Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Definisi, Cara dan Manfaat Gaya Hidup Sehat

Definisi apa itu gaya hidup sehat, Cara dan Manfaat Gaya Hidup Sehat untuk masa depan
definisi apa itu gaya hidup sehat

Sering tentunya kita mendengar slogan maupun membaca poster gaya hidup sehat. Poster yang terpampang tersebut, kerap disertai pula dengan sedang merebaknya suatu penyakit atau wabah, sehingga menjadi momen yang tepat untuk mensosialisasikan tentang apa itu gaya hidup sehat. Salah satu contohnya adalah ketika momen pandemi lalu, pola hidup yang sehat menjadi langkah praktis dalam mengantisipasi penyebaran virus covid-19. 

Tanpa disadari sebenarnya kebiasaan dan rutinitas yang kita kerjakan, mengarah ke pola hidup yang sesungguhnya. Bila sudah membiasakan diri misalnya untuk cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, maka perilaku seperti ini adalah upaya pencegahan dari virus dan kuman berbahaya masuk ke tubuh. Namun sebaliknya, pola hidup yang tidak teratur baik itu waktu tidur malam, jam makan, dan kebiasaan lainnya, efek yang kurang baik bagi tubuh akan dirasakan. Lalu apa itu gaya hidup sehat?

definisi manfaat apa itu gaya hidup sehat
Poster terkait gaya hidup sehat - Kemenkes

Definisi Gaya Hidup Sehat

Dalam situs iris.who.int, menurut WHO gaya hidup sehat merupakan cara hidup yang dapat menurunkan risiko sakit parah atau kematian dini. Tidak semua penyakit bisa dicegah, tetapi sebagian besar kematian, khususnya akibat penyakit jantung koroner dan kanker paru-paru bisa dihindari. Sedangkan untuk pengertian hidup sehat, mengacu pada situs ayosehat.kemkes.go.id, berarti hidup bebas dari berbagai masalah fisik (jasmani) maupun mental (rohani).

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Secara Rutin

Dari kedua pengertian gaya hidup sehat di atas, terdapat benang merah yaitu antisipasi datangnya penyakit untuk jiwa dan raga melalui hidup sehat. Setelah memahami pengertian apa itu gaya hidup sehat, berikut cara menerapkannya dalam keseharian kita:

1. Perhatikan Asupan Bergizi

Makan makanan nikmat yang terhidang, tidak selamanya sehat untuk dikonsumsi. Sebab nilai kandungan gizi seperti protein, zat besi, mineral, vitamin, serat, kalsium dan kalium, serta karbohidrat memiliki peran penting sebagai kunci sehat untuk tubuh. Bila diperlukan, dapat menambah suplemen bervitamin yang tentunya dapat dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter.

2. Bijak dengan 2G + 1L

Cara menerapkan gaya hidup sehat dengan bijak konsumsi 2G + 1L yaitu Gula, Garam, dan Lemak. Bijak bukan berarti menghilangkan atau tidak mengonsumsi sama sekali ya. Ketiga zat tersebut bila berlebihan masuk ke tubuh, akan mendatangkan penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, jantung koroner, dan obesitas.

3. Minum Air Putih

Minum air memberikan kesegaran untuk tubuh. Namun, minum air yang diharuskan adalah minum air putih, bukan yang berwarna. Adakalanya seseorang lebih suka dan sering minum air berwarna. Hal tersebut sebetulnya kurang baik untuk kesehatan organ ginjal. Penuhi kecukupan minum air putih dengan perhitungan: berat badan x 30ml, atau bisa melihat rekomendasi melalui tabel dari website Kemenkes berikut. 

bagaimana cara penerapan gaya hidup sehat
sumber gambar: Kemenkes

4. Tidur Malam yang Cukup

Tubuh yang semenjak pagi hingga sore hari telah banyak melakukan aktivitas, memerlukan waktu untuk rehat. Istirahatkan tubuh pada waktu malam hari minimal 6-8 jam untuk dewasa. Dampak baik dari cara menerapkan gaya hidup sehat ini akan terasa saat kembali beraktivitas tubuh sudah pulih dan siap untuk bekerja.

5. Kelola Stres

Pikiran yang tertekan entah itu akibat beban pekerjaan ataupun tugas sekolah/kuliah, sebisa mungkin untuk dihadapi dengan tenang. Pengelolaan stres yang baik misalnya dengan berdzikir, meditasi atau yoga dapat meminimalisir gangguan pada psikis.

