Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

5 Alasan Membiasakan Gaya Hidup Sehat Sejak Kecil

Mengapa harus menerapkan pola hidup sehat sejak dini? Berikut alasan membiasakan gaya hidup sehat sejak kecil

Pentingnya menanamkan pola hidup sehat pada anak sejak dini, memiliki dampak kuat pada kebiasaan yang akan diterapkannya ketika dewasa nanti. Gaya hidup perlahan terbentuk dari kecil karena dukungan dari keluarga di rumah sebagai lingkungan terdekat baginya. Terlebih lagi bila melihat kondisi saat ini cuaca berubah-ubah sehingga menjaga imunitas tubuh diperlukan.

Alasan Membiasakan Gaya Hidup Sehat Sejak Kecil

Perlukah Anak-anak Menerapkan Gaya Hidup Sehat?

Dilansir dari website www.sehatnegeriku.kemkes.go.id, bahwa kasus HFMD atau penularan penyakit melalui Hand, Foot and Mouth Disease pekan ke-13 pada tahun 2024 ini sebagian besar menimpa anak-anak hampir 6500 kasus, dan sebagian kecilnya adalah orang dewasa. Dari sini, betapa pentingnya anak-anak menerapkan gaya hidup sehat, sehingga kasus penularan penyakit bisa ditekan.

Pembiasaan hal baik, memang sebaiknya dilakukan sewaktu kecil. Bila mengingat momen saat kita masih kecil yang mungkin cenderung spontan, dan ingin mencoba segala macam kebiasaan yang dilakukan orang dewasa. Hal tersebut, karena anak-anak memiliki ragam karakter jiwa petualang, serba ingin tahu, ceroboh, punya daya imajinasi tinggi, dan tidak sabaran. Anak-anak perlu mendapat arahan dan edukasi bagaimana cara melakukan kebiasaan baik yang sehat, karena datangnya penyakit tidak melihat usia dan kondisi apapun.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat pada Anak-anak

Gaya hidup sehat harus dibiasakan tidak hanya oleh orang dewasa saja, anak-anak pun perlu menerapkannya melalui cara yang sesuai dengan usia mereka:

Alasan Mengapa Harus Membiasakan Gaya Hidup Sehat Sejak Kecil
ilustrasi gambar dari freepik

1. Keluarga Menjadi Contoh Teladan

Dalam satu rumah atau keluarga, minimal terdiri dari ayah dan ibu. Meski memungkinkan pula ada kakek, nenek, paman, dan tante. Kesempatan sebagai orangtua yang lebih dulu melakukan gaya hidup sehat karena dapat menjadi contoh dan membentuk karakter anak. Contohnya, anak akan meniru orangtuanya yang suka makan sayuran dan buah. Bahkan bila orangtua pilah-pilih makanan, terlebih suka mengonsumsi makanan cepat saji, maka mereka pun juga cenderung menirunya.

Kebiasaan lain yang bisa dicontoh oleh anak, seperti minum air putih, cuci tangan dengan air secukupnya dan menggunakan sabun setiap sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu, serta membuang sampah di tempatnya.

2. Rutin Aktivitas Fisik Bersama Anak

Aktif bergerak sangat menyenangkan, terlebih aktivitas tersebut dilakukan antar anggota keluarga misalnya membuat makanan dan menghidangkannya bersama, melakukan olahraga bersama, hingga memainkan aneka permainan. Dukungan gaya hidup sehat anak ini menjadi langkah baik yang dilakukan orangtua karena anak-anak yang aktif bergerak dapat mendorong berat badannya tetap stabil, merekatkan hubungan keluarga dan otaknya berkembang dengan sehat sehingga membuat anak lebih pintar.

3. Tidak Ada Gadget di Kamar Anak

Dalam serial animasi Upin-Ipin terdapat episode keduanya bermain gadget (milik Kak Ros) dari malam hingga pagi hari. Akibatnya, waktu tidur mereka tidak cukup dan tidak fokus belajar di sekolah. Penggambaran kisah tersebut, bermakna mendalam bahwa anak-anak yang kurang jam tidurnya di waktu malam berdampak kurang baik, khususnya untuk pendidikannya.

