Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Otak

apa yang harus dijaga untuk kesehatan otak? dan bagaimana gaya hidup sehat untuk otak kita?

Apa yang harus dilakukan agar otak kita selalu sehat? Perlukah melakukan suatu kegiatan atau mengonsumsi sesuatu demi kesehatan otak? Dan ragam pertanyaan lainnya yang mungkin masih berkelebat atau justru baru terpikirkan bahwa menjaga kesehatan otak adalah hal yang penting?

Apa yang harus dilakukan agar otak kita selalu sehat

Kita pastinya tahu bahwa otak menjadi organ yang penting dalam tubuh kita, sebagaimana halnya dengan jantung, hati, dan ginjal. Dalam menjaganya pasti membutuhkan ketekunan dan konsisten dari diri kita. 

Bila kondisi salah satu organ dalam tubuh terganggu, bakal terbayangkan tak hanya rasa kurang nyaman yang muncul, tetapi juga membutuhkan waktu dan tenaga untuk memperoleh kesehatan itu kembali. 

Oleh sebabnya, menjaga tubuh sehat sudah menjadi kewajiban diri kita pribadi. Tanggung jawab ini, juga sekaligus sebagai tanda syukur kita kepada Maha Pengasih dan Penyayang, yang telah memberikan kesempatan untuk kita menjalankan kehidupan ini. Berikut hal-hal yang perlu kita lakukan agar otak kita selalu sehat, yaitu:

1. Konsumsi Makanan Sehat untuk Otak

Makanan sehat untuk otak bisa kita konsumsi secara rutin seperti yang mengandung omega-3 guna mencegah terjadinya penurunan fungsi otak akibat penuaan, makanan kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan daya ingat. 

Selain itu mengurangi makanan dengan kadar kolesterol tinggi, dan membatasi asupan dengan gula tambahan baik pada makanan maupun minuman juga dapat membantu terjaganya kesehatan otak.

Apa yang harus dilakukan agar otak kita selalu sehat
ilustrasi dari freepik

2. Jaga Tidur Malam yang Cukup

Kamu pastinya tahu nih lagi musim persebakbolaan. Dari yang namanya Piala Eropa UEFA 2024 yang khusus diikuti negara-negara di benua Eropa, Copa America 2024 (Piala Amerika 2024) khusus diikuti oleh negara-negara di benua Amerika, dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Otomatis kamu yang gemar nonton sepakbola memungkinkan waktu tidur malamnya tidak cukup. 

Meski suka nonton bola, tetapi jangan sampai mengabaikan kesehatan yak. Tetap harus jaga kesehatan dengan cukup waktu tidur malam, sehingga fungsi otak tetap terjaga dengan stabil.

3. Bermain Games Otak

Siapa sangka bermain games, khususnya permainan game otak, bisa bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Kita bisa bermain game seperti puzzle, catur, dan sudoku yang menantang sekaligus membuat otak lebih bekerja dengan apik karena dapat mencegah terjadinya demensia.

makanan untuk kesehatan otak
ilustrasi dari freepik

4. Jaga Perasaan Hati dan Kelola Stres

Suka menggalau karena sesuatu, misalnya timnas favorit di olahraga sepakbola tidak dapat melaju ke putaran berikutnya? Janganlah sampai stres hingga mengubah perasaan hati. Jaga suasana hatimu dengan baik, karena namanya sebuah pertandingan ada yang menang/juara pasti juga ada yang kalah. Tenangkan diri, dan alihkan dengan hal yang membawa manfaat. 

5. Terapkan Olahraga Secara Rutin

Penerapan olahraga secara rutin dapat mendukung berkembangnya sel saraf baru, koneksi antar sel di dalam otak meningkat, dan meningkatkan fungsi dari pembuluh darah kecil yaitu membawa darah yang kaya oksigen menuju otak lebih optimal. Kita bisa menerapkan olahraga tersebut seperti jogging, jalan kaki, serta senam otak, dan sikap lilin. Senam otak bisa kita kerjakan dengan mudah misalnya membaca, menggambar, berhitung tanpa menggunakan alat bantu kalkulator. Dengan begitu, fungsi otak dapat terus terjaga dengan baik.

Cara gaya hidup sehat kesehatan otak
ilustrasi dari freepik

Penutup

Gaya hidup sehat yang harus dilakukan agar otak kita selalu sehat ini, bisa menjadi langkah mantap untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Pasalnya, otak adalah organ penting yang memiliki fungsi kunci dalam setiap aktivitas kita, misalnya mengontrol pikiran, emosi, ingatan, keterampilan motorik, dan juga mengatur pernapasan. Oleh karenanya, kesehatan otak ini perlu selalu dijaga agar dapat berfungsi dengan optimal. 

Sumber materi:

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/saraf/6-kebiasaan-sehat-untuk-menjaga-kesehatan-otak
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/otak

32 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Bagian menjaga tidur malam yang cukup nih bukan hanya yang hobi nonton bola sih. Kadang yang suka nonton drakor pun, nggak menyadari waktu sudah berlalu dan sudah lewat tengah malam. Hehehe

Plus bermain permainan yang mengasah otak harus banget kita lakukan.
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Aku penasaran, pengen nyoba games otak tuh yang kayak apa?
Latihan biar engga pikun nih.
Kalau makanan sih, udah mulai dikurangin yang kolesterol tinggi. Bahaya banget. Takut ada penyumbatan gitu di otak.
Komen Blog rejekingalir.com
Irrya Lucita mengatakan…
Menjaga jam tidur dan membatasi gula masih belum bisa aku terapin secara teratur. Ternyata jam tidur dan gula pengaruhnya sampai pada kinerja otak
Komen Blog rejekingalir.com
Alfida Husna mengatakan…
Kalau kata suamiku otak juga butuh nutrisi, hehe. Kalau aku menjaganya dengan banyak air minum putih sih, soalnya aku suka banget sama kopi jadi buat penyeimbang. Sama makan-makanan dengan gizi yang cukup, mengingat setelah jadi ibu kok rasanya sering lupa, huhu. Tidur yang cukup ini nih masih jadi PR banget 😭
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Sepertinya ini ya jangan terlalu banyak pikiran biar nggak setress, seting-sering refreshing, juga bisa menjaga otak kita kembali segar.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Kalo aku sih jangan sampe stres entah krn kerjaan atau masalah hidup. Stres ini bs memengaruhi otak kita loh. Apalagi kalo lagi ga ada duit. Otak jadi kyk binatang tuy. Alias ga dipake sama sekali. Malah melebihi binatang kali.
Komen Blog rejekingalir.com
Bunda Saladin mengatakan…
Alhamdulillah udah berusaha tidur cukup dan makan sehat. Tapi emang kudu hindari stress apalagi depresi ya. Perlu banget untuk stress release biar otak juga gak burnout.
Komen Blog rejekingalir.com
Ika Puspita mengatakan…
Baca buku juga bisa bikin otak sehat katanya ya mak, makanya meski sibuk aku kadang nyempetin baca buku dan baca AlQuran meski satu surat, setelah itu otak rasanya fresh lagi
Komen Blog rejekingalir.com
Ayah Ugi mengatakan…
Menjaga kesehatan otak selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, juga harus menjalankan pola hidup dah gaya hidup sehat ya. Terus juga hidupnya seimbang ga serius terus, tapi mengimbangi dengan hiburan, salah satunya main games untuk mengasah otak
Komen Blog rejekingalir.com
Diaz Bela mengatakan…
Kalau di aku yang paling terasa istirahat yang cukup sih. Karena kalau lagi mumet tuh bawaannya pengen tidur aja 10-15 menot, setelah itu badan otomatis seger lagi. Luar biasa sekali sih power napping ini!
Komen Blog rejekingalir.com
Atiqoh mengatakan…
Agak ngeri memang ya, kalo hidup sembarangan tuh kasihan sama badan kita, huhu.. kudu dijaga nih apalagi usia mulai gak kompromi hihi
Komen Blog rejekingalir.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Stress nih aku yang belum bisa manajemen dengan baik. Biasanya emang ngaruh di otak jadi cepet lupa kalau di aku efeknya
Komen Blog rejekingalir.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Lumayan nih klo pas belanja gitu, ngitung2 masih bisa langsung ga pake kalkulator. Pernah kejadian, tukang sayurnya malah minta dibantuin ngitung belanjaan dan kembaliannya berapa hehehee..
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Olahraga nih yang tidak pernah saya lakukan. Tapi yang lain-lain sudah saya terapkan. Sekalinya otak bermasalah, akan repot semuanya. Bener-bener kesehatan otak harus dijaga.
Komen Blog rejekingalir.com
Yusriah Ismail mengatakan…
baca buku dan menulis apa termasuk olahraga otak mba? hehe berasa banget otak kerja terus karena sering baca dan nulis, apalagi kalo mepet deadline, kerja otak makin ngebut wkwk
Komen Blog rejekingalir.com
novanovili mengatakan…
Menjaga agar tidak stress salah satunya gak memikirkan sesuatu hang bukan jadi kapasitas kita ya..mak..