6. Teratur Melakukan Aktivitas Fisik

Apakah kamu familiar dengan ungkapan, “kaum rebahan” dan “kaum mageran”? Ungkapan tersebut merujuk kepada aktivitas fisik yang minim sehingga lebih banyak duduk, menggunakan kendaraan padahal jarak ke lokasi dekat, ataupun rebahan alias berbaring. Teratur bergerak misal dengan melakukan olahraga yang disukai minimal 15-30 menit, memilih berjalan kaki untuk jarak dekat, dan menggunakan tangga manual, dapat membantu fisik tidak kaku dan menjaga kestabilan berat badan.  

apa saja manfaat gaya hidup sehat
ilustrasi gambar dari freepik

7. Jalin Komunikasi dengan Baik

Komunikasi kita dalam kehidupan ini, bila diibaratkan dalam garis permukaan bumi, yaitu ada garis bujur (vertikal) dan garis lintang (horizontal). Komunikasi secara vertikal yaitu hubungan kita kepada Yang Maha Pengasih dan Penyayang dilakukan dengan kusyuk dan berkesinambungan. Begitupula secara horizontal, interaksi kita antar sesama dapat terjalin harmonis dengan saling membantu, tanpa menyakiti.

8. Cek Kesehatan Secara Berkala

Cek kesehatan tubuh secara berkala, menjadi cara menerapkan gaya hidup sehat yang acap kali terlewatkan. Padahal rutin memeriksakan kesehatan diri, dapat mendeteksi dini adanya masalah medis dan menumbuhkan rasa semangat mempertahankan pola hidup sehat yang telah dijalankan.

Manfaat Gaya Hidup Sehat

Siapa sangka penerapan pola hidup yang sehat secara rutin memiliki pengaruh baik untuk tubuh. Apa saja manfaat gaya hidup sehat yang akan kita rasakan?

1. Hidup Lebih bahagia

Tubuh yang sehat dapat menstimulasi hormon endorphin dengan baik sehingga suasana hati pun lebih bahagia. Jalankan hidup jadi lebih menyenangkan serta percaya diri dalam menatap masa depan. 

mengapa gaya hidup sehat membuat diri bahagia
ilustrasi gambar dari freepik

2. Mengurangi Risiko Datangnya Penyakit

Gaya hidup sehat bermanfaat mengurangi risiko datangnya penyakit. Hal ini dikarenakan imunitas tubuh yang meningkat sehingga pertahanan tubuh kuat untuk menghadapi serangan virus dan kuman.

3. Energi Tubuh Meningkat

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, memberi dukungan energi pada tubuh meningkat. Rutinitas harian yang dikerjakan mampu ditunjang sehingga jadi lebih produktif dan bertenaga.

4. Berat Badan dan Kesehatan Mental Terkontrol

Capai berat badan yang stabil bukan lagi sebuah impian, karena hal ini terwujud berkat menerapkan gaya hidup sehat secara rutin. Apalagi risiko kecemasan maupun gangguan mental bisa dikontrol. Perilaku lebih terarah sehingga berdampak pula dengan kualitas tidur yang lebih baik.

5. Fungsi Kognitif dan Kualitas Hidup Meningkat

Pola hidup sehat secara teratur dapat meningkatkan performa fungsi kognitif pada otak kita seperti lebih fokus, perhatian, cepat dalam menangkap informasi dan memori yang kuat. Kualitas hidup pun meningkat, karena apapun aktivitas yang dilakukan makin bersemangat.

Baca Juga: Sehat Mental dan Raga untuk Tubuh

manfaat dan cara menerapkan gaya hidup sehat
ilustrasi gambar dari freepik

Kesimpulan

Kita sering mendengar kata investasi yang umumnya mengarah kepada hal finansial. Padahal menjalankan pola hidup sebaik mungkin juga bagian dari aset kesehatan dan kesejahteraan. Pemahaman apa itu gaya hidup sehat dengan menerapkan aktivitas fisik, makan gizi seimbang, mengelola stres, tidur dan minum air putih yang cukup, serta seimbang hubungan vertikal dan horizontal, dapat kita rasakan manfaat gaya hidup sehat untuk tubuh sebagai investasi terbaik yang dapat dinikmati di masa mendatang. Kamu bisa ke artikel 5 Alasan MembiasakanGaya Hidup Sehat Sejak Kecil untuk bahasan lebih mendalam.

Sumber materi:

  • https://ayosehat.kemkes.go.id/
  • https://iris.who.int/handle/10665/108180#:~:text=A%20healthy%20lifestyle%20is%20a,lung%20cancer%2C%20can%20be%20avoided.
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/hidup-sehat 

32 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Cara hidup sehat yang paling sederhana tuh misalnya minum air mineral. Ternyata ada loh mbak yang lebih suka minum air teh atau kopi tapi gak konsumsi air mineral.

Thanks banget tips-tipsnya mbak
Komen Blog rejekingalir.com
Deeva Collection mengatakan…
Perlu banget nuh diperhatikan tabel berat badan dan asupan cairan setiap harinya. Kadang kita pukul rata saja, kalau minum sekian liter dalam sehari. Ternyata ada aturannya sesuai berat badan ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Di era modern ini, kesibukan dan tuntutan hidup seringkali membuat kita mengabaikan kesehatan. Kita terjebak dalam pola makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, dan stres berlebihan. Tanpa disadari, kebiasaan ini dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Untungnya, kita masih memiliki kesempatan untuk mengubah kebiasaan dan menerapkan pola hidup sehat. Menjalani pola hidup sehat bukan hanya tentang diet dan olahraga, tetapi juga tentang keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan.
Komen Blog rejekingalir.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Setuju bahwa pola hidup adalah investasi kesehatan jangka panjang. Karena apa yang kita makan hari ini bakalan terasa efeknya 10 tahun yang akan datang. Dengan pola hidup sehat yang dimulai dari sekarang maka kemungkinan besar 10 tahun yang akan datang tubuh kita akan tetap sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Indra DP mengatakan…
hmm sepertinya aku kalo minum sih cukup 1 liter lebih, tapi aktivitas fisiknya yg olahraga masih kadang-kadang hehe
Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
semua solusi udah saya coba praktikkan
kecuali gula!
Yep, susah banget cerai dari gula
Sehari bisa 5 gelas kopi manis, belum lagi dari camilan manis lainnya
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Waktu tidur malam nih kalau sudah keracunan sama drama korea yang bagus, bisa berantakan jadwalnya. Hehehe...
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Gaya hidup sehat memang berbanding lurus dengan hidup sehat ya Mbak. Dan kita Semua sehat, karen kuncinya dari keseharian kita. Apalagi Kita Bang punya tubuh, jadi tahu dan mengenal baik. Misalnya saya Tidak bisa makan makanan pedas, maka saya hindari.
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
2G + 1L lagi berusaha banget mengurangi. Lemak dari gorengan nih yang masih maju mundur. Haha...
Oh ya, aku udah lama banget deh engga cek kesehatan. Engga boleh gegabah nih, siapa tahu kalau ada masalah kesehatan kan segera diatasi.
Komen Blog rejekingalir.com
Juwita mengatakan…
penting juga edukasi kepada banyak orang mengenai pola hidup yang berdampak pada kesehatan di masa depan
Komen Blog rejekingalir.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Pola hidup sehat udah mulai aku jalanin pas usia kepala 3. Memang rada kerasa sih, sehat itu mahal. Aku selalu memperhatikan gula semiga kita sehat selalu yaa
Komen Blog rejekingalir.com
Farida Pane mengatakan…
Udah tau teorinya tapi beberapa masih susah praktiknya. Terima kasih sudah diingatkan, ya. Berasa deh kalau ga disiplin, badan pun memberontak.
Komen Blog rejekingalir.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Aku juga butuh olah raga nih, biar makin sehat. Soalnya tubuhku terasa tambah berat aja...
Komen Blog rejekingalir.com
Irrya Lucita mengatakan…
Makasih mbak sudah diingatkan kalau kesehatan itu investasi, yg sudah harus kita siapkan dari jauh hari seperti investasi finansil
Komen Blog rejekingalir.com
Deeva Collection mengatakan…
Gaya hidup sekarang menjadi perhatian banyak orang, namun sering kali kita jauh dari pola gaya hidup sehat. PR besar ya lifestyle kita harus good and healthy lifestyle bar tetap ikut tren sekarang namun tetap sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Lintang mengatakan…
Penting banget menerapkan gaya hidup sehatnsebagai antisipasi datangnya penyakit. Jangan lupa perhatikan asupan makanan bergizi. Kalau biasanya masih kuran minum air putih, ini yang jadi PR banget huhu. Jangan lupa olahraga juga.
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Untuk bisa merasakan hidup sehat, memang sangat tergantung dengan gaya hidup yangb kita lakukan sehari-hari. Dan kuncinya memang harus hidup sehat. Dan semua bisa tercapai, karena bisa kita lakukan yang semunaya berkaitan erat dengan diri sendiri.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Duh gula garam lemak nih yg agak susah dihindari meski sudah agak berkurang banget nih sejak zaman kerja di kantor dulu.

Dulu suka banget ngopi dan makan di kafe siap saji. Bayangin aja minum manis plus makan ayam cepat saji. Gmn kadar gula, garam dan lemaknya.

Pantesan dulu sakit mulu dah. Ada asam urat, kolesterol, ampe gejala diabetes. Ditambah kurang olahraga lagi.

Ayo skrg terapkan hidup sehat deh biar berumur panjang.
Komen Blog rejekingalir.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Hiks, reminder ini, bagaimana menerapkan gaya hidup sehat bisa menjadi investasi terbaik hidup di masa mndatang. Saya masih kesulitan dengan konsumsi 2G+1L..apalagi di usia jelita ini
Komen Blog rejekingalir.com
Priyani Kurniasari mengatakan…
Semenjak suka begadang buat lembur, rasanya yang perlu saya perbaiki adalah soal berat badan kak.
Komen Blog rejekingalir.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Yap! Aku juga sudah praktek mba. Lebih enak di badan dan rasanya segar kalau imbang antara pola makan dan olahraga sebagai penunjang
Komen Blog rejekingalir.com
HendraDigital mengatakan…
Terlihat mudah, tapi pada praktiknya cukup berat. Apalagi yang tinggal di perkotaan yang sibuk dengan rutinitas super padat setiap harinya. Terakadang cukup abai dengan penerapan gaya hidup sehat.

Menerapkan gaya hidup sehat, justru menjadi aset paling berharga dalam hidup kita ya... Very nice info
Komen Blog rejekingalir.com
Ila Rizky mengatakan…
Di dunia yang serba cepat dan sibuk kayak sekarang, menjaga kesehatan sering jadi tantangan. Tapi, baca artikel ini ngasih aku insight dan langkah-langkah yang mudah diikuti dan bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Aku jadi pengin cobain tips pola makan seimbang dan nerapin olahraga rutin juga. No begadang lagi deh.
Komen Blog rejekingalir.com
Sabrina mengatakan…
memang terasa banget mba Fen saat kita menerapkan gaya hidup sehat, ke badan kita jadi jauh lebih enak dan berasa ringan gitu, dan pastinya kualitas hidup kita meningkat dari berbagai sisi
Komen Blog rejekingalir.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Menjalani hidup sehat itu menyenangkan. Hidup bisa lebih bahagia dan berarti. Walau terkesan berat untuk menjalani hidup sehat, tapi manfaatnya luar biasa.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Bijak dengan gula dan garam jadi concern saya nih setelah ibu saya kena diabetes dan hampir saja merenggut nyawa nya.
Yuk ah perketat pola hidup sehat nya
Komen Blog rejekingalir.com
Eka FL mengatakan…
Ternyata beda berat badan beda juga jumlah asupan air putih per hari nya. Saya kira cukup 2 liter saja. Masih kurang nih sampai memenuhi ideal minum air putih.
Komen Blog rejekingalir.com
Triani Retno A mengatakan…
Gaya hidup sehat itu lebih mudah dibahas daripada dipraktikkan. Hehe.... Tapi meskipun sulit yaaa.... harus dijalankan supaya bisa hidup sehat dan berkualitas lebih lama.
Komen Blog rejekingalir.com
Irraoctavia mengatakan…
Gaya hidup sehat itu memiliki manfaat yang baik banget bagi tubuh! Dengan rutin berolahraga, minum air putih, perhatikan asupan makanan yang dimakan, insha Allah hidup akan semakin sehat dan bebas dari stress
Komen Blog rejekingalir.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Ternyata berat badan ada takarannya untuk konsumsi air minum. Kirain selama ini sama semuanya, minimal 2L.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Memulai kebiasaan baik dengan bergaya hidup sehat ini pastinya gak mudah ya.. Apalagi yang memiliki kebiasaan gak sehat seperti aku gini.. Huhuhu..
Bersyukur banget diingatkan melalui blog ka Fenni. Jadi kembali mengevaluasi kebiasaan sehari-hari dari mulai bangun tidur hingga kembali beristirahat.
Komen Blog rejekingalir.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
suka banget baca-baca artikel kesehatan begini, udah tau pasti gimana caranya manfaatnya tinggal peerapannya kenapa erat banget yaaaa hahaha..

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network