Manfaat Membiasakan Gaya hidup sehat sejak kecil

Bila ingin memberikan kesempatan anak untuk bermain gadget (usahakan di luar kamar dan masih dalam pengawasan), perlunya pembatasan waktu agar tidak kebablasan. Oleh karena itu, tidak adanya gadget di kamar anak dapat memberikan kesempatan untuk mereka menjaga kesehatan dan mendapat waktu tidur yang cukup sekitar 8-10 jam.

4. Hindari Menjadikan Makanan sebagai Hadiah

Mungkin pernah mendengar kalimat, bila si kecil A mendapatkan nilai 100 pada ujian sekolahnya, maka si orangtua akan menghadiahkan es krim atau mengajak makan di restoran dengan aneka menu makanan pilihan si kecil. Siapa sangka hal tersebut tidak selamanya baik, karena si kecil bisa saja memilih makanan yang tidak sehat ataupun junk food. Alangkah baiknya, bila pemberian hadiah diganti dengan hal lain, seperti memberikan alat tulis baru, melakukan kegiatan bermanfaat lainnya.

Gaya Hidup Sehat: Alasan Menerapkannya Sejak Kecil

Gangguan kesehatan tidak melihat usia berapa, apa gendernya, dan di mana tinggalnya. Sebab penyakit akan menghampiri tatkala kurang siapnya tubuh untuk menghalau masuknya virus, bakteri maupun kuman berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, alasan membiasakan gaya hidup sehat sejak masih anak-anak ini, memiliki manfaat untuk kedepannya, karena:

1. Tumbuh Kembang Anak Lebih Optimal

Pemberian asupan dengan seimbangnya gizi dan nutrisi dapat mendukung tumbuh dan kembang anak lebih optimal. Ajak anak-anak melaksanakan aktivitas fisik yang cukup atau berolahraga misalnya di taman maupun tempat olahraga khusus. Dengan begitu akan memudahkan anak-anak untuk percaya diri, mudah bergaul dan berprestasi di sekolah.

Manfaat Membiasakan Gaya hidup sehat sejak kecil
ilustrasi dari freepik

2. Proteksi Diri dari Berbagai Penyakit

Gaya hidup sehat harus dibiasakan sejak dini, karena sistem imun dapat meningkat dengan terbiasanya anak-anak mengonsumsi makan-makanan sehat, dan banyak gerak (olah) tubuh. Potensi tersebut, bisa menurunkan terkenanya risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, obesitas, hingga terhindarnya dari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

3. Sisi Mental dan Emosional Terjaga

Kualitas hidup seseorang dipengaruhi oleh kesehatan mental dan emosional. Hal ini juga berlaku pada si kecil. Anak-anak yang melakukan kebiasaan hidup sehat dengan menjaga waktu tidurnya setiap hari, dapat berdampak pada kesehatan mentalnya, sehingga mereka mampu mengatasi suatu masalah, serta konsentrasi dan fokusnya ketika belajar jadi lebih terarah.

4. Pembentuk Kebiasaan Sehat Sejak Dini

Kebiasaan pada diri seseorang akan terus berkelanjutan, kecuali bila ia ingin mengubahnya. Begitupula mengapa gaya hidup sehat yang harus dibiasakan sejak kecil, agar ketika mereka dewasa dapat mempertahankan kebiasaan tersebut. Ini bisa menjadi pondasi kuat bagi anak-anak dalam menjalani gaya hidup sehat berkualitas di masa depan.

5. Lebih Peduli terhadap Kesehatan Tubuhnya

Anak-anak yang dalam kehidupannya membiasakan gaya hidup sehat, akan lebih peduli terhadap kesehatan tubuhnya. Misalnya, ketika mereka dihadapkan dengan dua minuman yaitu air putih dan air bersoda, mereka akan lebih memilih minum air putih karena telah terbiasa itu dan tahu manfaat sehatnya air putih. 

Manfaat Membiasakan Gaya hidup sehat sejak dini
ilustrasi dari freepik 

Baca Juga: Trik Gaya Hidup Sehat Remaja Jaman Now

Yuk, Lakukan Kebiasaan Gaya Hidup Sehat Sejak Kecil

Konsisten menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, memiliki pengaruh kuat bagi si kecil sebagai bekal baginya kala bertambah usia. Nah bisa nih kamu mampir ke artikel 7 Pengaruh Gaya Hidup Sehat pada Usia Lanjut, agar makin mantap lagi menjalankan pola hidup yang baik. Semangat dukung si kecil untuk menjalankan kebiasaan baik bagi masa depannya.

Sumber materi:

  • https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20240409/2345270/penyakit-tak-libur-saat-libur-lebaran-waspadai-demam-berdarah-dan-hfmd/
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-membiasakan-gaya-hidup-sehat-pada-anak
  • https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/menerapkan-perilaku-hidup-sehat-sejak-usia-dini 

26 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Indra DP mengatakan…
mengajarkan gaya hidup sehat pada anak memang kudu dimulai dari kebiasaan orang tua itu sendiri. sebab, nanti anak akan meniru sendiri kebiasaan hidup sehat orang tua
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Agar bisa menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, orang tua nih yang harus memberi contoh disiplin. Yang saya alami, keinginan ada, tapi eksekusinya itu lho yang suka gagal..
Komen Blog rejekingalir.com
Yonal Regen mengatakan…
sepakat dengan membiasakan hidup sehat semenjak dini, semenjak anak-anak, karena dengan pembiasaan seperti itu akan menjadi habit positif yang akan terus menempel sampai dewasa
Komen Blog rejekingalir.com
Yustrini mengatakan…
Wah, benar juga ya kebiasaan hidup sehat harus dikenalkan sejak dini. Orang tua juga bisa memperbaiki kebiasaan buruk dan belajar menjaga kesehatan
Komen Blog rejekingalir.com
Catcilku mengatakan…
Ternyata hadiah traktir makanan tidak bokeh ya? Saya malah suka kasih traktiran makanan anak yang disuka. Wah salah dong ternyata 🤭
Komen Blog rejekingalir.com
Alfida Husna mengatakan…
Penting bgt menerapkan gaya hidup sehat anak sedari kecil ya. Contoh yg aku lakukan di rumah adalah membiasakan cuci tangan sebelum makan. Ketika anak mau makan dia jadi terbiasa ingin cuci tangan dulu.
Komen Blog rejekingalir.com
Tria TR mengatakan…
Bener banget, Mbak, teladan dari ortu adalah yang terbaik. Aku terus terang tidak sebaik itu :'( karena dari anak-anak kecil aku kerja online. Jadi mereka lihatnya aku pegang hape mlulu atau malah tertidur di depan laptop. Tapi kukasih pemahaman sih bahwa aku sedang kerja. Di hape dan laptopku nggak terinstal aplikasi game, biar anak-anak lebih percaya :))
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Memang ya, gangguan kesehatan tidak melihat usia, kadang anak-anak juga rentan dengan penyakit. Oleh karenanya gaya hidup sehat harus dibiasakan sejak kecil supaya anak-anak juga mengerti cara menjaga kesehatan tubuhnya.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Setuju banget sih. Mental sehat harus dijaga terus sih. Orangtua akan menjadi contoh bagaimana gaya hidup sehat itu dilakukan. Kalo aku sih, yg penting makanan dulu yang sehat. Plus dijaga terus olahraganya. Jangan lupa minum air putih sih. Jangan kebanyakan minum manis hehe.

Kalo soal gadget, aku masih belum bisa sih, Ya perlahan aja dikurangin. Perbanyak juga aktivitas luar ruang biar anak nggak selamanya main gadget mulu.
Komen Blog rejekingalir.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Betul sekali, gaya hidup sehat itu harus dike alkan semenjak dini. Apalagi gula, anak kecil harus banyak menghindari gula.
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Salah satu keinginan saya jika punya anak nanti, saya akan mengajari mereka untuk hidup sehat dari kecil mengingat pentingnya tubuh yang sehat. Semoga dengan tips dari artikel ini, saya bisa mewujudkannya.
Komen Blog rejekingalir.com
Akarui Cha mengatakan…
Segalanya tuh dimulai dari keluarga ya. Pembiasaan apapun itu termasuk gaya hidup sehat yang dampaknya panjang banget hingga si anak tumbuh dewasa kelak. Apalagi anak anak kan melalukan apa apa seringnya mengikuti kebiasaan yang dilakukan di rumah bersaa keluarga terdekatnya.
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Segala hal baik, memang harus diajarkan dan diterapkan sejak kecil. Pastinya secara bertahap dan dibantu oleh orang tua yang jadi contohnya. Karena kadang jsutru orang tua jadi contoh kurang baik. Misal saudara saya, suka memberi minum anaknya kopi, atau minum air dingin setelah minum makanan panas.
Komen Blog rejekingalir.com
Antung apriana mengatakan…
yang paling susah itu buatku sekarang adalah membatasi gadget ke anak sama ngasih mereka makan sayur. asli sampai pusing mikirin anak kok susah banget makannya huhu
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Bangun tidur beresin selimut dan bantal, cuci muka, gosok gigi, buang air hingga bersih dll itu salah satu kebiasaan hidup sehat yg saya terapkan pada anak sejak dini di rumah. Insyaallah sampai dewasa kebersihan akan selalu dia utamakan
Komen Blog rejekingalir.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Di zaman sekarang menerapkan hidup sehat itu penting banget. Harus diterapkan sejak dini. Dan kita sebagai orang dewasa harus memberikan teladan yg baik.

Tidak ada gadget di kamar anak ini bisa menjadi catatan penting seluruh orang tua. Bahwa hidup sehat bukan hanya tentang makanan dan aktivitas fisik, gadget pub mempengaruhinya.
Komen Blog rejekingalir.com
Irrya Lucita mengatakan…
Anak itu mencontoh orang tua. Lebih mudah memmengajari anak dengan memberi contoh. Kalau orang tua terbiasa menjalani hidup sehat anak biasanya akan mengikuti
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Membiasakan hidup sehat sejak dini merupakan investasi penting untuk masa depan anak. Kebiasaan yang dibentuk di masa kecil ini akan terbawa hingga dewasa dan memberikan banyak manfaat, baik bagi kesehatan fisik maupun mental.
Gaya hidup tidak sehat seperti pola makan yang tidak seimbang, kurang olahraga, dan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, penyakit jantung, dan kanker. Membiasakan hidup sehat sejak dini dapat membantu anak terhindar dari penyakit-penyakit ini di kemudian hari.
Komen Blog rejekingalir.com
deamerina mengatakan…
gadget ini nih yang masih susah dijauhkan dari adekku. sampe bingung mau digimanain. dia bener2 kalo libur dari pagi sampe malem hpaaaan mulu
Komen Blog rejekingalir.com
Deeva Collection mengatakan…
Mengajarkan anak hidup sehat memang menjadi hal penting bagi orang tua. Saat sejak kecil dibisakan, akan menjadi kebiasaan yang jika dilakukan terua menerus akan menjadi karakter dari anak di kemudian hari
Komen Blog rejekingalir.com
De Eka mengatakan…
Bener bgt ini kalau mau mengajarkan anak hidup sehat harus dimulai dr orang tuanya.
Krn anak adalah peniru yg baik. Kalau dimulai dr kecil semoga kedepannya jd terbiasa dg pola hidup sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Bisa terbentuk kebiasaan kalau orang tua sudah mencontohkan, dan emang butuh ketlatenan sih karena yang namanya menumbuhkan kebiasaan itu butuh waktu..
Komen Blog rejekingalir.com
Eka FL mengatakan…
kebiasaan hidup sehat itu penting banget sih terutama biar gak sering terkena penyakit. meski kalo lagi musim ya seringnya kena juga, tapi diluar itu pastinya jarang sakit.
Komen Blog rejekingalir.com
Monica Anggen mengatakan…
Setujuuu, gaya hidup sehat itu mesti diajarin sejak dini. Karena klo ga bakal jadi kebiasaan. Klo udah gede, susah malah ubahnya
Komen Blog rejekingalir.com
GE MAULANI mengatakan…
Nah iya bener banget kak, kebiasaan hidup sehat memang harus dimulai sejak dini. Soalnya kadang ada orang tua yang ngasih hadiah makanan yang biasanya gak boleh dimakan. Terus maksain makanan sehat ke anak padahal orang tuanya makan junkfood
Komen Blog rejekingalir.com
Han mengatakan…
setuju banget kak, kalo ngga dibiasakan hidup dan mengonsumsi yang sehat, hidup di masa depan pasti bakal penuh dengan penyesalan lho :((

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network