Cara Isi Ngabuburit Ramadan Penuh Makna

Cara Isi Ngabuburit Ramadan Penuh Makna

Jadi terpikirkan, apakah kita sudah isi ngabuburit ramadan penuh makna di beberapa hari ini? Atau malah belum sepenuhnya kita kerjakan, masih yang sekadarnya saja? Semoga hal yang bermanfaat ya yang telah kita lakukan, aamiin.

Yups, mengisi waktu selama di bulan Ramadan, khususnya masa menanti waktu berbuka puasa bisa dikatakan kompleks. Artinya, banyak yang bisa dikerjakan dengan penuh semangat. Pasalnya kalau sudah di jelang jam-jam setelah adzan Ashar, nuansa dalam diri itu bergejolak. Dari yang namanya kukuruyuknya si pencernaan (hehe), lemah pada tubuh sehingga harus mengumpulkan seluruh kekuatan super power agar bisa bangkit dari tempat duduk/kasur (hayyahh, lebay banget rejekingalir.com), maupun kepala pening hingga pandangan berkunang-kunang, dan rasa malas yang bergelora (bukan stadion, hihi). Padahal kalau dipikir-pikir, cara isi ngabuburit Ramadan penuh makna kan banyak yang bisa dilakukan, seperti:

Cara Isi Ngabuburit Ramadan Penuh Makna
ilustrasi dari freepik

Menyiapkan Hidangan Berbuka

Baru-baru ini rejekingalir.com melihat di FYP bahwa si takjil jadi incaran semua orang tanpa melihat gender, suku, dan agama. He em, ada yang mengatakan, bahwa dari jam 2-3 sore itu sudah mulai berburu takjil murah ini. Sehingga tatkala melek di pukul 4 sore, hanya tinggal kertas bungkus, remahan gorengan, dan kantong plastik (hihi, seru dah baca kisah mereka).

Ya, berburu takjil bisa jadi momen mengisi ngabuburit yang seru. Ketika membeli aneka takjil tidak hanya untuk santapan diri sendiri, tetapi bisa berbagi kepada yang berpuasa, sehingga menambah lagi pahala karena menyediakan hidangan berbuka puasa. Serta membantu juga para pedagang lokal (bisa dikatakan musiman ya) agar perputaran uang terus berlangsung.

Cara Isi Ngabuburit Ramadan bermanfaat
ilustrasi dari freepik

Membaca Al Quran

Cara isi ngabuburit ramadan penuh makna selanjutnya adalah membaca Al Quran. Tak ada bantahan, bahwa dengan membaca Al Quran khususnya di bulan Ramadan akan memndapatkan banyak keberkahan dan pahala. Semangat merutinkannya, apalagi bisa khatam di bulan suci ini, akan luar biasa lagi feedback-nya untuk yang membacanya.

Membaca buku atau Menonton

Apakah kamu masih suka membaca buku? Hmm, kalau rejekingalir.com masih belum kumpul semangatnya hehe (jangan diikutin yak), kecuali memang ada buku yang sesuatu banget buat dibaca sampai tamat dengan sekali duduk (alasan hihi). Yes, baca buku jadi langkah asik buat mengisi waktu ngabuburit. Apalagi nih, bisa juga dengan menonton tayangan yang tidak mengurangi keberkahan puasa, misalnya film/serial bernuansa Islami, nonton olahraga (kebetulan lagi ada badminton All England 2024 bisa nonton sambil menunggu waktu bedug maghrib).

 

ilustrasi dari freepik

Berdzikir di Waktu Petang

Cara isi ngabuburit ramadan penuh makna yang terakhir adalah dengan berdzikir di waktu petang. Kita bisa memulai zikir dengan membaca:

1. ta’awudz

2. ayat Kursi (surat Al-Baqarah ayat 255)

3. Membaca 3 Qul (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas)

4. Doa waktu petang

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ للهِ، وَالْحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُبِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ


Yang terjemahannya: "Kami telah memasuki waktu petang dan kerajaan hanya milik , segala puji bagi . Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Yang Maha sa, tidak sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya , aku mohon kepada-Mu kebaikan pada hari ini dan kebaikan setelahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan setelahnya. Ya , aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan pada hari tua. Ya , aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan kubur."

Baca Juga: Trik Dapat Takjil Ramadan Gratis

5. Sayyidul Istighfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ 

Yang artinya adalah: "Ya , Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah kecuali Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku dalam perjanjian beriman dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa seseorang, kecuali Engkau yaa Rabb." (Hadits Riwayat Bukhari: 5522, 6306, dan 6323. At-Tirmidzi: 3393, An-Nasa'i: 5522)

Baca Juga: Trik Berpuasa Praktis 

Dengan menerapkan cara isi ngabuburit ramadan penuh makna ini, semoga kita bisa memanfaat momen satu bulan penuh ini tanpa kesia-siaan. Amal ibadah kita diterima oleh . Serta bisa kita melanjutkan kegiatan baik ini pada 11 bulan berikutnya, hingga bertemu kembali dengan Ramadan berikutnya, aamiin. 

Komentar

Fanny_dcatqueen mengatakan…
Hari pertama aku ngabuburit nya main di trans studio Cibubur mba. 😅😂. Seru lah bisa main bareng anak2. Apalagi pas main rollercoaster🤣🤣. Cuma krn banyak triak jadinya memang agak haus. Makanya walo aku suka permainan ekstreme, aku batasin naik nya cuma sekali. Pdhl kemarin itu TSC sepiiiiiii, ga ada antrian. Puas banget jadinya.

Hari kedua ampe skr aku di rumah mulu sih. Ada target memang hrs khatam quran. Tapi kalo ngaji udah selesai, biasanya aku BW blog temen2 😄

Kalo drakor diusahain malam aja 😂
Annie Nugraha mengatakan…
Alhamdulillah. Selama Ramadan, sejauh ini, saya jadi punya banyak waktu untuk mengorganisir foto, mengedit, dan mengelompokkan foto-foto untuk menjadi materi tulisan. Itu justru banyak saya lakukan setelah subuh dan menjelang buka puasa. MashaAllah. Di minggu pertama ramadan tahun ini fisik tetap sehat dan prima untuk beraktivitas.
Siti Nurjanah mengatakan…
Ramadan adalah bulan perjuangan, waktu untuk bekerja keras menggapai ridho Allah SWT. Karena bln ini begitu istimewa akan sayang ya jika dilewatkan dgn hanya bermalas-malasan. Lebih baik tetap semangat tingkatkan ibadah dan lakukan hal positif
hani mengatakan…
Semoga di bulan Ramadan ini kita bisa selalu mawas diri. Mengisi waktu menunggu saat berbuka puasa dengan hal-hal positif ya...
Terima kasih artikel reminder-nya...
Maria G Soemitro mengatakan…
Berzikir ini paling tepat untuk ngabuburit

selain nyiapin makanan untuk keluarga tentunya

Karena dengan berzikir rasanya nyaman banget berpuasa

dan kita memperoleh esensi berpuasa
Ila Rizky mengatakan…
Baca al quran paling mantul ya, mba. Bisa dapet 1-2 juz pas ngaji sore, mba. Kalo makanan aku biasanya udah masak pas sore jam 3 annya atau beli lauk matengan. Hehe
Alhamdulillah ada banyak aktivitas yg bisa dilakukan sebelum berbuka ya mba, semua aktivitasnya bernilai pahala kali lipat juga ya di bulan Ramadan.
Adi mengatakan…
Mantab banget nih tipsnya, semoga puasanya dilancarkan hingga Hari Lebaran tiba ya Mbak Feni.
Ria Bilqis mengatakan…
Saya ngabuburitnya masak, sebisa mungkin saya usahakan tilawah, berharap dapat pahala di bulan ramadhan ini.
Yayu Arundina mengatakan…
Hmmm kirain zaman digital dah gak musim acara ngabuburit. Ngabuburit itu momen puasa masa kecil yang tak terlupakan. Dulu biasanya baca majalah bobo sewaan di alun-alun. Ah jadi curcol nih 😂 thankyu zikirnya yah, bermanfaat pisan
Endah Kurnia Wirawati mengatakan…
Saya sebenarnya tipikal malas ngabuburit karena memang tidak terlalu suka keramaian. Hunting takjil pun di jam-jam aneh, sekitar jam 2 -3 sore. Hehehe. Tapi kalau ada temannya sih saya ikut-ikut saja. tapi mungkin tidak setiap hari sih. Biasanya di rumah saja sambil mikirin mau masak menu apa hari ini dan besok.
Pesona Sidoarjo mengatakan…
Ramadan tahun ini saya pun lebih banyak di rumah. Sudah males rasanya ngabuburit keluar rumah, bertemu dengan keramaian. Ide ngabuburitnya oke semua tuh mbak
(Maria Tanjung)
Cindi mengatakan…
Salah satu kegiatan asik ngabuburit setelah menyiapkan hidangan itu kalau saya ya blogwalking kayak gini serasa traveling tapi nggak di keramaian hahaha :-D
lendyagasshi mengatakan…
Ashar ini menurutku critical time banget sii..
Uda kondisinya lemes dan ngantuk, biasanyaaa.. Jadi kudu diisi dengan aktivitas yang bikin ga ngantuk. Dzikr sore, menyiapkan berbuka, bisa dicontoh nih.. Haturnuhun.
nurul rahma mengatakan…
banyak aktivotas yg bisa dilakukan saat ngabuburtit

pilih ug cocok ajaaaa
nurul rahma mengatakan…
biasanya aku ngabuburit sambil.olahraga tipis2
enakeuuunn bnaget
nurul rahma mengatakan…
whaaaa idenya boleh jugaaaa
kapan2 mau lahhh aku coba
ramadan thn depan klo.masih ada umur

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja