Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Apa Perbedaan Sakit Jantung pada Pria dan Wanita?

apa saja perbedaan sakit jantung pada pria dan wanita? dan apa yang membedakan serangan jantung wanita dengan pria?

Tidak hanya dalam urusan fisik semata pria dan wanita terlahir memiliki banyak perbedaan, tetapi juga pada serangan penyakit jantung keduanya terdapat perbedaan yang signifikan. Pengenalan gejalanya, menjadi hal yang perlu disimak agar dalam penanganannya bisa cepat dilakukan. 

apa perbedaan sakit jantung pada pria dan wanita

Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama tingginya kematian pria. Setidaknya satu dari setiap 4 pria, meninggal dunia karena serangan jantung. Selain itu juga, pria mengalami serangan jantung lebih mula dibandingkan dengan wanita. Lalu apa saja perbedaan sakit jantung pada pria dan wanita?

Perbedaan Ukuran Jantung

Pada bahasan sebelumnya, rejekingalir.com telah menguraikan apa saja tanda-tanda jantung bermasalah dan sekilas membahas tentang bentuk jantung. Di sini, kita akan menelaah lebih mendalam perbedaan ukuran jantung pada wanita dan pria.

Jantung wanita berukuran lebih kecil dan memiliki pembuluh darah yang lebih sempit daripada jantung pria. Oleh sebab itu, pada perkembangan penyakit jantung yang terjadi akan berbeda pula pada keduanya. Meski untuk diagnosis dan perawatan jantung, wanita dan pria akan menjalani tes, obat dan prosedur yang sama. 

Gejala Serangan Jantung 

Data dari Kementerian Kesehatan 2018, menunjukkan bahwa prevalensi penyakit jantung (diagnosis dokter) menurut karakteristik adalah sekitar 1.3% (pria) dan 1.6% (wanita). Hal ini menunjukkan bahwa wanita memiliki peluang lebih besar mengalami serangan jantung. Pasalnya, serangan jantung yang datang tiba-tiba, tidak akan selalu tampak sama antara wanita dan pria. Maka perlu untuk mengenali gejalanya, yaitu:

apa yang membedakan serangan jantung pria dan wanita
ilustrasi nyeri bahu kiri (freepik)

1. Gejala Serangan Jantung pada Pria

Gejala serangan jantung pada pria akan tampak pada dada terasa sesak atau seperti diremas yang gangguan ini hilang timbul, pusing, jantung berdetak cepat, sesak napas, sistem pencernaan mengalami gangguan, keringat dingin, serta ada nyeri pada bagian lengan, leher, punggung, bahu kiri, rahang atau ke perut.

2. Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Gejala serangan jantung pada wanita yaitu gangguan tidur, sesak napas, kelelahan yang tidak biasa, sakit rahang, kecemasan, gangguan pada pencernaan, sakit kepala ringan, rasa seperti ditekan atau nyeri pada bagian tengah dada yang bisa menyebar ke bagian lengan, sakit punggung di bagian atas, mual, muntah, dan berkeringat.

Penumpukan Kolesterol

Serangan jantung dapat terjadi saat plak kolesterol telah menumpuk pada dinding arteri, sehingga terjadi kerusakan pada pembuluh darah utama. Pada wanita, penumpukan kolesterol memungkinkan terjadi di pembuluh darah kecil. Sedangkan pada pria, pada arteri terbesar yang memasok darah ke jantung. 

Oleh sebab itu, wanita rentan mengalami sumbatan pada pembuluh darah kecil atau angina klasik. Selain itu juga rentan terkena sindrom patah hati atau Tako-kardiomiopati tsubo, yaitu kondisi berubahnya bentuk otot jantung secara mendadak pada wanita pascamenopause, akibat stress berat. 

apa yang membedakan serangan jantung pria dan wanita
ilustrasi wanita terkena serangan jantung (freepik)

Usia Mengidap Penyakit Jantung 

Usia dapat mempengaruhi pria dan wanita menderita penyakit jantung. Pada pria, umumnya sakit jantung terjadi di usia lebih muda ketimbang wanita yang memungkinkan pada usia lanjut. 

Perbedaan usia mengidap penyakit jantung antara pria dan wanita ini, disebabkan wanita memiliki hormon estrogen yang memiliki manfaat sebagai proteksi dari bahaya penyakit jantung, hingga jelang menopause. 

