Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

7 Pengaruh Gaya Hidup Sehat pada Usia Lanjut

bagaimana cara pola hidup di masa tua? berikut tips dan pengaruh gaya hidup sehat pada usia lanjut
Pengaruh Gaya Hidup Sehat pada Usia Lanjut

Saat seseorang mendapat keberkahan umur hingga usia lanjut (lansia), menjadi anugerah tersendiri yang diberikan oleh Maha Pencipta. Rasa syukur mendapatkannya harus dinikmati dengan rasa senang dan menjaga kesehatan, salah satunya melalui penerapan pola hidup sehat lansia yang terus berkelanjutan. Lalu bagaimana dampak gaya hidup sehat terhadap kualitas hidup pada usia lanjut? Berikut ulasan lengkapnya.

Pengaruh Lingkungan terhadap Kondisi Lansia

Pola hidup sehat pada masa tua dapat berpengaruh kepada kondisi dirinya terhadap lingkungan. Ini menjadi tantangan emosional yang harus dihadapi, misalnya kehilangan keluarga yang dicintai ataupun teman yang disayangi, sehingga jiwa terasa sepi. Di lain sisi, bila tadinya adalah seorang pekerja di masa muda, penyesuaian diri terhadap peran baru saat masa pensiun tentu akan berdampak kepada suasana hati dan perasaan seakan terisolasi. Begitupula pada perubahan kondisi tubuh dengan menurunnya kesehatan fisik, dan kesulitan memori. 

Tips Kesehatan untuk Lansia

Jaga kesehatan tubuh berlaku untuk semua kalangan, tanpa batas usia. Meski terdapat perbedaan khusus pola hidup sehat pada lansia, dari usia lainnya. Berikut tips kesehatan untuk lanjut usia agar bahagia di momen keemasan:

apa saja Pengaruh Gaya Hidup Sehat pada Usia Lanjut
sumber ilustrasi: freepik

1. Pandai Memilih Asupan Bergizi

Pilihan gaya hidup sehat lansia haruslah tepat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Cerdas dalam memilihnya, karena di satu sisi faktor kebutuhan asupan yang dapat berubah disesuaikan dengan kebutuhan energi. Sedangkan di sisi lainnya, faktor nutrisi menjadi pertimbangan seiring bertambahnya usia, sehingga memerlukan protein, mineral dan vitamin. Beberapa contohnya bisa mengonsumsi sayur, buah, ikan, daging tanpa lemak, dan penuhi minum air putih. 

2. Tidur yang Berkualitas

Tidur menjadi langkah praktis nan sehat dalam memulihkan tubuh dan pikiran. Dengan cukup tidur yang berkualitas, dapat memberikan kesegaran tatkala bangun, sehingga semangat untuk menjalani aktivitas. Apalagi tidur yang nyenyak bermanfaat untuk kesehatan otak, sehingga dapat membantu daya ingat lebih baik. 

3. Aktif untuk Bergerak dan Menjaga Pikiran

Lansia dapat tetap aktif bergerak dengan menyesuaikan pada kemampuan tubuh. Tidak perlu olahraga atau melakukan kegiatan yang berat. Rutin dengan berjalan kaki atau jogging ringan atau aktivitas yang membuat tubuh bergerak rutin bermanfaat dalam mengontrol berat badan, serta menjaga kesehatan tulang, otot maupun sendi. Begitupula halnya dalam aktif menjaga pikiran agar tetap positif, dengan cara mempelajari berbagai hal atau disiplin ilmu baru. Hal ini dapat menstimulasi fungsi memori yang lebih baik, bahkan bisa menurunkan risiko depresi dan demensia. 

4. Jauhi yang Tidak Perlu

Pola hidup sehat lansia juga perlu untuk menjauhi diri dari asap rokok ataupun merokok (perokok aktif), dan tidak mengonsumsi alkohol. Jauhkan pula dari rasa amarah dan kecemasan, terlebih ketika menjalani masa pensiun. Hal tersebut bisa dialihkan dengan melakukan berbagai kesibukan dan menjalani keseharian dengan bijaksana. 

dampak gaya hidup sehat terhadap kualitas hidup pada usia lanjut
ilustrasi dari freepik

5. Rutin Pantau ke Fasilitas Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan rutin, menjadi langkah tepat dalam pencegahan dan skrining dini. Dengan begitu, bisa mendeteksi gangguan kesehatan dan pengobatan secara cepat. Ikuti arahan dokter secara teratur. 


