Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Teknik Jaga Jantung Sehat Tanpa Beban

Teknik Jaga Jantung Sehat Tanpa Beban dengan Jaga Pola Hidup Sehat
Teknik Jaga Jantung Sehat Tanpa Beban

Pernah gak sih terpikirkan, bagaimana menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat? Mengingat kondisi tubuh kita yang tak hanya bertambah usia pada fisik, tetapi juga pertambahan usia pada organ tubuh. Oleh karenanya, penerapan pola hidup sehat yang rutin dilakukan secara berkesinambungan, bisa menjadi langkah kongkret untuk kesehatan jantung.

Hanya saja, upaya menjaga kesehatan jantung secara rutin bisa memungkinkan orang terlalu ngoyo atau stres melakukannya. Padahal, menjaga tubuh sehat, sebisa mungkin tidak berlebihan. Lihat kondisi badan juga. Jangan sampai niatan ingin sehat, malah menjadi beban. Maka dari itu cara yang mudah, melalui teknik menjaga jantung sehat tanpa beban, sebagai berikut: 

1. Hindari Terlalu Lama Duduk 

Adakalanya kita memiliki kebiasaan duduk terlalu lama, siapa sangka hal ini dapat menimbulkan risiko sirkulasi darah yang buruk di dalam tubuh sehingga darah menggumpal. Selain itu risiko meningkatnya trigliserida, kolesterol, dan lingkar pinggang juga dapat terjadi, sehingga perlu menghindari kebiasaan tersebut agar kesehatan jantung tetap terjaga. 

2. Konsisten Berolahraga Secara Rutin

Bagaimana menjaga kesehatan jantung agar konsisten dengan berolahraga secara rutin, selama 20 hingga 30 menit setidaknya 3-5 kali dalam seminggu. Lakukan aktivitas fisik bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah ke arah yang stabil, kadar kolestrol baik pada tubuh pun dapat meningkat. Olahraga atau aktivitas fisik yang disarankan demi menjaga jantung agar tetap sehat seperti berjalan kaki, bersepeda, jogging, senam aerobik, naik turun tangga, dan berenang. Tentunya dilihat juga dari kemampuan tubuh ya gaess!

3. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Omega-3

Upaya menjaga kesehatan jantung tanpa beban bisa dengan mengonsumsi omega-3, contohnya ikan tuna, ikan salmon, kembung, sarden, dan bawal. Salah satu jenis asam lemak ini dapat mencegah terbentuknya gumpalan darah, kadar trigliserida menurun, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga bermanfaat bagi penderita hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi.  


Cara menjaga jantung sehat tanpa beban
ilustrasi garam (freepik)

4. Batasi Mengonsumsi Garam

Asupan sehat untuk jaga jantung sehat dengan membatasi konsumsi garam. Pasalnya bila berlebihan mengonsumsinya, risiko hipertensi tidak dapat dielakkan dan ini dapat memicu penyakit jantung karena kerja jantung menjadi berat ketika memompa darah ke seluruh tubuh. 

5. Jauhi dan Berhenti Merokok

Aktivitas merokok dan terpapar asap rokok, sebisa mungkin untuk dijauhi. Bahkan sebaiknya untuk berhenti merokok, karena kandungan zat berbahaya dari rokok dan asapnya dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah, sehingga jantung kekurangan asupan nutrisi dan oksigen untuk tubuh. 

6. Jaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya menyebabkan diabetes, tetapi juga dapat memicu penyakit jantung karena terganggunya kerja pembuluh darah dan saraf yang memiliki fungsi untuk mengendalikan jantung. Maka dari itu membatasi konsumsi gula harian agar tidak lebih dari 50 gram sehari, dan jangan lupa periksakan kadar gula darah secara berkala ke fasilitas kesehatan. 

7. Kurangi Mengonsumsi Lemak Jenuh

Terlalu sering mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans seperti gorengan, kulit ayam, margarin, dan makanan olahan, dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini berdampak pada risiko tersumbatnya pembuluh darah di jantung, dan menimbulkan penyakit jantung koroner. 

8. Perbanyak Konsumsi Serat

Siapa sangka bahwa serat dapat menurunkan kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) di dalam tubuh. Maka cukupi kebutuhan serat dengan konsumsi buah-buahan, gandum, sayuran maupun kacang-kacangan bisa meminimalisir risiko timbulnya penyakit jantung koroner. Hanya dalam mengonsumsinya harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup dan  jangan sampai berlebihan konsumsi serat, ya gaess.  

9. Lakukan Hobi yang Disukai

Hobi yang dikerjakan secara rutin misalnya menjahit, bermain dengan hewan peliharaan, merajut, membaca buku, menanam pohon, memasak, memahat kayu, hingga bermain teka-teki gambar dapat membantu pikiran lebih tenang, serta meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung.

ilustrasi kelola stres (freepik)

10. Kelola Stres Secara Apik

Seperti yang sudah rejekingalir.com singgung di paragraf kedua tentang stres, maka untuk menjaga jantung tetap sehat kelola stres haruslah dengan cara yang apik. Jangan ada rasa beban dalam menjaga kesehatan tubuh, atau merasa tertekan dengan rutinitas yang dilakoni. Pasalnya stres yang tidak diatur dengan baik dapat memengaruhi tekanan darah dan kualitas tidur memburuk, yang berdampak pada organ jantung. Cara apik menghempaskan rasa stres bisa dengan berdzikir/meditasi, yoga, olahraga, mengatur teknik pernapasan. 

11. Tidur Malam yang Cukup

Jangan pernah skip tidur malam ataupun kurang waktu tidur malam. Pasalnya tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam, bisa mendukung jantung agar tetap sehat. Sebaliknya, kurang tidur malam, risiko terjadinya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi dapat meningkat. 

12. Jaga Berat Tubuh

Merujuk kepada WHO (World Health Organization), bahwa risiko penyakit kardiovaskular berkaitan erat dengan obesitas dan kegemukan. Oleh karenanya, dalam menjaga kesehatan jantung dengan baik untuk menjaga berat badan. Bila ternyata kelebihan berat tubuh, disarankan untuk menurunkannya misalnya dengan cara mengurangi 500 kalori dari makanan harian, karena ini sama dengan menurunkan berat badan sekitar 0,5 sampai 1 kilogram per minggu. 


ilustrasi jantung (freepik)

Penutup

Bagaimana menjaga kesehatan jantung tanpa beban, mungkin menjadi PR bagi kita dalam menerapkannya. Namun, upaya menjalankannya memang harus dilakukan, karena jantung tak hanya sebagai organ vital semata tetapi juga kehidupan yang kita lakoni hingga di masa depan. Nah, sambung juga ya ke artikel selanjutnya yaitu Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Otak


Sumber materi:

  • https://www.healthline.com/health/healthy-heart-tips
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/jantung/6-cara-menjaga-kesehatan-jantung-dengan-efektif
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-menjaga-kesehatan-jantung

30 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Zahrah Munirah mengatakan…
Walah. Bagi pekerja freelance yang selalu duduk depan laptop, nomor satu paling susah buat dihindari nih.

Kadang nggak kerasa aja sudah seharian duduk di depan laptop. Hehehe...
Komen Blog rejekingalir.com
Alfida Husna mengatakan…
Menjaga kesehatan jantung juga ada hubungannya dengan pola hidup. Olahraga dan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sering duduk juga ternyata bisa membuat kesehatan jantung terganggu. Harus sering-sering olahraga ya biar jantungnya sehat. Sering banget kalau hari Minggu banyak opa-oma biasanya yang suka senam jantung sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
HendraDigital mengatakan…
Terkadang saya juga lalai dalam menjaga kesehatan. Terlalu terlena dengan pola hidup yang asal-asalan. BTW, untungnya kerjaan saya, jobdesknya nggak duduk terus. Adakalanya saya mesti keliling ke luar ruangan. Beruntunga banget sih, sekalian membakar kalori. Nahhh, yang masih sulit itu menjaga konsumsi garam, soalnya saya cenderung menyukai makanan asin.

