Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

6 Langkah Menerapkan Gaya Hidup Sehat pada Ginjal

Bagaimana cara agar ginjal tetap sehat? Berikut 6 Langkah Menerapkan Gaya Hidup Sehat pada Ginjal

Bagaimana cara ginjal tetap sehat? Sebuah pertanyaan yang memungkinkan terlintas ketika membicarakan tentang ginjal. Tak hanya itu, bakal muncul lagi bayangan seputar ginjal seperti cuci darah, gagal ginjal, batu ginjal, minum air, dan buang air kecil (BAK). Wajar sih, karena hal tersebut memang berkaitan dengan organ vital ini. 

bagaimana cara ginjal tetap sehat

Bila pada artikel-artikel sebelumnya, rejekingalir.com membahas seputar organ pada sistem pencernaan, kali ini yang dibahas adalah terkait sistem ekskresi (sistem pembuangan zat sisa pada makhluk hidup) yaitu ginjal. 

Mengenal Apa Itu Ginjal

Apa itu ginjal? Ginjal adalah organ ekskresi dalam tubuh, yang memiliki bentuk seperti buah kacang yang panjangnya 10-12 senti. Jumlah ginjal ada 2, yaitu kiri dan kanan. Posisinya berada di belakang bagian bawah tulang rusuk dan dekat dengan bagian tengah punggung.

Fungsi Ginjal pada Tubuh Manusia

Sebagai salah satu dari sistem eksresi yang menyaring 200liter darah setiap harinya, ginjal memiliki fungsi untuk:

1. Penyaring dan Membuang Limbah

Sesuai dengan namanya ginjal sebagai sistem eksresi, fungsinya dalam menyaring dan membuang limbah berupa urine yang mengandung urea (nitrogen), air maupun mineral yang berlebih, racun, dan kadar garam yang berlebih. 

apa saja fungsi ginjal pada tubuh manusia
ilustrasi ginjal dari freepik

2. Sel Darah Merah Lebih Teratur

Sel darah merah dapat lebih terkontrol dengan adanya ginjal, karena saat tubuh kurang atau tidak mendapat asupan oksigen yang cukup, ginjal dapat berperan untuk mengeluarkan hormon eritropoietin agar produksi sel darah merah berjalan lancar dan asupan oksigen pun lebih optimal. Ketika kadar oksigen sudah cukup, maka produksi hormon eritropoietin pun dihentikan. 

3. Penghasil Bentuk Aktif Vitamin D

Tubuh kita membutuhkan vitamin D, dan ginjal mendukung hal tersebut guna menjaga tulang sehat dan keseimbangan zat kimia dalam tubuh.

4. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Fungsi ginjal berikutnya adalah memastikan bahwa cairan dalam tubuh dalam porsi yang cukup. Sebab bila kekurangan cairan, ginjal tidak akan membuang cairan tersebut, tetapi justru menahannya. Kita pernah merasakan tatkala kurang minum, maka intensitas BAK pun jadi sedikit berkurang, bukan? Oleh karena itu, jangan lupa cukupi kebutuhan air minum harian kita ya.

5. Menjaga Konsentrasi Elektrolit dan Mineral dalam Darah

Konsentrasi mineral dan elektrolit dalam darah seperti kalium, natrium, kalsium, dan fosfor, haruslah terjaga dengan baik, karena dapat mendukung saraf dan otot lebih optimal.

6. Pengatur Asam Basa (pH) Darah Tetap Seimbang

Ginjal berperan dalam mengatur keseimbangan pH darah (di angka 7,35–7,45), sehingga metabolisme sel dalam tubuh kita, dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Dengan mengenal peran penting ginjal dalam tubuh, maka perlunya kita mengenali gejala yang akan mengganggu kesehatan ginjal, seperti nyeri ketika BAK, mudah lelah, anemia, berkurangnya urine yang dikeluarkan, bengkak pada tungkai, warna urine berubah (keruh atau berdarah), kram pada otot, meningkatnya tekanan darah, sesak napas, dan bagian bawah punggung terasa nyeri yang menjalar ke selangkangan atau bawah perut.

bagaimana cara gaya hidup untuk kesehatan ginjal
ilustrasi penyakit ginjal (freepik)

Penyakit yang Menyerang Organ Ginjal

Gangguan kesehatan pada ginjal memungkinkan terjadi ketika seseorang memiliki risiko karena memiliki kelainan bentuk ginjal, ada riwayat keluarga yang menderita penyakit ginjal, pola makan yang tinggi gula dan garam, obesitas, jarang minum air putih, autoimun, faktir lanjut usia, mengalami ISK (infeksi saluran kemih), serta menderita hipertensi/penyakit hati/penyakit jantung. 

