5 Momen Ramadan yang Tak Terlupakan di Tahun 2024

Loh kok gak salah itu judulnya, “Momen Ramadan yang Tak Terlupakan di Tahun 2024”? Padahal kan Ramadannya baru berjalan seminggu. Nah ini serunya di bulan kesembilan tahun Hijriah, karena dalam satu hari saja sebenarnya udah banyak momen yang kita lalui di bulan Ramadan. Sehingga akan menjadi kenangan yang berkesan saat nantinya di luar bulan Ramadan. Apa saja itu?

Momen Ramadan yang Tak Terlupakan di Tahun 2024

Viralnya Berburu Takjil Ramadan

Momen Ramadan yang tak terlupakan pertama adalah tentang viral berburu takjil Ramadan. Ini jadi fenomena seru yang memungkinkan pada Ramadan berikutnya bisa terulang kembali ataupun sebaliknya. Makin serunya lagi adalah ketika banyak yang mengunggah cerita mereka (netizen) yang kudu siap-siap dari jam berapa gitu agar masih kebagian takjil. Nah, berkat kehadiran gadget dan media sosial tempat netizen mengupload kisah, jadilah viral dan terdengar sampai ke rejekingalir.com.

Momen Ramadan yang Tak Terlupakan tahun 2024 Gerhana Bulan
ilustrasi dari freepik

Terjadinya 2 Gerhana di Bulan Ramadan

Momen ramadan yang tak terlupakan di tahun 2024 selanjutnya adalah, terjadinya 2 gerhana. Merujuk kepada laman Liputan6.com dan Detik.com di bulan Ramadan ini bakal terjadi GBP (Gerhana Bulan Penumbra) yang diprediksi terjadi pada tanggal 24-25 Maret yang dapat disaksikan di Indonesia bagian Timur, dan GMT (Gerhana Matahari Total) pada 8 April 2024 yang bisa disaksikan di Arktik, Atlantik, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa Barat, dan Samudra Pasifik. 

Solat Tarawih dengan Beragam Kisahnya

Pastinya kita tahu, solat Tarawih hanya ada di bulan Ramadan. Solat sunah yang dilakukan setelah solat Isya (fardhu) ini, ternyata mengukir banyak cerita dari siapa saja. Misalnya saja nih yang rejekingalir.com telusuri (baik offline maupun online):

adanya bacaan surat di solat Tarawih 1 juz untuk satu malam. Jadi saat tarawih di malam 1 Ramadan, maka surat yang dibaca adalah juz 1. Begitupun pada malam kedua, ketiga dan seterusnya, hingga berjumlah 30 juz. Namun ada pula, yang bacaan surat dalam solat Tarawih mengikuti urutan pada juz 30. Contohnya, ketika memulai 2 rakaat pertama Tarawih, membaca surat At-Takatsur. Lalu pada 2 rakaat selanjutnya surat Al Ashr, kemudian terus hingga sampai ke surat An-Naas.

Momen Ramadan yang Tak Terlupakan tahun 2024 rekapitulasi Pemilu
ilustrasi dari liputan6.com

Pembacaan Hasil Rekapitulasi KPU 2024

Hayoo siapa yang ikut Pemilu 2024? Maka, kamu bakal bersiap-siap nih menyaksikan hasil rekapitulasi KPU (Komisi Pemilihan Umum) 2024 untuk Pemilu DPR, DPRD Kota/Kabupaten, dan Calon Presiden/Wakil Presiden, yang rencananya berlangsung pada 20 Maret 2024 Masehi, yang bertepatan pula dengan 9 Ramadan 1445 Hjriah. Artinya, pembacaan hasil rekapitulasi ini menjadi momen Ramadan tak terlupakan di tahun 2024 ini, karena mereka yang telah menyalurkan hak suara akan diperlihatkan apakah hasil pilihan mereka terpilih.

Momen Ramadan yang Tak Terlupakan tahun 2024 rekapitulasi Pemilu
ilustrasi dari Freepik

Musim Hujan nan Dingin

Mungkin ada beberapa tempat di Indonesia, ada yang merasakan dinginnya hawa beberapa minggu terakhir ini. Curah hujan yang deras terjadi, hingga ada di beberapa wilayah yang mengalami musibah banjir. Rasa dingin yang menyelimuti terjadi di bulan Ramadan, sehingga di satu sisi ada rasa sejuk dan tidak begitu haus. Namun pada sisi lain, membuat kita harus waspada untuk selalu tetap menjaga kebugaran tubuh, khususnya ketika melaksanakan puasa. 

Baca Juga: Rekomendasi Jajajan Khas Ramadan yang Murah

Pastinya bakalan bermunculan lagi beragam momen Ramadan yang tak terlupakan di tahun 2024 ini. Jaga diri, keluarga, dan lingkungan, sehingga makin nyaman dan khusuk beribadah di bulan Ramadan ini. Kalau kamu ada kisah menarik apa nih di bulan Ramadan? Sampaikan ceritamu di kolom komentar ya, biar menginspirasi buat siapa saja yang berkunjung ke blog rejekingalir.com. 