Perawatan Jantung Diagnostik

Perawatan diagnostik antara pria dan wanita memungkinkan berbeda, karena dilihat dari berbagai hal, misalnya:

1. Tes Troponin Jantung (cTn)

Tes troponin jantung (cTn) berguna untuk mengukur kadar troponin (protein) dalam tubuh (sirkulasi darah). Bila hasilnya tinggi, maka tinggi pula kerusakan jantung yang terjadi. Catatannya, ketika tes dilakukan pada wanita, bisa saja tidak terdeteksi mengalami serangan jantung. 

2. Kateterisasi Jantung

Kateterisasi jantung ini berguna dalam diagnosis serangan jantung dan mencari penyumbatan yang terjadi di arteri besar. Pada wanita ini, tes ini memungkinkan kurang tepat dibandingkan pria, karena penumpukan plak pada wanita adalah di arteri kecil. 

apa beda serangan jantung pria dan wanita
ilustrasi pria terkena serangan jantung (freepik)

Faktor Risiko Penyakit Jantung

Wanita memiliki faktor risiko gangguan pada jantung lebih besar ketimbang pria. Pasalnya, wanita memungkinkan terkena gangguan kesehatan seperti penyakit ovarium polikistik, endometriosis, tekanan darah tinggi saat hamil, dan diabetes gestasional.

Tingkat Harapan Hidup

Peluang harapan hidup ketika mengalami penyakit jantung, wanita lebih panjang usianya ketimbang pria. Ini dikarenakan kebiasaan pola hidup yang kirang sehat dari pria seperti merokok, hipertensi hingga penyakit jantung koroner. 

Penyakit Seperti Serangan Jantung

Perbedaan sakit jantung pada pria dan wanita yang terakhir adalah, kaum hawa lebih cenderung menderita penyakit seperti serangan jantung dibanding kaum adam, seperti kejang koroner (yaitu menyempitnya pembuluh darah dan menyerupai serangan jantung), dan pembedahan koroner (robeknya dinding pembuluh darah).

Penutup

Adanya perbedaan sakit jantung pada pria dan wanita tidaklah mutlak. Sebab, bisa saja pria mengalami serangan jantung tiba-tiba dengan gejalanya seperti serangan jantung wanita. Begitupun sebaliknya. Dari segi faktor risiko untuk keduanya memiliki kesamaan, yaitu yang disebabkan merokok, obesitas, hipertensi, ada riwayat keluarga yang sakit jantung, kencing manis hingga sindrom metabolik. 

bagaimana membedakan serangan jantung wanita dan pria
ilustrasi pemeriksaan jantung (freepik)

Oleh karena itu, menjaga kesehatan organ vital ini diperlukan. Jangan lupa untuk segera menghubungi dokter spesialis jantung, tatkala merasakan tanda-tanda gejala serangan jantung agar penanganannya cepat dilakukan. Kamu juga bisa nih menuju artikel selanjutnya tentang Teknik Jaga Jantung Sehat Tanpa Beban agar makin semangat lagi menjaga jantung sehat. 


Sumber materi:

  • https://www.alodokter.com/kenali-gejala-penyakit-dan-serangan-jantung-pada-pria-dan-wanita
  • https://ayosehat.kemkes.go.id/perbedaan-gejala-serangan-jantung-pada-pria-dan-wanita
  • https://give.brighamandwomens.org/7-differences-between-men-and-women/