Lalu bagaimana cara ginjal tetap sehat? Kita mulai dari peka terhadap tubuh diri sendiri maupun melihat keadaan sekitar, misalnya memantau kesehatan keluarga tatkala ada diantara mereka yang memiliki tanda-tanda ginjal bermasalah, sebaiknya lekas mendapatkan penanganan, agar keadaan tidak parah dan terkena penyakit ginjal sebagai berikut:

1. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal tentu tidak asing kita dengar. Penyakit batu ginjal kerap dikenal pula dengan sebutan kencing batu. Bila ukuran batu ginjal amat besar, maka perlu penanganan khusus agar tidak menghalangi saluran kencing/urine. 

2. Polikistik Ginjal

Polikistik ginjal merupakan penyakit ginjal karena kelainan genetik, dimana terdapatnya kita di bagian ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

3. Cedera Ginjal Akut

Akute kidney injury atau cedera ginjal akut, merupakan kondisi berhentinya fungsi ginjal secara tiba-tiba. Kondisi bahaya ini dapat terjadi dengan cepat, sehingga cairan dan produk limbah dalam ginjal menumpuk dan mengganggu kesehatan tubuh. 

apa saja gejala penyakit ginjal
ilustrasi glomerulonephritis (freepik)

4. Glomerulonefritis

Terjadinya radang pada pembuluh darah kecil (glomerulus) yang bertugas menyaring darah, dapat menyebabkan ginjal tidak dapat menyaring darah dengan optimal. Kondisi seperti ini disebut glomerulonephritis, yang bisa berdampak pada gagal ginjal.

5. Gagal Ginjal Kronis

Ketika seseorang mengalami penyakit ginjal selama lebih dari tiga bulan lamanya, memungkinkan ginjal tidak dapat lagi menjalankan fungsinya. Kondisi seperti ini merupakan gagal ginjal kronis, yang harus lekas mendapatkan penanganan serius, salah satunya melalui transplantasi ginjal.

6. Penyakit ginjal lainnya

Selain lima penyakit ginjal di atas, masih terdapat gangguan kesehatan lainnya, seperti kanker ginjal, hidronefrosis atau ginjal bengkak, dan pielonefritis (infeksi ginjal).

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat pada Ginjal

Ginjal memiliki fungsi krusial untuk tubuh, sehingga perlu menjaganya dalam kondisi baik. Penerapan gaya hidup yang baik pada tubuh dapat memberikan dampak positif sebagai cara ginjal tetap sehat, yaitu:

1. Cukupi Kebutuhan Konsumsi Air Putih

Sebagaimana kita ketahui salah satu fungsi ginjal adalah menjaga keseimbangan cairan tubuh, maka mencukupi kebutuhan minum air putih menjadi langkah tepat. Kerja ginjal pun jadi lebih terjaga.

bagaimana pengobatan penyakit ginjal
ilustrasi freepik

2. Rutin Berolahraga 15-30 menit

Tubuh yang bugar dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Lakukan olahraga secara rutin sekitar 15-30 menit sehari sebagai langkah bagaimana cara ginjal tetap sehat, sehingga sistem peredaran darah menjadi lebih lancar dan meningkatkan fungsi organ tubuh kita lebih baik. 

3. Jaga Kestabilan Gula Darah

Ketika seseorang terkena diabetes melitus, komplikasi yang memungkinkan timbul adalah penyakit ginjal kronik. Untuk itu perlunya menjaga kestabilan gula darah dengan pemeriksaan kadar gula darah sebagai pencegahan dini kerusakan ginjal. 

4. Batasi Mengonsumsi Garam

Terlalu banyak mengonsumsi garamTerlalu banyak mengonsumsi garam bisa berdampak buruk bagi kesehatan ginjal. Hal ini dapat meningkatkan proses membuang protein dalam bentuk urine, dan mengakibatkan ginjal bekerja keras untuk menyaring protein demi menghasilkan urine. Oleh karena itu, membatasi konsumsi garam bisa sebagai langkah bagaimana cara ginjal tetap sehat. 

5. Stop Kebiasaan Merokok

Terbiasa merokok dalam jangka waktu lama, tanpa disadari aliran darah ke ginjal menjadi lambat. Ini dikarenakan, dinding pembuluh darah terdapat plak nikotin sehingga pembuluh darah menjadi kaku dan bagian lumen menjadi sempit. Bila terus dibiarkan, kebiasaan merokok ini dapat merusak fungsi ginjal. 

6. Bijak Mengonsumsi Obat Anti Nyeri

Jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan, hendaknya bijak dalam penggunaannya. Konsultasikan lebih dulu dengan tenaga kesehatan. Sebab konsumsi obat anti nyerikonsumsi obat anti nyeri seperti natrium dikofenal, ibuprofen maupun obat golongan NSAID (Non-Steroid Antiinflamasi Disease) secara terus menerus, bisa berdampak pada kerusakan ginjal. 

sebutkan fungsi ginjal untuk tubuh manusia
ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia (freepik)

Penutup 

Ginjal, baik yang di sebelah kiri maupun yang kanan sebagai salah satu organ vital pada tubuh kita, hendaknya senantiasa kita jaga dengan baik. Terlebih di masa kini, gempuran makanan maupun minuman penuh warna yang memungkinkan kita tergoda, sehingga lengah akan pola hidup sehat. Penerapan tips bagaimana cara ginjal tetap sehat ini menjadi modal brilian, agar senantiasa ginjal tetap stabil sesuai fungsinya. Lalu bilamana hanya dengan satu ginjal? Kamu bisa simak ke artikel selanjutnya “Cara Hidup Sehat Meski dengan Satu Ginjal”. Yuk jaga kesehatan tubuh!


Sumber materi:

  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/846/tips-jaga-kesehatan-ginjal
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/fungsi-ginjal
  • https://www.alodokter.com/penyakit-ginjal

27 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Seram kalau dengar ada yang sakit ginjal. Baru-baru ini ayahnya teman saya meninggal pada saat hampir cuci darah.
Komen Blog rejekingalir.com
Irrya Lucita mengatakan…
Sekarang makin banyak anak muda yang mengalami sakit ginjal, gaya hidup yang tidak sehat pemicu utamanya. Padahal fungsi ginjal sangat vital untuk tubuh kita
Komen Blog rejekingalir.com
Catcilku mengatakan…
Kebutuhan minum juga harus disesuaikan dengan usia ya mbak? Pernah saya guglimg, berapa sebenarnya kebutuhan minum seusia saya. Ternyata hasilnya beda-beda. Ada yang bilang 2,7 liter, ada yang bilang 3 liter. Ada pula yang bilang hanya 2 liter saja perhari.

Adakah cara hitungnya ya mudah
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Aku paling takut dengan penyakit dalam, klo untuk makanan alhamdulillah sudah dihindari, untuk olahraga ini yang belum konsisten. Mudah-mudahan kita semua terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.
Komen Blog rejekingalir.com
Yustrini mengatakan…
Sering banget punya kenalan, tetangga yang kena sakit ginjal. Cuci darah terus, tadinya sebulan sekali lama-lama jadi tiap hari. Susah ya kalo udah kena gagal ginjal.
Komen Blog rejekingalir.com
Yonal Regen mengatakan…
Kebetulan orang tua kemarin baru melaksanakan operasi batu ginjal. Ini jadi bahan pelajaran banget untuk lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan ginjal, mudah-mudahan ini operasi pertama dan terakhir serta disehatkan selalu setelahnya. Aamiin
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Memilih makanan dengan kandungan protein, fosfor, dan kalium yang rendah sangat penting untuk kesehatan ginjal. disini juga memberikan contoh bahan makanan yang baik dan yang harus dihindari dengan jelas. tinggal di terapkan aja
Komen Blog rejekingalir.com
Lintang mengatakan…
Minum air putih yang cukup emang penting banget buat menjaga kesehatan ginjal. Tapi kadang masih kurang aja minumnya. Perlu nuga menjaga kestabilan gula darah agar ngga timbul penyakit ginjal kronik ya. Gaya hidup sehat perlu diterapkan nih di era gemburan junkfood juga.
Komen Blog rejekingalir.com
HendraDigital mengatakan…
Wah saya nih suka mengonsumsi makanan yang asin-asin. Jadi mesti segera dibatasi deh, biar kondisi ginjal tetap sehat. Kalo minum air putih, alhamdulillah sudah cukup setiap harinya. Malahan sering BAK, hehehe... Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan diberikan sebaik-sebaik perlindungan. aaamiiin....
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Memilih makanan dengan kandungan protein, fosfor, dan kalium yang rendah sangat penting untuk kesehatan ginjal. Blog ini memberikan contoh makanan yang baik dan yang harus dihindari dengan jelas.
Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
aku pernah ngalami infeksi saluran ginjal. sakitnya astagfirulloh, bikin guling2. alhamdulillah udah sembuh. cuma kata dokternya, enggak bisa sembuh total. yg bisa dilakukan menghindari penyebabnya
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Sejak kecil, saya selalau diwanti-wanti orang tua agar tidak menahan-nahan pipis, Mbak. katanya nanti kencing batu. Padahal kencing batu ini berkaitan dengan ginjal ya.
Nah, Dan memang ginjalmini berkaitan dengan konsumsi air putih. Makanya saya sangat memperhatikan hal ini, termasuk sat pergi, saya pun membawa botol besar air putih.
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Serem banget kalau udah urusan sama ginjal tuh. Kalau udah terlanjur rusak, bisa berabe karena harus cuci darah. Aku setuju sih menerapkan gaya hidup sehat itu harus dilakukan secepatnya biar ginjal tetap sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Bicara ginjal jadi ingat Bpk saya, 3 bulan ini, tiap minggu bolak balek kontrol ke rumah sakit karena ada pembengkalan di ginjal. Alhamdulillah sekarang mendingan, meski harus tetap kontrol. Rokok memang saya suruh berhenti dan saya minta banyak minum.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Bener banget kak. Aku kmrn pny teman meninggal krn kurang asupan minum air putih. Kerjaannya dpn komputer mulu. Krn deadline kerjaan jd dia ga sempat mulu utk minum. Ya krn di ruang ber-AC sih. Jd ga pgn minum gt.