Jangan nambah nambihi beban pikiran..contohnya karena timnas kalah..hehehe..

Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
otak butuh paling banyak nutrisi dibanding organ tubuh yang lain. bener banget sih, menjaga kesehatan otak itu penting banget
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Dari semuanya, yang belum intens kulakukan adalah tidur nyenyak dan olahraga. ya ampun, kalau lagi banyak pikiran, mau bobo cantik itu susah banget rasanya huhu. Kadang gitu juga ga sih mba?
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Semuanya belum saya kerjakan nih, hiks. Semuanya masih rencana. Tidur begadang terus karena lagi banyak kerjaan. Bismillah, mau hidup sehat. Semangat.
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Tadinya ku pikir, maen games termasuk olahraga otak, hehe.. Ternyata olahraga fisik juga penting banget buat kesehatan otak.
Komen Blog rejekingalir.com
Dyah Kusuma mengatakan…
Betul banget, stres itu fatal Lo akibatnya. Seorang teman pernah berpesan untuk menjaga pikiran bagaimana caranya agar tidak stres, karena kalau sudah stres akan sangat berpengaruh ke kesehatan badan
Komen Blog rejekingalir.com
Tria TR mengatakan…
Stres ini yang kurasa paling sulit, karena tiap hari adaaaa aja berita yang bikin overthinking, marah, dsb.
Komen Blog rejekingalir.com
Dee_Arif mengatakan…
Melakukan gaya hidup sehat itu memang penting ya
Menjaga kita untuk selalu sehat, termasuk mrnjaga kesehatan otak
Organ yang penting sekali untuk tubuh kita
Komen Blog rejekingalir.com
Andiyani Achmad mengatakan…
akutuh cukup sering main games otak, tujuannya biar balance aja sih penggunaan otak kiri dan otak kanan
Komen Blog rejekingalir.com
Helenamantra mengatakan…
Baca ini pas lagi nonton Euro, duh kena deh. Memang banyak pertandingan bola yang menarik akhir-akhir ini jadi ya gitu deh begadang. Terima kasih buat pengingatnya yaa supaya memperhatikan kesehatan.
Komen Blog rejekingalir.com
Ade UFi mengatakan…
Saat ini no 2 dan 5 itu nggak banget di saya. Dulu mah saya termasuk yg rajin olga. Entah kenapa udah setahun ini olga jadi males2an. Efeknya ya ke no 2.. Hiks.. Untungnya no 1 3 dan 4 masih saya lakukan rutin.
Komen Blog rejekingalir.com
Gaya hidup kita memang tuh akan mempengaruhi kesehatan diri kita sendiri, terutama juga untuk otak ya. Jadi memang memiliki gaya hidup sehat sekarang ini penting sekali ya.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Berkumpul di circle yang positif juga termasuk gasii.. menjaga kesehatan otak. Karena mengurangoi nethink nethink yang ga penting dan ujung-ujungnya bikin kita ovt atau sampek ke depresi. Serem sih ini.. mengingat otak pemegang kendali utama dari apapun yang kita lakukan.
Komen Blog rejekingalir.com
AlineaLala mengatakan…
Noted banget nih kak, sangat penting menjaga kesehatan otak. Ternyata memang ya, tidur cukup sangat mempwngaruhi kesehatan tubuh dan otak.
Gaya hidup sehat, makan bergizi pun penting di terapkan secara konsisten. Bismillah semangat, semoga bisa lebih cerdas dan sehat otak yang kita miliki 😇🙏
Komen Blog rejekingalir.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Iya banget deh, otak yang sehat gak begitu saja bisa dapatkan. Perlu banyak hal yang membuatnya demikian. Dari mulai asupan gizi dan nutrisi yang baik, istirahat cukup, hingga ke lifestyle lain yang juga harus sehat. Dengan otak yang sehat pastinya tubuh jadi lebih sehat, awet muda, dan terbebas dari risiko berbagai penyakit ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Nanik nara mengatakan…
Saya suka main sudoku untuk mengisi waktu luang, ternyata permainan ini bagus juga ya untuk menjaga kesehatan otak.
Wah makin bakal semangat main setelah tahu info ini
Komen Blog rejekingalir.com
timduniamasak mengatakan…
mengelola stress dan menjaga hati yang paling sulit :')

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network
Postingan Terpopuler