Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Tidak Ada Kantung Empedu: Ini Cara Menjaga Hidup Sehat

Ketika ada bagian tubuh yang kurang atau tidak berfungsi secara normal, bisa jadi memberikan dampak kepada diri. Entah itu gangguan yang akan berpengaruh saat beraktivitas, atau bisa saja terasa normal seakan tidak terjadi apa-apa, salah satunya adalah tidak ada empedu. Apakah mungkin tubuh seseorang dapat berfungsi normal tanpa adanya empedu?

Bagaimana hidup tanpa kantung empedu?


Penyebab Empedu Diangkat

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita akan sama-sama mengulas apa saja kondisi yang menyebabkan empedu diangkat atau kolesistektomi, yaitu:

1. Batu Empedu

Ketika seseorang mengalami gejala mual, muntah, gangguan pencernaan, hingga nyeri pada bahu dan punggung bagian kanan, serta melihat gejala parah pada batu empedu (cholelithiasis), maka memungkinkan untuk empedu tersebut diangkat. Pengangkatan empedu dimaksudkan, agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah seperti radang kantong empedu, saluran empedu terinfeksi, maupun peradangan pada pankreas. 

2. Peradangan di Kantong Empedu

Radang kantong empedu atau kolesistitis adalah menumpuknya batu empedu pada kantung atau saluran empedu, tetapi juga bisa dikarenakan infeksi, tumor, maupun penyakit parah lainnya. Pengangkatan kantung empedu pada hal ini, memungkinkan untuk mencegah pengidapnya agar tidak mengalami komplikasi yang parah, seperti kantung empedu yang pecah. 

3. Diskinesia Empedu

Diskinesia empedu (biliary dyskinesia) merupakan gangguan pada tubuh saat jumlah cairan empedu tidak memadai. Gejala diskinesia empedu ini mirip dengan batu empedu dan kolesistitis. Bila kasusnya berat, diperlukan untuk mengangkat kantung empedu sebagai langkah pengobatannya. 

4. Pankreatitis

Penyebab empedu diangkat selanjutnya adalah pankreatitis, yang merupakan terjadinya peradangan pada pankreas. Hal ini dapat terjadi karena batu empedu menghalangi saluran pada empedu, sehingga enzim pankreas tidak melakukan tugasnya secara normal menuju usus kecil tetapi terpaksa kembali ke pankreas. Enzim tersebut, akan mengiritasi sel pada pankreas yang bila terjadi terus menerus dapat mengakibatkan peradangan. 

cara hidup sehat meski tanpa kantung empedu
ilustrasi dari freepik

Apa yang Terjadi Hidup Tanpa Empedu?

Lagi-lagi rejekingalir.com akan mengajak kamu untuk mengingat pelajaran biologi jaman sekolah. Masih ingat tidak tentang mengapa empedu bisa memiliki warna hijau, kuning, dan cokelat? Lalu di manakah terciptanya cairan empedu? 

Bila kita melihat pada torso, maka bagian empedu akan selalu berada dekat dengan hati. Istilahnya satu paket. Ini dikarenakan, cairan empedu terbentuk dari hati (lever). Cairan tersebut disimpan di dalam kantung empedu. Untuk warna pada empedu terjadi karena pigmen bilirubin, garam empedu, biliverdin, dan urobilin. Se-detail itu Maha Pencipta dengan kuasa-NYA mengatur organ dalam tubuh kita sehingga berfungsi secara normal. 

Namun, bilamana salah satu organ dalam tubuh seperti empedu, tidak berfungsi normal bahkan memungkinkan hidup tanpa empedu, apa yang akan terjadi? Mereka tetap dapat menjalani kehidupannya. Beberapa artis Indonesia yang mengalami pengangkatan kantung empedu, diantaranya adalah Panji Petualang (konten kreator dan pewara acara bertema petualang di tivi swasta), Ian Kasela (vokalis band Radja), Rano Karno (aktor kawakan, salah satu perannya adalah Si Doel Anak Sekolah), dan Bebi Romeo (Musisi dengan salah satu lagunya yang populer adalah Bunga Terakhir).

apa yang terjadi setelah operasi pengangkatan kantung empedu
ilustrasi kantung empedu (hijau) - freepik

Ketika prosedur bedah operasi pengangkatan kantung empedu dilakukan, maka tubuh pun tak lagi mempunyai wadah menampung dan menyimpan cairan empedu yang diproduksi oleh hati, sehingga cairan ini akan mengalir menuju usus. Ini dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan, karena lemak tidak dapat dicerna oleh tubuh (di mana pada posisi ini merupakan fungsi dari empedu). 

Cara Menjaga Hidup Sehat Meski Tanpa Empedu

Meski tanpa empedu, seseorang masih bisa menjalankan aktivitas sehari-harinya, dan ini bisa menjadi pengingat untuknya agar “Memaksa Diri” menerapkan hidup sehat dengan cara:

1. Pola Makan Rendah Lemak

Hindari makanan berminyak dan digoreng serta makanan pedas. Pilihlah pola makan rendah lemak yang bisa membantu tubuh dalam mencerna makanan. Risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes bisa diminimalisir. Serta energi yang digunakan tubuh juga lebih efisien. Rekomendasi makanan rendah lemak yang bisa dijadikan pilihan, seperti ikan, susu rendah lemak, buah dan sayuran. 

2. Makan dengan Porsi Kecil

Usahakan untuk menghindari makan dengan porsi besar. Lebih baik makan dengan porsi kecil tetai sering, sehingga kinerja sistem pencernaan tidak terasa berat, khususnya pasca operasi pengangkatan kantung empedu.

contoh makanan pasca operasi pengangkatan kantung empedu
ilustrasi makanan lembut (bubur) - freepik

3. Pilih Asupan dengan Tekstur Lembut

Upayakan pasca operasi untuk memilih makanan dengan tekstur lembut, seperti bubur, sup, dan agar-agar. Sehingga tubuh bisa beradaptasi lebih dulu secara bertahap. Bila kondisi sudah kondusif dan pulih, dapat konsultasikan juga dengan dokter yang merawat, bila hendak makan dengan tekstur padat. 

4. Hati-hati dengan Asupan Berserat

Bila ingin makan makanan berserat, hendaknya dalam porsi kecil. Pasalnya makanan berserat dalam mencerna makanan memiliki fungsi melancarkan pergerakan usus. Nah jika terlalu banyak mengonsumsi serat, dikhawatirkan dapat menimbulkan sakit perut, diare, dan nyeri pada perut khususnya pasca operasi. 

5. Batasi Diri dari Minuman Berkafein

Minuman berkafein, pada satu sisi memiliki manfaat untuk mengurangi depresi, suasana hati menjadi lebih baik, dan membantu konsentrasi. Hanya saja pada sisi lain, kondisi seseorang tanpa kantung empedu, bisa berdampak pada lambung. Ini dikarenakan, kafein bisa mempercepat terjadinya pengosongan lambung, yang berakibat usus menerima asam lambung lebih banyak. Oleh karena itu, hendaknya membatasi hal tersebut, termasuk juga menjauhkan diri dari minuman beralkohol dan bersoda. 

cara hidup sehat meski tanpa kantung empedu
ilustrasi kantung empedu dan lever (freepik)

Penutup

Adanya perubahan pada tubuh, pasti berdampak pada perilaku. Hidup tanpa kantung empedu, masih dapat dijalani dengan aktivitas sehingga diri tetap produktif bergerak. Meski demikian, tetap hindari dan batasi diri dari hal-hal yang dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Bila perlu, konsultasikan juga lebih lanjut dengan dokter untuk memantau kesehatan tubuh. Kamu pun dapat ke artikel selanjutnya Mengenal Lever: Apa, Penyakit, Penyebab, dan Cara Menjaganya. Yuk, jaga tubuh sehat!


Sumber Materi:

  • https://www.gleneagles.com.sg/id/tests-treatments/cholecystectomy
  • https://hellosehat.com/pencernaan/empedu/hidup-tanpa-kantung-empedu/
  • https://www.healthline.com/health/can-you-live-without-a-gallbladder
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/pencernaan/4-tips-hidup-sehat-setelah-kantong-empedu-diangkat

35 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Andiyani Achmad mengatakan…
sama salah satunya jangan begadang gak sih mba, serem tau kalo kantong empedu ini kenapa2 akibat gaya hidup yang asa2an
Komen Blog rejekingalir.com
Jiah Al Jafara mengatakan…
Empedu ini meski kecil, penting banget keberadaannya. Kalau sampai diangkat, kudu banget jaga semua-muanya. Lha mau digantiin juga pakai apa. Dari asupannya ini terutama yang kudu diatur dan dijaga
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Sufitri mengatakan…
Wah, ga pernah terbayangkan olehku jika seseorang bisa hidup tanpa kantung empedu :( Ternyata masih bisa tentunya ya tapi dengan pola makan dan gaya hidup yang diperbaiki menjadi lebih baik dan teratur. Konsumsi serat pun harus diperhatikan sebaik-baiknya. Jadi tahu soal ini thanks ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Ulihape mengatakan…
baru tahu kalo bebi romeo juga operasi kantng empedu, pernah nonton drakor entah benar entah nggak ya, bisa disayat /diangkat bagian yg rusak saja ya?
Komen Blog rejekingalir.com
sylvianayy mengatakan…
yuk hidup sehat yuk, meskipun masih pada sehat semua tidak ada masalah kesehatan tetap harus jaga pola hidup sehat supaya bisa terhindar dari penyakit, sehat-sehat semua...
Komen Blog rejekingalir.com
Molzania mengatakan…
Serem banget ya jangan sampe deh kantong empedu rusak terus operasi pengangkatan kantong empedu. serem tauk harus menahan sakit pasca operasi. :(
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Kandung empedu kecil tapi kaya manfaat. Siapa kira meski kalau di binatang empedu itu pahit sekali, tapi fungsinya sangat menunjang kesehatan seluruh tubuh si empunya ya...
Komen Blog rejekingalir.com
Kita bisa tetap hidup tanpa kantung empedu, tapi pasti akan sangat sulit karena harus sangat selektif dalam mengonsumsi semua makanan dan minuman yah supaya gak berdampak ke kesehatan huhu. Gak kebayang rasanya kayak apa, lebih baik mencegah duluan deh supaya gak kehilangan kantung empedu 🥲
Komen Blog rejekingalir.com
nchie hanie mengatakan…
Huhuuuu,jadi inget temenku yang bermasalah sama empedunya, meskioun kecil tapi fungsiya itu loh bermanfaat banget buat kesehatan kita.
Semoga kita dijauhkan dari penyakit2 yang membahayakan.Makasih sharingnya seputar empedu ini, jadi lebih aware dan menjaga pola hidup sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Ainun mengatakan…
kalau membaca artikel soal batu empedu keinget sama nenekku. Kayaknya dulu pernah operasi.
Dan bener juga ya, kalau kita merasa ada masalah dengan salah satu bagian tubuh, penting buat kita menjaga pola makan dan asupan yang masuk ya
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Lumayan banyak pantangannya yaa..
Empedu bikin hidup kudu lebih disiplin terhadap asupan makanan. Aku sendiri sekarang uda mulai mengurangi banget minum kopi. Kalau di rumah sekarang minumnya mineral aja. Kalau pingin rasa, biasanya cenderung minum vitamin C effervescent.
Komen Blog rejekingalir.com
Ida Raihan mengatakan…
Kalo membaca pembahasan seperti ini tu, rasanya berasa dekat dengan Allah ya,Mak. Penuh syukur, dan takjub. Penciptaan-Nya sungguh luar biasa.
Komen Blog rejekingalir.com
Antung apriana mengatakan…
ternyata kita bisa ya hidup tanpa kantong empedu tapi pastinya nggak bisa hidup dan makan dengan normal ya karena ada yang tidak lengkap saluran pencernaan kita
Komen Blog rejekingalir.com
Dzulkhulaifah mengatakan…
Empedu ukurannya kecil tapi fungsinya luar biasa, salah satunya menyerap lemak ya. Meskipun empedu diangkat, manusia masih tetap bisa hidup asalkan menjaga apa yang dimakan. Btw, aku baru tahu nama-nama artis yang telah diangkat kantung empedunya. Alhamdulillah mereka semua sehat-sehat, ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Ria Fasha mengatakan…
Duh kok aku ngilu ya mikirin kalo seseorang harus hidup tanpa salah satu organ penting seperti empedu
namun ternyata masih bisa bertahan ya asal menerapkan pola hidup sehat
semoga kita semua dianugerahi kesehatan
Komen Blog rejekingalir.com
tantiamelia.com mengatakan…
Aku suka kopi banget! Untuuung aja akhir akhir ini dikasih pelajaran oleh tubuhku - sehingga akhirnya bisa mengurangi total masuknya si kafein ke badan