Ternyata bener sakit ginjal akut. Ditambah lh emh dia suka ngerokok. Double deh penyebabnha.
Komen Blog rejekingalir.com
Molzania mengatakan…
soal obat anti nyeri, molly pernah dicurhati sesama pasien bpjs ada yang suaminya harus cuci darah gara2 minum obat anti nyeri dan pegel linu yang dijual bebas. :(
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Ginjal memang salah satu organ tubuh yang sangat vital. Oleh karena itu, menjaganya tetap sehat adalah hal mutlak. Salah satu caranya dengan mencukupkan kebutuhan cairan tubuh. Biar tubuh bisa mengeluarkan zat sisa dengan lancar.
Komen Blog rejekingalir.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Ginjal merupakan organ tubuh yang vital dan sangat berpengaruh terhadap sistem tubuh manusia agar tetap sehat. Aku selalu berusaha menjaga ginjal dengan miunum air putih setiap hari minimal 8 gelas biar selalu aman ginjalnya
Komen Blog rejekingalir.com
April Hatni mengatakan…
Nah, terima kasih atas remindernya, Kak. Saya juga selalu mengingatkan anak-anak juga untuk banyak minum air.
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Cara menerapkan gaya hidup sehat pada ginjal nggak sulit kok ya, cuma butuh konsisten aja sih. Jadi sehatnya ginjal bisa maksimal.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Sekarang ini sering banget nyeri pinggang, orang bilang itu tandanya ada kelainan pada ginjal?
Semoga bukan deh
Secara perasaan saya udah rutin olahraga, hindari rokok, dan minum air putih rutin
Komen Blog rejekingalir.com
Han mengatakan…
well noted kak :(( ya ampun trnyata olahraga juga lho wkwkw kirain mah cukup jaga asupan air putih huhu. harus lah yaa bisa iniii demi kesehatan diri sendiri. thanks kak
Komen Blog rejekingalir.com
Monica Anggen mengatakan…
Kalau baca berita saat ini, cukup banyak lho kasus penyakit ginjal, bahkan jumlah penderita penyakit ginjal juga terus bertambah. Penting banget ya merawat kesehatan ginjal juga
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalau becandaan anak sekarang kan "Jual ginjal demi bla bla blaa.."
Padahal kinerja ginjal ini bisa optimal kalau sepasang dan dijaga bener kesehatannya, seperti dengan olahraga dan perbanyak asupan air mineral yang sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
sudutpandangnovita mengatakan…
Belakangan sering lihat dimedsos beredar info anak2 yang masih muda menderita sakit ginjal. Ternyata sebabnya banyak dari mereka gak suka minum air putih. Ngeri banget, makanya suka ngomel2 kalau anak2 gak mau minum air putih. Mulai membiasakan anak2 untuk menyukai air putih..
Komen Blog rejekingalir.com
Fajarwalker.com mengatakan…
Ya Allah, semoga kita semua dijauhkan dari segala penyakit yaa. Apalagi yang berhubungan sama ginjal, aduuuh... Rasa-rasanya udah ngeri kalo udah kena ginjal.
Komen Blog rejekingalir.com
Atiqoh mengatakan…
Kadang suka disepelekan ya jaga kesehatan organ, nyatanya kalo udh sakit gak ada ditoko huhu

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network