Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Cara Pola Hidup Sehat Meski dengan Satu Ginjal

Bagaimana Cara Pola Hidup Sehat Meski dengan Satu Ginjal dan serta bagaimana kondisi bagi ibu hamil

Bagaimana cara hidup sehat dengan satu ginjal? Apakah mungkin seseorang dapat menjalankan hidup normal meski jumlah ginjal yang dimilikinya hanya satu? 

Walau dapat dikatakan seseorang yang hanya mempunyai satu ginjal, bisa hidup seperti orang lain pada umumnya, tetapi risiko gangguan kesehatan tidak dapat dielakkan. Upaya menjaga tubuh sehat dan imunitas tetap dalam kondisi stabil, sudah menjadi keharusan. 

Bagaimana hidup sehat dengan satu ginjal?

Nah, pada artikel sebelumnya, telah rejekingalir.com uraikan tentang fungsi ginjal serta penyakit yang berhubungan dengan organ vital tersebut. Untuk bahasan kali ini, tentang bagaimana hidup sehat dengan satu ginjal sebagai berikut.

Mengapa Seseorang Bisa Memiliki Satu Ginjal?

Pada dasarnya, kita terlahir dengan dua ginjal, yaitu bagian kanan dan kiri. Namun ada alasan-alasan tertentu seseorang bisa hidup dengan satu ginjal, disebabkan oleh:

1. Dianugerahi dengan Satu Ginjal yang Sehat

Alasan seseorang hanya memiliki satu ginjal karena agenesis ginjal atau kondisi saat dilahirkan memang hanya dengan satu ginjal saja. Di sisi lain, memungkinkan juga mengalami kondisi displasia ginjal atau kondisi memiliki 2 ginjal tetapi salah satunya tidak berfungsi dengan baik. 

2. Akibat Suatu Penyakit atau Cedera

Kondisi cedera atau menderita suatu penyakit seperti kanker ginjal, sehingga mengharuskannya menjalani pengangkatan ginjal.

3. Mendonasikan Ginjalnya

Donor ginjal dilakukan sebagai upaya penyelamatan dan tolong menolong terhadap orang lain yang membutuhkan transplantasi ginjal. 

Bagaimana cara hidup sehat dengan satu ginjal?
ilustrasi satu ginjal dari freepik

Dampak yang Terjadi Jika Hidup dengan Satu Ginjal

Kalau pembaca blog rejekingalir.com sering mendengar lagu Nuansa Bening, pasti tidak asing dengan penyanyinya yaitu Vidi Aldiano. Musisi tanah air kelahiran tahun 1990 ini mengidap kanker ginjal semenjak tahun 2019. Kini, hanya dengan ginjal sebelah kanan, Vidi terus menjalankan pola hidup sehat dan pengobatan. 

Lalu apa dampak yang terjadi jika hidup dengan satu ginjal? Tidak ada pengaruh yang signifikan walau hanya memiliki satu ginjal. Meski demikian, saat tubuh hanya dengan satu ginjal, otomatis organ yang termasuk sistem ekskresi ini harus bekerja ekstra dalam menjalankan fungsinya, salah satunya adalah menyaring darah. 

Tips Gaya Hidup Sehat Meski dengan Satu Ginjal

Paham akan kondisi tubuh sendiri, dan menerapkan gaya hidup sehat menjadi kunci sehat bagi jiwa dan raga. Begitupun dengan keadaan bagi seseorang dengan satu ginjal, mereka tetap bisa menjalankan kehidupan normal dengan cara:

1. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Fungsi ginjal dapat meningkat lebih sehat dengan minum banyak air putih setiap hari. Hal ini berdampak pada tubuh yang terhidrasi dengan baik, meski hanya dengan satu ginjal, karena mengolah dan proses penyaringan urine tidak berlebihan dilakukan. 

2. Batasi Garam dan Protein

Garam dan protein dapat mempengaruhi kinerja ginjal dan juga tekanan darah, sehingga bila berlebihan berpotensi mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi. Di sisi lain ginjal akan bekerja lebih keras dalam mengatasi kelebihan cairan dan menyaring limbah. Oleh sebab itu, membatasi asupan garam dan protein membuat peran satu ginjal lebih efektif.

3. Setop Merokok

Bahaya merokok dapat merusak pembuluh darah. Bagi pemilik satu ginjal, dapat mempengaruhi fungsi ginjal, karena ginjal tidak memiliki pasokan aliran darah yang cukup. 

Bisakah seseorang hidup sehat dengan satu ginjal?
ilustrasi jalan kaki dari freepik

4. Hindari Aktivitas Berat

Seseorang yang memiliki satu ginjal, hendaknya menghindari aktivitas berat yang berpotensi menimbulkan cedera pada ginjal, misalnya melakukan olahraga sepakbola, tinju, basket, gulat, balap motor, maupun seni bela diri. Bila ingin bergerak, maka dapat melakukan olahraga ringan misalnya bersepeda, dan jalan kaki. 

5. Jaga Suasana Hati Tetap Baik

Suasana hati yang selalu bahagia dan baik, memiliki andil besar dalam mempengaruhi jiwa. Mood pun terasa baik, jauh dari tekanan maupun stres. 

6. Berhenti Konsumsi Alkohol

Dehidrasi parah dapat terjadi akibat menurunnya fungsi ginjal karena mengonsumsi alkohol. Maka, berhenti minum minuman ini agar tidak memperparah kondisi ginjal, yang memungkinkan terjadinya kerusakan permanen. 

7. Periksa Fungsi Ginjal

Periksa fungsi ginjal ke fasilitas kesehatan minimal setahun sekali. Setidaknya ada dua tes yang akan dilakukan yaitu GFR (laju filtrasi glomerulus) dan urinalisis untuk mengetahui fungsi ginjal.

Bisakah wanita hamil hidup sehat dengan satu ginjal?
ilustrasi ibu hamil dari freepik

Kondisi Khusus Wanita Hamil dengan Satu Ginjal

Bagaimana hidup sehat wanita hamil dengan satu ginjal? Perlu pertimbangan matang, karena terdapat risiko pada perkembangan janin, seperti:

  • Preeklampsia yaitu komplikasi kehamilan yang ditandai tekanan darah tinggi dan kelebihan protein dalam urine.

  • Hipertensi gestasional, yaitu kondisi tekanan darah tinggi pada ibu hamil (usia kehamilan lebih dari 20 minggu) di atas angka 140/90 mmHg. 

  • Eclampsia, yaitu kondisi ibu hamil yang tak hanya hipertensi tetapi juga disertai kejang. 

Sebuah penelitian pada tahun 2017 mengenai kehamilan pasien dengan satu ginjal menunjukkan bahwa, meningkatnya aliran darah menuju ginjal dan laju penyaringan darah. Beban kerja ginjal pada wanita dengan satu ginjal menjadi lebih berat, sehingga memungkinkan terjadinya penurunan fungsi ginjal. 

Namun, di sisi lain pada penelitian yang berbeda terhadap wanita yang mendonorkan ginjalnya (berarti juga memiliki satu ginjal), bahwa kondisi kehamilannya relatif aman. 

Risiko memungkinkan ada, tetapi bagaimana kondisi tubuh yang kuat, sehat, imunitas yang terjaga, dan rutin berkonsultasi dengan dokter untuk memantau kesehatan ginjal, maka kehidupan tetap dapat berjalan normal sebagaimana mestinya.

bagaimana kondisi tubuh dengan satu ginjal

Penutup

Ketika seseorang melakoni hidup sehat dengan satu ginjal, pada dasarnya tak ada konsumsi makanan yang dikhususkan. Hanya saja, mengupayakan bagaimana agar ginjal terhidrasi dengan baik, kurangi konsumsi garam dan menjaga berat badan. Jadi, menjaga pola hidup sehat meski hanya satu ginjal harus dilanjutkan. Apalagi ada artikel Tips Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Pankreas yang penting juga untuk kamu ketahui, sehingga lifestyle yang sehat akan menjadikan pengingat bagi kita dalam menjaga tubuh tetap sehat. 


Sumber materi:

  • https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1646213-awal-mula-vidi-aldiano-kena-kanker-sempat-operasi-angkat-ginjal
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/klasifikasi-hipertensi-dalam-kehamilan
  • https://hellosehat.com/urologi/ginjal/hidup-dengan-satu-ginjal/
  • https://www.kidney.org/atoz/content/onekidney

29 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Bunda Saladin mengatakan…
Kalau hanya punya 1 ginjal emang kudu jaga lifestyle yaa. Gak boleh lupa minum air putih. Juga berhenti smoking. Semoga yg punya satu ginjal hidupnya sehat2 saja.
Komen Blog rejekingalir.com
Irrya Lucita mengatakan…
Hidup dengan satu ginjal harus lebih ekstra lagi dalam menjaganya agar tidak bekerja terlalu berat. Menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu caranya
Komen Blog rejekingalir.com
Catcilku mengatakan…
Ngilu ya mbak kalau bayangin. Tetangga ada yang hidup dengan satu ginjal. Karena mendonorkan untuk kakaknya. Qodarullah, tidak bertahan lama. Baik yang menerima donor maupun pendonornya.

