Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Yuk, Kenal Lebih Dekat PAFI Kabupaten Trenggalek

Bisa mengenal lebih dekat PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Kabupaten Trenggalek

Farmasi menjadi salah satu pilar penting dalam sistem kesehatan suatu negara. Ahli farmasi memiliki tanggung jawab besar seperti distribusi, pengelolaan, pemantauan obat, dan juga produk kesehatan lainnya. Oleh karena itu, kehadiran Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI, dapat menjadi wadah bagi farmasis guna meningkatkan pelayanan dan edukasi kesehatan yang baik bagi masyarakat di Indonesia. Sebagaimana kehadiran PAFI Kabupaten Trenggalek.

apa dan tugas pafi kabupaten trenggalek

Tentang dan Tujuan PAFI

PAFI Kabupaten Trenggalek merupakan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia cabang Kabupaten Trenggalek. Para ahli farmasi ini berlokasi di alamat jalan Sukanandi, Ngasinan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sedangkan PAFI dan Pengurus Pusat PAFI, bertempat di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Organisasi PAFI ini didirikan pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta. Kontribusinya yang besar dalam perjuangan dan turut membangun negara dengan menjalankan tanggung jawab sesuai fungsinya dibidang farmasi dan kesehatan masyarakat. Apalagi memang PAFI memiliki tujuan yang besar yaitu:

  • Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia
  • Meningkatkan kesejahteraan para anggotanya

Aktivitas Kesehatan Bersama PAFI Kabupaten Trenggalek

Aktivitas yang dilakukan secara bersama, dapat menumbuhkan rasa kebersamaan. Saling mengenal karena makin dekat seperti sahabat. Hal ini dilakukan oleh PAFI Kabupaten Trenggalek sebagai langkah mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan dan obat-obatan. 

apa dan tugas pafi kabupaten trenggalek
ilustrasi dari freepik

Khusus dalam peningkatan kesejahteraan anggotanya, terdapat sekitar 100 anggota aktif PAFI Trenggalek sehingga terus berkiprah mensejahterakan anggota dan membantu masyarakat. Berikut aktivitas kesehatan bersama PAFI Kabupaten Trenggalek yang telah dilakukan, seperti:

1. Kegiatan Senam Pagi Bersama

Pada hari Ahad tanggal 12 Februari tahun 2023, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia cabang Trenggalek sukses menggelar senam pagi bersama masyarakat sekitar. Kegiatan berlangsung di halaman parkir Pasar Pon, yang beralamat di jalan Panglima Sudirman Sumbergedong. 

Tak disangka, kegiatan rutin tersebut, menjadi momentum manis guna menyambut hari jadi PAFI yang ke-77. Selain itu, sebagai langkah menjaga kebugaran tubuh sehingga dapat menunjang produktivitas dalam bekerja, serta dapat menjadi contoh kepada masyarakat sekitar, betapa pentingnya menjaga stamina dan imunitas tubuh. 

2. Bakti Sosial 

Masih terkait HUT PAFI ke-77, bersamaan dengan itu diadakan juga bakti sosial guna meringankan beban warga di Kecamatan Watulimo dan Kecamatan Panggul yang terdampak banjir. Dengan begitu, saling bahu-membahu dapat menjadi dukungan berarti agar bisa bangkit kembali.

apa dan tugas pafi kabupaten trenggalek
ilustrasi gambar dari laman radartulungagung.jawapos.com

3. Kegiatan Seminar Kesehatan

PAFI Trenggalek bersama Pengurus Cabang (PC) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Trenggalek mengadakan seminar kesehatan dengan tema Stroke: Tata Laksana Terapi dan Pencegahannya. Kegiatan tersebut diikuti oleh 163 peserta anggota IAI dan PAFI, dengan narasumbernya adalah dr Rosari Listiana SpN dari RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) dr.Soedomo Trenggalek dan berlangsung di Gedung Bhawarasa, Trenggalek, pada bulan November 2023. 

4. Kegiatan Vaksinasi HPV

PAFI Kabupaten Trenggalek juga mengadakan sosialisasi vaksinasi HPV (human papillomavirus), sebagai langkah meningkatkan kesadaran akan penyakit kanker serviks, edukasi, pendampingan, dan pemberian informasi yang tepat akan manfaat dan risiko dari vaksinasi HPV kepada masyarakat, baik itu orangtua maupun remaja perempuan. 

apa saja kegiatan pafi kabupaten trenggalek
ilustrasi dari freepik

PAFI Trenggalek untuk Kesehatan Masyarakat

Kehadiran PAFI, khususnya PAFI Trenggalek, bisa menjadi sahabat masyarakat sebagai sarana edukasi dalam memberikan masukan tentang kesehatan dan obat-obatan, agar tidak salah langkah dan mendapatkan informasi yang tidak benar. 

Apalagi PAFI Kabupaten Trenggalek dapat dihubungi dengan mudah melalui saluran telepon di +6285797089924, email: admin.pafikabupatentrenggalek@gmail.com, maupun laman website di  https://pafikabupatentrenggalek.org/. Semangat sehat!

17 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Para ahli farmasi kabupaten Trenggalek aktivitas harian nya cukup produktif ya. Ini bakalan menginspirasi bagi komunitas lain pastinya. Sekaligus bisa jadi ajang sosialisasi jurusan farmasi juga kepada masyarakat umum
Komen Blog rejekingalir.com
Sendy Yunika mengatakan…
Sepertinya akan lebih baik, jika seminar kesehatan juga diperuntukkan untuk umum ya? Tapi mungkin kesadaran masyarakat masih belum tertarik untuk mengikuti seminar gratis tentang kesehatan, apalagi jika tanpa embel-embel hadiah dan juga berbayar. Padahal kita sangat butuh edukasi tentang kesehatan seperti seminat yang diselenggarakan PAFI.
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
PAFI menjadi organisasi kesehatan yang tak kalah pentingnya dengan IDI, yang selama ini kita kenal sebagai organisasi para dokter.
Dengan sharing dan melakukan kegiatan bersama masyarakat semakin membuka mata masyarakat tentang seluk belum obat dan farmasi.
Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Keren ya PAFI, gak sekadar persatuan ahli farmasi, tapi juga selalu menjalin kebersamaan

Karena ilmu selalu berkembang pesat. Dengan kebersamaan ini, kemampuan dan profesionalitas anggotanya niscaya meningkat
Komen Blog rejekingalir.com
Iim Rohimah mengatakan…
Komunitas profesi farmasi seperti ini sangat baik buat masyarakat dan juga buat networking para ahli farmasi itu sendiri. Ternyata kiprahnya lumayan banyak, ya. Sukses selalu para ahli farmasi.
Komen Blog rejekingalir.com
abahraka mengatakan…
Penting banget setiap profesi apapun punya asosiasi ya, selain saling menguatkan juga jadi punya kekuatan, pemerintah juga akan lebih mengapresiasi dan punya posisi tawar. Sebagaimana yang dilakukan oleh PAFI ini.
Komen Blog rejekingalir.com
Ririn Erviana mengatakan…
Aku baru aware sama vaksin HPV ini sejak di sekolah ada sosialisasinya. Dan ternyata itu penting banget. Terus kalau vaksin mandiri harganya juga lumayan.
Komen Blog rejekingalir.com
Dee_Arif mengatakan…
Pafi ini ada di beberapa kota ya, termasuk di Trenggalek
Banyak juga kegiatan bermanfaat yang dilakukan pafi Trenggalek
Komen Blog rejekingalir.com
wah banyak juga ya aktivitasnya di dalam PAFI ini. jujur aku belum pernah dengar kalau ada persatuannya gini di bidang farmasi. mudah-mudahan sosialisasinya tentang obat-obatan bisa lebih maksimal ke masyarakat
Komen Blog rejekingalir.com
Raja Lubis mengatakan…
Hanya sesaat setelah merdeka, organisasi ini dibentuk. Berarti sejak dulu emang sudah banyak pakar/ahli Farmasi di negeri ini.
Komen Blog rejekingalir.com
Amir mengatakan…
Persatuan ahli farmasi Indonesia atau PAFI ini yang membuat dunia farmasi makin berkembang. Salut pokoknya.
Komen Blog rejekingalir.com
Mario Andaru mengatakan…
Banyaknya aktivitas PAFI ini dan tentunya bermanfaat banget ya. Bagus nih jika diterapkan juga ke kota kota atau derah lain karena kebermanfaatan akan sebuah asosiasi tuh tinggi banget dampaknya di masyarakat kita
Komen Blog rejekingalir.com
Antung apriana mengatakan…
wah pafi trenggalek ini pastinya bisa jadi wadah silaturahmi dan berbagi ilmu bagi para apoteker di trenggalek ya, mbak. penasaran nih di kotaku ada pafi juga apa nggak
Komen Blog rejekingalir.com
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Saya baru tahu nih organisasi ahli farmasi. Wah, keren ya. Dan ternyata di Trenggalek ini cukup aktif ya
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Senang yaah.. ketika PAFI memberikan kontribusinya kepada masyarakat, masyarakat pun menyambut hangat sehingga edukasi seputar kesehatan bisa tersampaikan dengan baik.
Komen Blog rejekingalir.com
Yanti Alif mengatakan…
Dengan adanya PAFImewadahi para ahli farmasi supaya bisa bertukar info dan pengalaman noh leren deh PAFI
Komen Blog rejekingalir.com
Sitatur Rohmah mengatakan…
bagus ini kalau ada wadah profesi atau alumni dari sebuah sekolah profesi, kalau ada update kebijakan bisa lebuh cepat dapat informasi

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network