5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan

Wah penting nih cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan kita terapkan. Pasalnya kalau ditengok hari ini nih, cuaca terasa dingin. Yes, turun hujan semenjak semalam kan ya. Jadinya kalau tidak menjaga badan agar tetap fit selama beribadah puasa, bakalan nggak nyaman nantinya. Pilek, batuk, masuk angin, demam, kedinginan bakalan mendera.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan

Jaga tubuh agar tetap sehat, bisa dikatakan sebagai perkara yang terbilang mudah, tetapi yang sulit itu adalah rutin dilakukan. Setuju gak? Ho oh deh ya. Rejekingalir.com ini aja untuk merutinkan nulis di blog aja syuliit, yah 11-12 deh dengan jaga tubuh sehat, hehe. Jangan diikutin, lagi nggak lurus wkwkwk. Oleh karenanya, biar mengantisipasi agar tetap nyaman beribadah selama di bulan Ramadan, kita bisa menggunakan 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan sebagai berikut:

Konsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

Kita pastinya tahu manfaat sayur dan buah yang demikian besar buat tubuh, sebagai makanan yang mengandung serat dan vitamin. Kala puasa, memungkinkan tubuh untuk tidak rutin BAB (buang air besar), terlebih karena pola makan yang hanya saat sahur dan waktu berbuka saja. Maka, konsumsi sayur dan buah bisa menjadi solusi terbaiknya, agar BAB bisa terkendali.

Jangan Pilih-pilih Protein

Mungkin ada di antara kita (ciee, kita) yang pilih-pilih protein? Padahal manfaat protein bagus untuk tubuh dalam meningkatkan massa otot, sebagai sumber energi, membantu memberikan rasa kenyang, hingga menurunkan risiko obesitas. Dari situ, cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yaitu sebisa mungkin untuk jangan pilih-pilih protein. Misalnya nih kamu tidak suka dengan telur ayam, maka bisa mencari alternatif teknik pengolahannya, yang tadinya tidak suka dengan cara diceplok, coba dibuat dadar, karena telur dadar bisa dibuat aneka campuran. Atau sebaliknya, misal nggak suka telur dadar, coba dibuat ceplok dengan taburan bawang goreng dan irisan cabai.

Bagaimana langkah Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan
ilustrasi dari freepik

Kurang-Kurangi Konsumsi KTP

Waduh, kenapa cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yang ketiga malah kurangi konsumsi KTP? Itu KTP = Kartu Tanda Penduduk? Heheh, bukan yee!

KTP itu adalah Kopi, Teh, dan Pemanis minuman. Acap kali pastinya kita melihat orang berbuka dengan 3 minuman tersebut. Khusus yang Pemanis minuman maksudnya adalah, aneka minuman yang menggunakan pemanis buatan, sehingga rasa manisnya ini nyelekit dan akibat setelahnya yang pada umumnya akan menimbulkan gatal pada tenggorokkan hingga batuk.

Baca Juga: Cara Antisipasi Kesehatan saat Musim Hujan

Justru, di saat puasa konsumsi air putih bisa dicukupkan. Bukan diganti dengan KTP, misal yang seharusnya mengonsumsi air putih 8 gelas, eh malah diganti dengan 6 gelas air putih + 1 gelas kopi +1 gelas Pemanis minuman. Sebaiknya sih jangan ya, karena kalau terlalu manis juga nggak asik ketika siangnya berpuasa, kamu bakalan merasa haus.

Boleh Tambahkan Suplemen

Agar seharian beraktivitas tetap nyaman sambil berpuasa, boleh tambahkan suplemen vitamin. Cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yang satu ini bisa membantu demi badan fit dan tidak terasa lemas. Kalau tubuh terasa lemah maka akan berpengaruh juga pada produktivitas. Sehingga konsumsi suplemen bisa dijadikan pilihan dengan melihat juga dosisnya ya.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan
ilustrasi dari freepik

Teratur dalam Keseharian

Rutinitas yang dijalankan ketika berpuasa memungkinkan akan berubah jadwalnya, seperti jam tidur, dan jam bekerja. Maka penting untuk tetap menjaga keteraturan dalam keseharian seperti atur waktu tidur dengan tetap minimal 6 jam, tidak tidur larut malam (apalagi sampai begadang.. jangan begadang kalau tiada duitnya, eh wkwkwk), serta atur waktu berolahraga.

Baca Juga: 

Dengan cara menjaga kesehatan tubuh saat Ramadan yang tepat, bisa membuat nyaman berpuasa serta badan pun tidak terasa lunglai. Ayuk semangat berpuasanya. Kamu juga bisa nih untuk lebih mendalam di artikel Apa Itu Gaya Hidup Sehat, biar makin rutin menerapkan proteksi kesehatan tubuh.

Komentar

Ainun mengatakan…
aku sendiri nggak terllau suka sayur, tapi diusahakan buat konsumsi sayur
dan malah tahun ini kayaknya lebih banyak konsumsi teh di banding air putih, hiks kesalahan nih
Farida Pane mengatakan…
Walaupun sebelum puasa udah ujan tiap hari sampai banjir, alhamdulillah puasanya belum kalah. Terima kasih tipsnya, ya
Bambang Irwanto mengatakan…
Ternyata harus dikurangi KTP ya, Mbak. Padahal saya kalau buka harus minum teh. sahur minum teh lagi hehehe. Kalau kopi dan pemanis buatan masih aman.
hani mengatakan…
Iya bener sih, selama puasa aku engga minum KTP. Engga masalah. Anehnya udah lewat Ramadan, balik lagi minum KTP tuh...hiks...
Kalau menu yg cepet dan praktis aja sih, yg penting ada protein dan sayur.
Alfida Husna mengatakan…
Aku nggak termasuk yang pilih-pilih protein dan sayur. Semuanya aku suka, haha. Nah, yang susah itu menghindari KTP saat buka. Rasanya tubuh butuh gula terus setelah puasa seharian, wkwk.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
KTP banget ya. Hehehe... Tapi, bulan Ramadhan kalau nggak puasa kalau nggak buka sama yang manis tuh berasa ada yang kurang. Hehehe

Asal nggak pemanis buatan dan nggak banyak ya. Kopi udah jarang sih.
Yustrini mengatakan…
Haha tak kirain KTP beneran ternyata Kopi, Teh, Pemanis ya..padahal aku suka banget teh. Apalagi kalo puasa, buka pasti pakai teh panas.
Didik Purwanto mengatakan…
Seru juga nih istilah KTP. Haha. Tp bener bgt sih. KtP hrs dikurangin soalnya ada zat yg memicu kita bakal kencing mulu. Itu yg bikin kita lemes selama ramadhan. Mknya yg bener tuh bnykin minum air putih aja udh. Amaaan dan menyehatkan.
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Wah iya kemarin masih sering minum salah satu KTP nih. Terutama yang teh. Kalau kebanyakan memang nggak baik ya kak. Kudu dikurangi nih
Ria Nugros mengatakan…
Bulan puasa masih susah ini gak minum teh hehe soalnya seger buka pakai teh. Tapi udah dikurangi sih saya juga untuk kopi teh
Ria Nugros mengatakan…
Bulan puasa masih susah ini gak minum teh hehe soalnya seger buka pakai teh. Tapi udah dikurangi sih saya juga untuk kopi teh
Triani Retno A mengatakan…
Waaah, aku kalau buka puasa selalu bikin sop buah atau cincau. Kalau kopi masih seperti hari-hari biasa, cuma takarannya dikurangi. Badan lemes euy kalo sehari aja nggak minum kopi.
lendyagasshi mengatakan…
Bahaya banget konsumsi KTP, heheh..
Tapi iya sii..pas sebelum berbuka tuh suka lappeer mata. Pen jajan A-Z.
Tapi ujung-ujungnya yang dimakan juga cuma sedikit. Jadi, untuk jaga daya tahan tubuh selama shaum, bisa konsumsi suplemen juga, takut banget kalo puasa malah ga produktif dan sakit.
Goresan hati mengatakan…
Lah aku masih suka minum kopi kak? Gimana dong. Gak bisa kalau gak minum kopi. GK bisa kalau gak minum kopi. Gak bisa konsen kerja. Eh tapi dikurangi ya dan ditambahi banyak air putihnya biar gak dehidrasi
Okti Li mengatakan…
Bukan Ramadan itu emang bulan yang spesial ya. Karena itu kitanya juga harus jadi pribadi yang spesial juga. Bisa menjaga diri lisan dan perbuatan
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
dengan musim yg tak terduga gini ya, sistem imun memang harus bgt dikuatin nih.. asupan protein dan vitamin jgn sampe kendor ya.. hidrasi terus jg biar gak dehidrasi :)
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Kirain KTP itu apaaa? Hahaha... ternyata singkatan dari kopi, teh, dan pemanis buatan. Alhamdulillah selama ini gak terlalu suka dengan KTP, lebih senang minum air putih hangat.
Yonal Regen mengatakan…
kalau sayur alhamdulillah hampir tiap hari dikonsumsi selama Ramadan ini, mengonsumsi kopi juga bersyukur bisa dikurangi, secara memang biasanya ngopi siang hari, kalau malam hari tidak terbiasa. Efeknya alhamdulillah puasa jadi lebih segar dan sehat memang
Retno Kusumawardani mengatakan…
Gara-gara puasa nih aku jadi lebih aering minum manis. Aslinya aku juga ga terlalu suka, tapi aku juga harus menyiapkan umtuk keluarga. Mau gak mau jadi ikutan minum deh...
ginanelwan mengatakan…
protein sih yg paling penting bagiku. Perbanyak protein nabati dan hewani. Bikin kita tetap fit walaupun seharian berpuasa.
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Galfok ma KTP auto mikir tadi wkwkwk ternyata kopi, teh dan minuman yang pakai pemanis buatan
tenggorokan saya juga sensi nih selama puasa, minum es teh dikit aja e langsung batuk
Irra Octaviany mengatakan…
Puasa tuh saatnya me-reset tubuh dengan makan makanan yang lebih bergizi lagi. Sayuran dan protein hewani tuh wajib ada buat menu sahur dan berbuka puasa di rumah
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Wah, bener banget nih! Kesehatan emang nomor satu, apalagi saat Ramadan, kan? Tips-tipsnya berguna banget, terutama soal konsumsi makanan sehat dan minuman yang tepat buat tubuh. Nggak sabar buat coba terapin supaya puasanya lancar dan badan tetep fit. Semangat Ramadan! 🌙💪

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja