5 Tips berpuasa di bulan Ramadan yang Simple

Barakallahu kita hadir di bulan Ramadhan dengan penuh kebahagiaan, maka daku pun bersemangat buat berbagi tips berpuasa di bulan Ramadan biar makin ceria lagi kita beribadah. Kita tidak pernah tahu akan kejadian ke depannya nanti, apakah masih bertemu Ramadhan lagi atau tidaknya. Soalnya nih sayang juga kan kalau tidak dimanfaatkan untuk banyak melakukan hal-hal baik di bulan ke-9 tahun Hijriyah ini.

tips berpuasa di bulan Ramadan yang simple

Ibadah di bulan Ramadhan memang menyenangkan, karena dimulai pagi hari kita sudah “sarapan” alias sahur. Kalau misalnya mau didahulukan dengan solat tahajud pun jadi makin berkilau tentunya. Lanjut datangnya fajar, solat Subuh pun kita kerjakan. Terus berkelanjutan dengan mengisi rutinitas harian maupun menambah ibadah hingga terbenamnya matahari menandakan kumandang adzan Maghrib dipedengarkan sebagai waktu berbuka puasa.

Apakah dalam satu harian tersebut, tubuh kita bakalan kuat? Jawabannya adalah tergantung kondisi tubuh masing-masing orang. Bisa saja ada yang kuat, ada pula yang biasa saja, bahkan ada yang lemas. Maka harus kita pecut selalu nih semangatnya, karena kan masih awal-awal kan yak, bisa pakai 5 Tips berpuasa di bulan Ramadan yang Simple ala rejekingalir.com berikut ini:

Niat sebagai Juru Koentji

Tips berpuasa di bulan Ramadan yang pertama adalah kuatkan niat di waktu malam. Niat menjadi juru koentji-nya agar kemantapan hati bertambah. Di waktu malam tak hanya berniat untuk melaksanakan puasa saja, tetapi juga bangkitkan dengan ibadah lainnya. Misalnya di bulan selain Ramadhan tadinya belum melaksanakan solat Dhuha, maka ketika Ramadhan melaksanakannya minimal 2 rakaat saja dulu. Rasakan kenikmatan setiap hari 2 rakaat solat Dhuha. Nanti bila sudah wokeh, baru deh bisa tambah 2 rakaat lagi, begitu seterusnya.

Ramadhan Ini adalah..

Seperti yang sudah rejekingalir.com bahas di paragraf awal, bahwa tak ada yang tahu kedepannya bakal seperti apa. Mungkin jadi ibadah Ramadhan ini menjadi penolong kita terhadap datangnya limpahan rejeki yang mengalir (aamiin). Atau bisa juga, menjadi Ramadhan yang terakhir.

Oleh sebab itu, jadikan Ramadhan ini adalah Ramadhan yang berkesan di dalam diri. Kalau sesuatu yang mengesankan, maka hati tak akan berpaling kepada apapun (ciee.. ye gak sih?). Nah kalau sudah menjadikan Ramadhan ini adalah yang berkesan, insyaa Allah bisa terus semangat hingga malam takbiran tiba.

tips agar mudah berpuasa di bulan Ramadan
ilustrasi gambar dari freepik

Asupan Bergizi, So Pasti yuk!

Entah mengapa kalau di bulan Ramadhan segala jenis makanan maupun minuman bertaburan. Bisa dikatakan, pusing nih mau pilih yang mana. Kalau bisa diborong, ya diborong aja semua, haha. Ya jangan gitu juga kali yak. Tetep perhatikan juga pola hidup sehat, salah satunya adalah makanan dengan asupan bergizi. Pasalnya kondisi tubuh ketika berpuasa yang tidak, tentunya berbeda.

Kalau lagi tidak puasa kan, waktu makannya bisa kapan aja. Namun kalau lagi puasa, ada jam makannya. Ini yang perlu diperhatikan, tentang kandungan gizi dari setiap makanan yang akan kita konsumsi, apakah cukup seratnya, protein, mineral, vitamin, dan sebagainya. Sehingga tidak memikirkan “asal perut kenyang”.

Lakukan Rutinitas dengan Senyuman

Walau kondisi tubuh khususnya perut dalam keadaan kosong selama kurang lebih 13-14 jam, tapi bukan menjadi alasan bermalas-malasan. Tetap lakukan rutinitas dengan senyuman 😊. Bila rutinitasnya agak berat, kondisikan dengan istirahat sejenak. Lalu jangan lupa buat olahraga yang mudah tetapi rutin, seperti halnya jogging, jalan kaki, naik turun tangga, senam, dan lainnya agar tidak terasa oleh diri kita bahwa sedang berpuasa. Tahu-tahunya eh sudah Maghrib tiba kan.

cara berpuasa di bulan Ramadan yang simple
ilustrasi dari freepik

Kelola Waktu Tidur

Pada poin akhir tips berpuasa di bulan Ramadan yang simple ini adalah kelola waktu tidur. Jam tidur dan bangun, memungkinkan berubah saat melaksanakan puasa. Kecuali yang memang sudah membiasakan diri bangun tidur untuk qiyamul lail.

Baca Juga: 5 Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

Mungkin biasanya tidur malam di pukul 11-12 malam, lalu bangun tidur setengah 5 atau jam lima pagi. Nah ketiba Ramadhan datang, waktu bangunnya harus terbiasa sekitar pukul 3 sampai 4 pagi. Kalau telat bangun kan bisa berabe, nggak sahur, huhu. Oleh karena itu, bisa coba menggunakan alarm (pada ponsel) untuk mengatur jam bangun tidur, misalnya pasang jam 3:05, lalu 3:10, 3:15. Begitupun waktu tidur, usahakan setelah solat Isya atau solat tarawih sekitar pukul 9 sampai setengah 10 malam sudah mulai beristirahat.

Baca Juga: Trik Hidup Sehat untuk Remaja

Semoga tips berpuasa di bulan Ramadan yang simple ini bermanfaat buat kamu. Yuk terus semangat beribadah dan jaga kesehatan. Inget bentar lagi lebaran yak! Heheh. 

Komentar

Suci mengatakan…
Lalukan aktifitas dengan senyuman...
oke noted!

Emang sering lupa senyum ini, mbak, terimakasih sudah diingatkan, hehe
Biar nambah pahala dengan ibadah senyum, ya.

Oiya sebagai tambahan, biar pun puasa harus tetep olahraga, yang ringan2 aja...
Selamat puasa ya, mbak :)
Adi mengatakan…
Wah tipsnya bermanfaat banget nih. Yang paling sering dilupain I guess sih pasti kelola waktu tidur ya, karena emang ini penting tapi sering diremehin.
Maria G Soemitro mengatakan…
Setuju, niat itu yang terpenting
Sesudah itu biarkan waktu mengalir, gak usah ngoyo karena kalo hasil gak sesuai ekspektasi, malah bikin bete
Ila Rizky mengatakan…
Bener banget, kak. Niat puasa harus diucapkan, biar keitung puasanya. Hehe. Kalo aku paling banyakin minum biar ga haus sebelum subuh. Makan secukupnya. Moga puasa kita lancar yaa. Aamiin
Utie Adnu mengatakan…
Nah inu harus banget kelola waktu tidur karena kebanyakan puasa itu ngantukan ya mba... Habis shubuh jangan tidur aja karena nanti bakalan lemes seharian
Annie Nugraha mengatakan…
Bener banget. Wajib peduli dengan ASUPAN BERGIZI agar tubuh tetap sehat selama Ramadan. Jadi bisa konsen puasa dan beribadah semaksimal mungkin. Dan itu terasa sekali efeknya.
Emma Malika mengatakan…
Yes setuju hanya waktu yang pasti nyata, biarkan dia mengalir dengan bahagia. Karena dengan bahagia jadi panjang umur hihiii
Aprillia Ekasari mengatakan…
Setuju mbak bulan Ramadan harus disambut dengan bahagia karena bulan ini berbesa sengan bulan2 lainnya, lebih istimewa.
Setuju banget hendaknya menjaga kesehatan tubuh ya, salah satu caranya yang mungkin agak susah buat yang kerja freelance tu mengatur waktu tidur. Intinya jangan kecapekan, trus makan makanan bergizi, jangan sampai meninggalkan ibadah juga. InsyaAllah berkah dan rezeki mengikuti
Aisyah Dian mengatakan…
terimakasih banyak kak tips berpuasa di bulan Ramadan yang simple ini sangat bermanfaat Yuk terus semangat beribadah dan jaga kesehatan
Irraoctavia mengatakan…
Berpuasa dengan niat beribadah pasti akan selalu dimudahkan. Pokoknya walau sedang berpuasa, kita harus tetap bahagia. Biar puasa dengan menyenangkan.
lendyagasshi mengatakan…
Tipsnya cakeepp..
Aku juga sering ngerasa "beda" pas bulan Ramadan. Padahal kalau mau dirasain, shaumnya mah sama aja kaya shaum sunnah Senin Kamis, hanya ini selama sebulan penuh. Kudunya, badan mulai adaptasi dengan cepat.

Semoga sehat selalu selama bulan Ramadan, sehingga bisa jalani aktivitas dengan penuh semangat.

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja