Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Ketika Takjil Ramadan Jadi Rebutan: Kamu Perlu Tips Ini

Ketika Takjil Ramadan Jadi Rebutan: Kamu Perlu Tips Ini.

resep takjil ramadan murah mudah

Puasa baru memasuki hari ke-enam, dan menggelegarnya nuansa ini makin menjadi ketika takjil Ramadan jadi rebutan. Kok bisa? Ya bisa dong, soalnya kehadirannya itu ada yang unik nih tentang si makanan pembuka untuk berbuka puasa ini, yaitu:

1. Hanya Hadir di Bulan Ramadan

Ya kan sesuai namanya yee, Takjil Ramadan, maka kehadirannya hanya di bulan Ramadan saja. Gak di bulan Muharam, Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal (awas bacanya sambil nyanyi, hehe).

2. Takjilnya Biasa, Nuansanya yang Beda

Kalau kita perhatikan, sebenarnya takjil Ramadan itu secara garis besar adalah makanan yang “acap kali kita temukan di hari-hari di luar bulan Ramadan”. Contohnya seperti gorengan, lontong, es buah, kolak, bubur sumsum, bubur kacang ijo, de el el.

Nah, nuansa Ramadan ini yang membuatnya berbeda. Jam kemunculan si takjil Ramadan itu kan pada jam penuh tantangan dan kekuatan (hahah apa dah), alias di tiga sampai dua jam jelang waktu berbuka puasa (Maghrib), sehingga jadi getaran untuk ingin mendapatkannya. Apalagi, saat menyantap takjil Ramadan murah ini bersama-sama, wuaahh makin menambah lagi nuansa kehangatannya.

menu takjil ramadan viral
capture dari postingan tiktok akun @banggpanjaitan

Fenomena Takjil yang Merebak

Temen-temen pembaca blog rejekingalir.com memantau perkembangan atau mendengar soal viralnya “takjil” yang masuk FYP tentang nonis berburu takjil, bila dipikir-pikir sebenarnya juga dari kapan tahu masyarakat nonis udah pada turut berkontribusi membantu para pelaku usaha kuliner lokal dalam membeli takjil kok. Mungkin kitanya aja belum ketemu dokumentasi pada masa dulu. Soalnya kan gak kayak macam sekarang, yang apa-apa rekam pakai hape, terus upload sehingga mudah dilacak dan viral deh ye kan.

Baca Juga: Tips Berpuasa di Bulan Ramadan yang Simple

Oleh karena itu, biar urusan takjil Ramadan viral ini bisa makin gereget lagi (hiyaaa, hehe), kamu perlu tips berikut ini:

Catat Nomor Ponsel Pedagang

Para pedagang takjil Ramadan murah ini, umumnya baru akan turun gunung (haddeh, lebay banget nih rejekingalir.com) mulai pukul 3 sore. Ada pula yang dari pukul setengah 3 sore sudah mulai memasak. Agar takjil Ramadan enak yang menjadi buruanmu tidak kehabisan, kamu perlu mencatat nomor ponsel pedagangnya. Kamu tinggal membuat list kuliner Ramadan mana yang ingin kamu beli. Kalau perlu harus DP alias pakai uang muka, maka lakukan saja. Bahkan bila sudah jadi langganan, bisa bayar lunas dengan metode terkini yang sat-set-sat-set lewat pembayaran online. Sehingga nanti kamu tinggal menjemput pesanan ke lokasi, atau bisa minta tolong kepada seseorang untuk membawakannya.

aneka resep takjil ramadan viral
capture dari postingan tiktok akun @darve_family

Bawa Rekan Terpercaya Soal Rasa Makanan

Nah, memungkinkan nih bila kamu ingin mengganti menu takjil Ramadan enak dan murah di tempat lain. Ya, bisa saja tadinya langganan takjil Ramadan di bilangan Thamrin, lalu ingin pindah ke bilangan Tanah Abang. Maka koentji-nya di sini adalah, kamu membawa rekan terpercaya soal menikmati rasa makanan. Pastikan bahwa rekanmu ini punya selera yang sama juga. Kalau semisal harus mencicipi takjilnya di waktu belum Maghrib, coba ajak teman kamu yang nonis atau sedang berhalangan puasa (menstruasi), biar langsung ketahuan takjil incaranmu memang memiliki rasa yang lezat atau tidak.

Opsi Lain

Bila ternyata menu takjil Ramadan yang kamu incar sudah habis-bis-bis banget. Kamu bisa menggunakan opsi lain yaitu, datang ke kantor-kantor besar, maupun di lokasi transportasi publik. Umumnya kantor besar yang berada di pusat kota, maupun di transportasi publik seperti stasiun kereta ada yang menyediakan makanan berbuka puasa. Rejekingalir.com pernah merasakannya tatkala bekerja di bilangan Thamrin, satu hari ada nih yang menyediakan takjil di stasiun Gondangdia. Eh besokannya nggak ada, tapi selang banyak hari ada lagi. Sehingga, ini jadikan opsi terakhir ya. Soalnya belum tentu tiap hari ada juga hehe.

takjil ramadan enak di mana
ilustrasi gambar dari freepik

Konklusi

Bulan Ramadan memang penuh keberkahan. Siapapun (tak terbatas gender maupun agama) merasakan syahdu dan nuansa hangatnya bulan suci ini. Keunikan tradisi maupun budaya di dalamnya, makin menambah semangat menjalankan puasa, apalagi urusannya adalah takjil Ramadan. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadan ini senantiasa lancar dan diterima oleh ο·², aamiin. 

18 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Ayah Ugi mengatakan…
Kemarin pas lhat postingan di sosmed tentang takjil ini bikin terharu, tertawa juga. Sampai pada rebutan, termasuk yang NonIs ternyata sangat senang dengan adanya takjil, mereka bahkan baru buka langsung borong. Memang makanan di bulan ramadhan itu memiliki nilai kenikmatan tersendiri. Ga bisa dibandingkan dengan di luar ramadhan
Komen Blog rejekingalir.com
Suci mengatakan…
Untungnyaa aku ngga kemaruk soal buka puasa ini, nih.
Seadanya aja, apa adanya.
Pernah ngikutin nafsu laper mata, eh ngga kemakan sampe besoknya.
Tapi seru ya, tahun ini sosmed dibanjiri sama video lucu2 soal nonis yang menguasai takjil.
Lucu dan terharu...
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Kebetulan deket rumah ada rombong yg mangkal jual takjil. Langganan beli ke situ aja. Udah tahu rasanya enak. Tapi ya gitu, kalau laris, jam 15 harus udah berburu...
Malah kalau yg jual takjil musiman, rasanya suka engga cocok...hehe...
Komen Blog rejekingalir.com
Annie Nugraha mengatakan…
Baca berita ini di berbagai media, saya kok malah terkagum-kagum. Ternyata ya takjil, jajan pasar, penganan khas yang muncul di bulan ramadan itu menggoda banyak orang. Gak cuma buat buka puasa tapi juga diserbu mereka yang non-muslim. Komen-komen pada seru pulak. Banyak yang lucu dan bikin ngakak.
Komen Blog rejekingalir.com
Imawan Anshari mengatakan…
Seru banget bulan puasa tahun ini, terutama berburu takjil saingan sama nonis, bikin ketawa kalo lihat komen di sosmed, sangat menghibur. Takjilnya mungkin biasa tapi momennya yang benar-benar luar biasa ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Nanik nara mengatakan…
Nah, saya pun jadi senyum-senyum sendiri baca "war" soal takjil ini.
begitulah ya mbak, bulan ramadhan membawa berkah bukan hanya bagi umat Islam yang menjalankan puasa saja, bahkan yang non muslim pun bisa merasakannya.
Dan ini juga bisa membantu pemerintah dalam perputaran roda perekonomian
Komen Blog rejekingalir.com
Narasi Nia mengatakan…
Wkwkwk... Ini pasti gara-gara nonis yang ikut rebutan itu ya kak 😁