Komentar

Ayah Ugi mengatakan…
Wah beneran nih, kisah berburu takjil lagi viral banget. Kalau Kisah menarik ramahdan tahun ini, Jualan kue libur, tapi alhamdulillah ketika libur begini, malah ada yang order buat takjil selama sebulan penuh. Allah Maha Adil dan Maha Penyayang memang. Kisah menarik ga ada sih, karena ga pernah berburu takjil juga. :D
Mario Andaru mengatakan…
Ini bener banget! Untuk tahun ini saya jadi sangat mengerti makna dari "rahmatan lil alamin". Terutama untuk kejadian rebutan takjil yang viral banget akhir-akhir ini. Apakah saya tidak senang karena harus rebutan takjil? Wah sebal sih iya, tapi hanya hari itu doang. Tapi secara keseluruhan saya happy banget karena yang merasakan rahmat di bulan Ramadhan tidak hanya umat muslim saja, ternyata juga semuanya merasakan. Benar-benar "rahmatan lil alamin".
YWidya mengatakan…
Kayak aku kak, ramadan ini berburu takjil terus, seru pula soalnya selalu buka puasa bareng2 di mesjid
Rafahlevi mengatakan…
Ramadhan tahjn vibesnya berbeda rasa nano-nano muali dari seru di media sosial sampe haru di dunia nyata..
Yang paling memyenangkan buat aku pribadi adalah toleransi yang akan selalu jadi citra bangsa Indonesia yang majemuk..
Indah dan damai banget liatnya..
Seseru itu tinggal di indonesia
Yayan Abdhi mengatakan…
Iya juga yah.. Ramadhan tahun 2024 ini banyak sejarahnya. Gerhana dan pengumuman hasil pilpres adalah yg bakal dicatat sejarah..
Jastitah mengatakan…
salah satu hal yang menyenangkan adalah berburu takjil ataupun masak sendiri dirumah! Kalau aku tiap hari rasanya pengen ada gorengan walaupun sedikit hahaha semoga ramadan kali ini kita semua diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ririn Wandes mengatakan…
Tahun ini memang sedang viral banget mengenai berburu takjil ya, Mba. Memang seru sekali saat ramadhan karena momentnya memang tidak akan mudah dilupakan. Semua ikut merasakan vibes ramadhan yang mendekatkan dan menyatukan.
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Wah, saya gak merhatiin fenomena ini. Betul jugak sih ya. Ada satu lagi, SI Bontotku juga mulai belajar puasa walaupun masih ogah2an
lylamanzila mengatakan…
Kalo aku kangen momen ramadan barengan main timnas dulu. Super duper meriah, abis taraweh jalanan pada sepi karena pada ngurung di rumah buat nonton bola
Lia Yuliani mengatakan…
Iya bener, keluar rumah berburu takjil kalau kesorean menang kadang udah ngantri belinya. Kadang kalau lagi nggak males ya bikin sendiri aja. Ramadan bulan penuh berkah, semoga kita bisa lebih baik ibadahnya
bu guru mengatakan…
Aku kira sudah musim kemarau malah di rumah mba. Ternyata semalem di guyur hujan dengan waktu yang lama dan volumennya lumayan besar. Selimutan lagi akhirnya.
Dee_Arif mengatakan…
Iya
Ramadan tahun ini meriah ya
Senang banget dengan war takjil yang jadi rame di Ramadan tahun ini
Yanti Alif mengatakan…
Saya selalu happy menjalani hari2 di momen Ramadan karena sangat menenangkan dan bikin hati hangat kalau mengingat betapa banyak rejeki yang mengalir di bulan Ramadan ini
Antung apriana mengatakan…
seru banget ya memang cerita war takjil ini. hehe. dan aku baru tahu kalau bulan ramadan ini bakal ada gerhana lagi. apakah nanti tarawihnya juga sekalian salat gerhana ya?
Firmansyah mengatakan…
Ramadan tahun ini ternyata punya cerita unik ya, Kak. Dengan viralnya tren berebut takjil dan bukber dari para non muslim yang ikut meramaikan Ramadan dengan penuh sukacita. Lucu sih!:D
Fera Marentika mengatakan…
iya mbak, bener. ditambah ada erupsi dan gempa di daerah tertentu. semoga Allah selalu melindungi kita dimana pun kita berada. Aamiin
Ririn Erviana mengatakan…
Setuju sekali sama musimnya. Ramadan kali ini benar-benar berkah rasanya karena setiap sore hujan juga di tempat saya. Jadi berasa nyaman. Meskipun siangnya panas tapi panasnya masih bisa ditolerir.
Ririn Erviana mengatakan…
Setuju sekali sama musimnya. Ramadan kali ini benar-benar berkah rasanya karena setiap sore hujan juga di tempat saya. Jadi berasa nyaman. Meskipun siangnya panas tapi panasnya masih bisa ditolerir.
zulfa atikah bahar mengatakan…
Ramadan kali ini lebih beragam kesannya ya. Btw, sisa beberapa hari lagi Ramadan meninggalkan kita. Semoga bisa bertemu kembali di Ramadan tahun depan. Amin

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja