7 Kue Khas Lebaran Nikmat Harus Ada di Mejamu

Kue Khas Lebaran Nikmat Harus Ada di Mejamu

Lebaran tinggal berapa hari lagi ya gaess? Hemm, mungkin sudah pada menyiapkan kue khas lebaran dari semenjak sekarang. Ya mumpung harga bahan-bahan masih terbilang bersahabat, karena umumnya kalau sudah mendekati lebaran biasanya permintaan banyak maka harga pun jadi naik.

Rekomendasi kue khas lebaran nikmat yang perlu ada di rumah kita ini, mungkin sudah tak asing lagi oleh pembaca blog rejekingalir.com. Bisa jadi sudah pada mulai membuatnya, dan bisa pula malah sudah memesan kuenya, alias ya nggak bikin sendiri, hihi. Gak masalah sih mau beli ataupun mengolahnya sendiri, yang penting kan bisa menjadi hidangan yang dapat disuguhkan di Hari Raya. Apa saja penganan yang lezat tersebut?

Rekomendasi Kue Khas Lebaran Nikmat Resep nastar
ilustrasi Shutterstock (Nova 171717)

1. Nastar

Rejekingalir.com memasang nastar di nomor wahid nih gaess. Soalnya kala berkunjung ke rumah-rumah tetangga maupun saudara, si nastar always stand by on the table, hehe. Bentuknya pun rupa-rupa, ada yang model isian nanasnya di dalam kue dan berbentuk bulat maupun lonjong. Ada yang di atasnya pakai cengkeh dan nanasnya di dalam kue. Ada pula yang nanasnya di atas kue tersebut. Dengan beragam keunikan nastar, memang cocok jadi kue khas lebaran nikmat yang perlu ada di rumah.

Rekomendasi Kue Khas Lebaran Nikmat Resep kastengel
ilustrasi Shutterstock (Ambar Hadi)

2. Kastengel

Kue khas lebaran yang satu ini, kalau tidak dihadirkan saat lebaran sepertinya kurang gereget juga. Walau sih dia bisa muncul juga di luar momen hari raya. Terbuat dari kuning telur, margarin, tepung terigu, dan parutan keju dengan bentuk kue persegi panjang sekitar 3-4cm. Untuk kamu yang suka dengan olahan keju, mohon bisa menyediakan lebih dari 3 toples, agar nuansa lebaran kamu makin berkesan, hehe.

Rekomendasi Kue Khas Lebaran Nikmat Resep lidah kucing
ilustrasi shutterstock (Rizvisual)

3. Kue Lidah Kucing

Jika si kastengel lebih mengutamakan kuning telur sebagai bahannya, agar bagian putih telurnya lebih bermanfaat kamu bisa membuatnya menjadi kue lidah kucing. Hemm, sekali jalan mengolah, banyak kue matang terlampaui, hihi. Iyes dong, karena menurut rejekingalir.com kue lidah kucing jadi olahan yang menyempurnakan kehidupan bahan-bahan pembuat kue. Apalagi juga cara membuatnya tidak terlalu sulit. Hanya saja bagian teknik cetaknya, bila ada cetakannya bakalan lebih mudah. Kalau pun tak ada bisa kreasikan dengan sendok makan, maupun plastik segitiga yang sudah dibentuk bagian ujungnya.

Rekomendasi Kue Khas Lebaran Nikmat Resep kacang tojin
ilustrasi dari sonora.id

4. Kacang Tojin

Nah, kacang tojin ini 11-12 nya si nastar nih. Rekomendasi kue khas lebaran yang mudah dibuat ini, rata-rata ada di meja tiap rumah tatkala lebaran. Rasa dan aromanya bervariasi tergantung jempol yang membuatnya hehe. Ada tercium wangi bawang putih, daun jeruk sehingga yang akan mencicipinya makin semangat lagi.

rekomendasi kue khas lebaran nikmat resep biji ketapang
ilustrasi shutterstock (evi+alisha)

5. Biji Ketapang

Biji ketapang menjadi kue khas lebaran praktis yang hampir sama dengan yang lain, bisa dibuat dengan varian rasa tergantung selera yang membuatnya. Rejekingalir.com pernah merasakan biji ketapang dengan rasa manis, gurih, dan juga asin. Lebih suka sih yang rasanya agak manis, karena kalau terlalu manis nanti sulit untuk dilupakan, kenangan yang indah bersamamu tinggallah mimpiiiiii, huah yang slankers pada nyanyi dah nih sambil baca ini, hehe.

rekomendasi kue khas lebaran nikmat resep putri salju
ilustrasi shutterctock (fatmiati)

6. Putri Salju

Penganan khas lebaran ini, menjadi kue yang asik untuk dinikmati karena berbentuk bulan sabit dan dibaluri gula halus. Ada sensasi rasa keju atau bisa pula terasa kacang dan nuansa gurih yang lumer di mulut saat menyantap kue putri salju ini. Bahan pembuatan lainnya pun juga disesuaikan dengan selera, karena kalau melihat resep putri salju lembut dan enak, untuk urusan tepungnya ada yang hanya cukup dengan tepung terigu, tapi ada juga yang menambahkan maizena.

rekomendasi kue khas lebaran nikmat resep cookies biskuit
ilustrasi freepik (azerbaijan-stockers)

7. Biskuit

Kalau membicarakan biskuit, sebenarnya di luar momen hari raya pun kita bakal menjumpai biskuit di meja (kantor maupun rumah). Namun, karena sudah branding “bila sudah iklan biskuit, maka sebentar lagi Ramadan, sedangkan setelah Ramadan adalah lebaran, maka lebaran bakal makan biskuit” hihi. Aneka biskuit yang ada, bisa menjadi pilihan kita, dari segi ukurannya juga varian rasanya.

Baca Juga:

Itulah 7 rekomendasi kue khas lebaran nikmat yang harus ada di meja kita. Bagaimana, sudah menentukan bakal ada kue lebaran apa nih di rumah? Share di kolom komenter ya gaess! 

Komentar

Farida Pane mengatakan…
Setuju nih sama semua pilihan kuenya. Aku ke rumahmu aja ya ntar lebaran. Udah jelas hidangannya cocok, nih
Eka FL mengatakan…
kue lebaran emang udah jadi kue wajib tiap lebaran ya, minimal punya kue keju ,nastar dan putri salju ada deh. yang lainnya gpp gak juga, hahahaha. tapi tahun ini saya bikin hampir semua sih kecuali nastar. karena keluarga pada gak suka, kan sayang kalo dibikin tapi gak abis. eh kenapa gak bikin buat amu juga ya, hihihi gak kepikiran loh
Lintang mengatakan…
Aku tim yang ngga sempet bebikinan kuker wkwkwk. Jadi pasti beli ke temen-temen aja. Kalau di rumah sih yang pasti wajib di meja mah nastar, kastangel, putri salju. Tapi lidah kucing juga enak lhooo. Biasnaya yang cepet laris ya nastar, atau kacang-kacangan.
Deeva Collection mengatakan…
Rajanya kue lebaran itu nastar, kastengel, kue salju. Semua selalu jadi favorit, selalu ada di atas meja tamu. Kalau aku sendiri sukanya nastar. Karena lumer dan rasanya juga enak banget, apalagi selainya.
Kebetulan di rumah produksi sendiri, jadi sambil bikin, sambil layani order, juga menikmati langsung
Aldhi Fajar mengatakan…
Yang wajib ada nastar sih. Harus itu makanan wajib ada setiap lebaran. Karena memang sudah menjadi icon di meja ruang tamu. Kalo tamu dah pada pulang baru deh kita sikat sampai abis.
Tukang jalan jajan mengatakan…
Lebaran identik dengan berbagai tradisi, salah satunya adalah tradisi menghidangkan kue kering. Kue kering menjadi hidangan wajib yang dinanti-nanti, baik untuk dinikmati sendiri bersama keluarga maupun untuk disuguhkan kepada tamu yang berkunjung. kalau aku ya Nastar laaahhhh
Yonal Regen mengatakan…
Ah suka banget dengan semua kue-kue yang dibahas.
Dari awal puasa istri sudah bilang untuk berencana bikin kue lebaran kaya kue kering gitu, tapi ternyata sulit memang mengkondisikan bikin kue dengan 4 krucil yang sedang lucu-lucunya. Alhasil, beli aja lah jalan pintasnya
Nurul Mutiara R.A mengatakan…
Dari semua kue-kue itu, teteplah ada tiga yang aku suka, Nastar, Putri salju dan Kastengel. Gak tahu, bagiku mereka itu enak banget. Apalagi kalau nastar yang ada cengkehnya. Mantap banget itu kak. Udah pernah nyoba?
hani mengatakan…
Nastar dan lidah kucing favorit akuuu. Kaastengel, favorit semua orang, kenapa aku kurang pas ya. Makannya suka berantakan sih...hehe...
Kan yang bagus yang renyah gitu engga keras, tapi gampang ancur kuenya...
Utamanya sih...kue kering paling mahal si Kaastengel ini.
Luluk Sobari mengatakan…
Semakin banyak pilihan suguhan di meja untuk tamu lebaran semakin bagus emang. Jadi tamu bisa memilih apa yang mereka suka nanti. Karena setahu saya, ada yang suka manis, ada yang suka gurih. Saya sendiri daru 7 kue lebaran di atas, milihnya kacang.
Yustrini mengatakan…
Wah, udah mau lebaran ya. Memang wajib ada kue buat tamu yang datang. Nastar nih kue favoritku.
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Kalau aku sudah persiapan nastar, kastangel, putri salju. Terus biskuit juga. Pokoknya semua itu nggak boleh ketinggalan saat lebaran. Hehehe
Okti Li mengatakan…
Yang sudah siap di saya kacang, nastar sama kastangel. Kalau putri salju udah habis. Hahaha... Masih ada nih rengginang belom kesebut
Triani Retno A mengatakan…
Emh .... anuuu, aku sudah menghabiskan satu stoples nastar dan satu stoples kue putri salju sebelum Lebaran :)) Cemal-cemil kalo pas kerja malam, ehhhh abis juga :)))
Alfida Husna mengatakan…
Nastar masih jadi primadona kue khas lebaran ya kak. Aku suka banget sama nastar. Bisa dibilang makannya juga satu tahun sekali. Kalau bukan lebaran, rasanya kok males kalau mau beli nastar, wkwkwk.
Alfida Husna mengatakan…
Nastar masih jadi primadona kue khas lebaran ya kak. Aku suka banget sama nastar. Bisa dibilang makannya juga satu tahun sekali. Kalau bukan lebaran, rasanya kok males kalau mau beli nastar, wkwkwk.
lendyagasshi mengatakan…
Akutu dulu pas masih kicik hobinya diajakin bikin kue kering teruuss sama ibuk. Jadi sejak aku gak serumah lagi sama Ibuk, tradisi ini praktis hilang dan kue beli sama bikin sendiri tuh pastinya beda jauh banget. Paling rindu sama nastarnya Ibuk. Selai nanasnya suka aku gadoin, ehhehe.. soalnya bikin sendiri, yumiii.. masih ada serat-serat nanasnya.
April Hatni mengatakan…
Semua macam kue di atas memang rekomended dan selalu ada saat hari lebaran. Suka semua deh. Apalagi nastar, bisa lenyap dalam sekali duduk, hehe...bahayaaa
Han mengatakan…
Yang kacang tojin ini aku baru tahu banget lhoo, hihi.. sebutannya kacang tojin. Kayaknya kalo di sini kacang telur apa yaa? hihi.. >.<
Kalo kesukaanku yang akan selalu nangkring yaa putri salju
Han mengatakan…
Kalo aku sih paling suka yang putri salju dan akan selalu nangkring ituu mulai dari yang biasa aja sampe yang enak wkwkwkw. yang aku baru tau kacang tojin ituu kak, apa kacang telur yaa sebutnya di sini hihi
GE MAULANI mengatakan…
Aku sudah menentukan kak, yang wajib ada di rumah pas lebaran adalah kue-kue kesukaan saya, kayak nastar, kastengel, kacang tajin, dan lidah kucing. Dah segitu aja rasanya udah sempurna semarak lebaran saya.
Dee_Arif mengatakan…
Ah iya
Lebaran emang identik dengan kue kering khas lebaran
Kastengel dan nastar biasanya jadi primadona
Didik Purwanto mengatakan…
Ini semua menu kue wajib lebaran tuh kak. Rata2 semua rumah selalu ada minimal 2-3 jenis kue tuh. Tp lebaran tahun ini, aku cmn bikin nastar aja. Kangen aja ama kue ini krn tahun lalu nggak bikin sendiri pun nggak beli jg.