amit amit ya kena empedunya, ternyata jauh lebih berbahaya :(((
Komen Blog rejekingalir.com
Dewi Rieka mengatakan…
Ayah saya juga pernah operasi kantung empedu, memang gaya hidup dan pola makan harus sehat terutama makan makanan bergizi dan jangan terlalu berserat..
Komen Blog rejekingalir.com
AlineaLala mengatakan…
Empedu ini sangat penting sekali untuk keberlangsungan hidup kita selaku seorang manusia. Kebayang permasalahan kesehatan akan bermunculan saat empedu kita bermasalah. Tthank you sudah diingatkan buat lebih aware lagi terkait menjaga kesehatan organ tubuh.
Komen Blog rejekingalir.com
AlineaLala mengatakan…
Empedu sangat penting bagi kita selaku manusia, terbayang betapa mengerikan jika empedu kita bermasalah. Semoga saja, kita lebih care dan aware menjaga kesehatan organ tubuh, tak terkecuali empedu. Thanks sudah di ingatkan buat lebih menjaga kesehatan tubuh dan organ. Semangat sehat 😇
Komen Blog rejekingalir.com
Tian Lustiana mengatakan…
Pola hidup sangat mempengaruhi yah, jadi harus diperhatikan dengan baik. Supaya tetap sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Adriana Dian mengatakan…
wah aku baru tau ternyata manusia tetep bisa hidup tanpa empedu ya mak. Tapi buat ngejaga, ada banyak pantangan dan aturannya supaya tetep sehat ya maaaak
Komen Blog rejekingalir.com
andyhardiyanti mengatakan…
Ya ampun ..ini benar-benar jadi pengingat buat saya pribadi bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan. Allah udah kasih banyak sekali nikmat, tubuh yang sempurna dengan aneka organ tubuh yang bekerja sesuai fungsinya. Tinggal kitanya nih yang gak lupa bersyukur dengan cara merawat apa yang sudah diberikan oleh Nya
Komen Blog rejekingalir.com
Bayu Fitri mengatakan…
Ternyata jadi serba terbatas ya kalau udah gak punya kantong empedu, karena segala sesuatu nya harus dijaga. Dan sy baru tau kalau serat termasuk yg dibatasi jika sdh tidak punya kantong empedu
Komen Blog rejekingalir.com
Ria Bilqis mengatakan…
Saya pribadi ingin sekali menjalankan pola hidup sehat, tapi butuh usaha banget ya. Ngopi masih sering, makan juga kadang gak Mantang, padahal kunci hidup sehat jaga makanan. Kalau gangguan empedu ini memang jarang ya kak, semoga tetap sehat dan semangat.
Komen Blog rejekingalir.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wah iya ya, selama ini gak kepikiran deh gimana orang-orang yang udah menjalani operasi pengangkatan kantung empedu. Pastinya menjalani hidup gak bisa senormal orang biasa. Ternyata bisa ya hidup dengan baik, asal semua aturan diterapkan dengan disiplin.
Komen Blog rejekingalir.com
Nggak nyangka sepenting itu kantung empedu. Gaya hidup zaman sekarang membuat kantung empedu kita bekerja lebih berat. Maaf yang empuduku. Jadi pengen berhenti ngopi.
Komen Blog rejekingalir.com
mya wuryandari mengatakan…
sebenernya kita memang harus hidup sehat ya dengan atau tanpa adanya empedu. jadi teringatkan lagi nih urgensi hidup sehat, semoga dengan atau tanpa empedu kia semua bisa sehat sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
Ibu saya waktu itu tidak jadi operasi batu empedu, dengan bantuan obat batunya bisa terurai tanpa operasi
adanya perubahan dalam tubuh tentunya akan membuat organ yang lain juga menyesuaikan
Komen Blog rejekingalir.com
Raja Lubis mengatakan…
Wah, saya baru tahu artis-artis tersebut hidup tanpa empedu. Memang betul-betul harus menjaga pola makan dan asupan makanan. Kata orang ya memang sebagian sakit berawal dari makanan.
Komen Blog rejekingalir.com
Rella Sha mengatakan…
Ahh iyaaa, aku sering denger orang hidup tanpa kantong empedu. Semula bingung membayangkan, apa pencernaannya bisa normal? Memang ternyata banyak yang mesti dijaga yaaa karena nggak ada gantinya (meskipun begitu, yang masih ada kantung empedu jg kudu jaga kesehatan).

Komen Blog rejekingalir.com
Firmansyah mengatakan…
Terima kasih informasinya ya, Kak. Jadi tau semua yang berkaitan dengan Kantung Empedu ini. Memang serem kalau dibayangin, tapi selama kita bisa jaga gaya hidup, Insha Allah kita semua selalu diberi kesehatan. Aaamiin.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
A part of lever ini ternyata perannya sangat banyak untuk keseimbangan pencernaan tubuh. Meski mungils, tapi bisa sangat membantu ketika ada yang harus diolah kembali agar kinerja organ lainnya lebih ringan.
Komen Blog rejekingalir.com
April Fatmasari mengatakan…
Betapa pentingnya menjaga kesehatan agar organ tubuh berjalan sesuai kodratnya. Meskipun bisa hidup tanpa kantung empedu, tapi pasti terasa berbeda. Baca ini jadi semangat untuk jalani pola hidup sehat. Makasih ya, Kak
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Banyak makanan yang harus kita hindari demi kesehatan pencernaan termasuk kantong empedu. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati
Komen Blog rejekingalir.com
Ulfah Aulia mengatakan…
Beberapa organ penting sperti empedu jga berguna buat tubuh ya Mba.. Ternyata benarr manusia tanpa empedu bisa kok… Asalkan skrg harus benar2 menjaga pola hidup sehat, sehat-sehat terus ya Mba

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network