32 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Irrya Lucita mengatakan…
Walaupun sakitnya sama, ternyata pria dan wanita memiliki banyak perbedaan ya, mulai dari gejala, bentuk jantung hingga tingkat harapan hidupnya juga berbeda
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Ternyata beda ya mbak gejala sakit jantung antara pria dan wanita. Mungkin itu berhubungan dengan aktivitas juga kali ya.jujurly, aku baru tahu
Komen Blog rejekingalir.com
Bunda Saladin mengatakan…
Ternyata beda ya sakit jantung pria dan wanita. Nah aku obesitas nih dan takut kalau kolesterol gak aman. Kudu diet biar jantung aman dan hidup sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Yustrini mengatakan…
Ngeri sih kalo serangan jantung. Kukira gejalanya sama aja, ternyata ada bedanya antara pria dan wanita. Wanita lebih rentan stress daripada pria ya. Namun lebih banyak wanita yang berumur panjang.
Komen Blog rejekingalir.com
Adi mengatakan…
Thanks banget ya kak udah berbagi info penting ini. Sekarang bisa jadi lebih aware sama gejala2 yang disebutkan di atas. Nice info dan semoga kita sehat selalu.
Komen Blog rejekingalir.com
Diah Woro Susanti mengatakan…
Aku pernah ngerasain sakit banget di dada kiri. Kaya ditekan baru, trus kaya diremas-remas. Aku pikir kena serangan jantung. Nekat ke UGD sampe EKG segala. Ternyata gerd. Sampe sekarang masih bingung sih gimana Mendeskripsikan sakitnya
Komen Blog rejekingalir.com
Annie Nugraha mengatakan…
Di usia saya sekarang ini, dokter internis langganan sering kali memberikan reminder agar saya menjaga asupan, load pekerjaan, emosi, dan pikiran. Fisik dan psikis yang bisa jadi sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan. Jadi harus benar-benar dijaga agar jangan sampai menjadi pemicu berbagai penyakit termasuk sakit jantung.
Komen Blog rejekingalir.com
Nanik nara mengatakan…
ternyata peluang wanita mengalami serangan jantung lebih tinggi dibanding laki-laki. Tapi kayaknya, kalau melihat lingkungan sekitar, lebih banyak laki-laki yang mengalami serangan jantung.
Semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk menjaga organ vital ini agar selalu sehat ya
Komen Blog rejekingalir.com
Putu Felisia mengatakan…
Ternyata wanita lebih berisiko tinggi terkena penyakit jantung, ya. Belum lagi karena stresnya. Harus lebih menjaga kesehatan ini.
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Wanita memiliki prevalensi penyakit jantung lebih tinggi daripada pria. Sekitar 1,6%. Tapi, saat diagnosa atau melakukan tes, wanita malah sulit terdeteksinya.

Agak rumit ya. Cuma memang kalau dilihat dari gaya hidup. Umumnya, wanita lebih suka gaya hidup sehat sih ketimbang pria.
Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
baru tau kalo sakit jantung pria berbeda dengan perempuan

dan saya paling takut tiba-tiba terkena serangan jantung, karena hidup sendirian di sini

cara meminimalisrnya setiap pagi saya jalan pagi untuk menyehatkan jantung
Komen Blog rejekingalir.com
Mutia Ramadhani mengatakan…
Beneran deh, seringkali kita nggak sadar kalau gejalanya beda, padahal penting banget buat keselamatan. Makanya, kita semua harus lebih peka dan nggak anggap remeh tanda-tanda yang muncul. Jadi, jangan cuma fokus sama gejala yang umum dikenal aja, penting juga cari tahu lebih banyak biar bisa segera ambil tindakan kalau ada yang nggak beres. Thanks banget udah ngebahas topik ini ya mbak, bener-bener nambah wawasan!
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Tuhan emmang sudah menciptakan pria dan wanita dengan sebaik-baiknya. Jadi walau ada pria yangb berubah bentuk tubuhnya menjadi wanita, tetap organ tubuhnya pria. bgitu juga sebaliknya. Termasuk jantung ini, ya. jelas sekali perbedaannya, termasuk pria bisa mengalami penyakit jantung di usia muda. Sedangkan wanita di usia tua. Namun intinya pria dan wanita harus terus menjaga kesehatan dengan pola hdup yang sehat agar terhindar dari penyakit jantung.
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Ternyata gejala serangan jantung pada pria dan wanita berbeda ya, menjaga kesehatan jantung memang sangat penting terlebih kita yang usianya sudah terbilang tidak muda lagi.
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, dan risikonya tidak hanya sama untuk semua orang. Pria dan wanita dapat mengalami gejala sakit jantung yang berbeda, yang dapat menunda diagnosis dan pengobatan yang tepat. Kalau sudah diketahui bakalan mudah untuk memahami pengobatan ke depannya

Komen Blog rejekingalir.com
Emma Malika mengatakan…
Duduh jangan sampe deh kena sakit jantung karena jantungkan sumber kehidupan semua makhluk termasuk tanaman. Jadi harus ubah pola hidup menjadi lebih sehat ya dik
Komen Blog rejekingalir.com
Indra DP mengatakan…
ternyata beda ya sakit jantung pria dan wanita itu, dengan begitu kita bisa melakukan antisipasi yang tepat agar jantung tetap sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Ternyata ada perbedaan ya sakit jantung antara pria dan wanita, walaupun tidak mutlak sih, saya kira sama semua, rokok dan hipertensi semakin memperburuk keadaan juga
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Banyak yang bilang, gejala serangan jantung memang mirip dengan maag ya. Pantesan, jadi banyak yang engga hirau, tau-tau anfal aja.
Naudzubillah...
Kesehatan memang penting, jadi kenali tiap gejala supaya waspada...
Komen Blog rejekingalir.com
Alfida Husna mengatakan…
Hoo ternyata ada perbedaannya ya serangan jantung wanita dan pria. Aku kira sama aja general. Buat yang suka merokok perlu hati-hati banget nih ya, karena lebih rentan daripada wanita.
Komen Blog rejekingalir.com
Sendy Yunika mengatakan…
Berarti selama ini aku tahu tentang gejala serangan jantung itu serangan jantung pada kaum pria. Baru tahu setelah baca artikel ini, gejala yang di alami oleh wanita. Berarti apakah kita harus banyak konsumsi makanan yang bisa meninggikan hormon estrogen ya??
Komen Blog rejekingalir.com
Filza Halwa mengatakan…
Ternyata beda ya sakit jantung pria dan wanita itu. Dari ukuran sampai gejalanya pun beda. Thanks infonya mbak, bermanfaat sekali. Ditunggu artikel selanjutnya.
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Saya kira gejala penyakit jantung dan serangan jantung tidak dibedakan jenis kelamin. Selama ini dikira penyakit jantung dipengaruhi oleh gaya hidup dan kondisi kesehatan seseorang saja, ternyata perempuan dan laki-laki berbeda gejala dan serangan jantungnya.
Komen Blog rejekingalir.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Aku kapan lalu punya kadar trigliserida tinggi, lalu aku bekam. Kata terapisnya pas di titik jantung di darahku banyak lemaknya. Jadi kalo dibiarin numpk bisa resiko ke jantung
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Aku baru tahu peluang perempuan pada penyakit jantung malah lebih besar. Aku kira itu selalu laki2. Kan mereka perokok besar ya. Biasanya kan perokok besar berpeluang meninggal cpt.

Tp emg byk bgt sih faktor yg mendorong penyakit jantung. Hrs waspada bgt pokoknya ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Eka FL mengatakan…
saya kira gejala terkena serangan jantun tidak mengenal gender, ternyata tidak ya. perbedaannya cukup signifikan. harus diwaspadi dan di ingat betul - betul ya. tapi yang paling penting tentu saja menjaga kesehatan jantung dan menjaga kolesterol
Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
wah aku kira gejala serangan jantung ya nyeri di dada kiri aja. ternyata gejalanya bermacam-macam ya. dan beda antara pria dan wanita
Komen Blog rejekingalir.com
Sabrina mengatakan…
perbedaan ukuran jantung ini membuat banyak perbedaan bagaimana perawatan dan gejala ketika perempuan dan laki-laki sakit jantung termasuk perawatannya ketika sakit, saya baru tahu mengenai ukurannya ang masing-masing berbeda ya ternyata ukurannya antara laki-laki dan perempuan
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Oooo, ternyata berbeda gejala serangan jantung antara pria dan wanita. Nah, di usia yang terus bertambah ini jadi harus lebih berhati-hati dalam menjaga asupan makanan dan gaya hidup. Jangan sampai kecolongan, amit-amit..
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Dari sisi keilmuan, kajian ini menjadi dasar yang kuat ketika pria atau wanita memiliki sakit jantung. Karena bagaimana pun, jantung adalah salah satu organ yang memiliki tingkat ugensi paling utama dalam makhluk hidup. Kudu dihaga kesehatannya dengan sebaik-baiknya.
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Ohh.. Jadi memang beda ya sakit jantung pria dan wanita. Pemting sih ketahui atau was-was sama gejalanya, jadi bisa dicegah sesegera mungkin.
Komen Blog rejekingalir.com
Han mengatakan…
thankyou kak insightnya, jujur aku takut banget kena jantung huhu karena ayahku dan beberapa saudaranya juga sakit jantung jadi takut ke. bawaan gt huhu.. mulai skrg pengennya hidup lebih sehat dan jaga makanann, ngga lupa olahraga juga

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network
Postingan Terpopuler