Padahal ada loh takjil yang juga dijual setiap hari meski tidak ramadan. Tapi Karena emang vibes nya kali ya. Makanya jadi sangat menggiurkan
Komen Blog rejekingalir.com
Narasi Nia mengatakan…
Wkwkwk... Ini pasti gara-gara nonis yang ikut rebutan itu ya kak 😁


Padahal ada loh takjil yang juga dijual setiap hari meski tidak ramadan. Tapi Karena emang vibes nya kali ya. Makanya jadi sangat menggiurkan
Komen Blog rejekingalir.com
Windi astuti mengatakan…
keseruan memburu takjil di sore hari bikin kesan tersendiri ya. Selain melihat orang berlalu lalang rebutan nyari tempat takjil yang cocok dengan aneka ragam makanan, semoga tidak mengurangi niat puasa dan kepadatannya. Hhhi, se seru itu ya
Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
sebagai tukang masak, saya jarang beli takjil

mungkin karena kurang cocok di lidah

Ada sih dulu penjual takjil yang kudapannya enak semua, mulai dari kolak, kerupuk kuning hingga bala-bala

sayang, sekarang rumah saya jauh
Komen Blog rejekingalir.com
Rafahlevi mengatakan…
Hahaha... aku tim yang suka dengan vibes seru ramadhan tahun ini . Terasa hangat dan riuhnya. Takjil cuma ada saat ramadhan kadi semua war pengen nyoba karena gada di bulan lain haha
Komen Blog rejekingalir.com
Seru lihat "war" begini, tapi saya pribadi jarang berburu takjil. Soalnya anak-anak kami rada pemilih. Jadi mau tak mau umminya wajib masak sendiri.
Komen Blog rejekingalir.com
GE MAULANI mengatakan…
Cerita rebutan takdir ini Emang seru banget buat disimak dari sosial media terutama Tik Tok. Tuh makasih banget Mas sarannya jadi keingetan kemarin habis kehabisan stok jamu langganan Kenapa nggak kepikiran buat minta nomor penjualnya ya. Biar bisa pesen gitu next deh dilakuin
Komen Blog rejekingalir.com
Aprillia Ekasari mengatakan…
Ahahaha lagi musim war takjil yaa, aku sih ikut seneng yang artinya para pedagang laris. Nah aku suka tu cara itu catet no hp penualnya dan kita pesen utk beberapa kue biar diseimpenin dulu yak :D
Komen Blog rejekingalir.com
Ila Rizky mengatakan…
Kalo aku biasanya bikin takjil di rumah, kak. Jadi jarang beli. Paling kalo pengin jajan takjil yang variatif aja baru beli dari pedagang deket rumah. Hehe. Aku paling suka sama kolak pisang, nyummyy
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Aku pikir nonis ini ikutan cari takjil gratisan, ternyata ikutan euforia beli takjil yaa.. Jadi tetep beli tapi dengan harga bersahabat. Memang kelebihan lainnya, jadi merasakan lagi nih.. banyak menu makanan yang biasanya jarang, jadi ada di bulan Ramadan.

Memang bulan Ramadan jadi mempererat toleransi dan meningkatkan penghasilan bagi penjual takjil yaa..
Komen Blog rejekingalir.com
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Dulu pas aku msh kuliah di penang, war takjil ini udah terjadiπŸ˜…πŸ€£. Apalagi temen2 kampusku kebanyakan foreigners mba, dan bukan muslim. tapi mereka juga semangat beli dan cobain aneka menu berbuka ala Malaysia yg dijual. Kdg aku nitip sih, tapi kdg beli sendiri πŸ˜„. Untungnya blm sampe di tahap kehabisan parah hahahah
Komen Blog rejekingalir.com
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Takjil jadi rebutan karena baru di jam-jam itulah ada pedagang-pedagang cemilan dan jajanan murah saat ramadan :D Makanya kami yang nonmuslim pun menunggu-nunggu momen pedagang takjil mulai menggelar lapak.

Btw, entah kenapa kok kayaknya takjil di Bandung sini mostly hanya makanan yang biasa hadir sehari-hari cuma ganti jam. Paling cuma kolak dan beberapa es aja yang unik. Seingatku, di Jogja ada banyak makanan yang cuma hadir saat takjil.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network
Postingan Terpopuler