Ini Pengaruh Gaya Hidup Sehat pada Lansia

Mungkin kita pernah mendengar pernyataan, “Masa tua adalah masanya menikmati kebahagiaan dan keberkahan hidup.” Hal itu menjadi pertanda bahwa ketika seseorang mendapati usianya yang panjang, harus dinikmati dengan kebahagiaan. Tentunya untuk memperoleh keceriaan itu, bisa dilakukan melalui pola hidup yang baik. Pasalnya, dampak gaya hidup sehat terhadap kualitas hidup pada usia lanjut memiliki pengaruh positif seperti:

1. Meningkatnya Kesehatan Tubuh

Rutin menjalankan aktivitas fisik seperti berolahraga ringan dan menjalankan hobi yang disukai, membantu tubuh menjadi lebih bugar. Bukan itu saja, berat badan juga dapat terjaga dan tubuh tidak kaku, sehingga tetap produktif di usia senja. 

2. Menurunkan Risiko Penyakit Tidak Menular

Merujuk dari laman p2ptm.kemkes.go.id, diterangkan penyebab kematian saat ini 73% dari penyakit tidak menular dengan rincian: 35% penyakit jantung dan pembuluh darah, 12% oleh penyakit kanker, penyakit pernapasan kronis 6%, lalu 6% karena diabetes, dan penyebab PTM lainnya sekitar 15%. 

Dari data di atas, skrining dini dan penerapan gaya hidup sehat bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang lanjut usia. Apalagi lansia termasuk yang rentan dengan penyakit kronis, sehingga penerapan gaya hidup sehat lanjut usia ini perlu terus diterapkan karena dapat sistem kekebalan tubuh lebih meningkat, serta menurunkan bahaya risiko penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

cara gaya hidup sehat lansia
ilustrasi dari freepik

3. Kualitas Hidup Meningkat

Untuk memperpanjang harapan hidup dengan menjaga mental dan fisik agar tetap sehat menjadi peluang baik, karena dapat menikmati masa tua dengan kualitas hidup yang optimal. Dukungan ini memberikan rasa bahagia dan sejahtera, sehingga orang lanjut usia bisa terus produktif dalam berbagai aktivitas, maupun menjalankan kehidupan yang menyenangkan bersama keluarga dan orang-orang terkasih. 

4. Menjaga Kesehatan Mental

Cara gaya hidup sehat lansia tidak hanya membutuhkan sehat pada fisik semata, tetapi juga seimbang dalam kesehatan mental. Dengan pola hidup sehat lansia yang lebih baik, perasaan cemas, stres, dan depresi bisa ditekan. Ini dapat mendukung rasa bahagia pada jiwa dan daya ingat terjaga. 

5. Mempertahankan Kemandirian 

Terjaganya kesehatan tubuh pada lansia, dapat mempertahankan kemandiriannya untuk menjalankan aktivitas setiap hari seperti berpakaian, berjalan, dan sebagainya. Rasa ketergantungan pada orang yang merawatnya dapat diminimalisir. Meski demikian, keluarga yang mendampingi harus tetap mengawasinya agar jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

6. Menjaga Hubungan Harmonis 

Dampak gaya hidup sehat terhadap kualitas hidup lansia, mendukung terjaganya hubungan sosial yang harmonis. Ini dikarenakan interaksi sosial yang berkelanjutan tercipta, sehingga hubungan positif alias silaturahmi yang terjalin, meningkatkan rasa bahagia dan jauh dari pikiran negatif. 

7. Meningkatnya Rasa Tawakal

Tumbuhnya rasa tenang pada jiwa dan raga dapat meningkatkan kesegaran hidup, khususnya dalam menikmati masa tua. Hati bahagia karena raga sehat, dan rasa tawakal mensyukuri karunia dari-NYA karena menerima berkah panjang usia. 

cara gaya hidup sehat lanjut usia
ilustrasi dari freepik

Pengaruh gaya hidup sehat pada usia lanjut memiliki dampak positif, tak hanya untuk orang terdekat dan yang merawat, tetapi juga untuk diri sendiri. Hidup menjadi makin bermakna, meminimalisir risiko datangnya penyakit karena beragam sistem organ pada tubuh tetap sehat. Kamu bisa ke artikel 5 Gaya Hidup Sehat untuk Sistem Pernapasan Optimal untuk bahasan lebih lanjut. Semangat jalankan gaya hidup sehat di masa tua. 

Sumber materi:

  • https://www.healthhub.sg/live-healthy/healthy-active-ageing
  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/501/tetap-bugar-di-saat-lansia
  • https://p2ptm.kemkes.go.id/# 

26 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Müzeyyen Salik mengatakan…
Sepertinya tips kesehatan untuk lansia ini harus diterapkan mulai dari sekarang ya, supaya menjadi kebiasaan dalam menjaga gaya hidup yang sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Kadang yang bikin lansia susah bergerak karena memang tidak membiasakan diri dengan gaya hidup sehatnya. Kurang gerak. Sehingga bikin otot dan persendiannya makin lemah. Memang kudu banget membiasakan diri dengan gaya hidup sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Menjaga kesehatan mental tuh perlu buat lansia. Secara anak-anak udah dewasa & mandiri, biasanya ortu merasa ditinggalkan. Belum lagi pengaruh medsos, dikit-dikit malah share hoax...hihi...
Utamanya sih dekat dengan keluarga ya, jadi kalau ada apa-apa mudah dibantu.
Komen Blog rejekingalir.com
Diaz Bela mengatakan…
Kalau aku percaya untuk memiliki masa tua yang sehat juga harus memiliki masa muda yang sehat kak.. jadi sehatnya itu seperti "ditabung" hhehe
Komen Blog rejekingalir.com
Alfida Husna mengatakan…
Kalau udah lansia gini yang paling susah jaga asupan makanan. Biasanya ngaruh banget ya kalau yang punya penyakit lain salah makan aja bisa memicu. Apalagi lansia memang rentan terkena penyakit kronis. Tidak da salahnya untuk jaga pola hidup meski sudah usia lanjut ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
Setuju banget kak. Emg kalo menuju usia lanjut hrs menjaga pola makan sih. Jgn asal masuk tapi ga pikirin efek sampingnya.

Jgn lupa selalu bergerak, bahkan cmn jln kaki aja bs berdampak bgs kok ke tubuh.

Serta jauhi stres. Bnyk maafin org jg krn udh tua tuh sifatnya kyk balik ke anak kecil. Hehe.
Komen Blog rejekingalir.com
Tria TR mengatakan…
Keamrin aku kepikiran, semakin menua maka biaya perawatan kesehatan akan semakin tinggi. Kepikiran selanjutnya: selagi muda mesti rajin kerja dan nabung, bikin asuransi kesehatan (setidaknya bpjs), dan benerin gaya hidup _ pola makan.
Komen Blog rejekingalir.com
Irrya Lucita mengatakan…
Sebaiknya sedari muda kebiasaan hidup sehat ini sudah di mulai, pas tua udah jadi kebiasaan dan tidak terasa berat lagi. Tingal penyesuaian sedikit sesuai usia
Komen Blog rejekingalir.com
Luluk Sobari mengatakan…
Bicara lansia, jadi teringat ayah saya yang saat ini sedang menjalani pemeriksaan rutin ke rumah sakit karena ginjalnya bengkak. Sebelumnya, pola makan ayah saya memang tidak baik. Setelah sakit ini, akhirnya benar-benar total menjaga pola makan. Sangat penting memang bagi lansia menjaga kesehatan mengingat semua organ tubuhnya sudah tidak muda.
Komen Blog rejekingalir.com
Yonal Regen mengatakan…
Mudah-mudahan bisa terus sehat dan juga membiasakan gaya hidup sehat sampai lanjut usia kelak agar hidup bisa lebih bermakna dengan sehatnya raga
Komen Blog rejekingalir.com
Adinda Tami mengatakan…
Dalam perjalanan berangkat kerja, saya sering sekali bertemu lansia yang badannya masih segar, jalannya tegap dan gesit. Rupanya beliau rutin menjalankan gaya hidup sehat sejak muda, salah satunya selalu meluangkan waktu untuk bergerak aktif.
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Memang sebelum memasuki masa.lansia, maka perlu sekali mempersiapkan diri dan mental karena pasti akan ada perubahan. Misalnya dulu pekerja aktif dan ke mana-mana, namun saat pensiun kebanyakan done rumah. Terus Pastinya menerapkan pola hidup yang sehat juga. Makanan pun harus disesuaikan dengan usia.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Ada yang bilang usia lanjut itu kembali ke usia anak anak. Ternyata selain kesehatan banyak yang mulai terganggu, kondisi psikis nya juga kudu dijaga ya
Komen Blog rejekingalir.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Usia lanjut memang harus serba disipilin terutama masalah makanan. Apalagi di umur tua itu rentan terhadap segala jenis makanan siap saji. Semoga kita selalu sehat setiap hari. Aamiin
Komen Blog rejekingalir.com
Priyani Kurniasari mengatakan…
Wah, tipsnya informatif banget nih. Aku menyadari beberapa anggota keluarga besarku yang sudah memasuki usia lanjut sempat seperti kehilangan identitas karena sudah tak sesibuk saat bekerja. Bener banget sih, saat ini fokus lansia memang harusnharusnya lebih banyak mencari kesibukan yang lebih berarti dan menghindari memikirkan hal yang nggak perlu.
Komen Blog rejekingalir.com
Wiwin Pratiwanggini mengatakan…
Bapak ibu saya sudah pensiunan, sudah lansia. Tapi sampai sekarang tidak pernah mau diam. Apa saja dikerjakan. Bapak masih suka berkebun dan berladang. Demikian juga ibu. Beliau-beliau masih kuat di usia senja karena sewaktu masih produktif terbiasa hidup sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
yg susah itu memang konsisten, semoga sampai tua bisa terus menerapkan hidup sehat ya, biar bisa menikmati masa tua dengan santuy bersama orang tercinta :)
Komen Blog rejekingalir.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Aktif bergerak itu ternyata bermanfaat untuk semua usia ya, termasuk untuk yang lanjut usia
Komen Blog rejekingalir.com
Happy mengatakan…
aktif bergerak nih emang jadi prioritas sih. kayak mamaku, karena tiap hari ada aja yang dikerjain jadinya malah masih energik walau udah tua. malah kayak lebih muda dari kakak aku yang pertama wkwk. kalau aku kebalikannya, kebanyakan diem yang ada malah sakit-sakit XD
Komen Blog rejekingalir.com
Happy mengatakan…
aktif bergerak emang jadi prioritas sih. kayak mamaku, dia umur 70-an tapi tiap hari ada aja yang dikerjain. jadinya malah terlihat energik. menurutku malah kakak pertamaku lebih keliatan tua dibanding mama wkwk
Komen Blog rejekingalir.com
GE MAULANI mengatakan…
setuju sih, apalagi lansia itu jam tidurnya udah udah mulai berkurang biasanya sering kebangun di malam hari jadi emang butuh banget pola hidup sehat yang didukung dengan makanan bergizi serta olahraga sehingga bisa menurunkan risiko terkena penyakit tidak menular yang membahayakan tubuh mereka
Komen Blog rejekingalir.com
sudutpandangnovita mengatakan…
Hmm. sepertinya harus memulai dari sekarang memulai hidup sehat sebelum benar-benar jadi lansia biar tidak terlambat. Sekarang ini banyak banget godaan makanan siap saji yang gampang banget ditemui. Semoga dapat sehat selalu dengan suami sampai tua nanti..
Komen Blog rejekingalir.com
Deeva Collection mengatakan…
Tetap hidup sehat saat usia lanjut apstinya dambaan setiap orang, namun tidak banyak juga yang mau memulainya sejak muda. Sshingga pada akhirnya tidak bisa menikmati masa tua dengan sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Orangtua itu justru banyakan khawatirnya.
Tapi bisa dipahami karena gimanapun, butuh juga orangtua temen ngobrol, komunitas yang seru dan mengajak pada aktivitas fisik yang rutin sehingga hidup sehat bisa dilakukan.
Komen Blog rejekingalir.com
timduniamasak mengatakan…
menjaga kualitas tidur sangatlah penting dari rentang usia 21-60 :')
Komen Blog rejekingalir.com
Goresan hati mengatakan…
Mamaku butuh nih pola gaya hidup sehat di usianya yang udah mbah mbah. Apalagi mamaku mengalami pengapuran tulang yang membuatnya susah berjalan cepat. Harus dituntun. Kadang mama bilang hanya butuh teman curhat agar gak bosan di rumah terus. Sifatnya sudah kembali seperti anak anak. Sehat sehat ya ma.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network