Kunci Menu Sahur Praktis Gak Pakai Lama

Punya menu sahur praktis gak pakai lama, jadi andalan tatkala rasa malas buat masak mendera. Atau momen waktu Subuh tinggal beberapa menit saja. Selain itu, bisa juga menjadi favorit karena membutuhkan waktu yang singkat, tanpa perlu ribet mengolahnya.

Kunci Menu Sahur Praktis Gak Pakai Lama

Oleh sebab itu, acap kali kita mencari resep sahur praktis anti ribet di berbagai media. Kalau rejekingalir.com sih biasanya kalau udah ketemu sama resepnya nih, buat eksekusinya ketika inget, eh, wkwkwk. Ya, maksudnya gak pas ketemu terus langsung masak itu gitu. Istilahnya nunggu waktu yang indah dulu, hihi.

Menu sahur praktis gak pakai lama yang rejekingalir.com temukan, umumnya melihat di platform tiktok dan reels Instagram. Kalau semisalnya pas kebetulan lagi buka PC, baru deh nyimaknya lewat platform Youtube. Nah, gak perlu lama-lama ini dia nih menu sahur praktis anti ribet yang bisa jadi rekomendasi kamu.

Kangkung Goreng Sambal Ikan Teri

Menu praktis untuk sahur yang satu ini, bisa disajikan dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Bahan-bahannya pun mudah, siapkan daun kangkong yang telah dibersihkan. Lalu untuk ikan teri bisa disesuaikan ya, khusus untuk ikan teri yang asin, maka rendam lebih dulu dengan air panas. Sedangkan untuk bahan sambal yaitu cabai merah, rawit (sesuai selera), bawang merah, bawang putih. Di sini rejekingalir.com tidak menggunakan tomat, agar ikan terinya nanti tetap crunchy.

Untuk memasaknya, yaitu tumis daun kangkung dengan sedikit minyak. Ketika sudah layu, tiriskan. Lanjut goreng teri hingga matang, pisahkan. Kemudian tumis sambal hingga matang, dan beri garam secukupnya. Kecilkan kompor, masukkan daun kangkung dan teri, aduk hingga merata.

Baca Juga: Cara Jaga Badan Tetap Sehat saat Puasa

Bila ingin mengganti daun kangkung, bisa pula dengan daun singkong maupun daun pakis. Caranya sama seperti di atas. Hanya saja triknya, ketika akan membuat layu daun pakis, dapat menambahkan air, karena batang pada daun pakis tidak selembut batang daun kangkung. Selain itu, pastikan daun-daunnya itu sudah dibersihkan sebelumnya ya, biar ringkas gaes masaknya hehe.

Cumi Tahu Kemangi

Menu sahur praktis gak pakai lama yang kedua adalah cumi tahu kemangi. Pada menu ini sebenarnya opsi tahu bisa ditiadakan, lalu diganti dengan tempe. Atau hanya menggunakan opsi tempe. Bahkan bisa juga mengganti proteinnya dengan ayam yang telah direbus terlebih dahulu.

Kunci Menu Sahur Praktis Gak Pakai Lama
ilustrasi cumi-cumi dari Wikipedia

Kunci menu ini adalah pada bumbunya. Haluskan cabai merah (+tambah rawit merah/hijau sesuai selera), bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri (kalau bisa dibakar lebih dulu biar aromanya makin nikmat). Saat menumis bumbu yang telah dihaluskan, masukkan sereh dan lengkuas yang digeprek. Kemudian saat akan memasukkan opsi kemangi, di bagian akhir ya.

Tumis Buncis Wortel

Hidangan tumis buncis wortel ini, bisa meningkatkan selera makanmu. Pasalnya untuk bahan tumisan dapat dibuat beraneka, yaitu cukup tumiskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan lengkuas. Atau dibuat bumbu kuning maupun dengan tambahan kecap. Nah menu sahur praktis gak pakai lama ini, kuncinya adalah bisa dikreasikan dengan campuran bakso, ati ampela, atau telur puyuh.

Baca Juga:

Ketiga aneka resep di atas, bisa menjadi hidangan untuk berbuka pula. Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Semoga kunci menu sahur praktis gak pakai lama ini bermanfaat. Jangan lupa ajak-ajak rejekingalir.com yak buat berbuka puasa, eh wkwkwk. 

Komentar

Fanny_dcatqueen mengatakan…
Selama puasa ini aku jujur agak males masak. Soalnya jadi ga bisa ngerasain kan 🤣. Takut keasinan dan lain2. Jadi lbh sering beli atau nyetok frozen foods.

Kalo pun masak, pastinya pilih yg gampang dan bisa dimasak cepat 😁
Yustrini mengatakan…
Wah, sederet menu sahur yang praktis dan juga bergizi ya. Sangat cocok untuk persiapan masak sahur yang butuh sat-set.
De Eka mengatakan…
Ih menggugah selera. Favorit aku banget lagi tumis kangkung itu. Enak simpel pula. Emang sih nyiapin berbuka sekalian buat sahur juga. Hihi
lendyagasshi mengatakan…
Pas banget.
Aku lagi cari ide mau masak ikan teri. Tapi temennya apa yaa.. Rasanya dipadukan sama ide memasak menu berbuka yang simple seperti ini bisa menggugah selera.
Bambang Irwanto mengatakan…
Wih, enak-enak semua nih, menunya, Mbak. Kalau saya tumis buncil wortel saya tambah bakso lagi, atau bisa juga tambah jagung muda, biar menambah semangat sahur hehehe
Tukang jalan jajan mengatakan…
menu menu simpel begini perlu banget buat dimasak kalau kepepet. Makanan begini mah tetep enak dan ngga boleh ketemu nasi putuh. Bakalan super lahap banget sih. Salah satu favorit aku juga
Didik Purwanto mengatakan…
Wah menu berbuka puasa kali ini murah dan mudah membuatnya. Praktis sat set ngga pake lama. Bahkan cmn setengah jam pun jadi. Nasi tinggal pake rice cooker. Uhhh udh yummy. Tinggal bikin teh manis hangat/es campur aja tuh. Segernya dan kenyangnya udh kebayang sampe sini. Hehe.
Eri Udiyawati mengatakan…
Menu yg praktis tapi rasanya enak nih. Kalau saya dari awal sahur sampai sekarang, sahur andalanya tahu dan telur. 🤣🤣🤣
Ria Nugros mengatakan…
Tumis kangkung the best nyiapinnya cepat dan enak rasanyaa. Sama sayur bayam biasanya, enak juga segar nyiapinnya juga cepat
April Hatni mengatakan…
Team yang nggak suka ribet juga, toss deh. Saya sendiri untuk menyiapkan menu buka dan sahur sebisanya tida menu yang berat-berat (bersantan, digoreng) karena memang malah nggak bagus buat tubuh.
Leyla Hana mengatakan…
Sahur cuma hari pertama aja masak sayur. Hari berikutnya masak yang cepet, nasi goreng dan nugget wkwk
Ayah Ugi mengatakan…
Menu tumis selain sederhana, buatny agampang, dan tentunya rasa sayurnya tetap segar. Boleh banget nih, beberapa menu di atas dijadikan variasi pas santap sahur nanti
Okti Li mengatakan…
Memasak praktis buat sahur emang selalu jadi pilihan. Selain goreng telur, masak nugget atau sosis, biasanya saya bikin nasi goreng aja. Haha ...
Eka FL mengatakan…
tumis-tumisan tuh yang paling gampang dibuat ya apalagi buat sahur yang kudu sat-set-sat--set gak pake lama. kangkung atau buncis tuh udah yang paling cepet bikinnya ya
Han mengatakan…
wkwkwkwk toss kak, tumis emang jalan ninja segala masakan apapun yaa. soalnya selalu enak dan cepet masaknya. Aku pun selalu suka numis apa aja ditumis dah wkwkwk
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Kalau masak untuk sahur memang paling pas, pilih menu yang praktis aja, ya. Jadi gak khawatir kesiangan sahurnya.
Anak-anak saya seneng kalau dibuatin cumi tahu kemangi, loh!
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Wah, makasih banget resep-resep sahurnya yang praktis dan anti ribet! Bener-bener jadi penyelamat pas lagi malas masak apalagi pas telat bangun sahur hehe. Kangkung goreng sambal ikan teri kayaknya enak banget, ntar aku cobain deh.
Fera Marentika mengatakan…
dari 3 di atas yg suka dimasak pas sahur di rumah, tumis buncis. tapi bukan sama wortel duetnya, melainkan sama baso, hehe.. ^^
Dee_Arif mengatakan…
Resep yang bermanfaat kak
Emang klo sahur pengennya menu yang praktis saja
Tetapi tetap sehat

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja