Ide Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan Patut Kamu Lakukan

Berbuat baik di bulan Ramadan pastinya menyenangkan, baik untuk si pemberi maupun si penerima. Hal ini dikarenakan Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya guna melakukan banyak kegiatan sosial. Mengapa harus di bulan Ramadan?

apa saja kegiatan sosial di bulan Ramadan

Namanya bulan Ramadan yang menjadi bulan penuh berkah karena kegiatan baik yang kita lakukan akan memberikan feedback baik pula untuk diri kita. Apalagi diterangkan di dalam hadits dari Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6).

Dari teladan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut, kita bisa menirunya dengan berkreasi melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat, beberapa diantaranya adalah:

ide kegiatan sosial di bulan ramadan
sumber: istockphoto

Menyediakan dan Mengirimkan Takjil

Kesempatan untuk kamu bisa menyediakan dan mengirimkan takjil secara gratis kepada mereka yang berpuasa menjadi langkah membahagiakan. Ini bisa dilakukan di lokasi yang terbilang ramai orang seperti masjid, jalan raya (misalnya saya pernah lihat di lampu merah), panti (asuhan, jompo, dan lain-lain), dekat pintu masuk stasiun dan sebagainya.

Memberikan Hidangan Sahur

Pastinya kamu pernah mendengar yang namanya sahur on the road. Kegiatan ini juga menyenangkan, karena menyediakan hidangan makan sahur. Tentunya ketika akan melakukan kegiatan ini, lakukanlah secara tertib, agar tetap menjaga kenyamanan sekitar karena pembagian hidangan sahur dilakukan ketika dini hari.

Pemberian Santunan Yatim Piatu

Turut memberikan kebahagiaan kepada mereka yang tak lagi memiliki ayah dan ibu, menjadi ide kegiatan sosial di bulan Ramadan yang patut kamu lakukan. Pasalnya di momen Ramadan, umumnya orang-orang akan berkumpul dengan keluarganya. Dengan pemberian santunan, dapat menjadi dukungan kepada mereka, salah satunya adalah makna bahwa kamu tidaklah sendiri, masih banyak yang peduli sehingga kamu dapat terus meraih cita-cita.

ide kegiatan sosial di bulan ramadan
sumber: freepik

Wakaf Al-Quran

Tadarus al-Quran di bulan Ramadan adalah hal yang paling mengesankan. Membacanya dari juz 1 Al Fatihah hingga Juz 30 An-Naas dapat membangkitkan semangat berlomba-lomba untuk mengkhatamkannya. Oleh karenanya, ini juga menjadi kesempatan untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan dengan memberikan donasi berupa wakaf Al-Quran. Setiap Al-Quran yang kamu wakafkan, lalu dibaca oleh mereka hingga khatam, maka kamu juga mendapat pahala yang sama dengan yang membacanya. Hemm, jadi amal jariyah yang luar biasa pastinya, bukan?

Baca Juga: Tips Isi Ngabuburit Bermakna

Penyediaan Sumur Air Bersih

Kita tahu Indonesia ini adalah negara besar dan luas, sehingga pemerataan infrastruktur masih memungkinkan terjadi. Mungkin di satu wilayah, masyarakatnya tercukupi kebutuhan air bersih. Namun, di wilayah lain bisa saja terdapat yang kekurangan air bersih. Dari situ, ide kegiatan sosial di bulan Ramadan yang bisa dilakukan adalah menyediakan sumur air bersih, yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh para masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

ide kegiatan sosial di bulan ramadan
sumber: pixabay

Hal-hal bermanfaat yang dilakukan di bulan Ramadan untuk sosial kemasyarakatan, sejatinya sebagai langkah berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khoirot). Sebab menapaki kehidupan di dunia ini, hendaknya dilakukan secara berimbang. Tak hanya tentang hanya habluminallah (berbuat baik kepada ) saja, tetapi juga kepada habluminannas (berbuat baik kepada sesama).

Komentar

Fanny_dcatqueen mengatakan…
Waktu itu ada liat wakaf air bersih di salah satu kegiatan yg dilakukan dompet dhuafa. Aku udh niat sih mau ikutan. Apalagi yg namanya wakaf berguna seperti tanah dan air, itu pahalanya akan trus mengalir bahkan sampai meninggal.

Winda - dajourneys.com mengatakan…
wah pahalanya berlipat kali ganda ya kalau begini, udahnya bulan ramadhan, diisi dengan banyak perbuatan baik
Indah Nuria Savitri mengatakan…
ada begitu banyak hal baik yang bisa kita lakukan di bulan suci yang penuh rahmat ini mba. Aku suka sedih karena seringkali Ramadhanku terkorupsi dengan pekerjaan
YSalma mengatakan…
Wakaf air bersih ini di tempat yang membutuhkan berasa banget manfaatnya, tapi masih jarang yang melakukan.
Pernah merasakan banget kebutuhan air bersih ketika awal puasa kemaren, PAM mati 2 hari, mesin air sudah berpindah tangan, mana mau bulan Ramdhan kebutuhan air meningkat, yg lupa ngisi toren krn otomatisnya rusak pada bersuara protes tapi nggak bisa berbuat banyak. Untung dekat masjid yang menggunakan mesin air. Warga jadi terbantu banget.
Kebayang kondisi muslim di Palestine sana, semoga kita umat saling bergandengan tangan utk membantu.
Tuty Queen mengatakan…
Alhamdulillah semoga kita bisa tetap terus istiqamah untuk berbagi kepada sesama yaa..
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Yang menyenangkan di era digital saat ini adalah kita bisa ikut kegiatan sosial tanpa harus keluar rumah. Tinggal pilih lembaga yang terpercaya. Kemudian kita bisa donasi ke sana dengan cara transfer
Inda Chakim mengatakan…
Pengen banget yg wakaf Al Qur'an atau mukena sarung biar jadi amal jariyah gitu. Semoga bulan ramadan berikutnya bisa melakukan kegiatan yg satu ini.
Doain kesampaian ya, Kak.
Ngebolang.net mengatakan…
Pengen banget bisa ngasih makan sahur ke masjid, tapi aku sahur susah masak banyak, bawaan kayak lelah banget, makan seadanya. Kalau buka baru semangat. Ujian ya karena pahala besar
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Bulan Ramadan ini selalu dinantikan oleh umat Muslim karena semua perbuatan baik akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Waktu yang tepat untuk memperbanyak berbuat baik, ya...
Nia K. Haryanto mengatakan…
Setuju banget, banyak beramal dan bersedekah di bulan Ramadan bikin rejeki ngalir ya. Semoga kita semua dimampukan untuk bisa beramal dan bersedekah di bulan Ramadan ini. Aamiin.
Aprillia Ekasari mengatakan…
Bulan Ramadan ini waktunya untuk berbuat kebaikan sebanyak mungkin, karena amalan yang dicatat akan dilipatgandakan. Mulai dari memberi makan buka atau sahur atau donasi. Bisa berpartisipasi secara offline maupun online, insyaAllah semua berkah ya aamiin.
lendyagasshi mengatakan…
MashaAllaa~
Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan di bulan Ramadan dan saatnya kita semua bisa turut aktif sesuai dengan kemampuan.
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Insya Allah di bulan penuh berkah ini, kita bisa berbagi dengan sesama. Untuk memberikan bantuan pun kini makin mudah, bisa kita lakukan dari rumah saja bermodalkan klik.

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja