Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Trik Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja Jaman Now

Trik Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja Jaman Now yang mudah dirutinkan setiap harinya

Trik menerapkan gaya hidup sehat remaja jaman now, bisa yuk rutin dilakukan. Iya, Jaman Now, kerap seperti itu orang-orang menyebutnya. Hal itu dikarenakan identik dengan perkembangan teknologi yang makin melesat. Mungkin berbeda ketika masa-masa di mana belum munculnya ponsel maupun internet, dengan jaman now ini.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja Jaman Now

Oleh karenanya dalam menyikapi perkembangan jaman saat ini, perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat, khususnya bagi remaja. Ini guna mendukung perkembangan fisik, mental, dan emosional bagi remaja. Ini dia, aspek-aspek penting dari lifestyle yang sehat untuk remaja yang bisa diterapkan, yaitu:

Aktivitas Fisik dengan Bergerak

Remaja bisa menerapkan gaya hidup sehat jaman now dengan beraktivitas fisik secara rutin dan berolahraga. Tinggal pilih saja jenis olahraga mana yang menjadi minat, misalnya bisa jogging, berlari, berenang, bersepeda, atau olahraga tim lain (Sepakbola, basket, voli). Nah lakukan aktif fisik tersebut minimal 30- 60 menit setiap hari. Manfaatnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, kekuatan otot meningkat dan berat badan yang sehat tetap terjaga.

Cukup Waktu Beristirahat

Banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh remaja perlu trik menerapkan gaya hidup sehat remaja jaman now dengan tidak bergadang. Cukupi tidur setiap malam, sekitar 8-9 jam. Pasalnya karena kurang tidur dapat memengaruhi mood, konsentrasi, dan kesehatan pada tubuh secara keseluruhan.

Manajemen (kelola) Stres

Trik menerapkan gaya hidup sehat remaja jaman now selanjutnya adalah mengelola stres. Tekanan pada jiwa dapat mempengaruhi kesehatan mental. Maka dari itu perlu mengantisipasinya dengan melakukan meditasi, olahraga (senam), yoga, atau kerjakan hobi yang diminati. Bila ingin membicarakan masalah kepada orang lain karena merasa tertekan, maka bicarakanlah kepada orang tepat, seperti orang tua, saudara, guru, atau seorang teman/sahabat. 

Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja Jaman Now
dok. Pixabay

Atur Pola Makan Seimbang

Konsumsi makanan bernutrisi misalnya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein sehat (daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan), dan produk susu rendah lemak dengan mengaturnya secara seimbang. Lalu jangan lupa untuk tidak berlebihan bahkan sebisa mungkin menghindari makanan cepat saji, camilan berlemak dan manis berlebihan. Apalagi sebaiknya untuk menjauhi minuman beralkohol, minuman bersoda, dan merokok.

Batasi Penggunaan Teknologi

Seperti yang saya bahas di awal, bahwa masa kini adalah jaman now yang identik dengan teknologi, maka remaja perlu membatasi penggunaan teknologi. Terlalu banyak waktu di depan layar gadget seperti ponsel, tablet, maupun komputer, atau bahkan televisi, bisa berdampak pada kualitas tidur yang kurang baik dan mempengaruhi kesejahteraan mental. Oleh karenanya perlu untuk tetap melakukan interaksi dengan dunia nyata, menjalin hubungan sosial dan melakukan kegiatan di luar ruangan.

Baca Juga: Menu Sehat Berpuasa

Pentingnya Menempuh Pendidikan

Trik menerapkan gaya hidup sehat remaja jaman now berikutnya adalah untuk fokus pada pendidikan dan perkembangan pribadi. Remaja bisa terus berprestasi sesuai minat dan bakatnya. Bila perlu mencari bimbingan tambahan belajar di tempat lain tatkala menghadapi kesulitan di sekolah, maka lakukanlah. Dengan begitu, bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mewujudkan cita-cita.

