com
Adinda Tami mengatakan…
Makanan berkolesterol memang lezat disantap, tapi kalau ingat dapat meningkatkan risiko penyakit empedu (dan penyakit lainnya) yaa harus banget dibatasi ya kaa!
Komen Blog rejekingalir.com
Alfa Anisa mengatakan…
Ternyata rutin olahraga juga bisa mengurangi dampak berbagai penyakit, ya, termasuk batu empedu yang sering denger banyak yg kena. Terimakasih infonya. Semoga bisa rutin olahraga lagi.
Komen Blog rejekingalir.com
deamerina mengatakan…
makin ke sini aku berusaha buat ngejaga kesehatan dari berusaha rutin olahraga dan jaga pola makan. meski kadang di kantor ditanyaiin mulu kalo aku bawa salad. tp, gpp kan demi kesehatanku juga hehe
Komen Blog rejekingalir.com
Tria TR mengatakan…
Aduh, ternyata banyak ya penyakit yang bisa menghinggapi si empedu ini. Serem-serem, pula. Semoga kita terhindar dari penyakit-penyakit ini ya, Kak.
Komen Blog rejekingalir.com
sudutpandangnovita mengatakan…
Ternyata empedu penting banget ya buat kesehatan tubuh kita, hmmm... penting sih menerapkan gaya hidup sehat. Berusaha konsumsi sayur dan makanan sehat lainnya, duuhh.. tapi masih susah banget buat olah raga..hehe..
Komen Blog rejekingalir.com
Dee_Arif mengatakan…
Empedu adalah organ yang penting bagi tubuh kita. Sudah selayaknya dijaga agar fungsi tetap berjalan
Komen Blog rejekingalir.com
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Ternyata empedu punya peran penting buat pencernaan lemak ya, jadi kita harus lebih aware sama gejala-gejala kalau ada masalah di empedu. Tips gaya hidup sehatnya juga oke banget, mulai dari makanan sehat, olahraga rutin, sampai hindari minuman bersoda. Pasti aku coba deh, biar empedu tetap sehat dan pencernaan lancar! 😊💪🍎
Komen Blog rejekingalir.com
Goresan hati mengatakan…
Gak bisa bayangin gimana jadinya baru empedu bisa jadi kanker empedu kalau gak ditangNu dengan baik. Makanya jaga kesehatan yuk dengan mengurangi makanan berlemak biar empedu kita sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Utopianisa mengatakan…
Sekarang itu penyakit makin aneh aneh ya, termasuk pada organ vital tubuh seperti pada empedu.
Cara termudah menjaga tubuh kita ya hidup sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
GE MAULANI mengatakan…
Aku baru sadar kalau misalkan empedu itu dihasilkan dari organ hati sedangkan selama ini aku ngiranya kalau empedu itu sama dengan organ hati. Wah ternyata yang bikin sakit empedu itu karena terlalu banyak makan makanan yang berlemak ya Kak
Komen Blog rejekingalir.com
Khairunnisa Z Putri mengatakan…
Peran empedu ini sangat sangat penting yaa dalam keberlangsungan hidup. HuHu tiba-tiba kepikiran, sebagai penyuka makanan yang berlemak tentunya enak dilidah tapi sangat berpengaruh yaa terhadap empedu yang kita punya
Komen Blog rejekingalir.com
Sabrina mengatakan…
Terima kasih sharingnya Kak, useful banget buat saya yang sering banget tidur malam untuk lebih aware lagi sama kesehatan badan, kadang suka ga aware pola hidup kita pelan-pelan menggangu kinerja empedu, terima kasih remindernya kak

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network