Semoga kita diberikan kesehatan yang baik ya mbak 😊. Tentunya dengan menerapkan hidup sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Filza Halwa mengatakan…
Dulu pernah denger katanya orang yang hidup dengan satu ginjal akan lebih rentan. Tapi ternyata bisa dijaga agar tetap sehat ya. Salah satunya dengan menjaga suasana hati. Seperti Vidi dimana-mana selalu membawa aura positif. Yang nggak tau mungkin nggak nyangka kalau beliau mengidap kanker ginjal.
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Hidup dengan satu ginjal saja pasti berat, apalagi ginjal termasuk organ vital. Tapi ya mau gimana lagi jika takdir harus demikian. Semoga dengan pola hidup sehat serta pengobatan yang teratur, para pemilik satu ginjal bisa berumur panjang.
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Ginjal organ tubuh yang paling viral, dengan satu ginjal pasti akan mempengaruhi kegitaan sehari-hati kita. Dengan mau satu ginjal atau dengan ginjal yang lengkap memang harus tetap di jaga sich.
Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Ginjal organ tubuh yang paling viral, dengan satu ginjal pasti akan mempengaruhi kegitaan sehari-hati kita. Dengan mau satu ginjal atau dengan ginjal yang lengkap memang harus tetap di jaga sich.
Komen Blog rejekingalir.com
Yonal Regen mengatakan…
Pekan kemarin orang tua baru saja operasi ginjal. Alhamdulillah tak harus sampai diangkat sehingga masih bisa berfungsi keduanya. Jadi pelajaran banget untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup dan pola makan yang sehat agar ginjal juga terjaga kesehatannya
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Bagi orang yang mempunyai 1 ginjal, karena dari lahir atau sakit, mungkin masih wajar. Tapi kalau ada yang punya 1 ginjal karena dijual demi uang, ini memang menyusahkan diri sendiri ya.
Jadi memang harus disyukuri dan terus menerapkan pola hidup sehat. Dan bagi yang hanya punya 1 ginjil, terus semangat. Insya Allah dengan pola hidup sehat dna disiplin, semua akan berjalan lancar.
Komen Blog rejekingalir.com
Alfida Husna mengatakan…
Loh aku baru tahu kalau ada 1 ginjal gini, tapi masih bisa hidup sehat ya. Harus dijaga betul-betul pola hidup sehatnya biar gak ada masalah lain.
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Namanya juga anugerahnya kan dua ya. Kalau cuma punya satu ginjal seenggaknya memang harus menjaga kesehatan banget. Minimal kebutuhan cairan nggak kurang.
Komen Blog rejekingalir.com
Lintang mengatakan…
Meskipun tetap bisa hidup dengan satu ginjal, tapi alangkah baiknya kita lebih menjaga kesehatan keduanya. Jaga tubuh tetap terhidrasi salah satunya agar kerja ginjal mengolah dan menyaring urin ngga berat.
Komen Blog rejekingalir.com
Alfa Anisa mengatakan…
Wah, aku baru tahu kalau Vidi Aldiano cuman ada satu ginjal. Tapi semangatnya untuk terus sembuh itu bikin kita jadi termotivasi buat jaga kesehatan, terutama merawat ginjal dari cara sederhana, banyakin minum air putih. Aku masih susah kalau minum air putih, nih
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Jadi ingat anekdot harus jual ginjal dulu biar bisa beli gadget iPhone/perangkat Apple lainnya. Emg mahak2 bgt sih gadget mereka. Makanya ada anekdot itu sblm ada pinjol. Wkwk.

Emg sepenting itu sih minum air putih. Temenku ada yg meninggal loh krn jrg minum air putih. Dan kerjaannya dia hny dpn komputer doank. Jrg gerak gt. Otomatis ya jrg olahraga jg.

Sayangi ginjal kalian ya guys. Meski masih utuh ada 2. Jgn sampe gagal satu/ bahkan dijual dl demi menutupi kebutuhan. Iya kalo laku. Kalo ginjalnya rusak ya kagak laku njiirr. Wkwk
Komen Blog rejekingalir.com
Han mengatakan…
ya Allaah naudzubillah :(( meskipun sakit juga datangnya dari Allah tapi aku berdoa semoga kita semua sehat2 yaa mbaa ngga ada yang hidup dengan satu ginjal, pokoknya sehat2 terusss, aamiin
Komen Blog rejekingalir.com
Triani Retno A mengatakan…
Temenku ada nih kak yang harus hidup dengan satu ginjal karena yang satu harus diangkat. Sekarang ya begitu, harus lebih ekstra memnjaga kesehatan. Yaa...kita juga sih, mesti lebih peduli pada kesehatan diri sendiri.
Komen Blog rejekingalir.com
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Dulu alm. Bapakku kena gagal ginjal keduanya. Faktornya dari kebanyakan minum minuman berwarna dan kemasan. Jadi, jaga kesehatan sama betul selalu minum air putih yang banyak
Komen Blog rejekingalir.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Hidup dengan satu ginjal pada dasarnya enggak ada makanan khusus atau apa. Hanya saja, kesehatan memang sangat dijaga, dari makanan dan minuman, dan jangan merokok. Selain itu, untuk jangan sampai terlalu capek, dan aktivitas berat, ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Salut ya dengan survivor yang mampu bertahan dengan satu ginjalnya saja. Semoga disehatkan selalu.
Bersyukur kita yang memiliki organ lengkap. Lakukan pola hidup sehat supaya semua anggota tubuh kita ini bekerja dengan baik dan benar dan mendapatkan haknya pula
Komen Blog rejekingalir.com
Akarui Cha mengatakan…
Kebayang bagaimana berjuangnya orang-orang yang diberi tantangan untuk menjalabi hidup sehat dengan satu ginjal saja. Semoga sehat dan bugar selalu sepanjang menjalaninya. Ngomong-ngomong konsumsi garam, rasanya kita yang punya sepasang ginjal saja sebaiknya juga membatasi sih. Selain itu, rokok dan alkohol juga nih, beneran nggak baik bagi kesehatan tubuh.
Komen Blog rejekingalir.com
Adinda Tami mengatakan…
Begitu dengar 'satu ginjal' langsung keingat sama Vidi Aldiano kaaa.. Meski orang yang hidup dengan satu ginjal bisa menjalani hidup dengan normal, tapi tetap perlu menjalani gaya hidup sehat ya agar beban kerja ginjal tidak terlalu berat.
Komen Blog rejekingalir.com
Molzania mengatakan…
jangan sampe kita kehilangan satu ginjal deh, cepet capek juga katanya. huhuu.. mulai sekarang harus hidup sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Semangat buat teman² dengan 1 ginjal. Pola hidup sehatnya keknya bermanfaat juga buat siapapun ya, Kak.
Komen Blog rejekingalir.com
Anis Khoir mengatakan…
Jadi ingat muridku dulu yang memiliki ginjal 2 buah namun dengan kondisi 30% dan 60%. Memang ia bisa hidup seperti orang pada umumnya namun untuk hal- hal tertentu harus ekstra hati- hati
Komen Blog rejekingalir.com
Irra Octaviany mengatakan…
Kalau punya satu ginjal, harus perhatikan pola hidup dengan baik ya supaya bisa menjaganya tetap sehat. Karena ginjal itu salah stau organ penting yang ada di tubuh kita.
Komen Blog rejekingalir.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Pernah denger kalau Vidi Aldiano sakit tapi baru tahu kalau sakit ginjal dan salah satu sudah di angkat. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan..
Komen Blog rejekingalir.com
Eka FL mengatakan…
sama halnya dengan saya yang hidup tanpa kantong empedu, yaa pola hidup harus diubah meski gak semudah itu. minimal udah tahu harus banyak minum, kurangi lemak apalagi bakso ehich is saya paling suka. tapi relate sih, dengan tanpa salah satu organ, badan terasa cepat lelah dan cape.
Komen Blog rejekingalir.com
April Hatni mengatakan…
Semoga kita semua diberikan kesehatan oleh Allah SWT, aamin. Oleh karena itu saat ini kita harus berikhtiar untuk jaga kesehatan itu...
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalau melihat konten Podhub Vidi, ada kalanya Vidi ngerasa kesakitan gitu.. Etapi ini bukan karena ginjalnya satu sii.. karena kemo yaa.. Tapi semoga dengan gaya hidup sehat, semuanya sehat.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network