Trik Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja Jaman Now
dok. Pixabay

Yuk terapkan lifestyle sehat, karena pada diri remaja inilah calon-calon pemimpin bangsa dikemudian hari. Raih prestasimu, asah keterampilanmu sesuai dengan minat dan bakat yang kamu punya. Semoga trik menerapkan gaya hidup sehat remaja jaman now ini bermanfaat untuk kamu. Dengan begitu kita dapat membentuk Sehat Mental untuk Jiwa dan Tubuh yang Sehat.

12 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Ternyata waktu tidur 8-9 jam udah gak berlaku lho. Setiap orang punya waktu istirahat yang berbeda, yang terpenting kualitas tidurnya.
Ada yang tidur cuma 4-5 jam dan merasa cukup. Dipaksain 8 jam malah sakit kepala
Komen Blog rejekingalir.com
DokterTaura mengatakan…
Izin aku forward artikel ini ke anak wedokku ya... Dia paling hobby rebahan sembari scroll HP. Minggu pagi kalau diajak olahraga sulit banget... Makasih ya kak
Komen Blog rejekingalir.com
Bunga Niar mengatakan…
Remaja dengan segala atribut yang memang perlu jaga pola hidup dengan baik
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Remaja zaman now mah kalo nggak "dijewer" dulu ya nggak bakal inisiatif. Keknya mereka juga terbiasa dimanjain / dibiarkan dari kecil deh. Jadinya ya gitu, saenake dewe. Haha.. Aku ijin share yah, Mbak, asli nih relate banget sama sekitarku.
Komen Blog rejekingalir.com
Farida Pane mengatakan…
Memang sebaiknya gaya hidup sehat ini sudah dimulai sejak dini, ya. Apa lagi usia remaja harusnya menjadi usia produktif
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Gaya hidup sehat mudah diucapkan tapi sulit dipraktikkan. Tapi bukan berarti gak mungkin ya. Dibiasakan sejak kecil pasti bisa. Kaya anak kampung, ke sekolah kalan kaki sekian km, karena terbiasa mereka enjoy aja. Beda dengan anak kota, jalan di car free day aja udah ngeluh apalagi dilakukan tiap hari
Komen Blog rejekingalir.com
Putu Felisia mengatakan…
Bener juga ya anak remaja jaman now ini harus dilatih agar memiliki gaya hidup yang sehat. Terutama banget soal olahraga dan konsumsi gula.
Komen Blog rejekingalir.com
YSalma mengatakan…
Remaja di rumah kudu membaca artikel ini nih, dia 'tuker' waktu siang dengan malam.
Emaknya ngoceh disenyumin aja, hiks.
Padahal usia remaja kan gak pernah bisa kembali, gaya hidup kudu dijaga ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Penggunaan teknologi kalau berlebihan bisa jadi penyakit
Setidaknya penyakit kecanduan
Makanya perlu dikurangi
Komen Blog rejekingalir.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Yess mba, biasanya efeknya jangka panjang kalau pas muda gak suka gerak, jarang olahraga, dan nggak jaga makanan. Kayak saya nih, akhirnya sekarang2 aja rajin olahraga
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Setuju bgt nih. Smua itu hrs dilakuin terutama ya ada aktivitas fisik yang bs ktmu lgsg dgn sinar matahari pagi. Itu menyehatkan bgt loh. Plus ya makan bergizi sesuai waktunya. Jgn telat. Jgn makan junk food.

Dan terakhir, jgn sampe stres. Kl bnyk kerjaan di kntr/freelance, upayain selalu happy ngelakuinnya
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagassi mengatakan…
Kadangkalaaa...
Ada di masa malesbanget berinteraksi di medsos yang terlalu banyak. Jadi aku cuma buka twitter dan menulis blog. That's it.
Dengan menejemen stres yang baik, hidup sehat dengan banyak berinteraksi di dunia nyata, semoga remaja masa kini senantiasa sehat fisik dan mental.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network