Terima kasih atas artikelnya super keren banget bisa menambah wawasan sekaligus menjadi reminder untuk diri saya sendiri. GREAT JOB !!!
Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
lengkap banget ya tipsnya. yang masih jadi peer buat aku tuh, jaga pola makan, kurangi gula dan garam, terus harus rajin gerak deh
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Huhuhu... terlalu lama duduk nih yang masih belum bisa saya menej. Penginnya sih beberapa menit sekali berdiri atau jalan-jalan dekat-dekat, tapi kok ya mager :D Terlalu nyaman di kursi empuk 'kali ya...
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Kalo aku sendiri belum membiasakan diri untuk rutin berolahraga. Garam ini sekarang sudah ganti garam Himalaya, dengan porsi yang pas. Masalah tidur ini juga belum teratasi.
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Menjaga kesehatan jantung adalah investasi jangka panjang untuk hidup yang lebih lama dan berkualitas. BIsa dilakukan dengan mulai dari yang sederhana seperti menjaga pola makan dan mulai pola hidup sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Diaz Bela mengatakan…
Wah aku jadi ngeh nih ternyata banyak juga kebiasaan aku yang nggak baik untuk jantung.. harus lebih cermat lagi nih untuk aktif berolahraga dan nggak duduk terus
Komen Blog rejekingalir.com
Monica Anggen mengatakan…
Buat penulis yang kerjanya banyak duduk juga jadi tantangan tersendiri ya karena
risikonya bisa kena penyakit jantung. Mesti bisa atur waktu dan harus banyak gerak nih
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Nomor 1 yang berat karena memang saya kebanyakan duduk pas menulis. Jadi sekarang saya harus ada jeda juga saat menulis untuk meluruskan badan. Terus satu lagi, saya Masih tergantung garam. Tapi mungkin bisa dikurangi dikit-dikit dulu.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Jantung ini jd penyakit paling mematikan meski paling atas yang menjadi tanggungan BPJS. Nah biar ga membebani negara & ga bikin repot sodara/tetangga, kita wajib tuh melakukan semua tips di atas. Olahraga dan jaga nutrisi jgn pernah ditinggalkan ya terutama bg yg merokok/minum alkohol.
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Hampir dari semua poin yang disebutkan saya belum melakukannya, kecuali poin melakukan hobi. Kebetulan saya hobi berkebun. Hmmmm... perlu banget nih buat mulai melakukan yang lain juga.
Komen Blog rejekingalir.com
sudutpandangnovita mengatakan…
Yang paling susah banget buat aku tuh olah raga. Kayak udah berasa capek banget buat kerja dan urus kerjaan rumah. Apalagi kerjaan saya banyak buat duduk, harus kuatin niat nih biar sehat..
Komen Blog rejekingalir.com
Tria TR mengatakan…
Salah satu alasanku suka jalan kaki kalau tempat yang kutuju nggak terlalu jauh (max 1,5 km) dan nggak terburu-buru. Nyadar aja sih, kerjaanku lebih banyak duduk.
Komen Blog rejekingalir.com
Catcilku mengatakan…
Wah kebanyakan duduk bisa menyebabkan jantung tidak sehat ya mbak. Ini peer banget deh. Sama makan lemak jenuh. Hadeuh. Moga ke depan makin disiplin menjauhi penyebab jantung tidak sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Hal sepele kayak kelamaan duduk bisa ngaruh juga ya. Kudu bener² jaga pola hidup sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Gaya hidup sehat tentu akan membuat semua organ tubuh pun terjaga stabilitasnya. Rasanya pasti gak mudah, apalagi yang tahu bagaimana kebutuhan diri kita tuh ya.. diri sendiri.
Komen Blog rejekingalir.com
Eka FL mengatakan…
ternyata banyak sekali hal yaang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, dan semuanya mungkin perlu dilakukan satu satu ya. beberapa ada yang sulit dan yang lainnya mudah. bagi saya, mengurangi konsumsi garam nih yang agak sulit, juga duduk terlalu lama karena kerja kan depan laptop. tapi olahraga, dan yang lainnya bisa lah ya
Komen Blog rejekingalir.com
Irra Octaviany mengatakan…
Menjaga jantung agar tetap sehat itu cukup mudah ya, bisa dilakukan dengan mengatur pola hidup yang lebih sehat lagi. Makasih tipsnya kak! Semangat sehat!!
Komen Blog rejekingalir.com
PR saya banget ini mengelola stres, dan juga mengurangi konsumsi garam, saya sih udah bisa, tapi seringnya kalau masak kurang garam, anak-anak protes, hahaha.
Padahal, kebanyakan garam juga bukan cuman buruk bagi kesehatan tubuh, tapi juga buruk untuk kulit
Komen Blog rejekingalir.com
Dian Radiata mengatakan…
Nomer 1 ini lumayan berat buat blogger kayak kita yaa.. Dalam sehari aja harus berapa jam kita duduk depan laptop. Semoga pelan-pelan bisa mengubah semua kebiasaan buruk demi kesehatan. Makasih sharingnya yaa...
Komen Blog rejekingalir.com
dessy achieriny mengatakan…
Pola hidup pengaruh banget sama kesehatan jantung. Olahraga juga jangan diforsir terlalu berat. Kalau capek, kuncinya berhenti. Istirahat. Kasih jeda. Klo aku paling lari pagi pelan sama senam aja pas sore lewat YouTube.
Komen Blog rejekingalir.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Penyakit jantung ini memang satu dari sekian banyak yang harus diwaspadai. Sebab masuk ke dalam salah satu silent killer. JIka dulu yang kena sakit jantung itu orang-orang sepuh, sekarang mah yang usianya muda juga banyak. Kudu banget deh kita aware. Caranya ya dengan semua yang dituliskan di sini. Sehat-sehat selalu kita semua. :)
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Handono mengatakan…
Jantung termasuk salah satu organ vital yang harus dijaga. Kadang kita suka abai terhadap kesehatan jantung dan melakukan hal-hal yang tidak memperhatikan kesehatan. Makan sembarang, suka begadang, jarang olahraga...ini yang harus kita ubah pola hidup semacam ini.
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Menjaga kesehatan jantung tidak harus rumit dan menghabiskan banyak waktu. Dengan menerapkan hidup sehat dan pola makan baik, kita dapat menjaga jantung tetap sehat dan hidup lebih bahagia tanpa merasa terbebani. Ingatlah, kuncinya adalah konsistensi dan membuat perubahan gaya hidup yang berkelanjutan.
Komen Blog rejekingalir.com
Dede Ariyanto mengatakan…
Nomor dua nih kalo gue yang belum konsisten. Olahraga. Yuk, bisa, yuk. Biar jantung makin sehat. 😀
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Pantesan yaa..akutu sering pusing.
Mungkin karena kebanyakan duduk kan yaa..jadi aliran darah ga lancar.
Huhuu.. setelah tau efek buruk, solusinya harus berubah sih yaa.. agar hidup lebih sehat berkualitas.
Komen Blog rejekingalir.com
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Makanya orang-orang zaman sekarang diminta banyak gerak ya, soalnya banyak yang kerjanya duduk manis depan laptop/pc kan (termasuk saya dan suami)? padahal itu bahaya buat kesehatan jantung kita.
Komen Blog rejekingalir.com
Triani Retno A mengatakan…
Masih banyak PR-ku buat menjada kesehatan jantung. Hiks. Apalagi masih suka cemal-cemil yang asin-asin gurih. Olahragaku paling jalan kaki ke coffee shop buat nulis. Hehe... Tapi lumayan sih, jalan kaki pp gitu dapat 3,8 km.
Komen Blog rejekingalir.com
hiqudsstory mengatakan…
Udah rebahan aja,males gerak eh ngga jaga pola makan dduh ini mah nyimpen penyakit.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network
Postingan Terpopuler