Biasanya jrg ada yg makan sih. Maklum di desa maunya yg gurih2. Krn kue2 spt ini biasanya selalu ada di setiap rumah. Mereka malah cari jajanan yg ga ada di rumah mereka.
Monica Anggen mengatakan…
Nastar itu wajib dan harus sih, hahaha, secara kesukaan aku banget. Tapi sekarang ada lho nastar gula merah, ini juga enak.
Goresan hati mengatakan…
Wah aku banget nih dan nastar adalah kue wajib yg gak boleh terlewat. Kesukaanku banget nastar.
M. Rizki Riswandi, S.Kom mengatakan…
Wah, artikelnya bikin ngiler banget nih! Nastar, kastengel, lidah kucing, sampe putri salju, semuanya jadi favorit di hari Lebaran. Gak sabar buat nyicipin semuanya, pasti meja kita bakal rame banget dengan kue-kue lezat ini. Makasih atas rekomendasinya kak 🍪🍰🎉
Fera Marentika mengatakan…
nah waktu itu aku bertamu ke rumah pakde, ada biji ketapang, ternyata anakku suka. sekarang PR mamanya nih hunting kue ini :))
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Mba feniiii, aku belum ngucapin hari raya deh. Minta maaf kalo ada salah2 kata selama ini ya mba, atau mungkin perbuatan yg menyinggung. 🤗😊.

Kue lebaran memang paling pertama aku urus. Walopun rumah ga kedatangan tamu, ttp hrs ada buat cemilan hahahah.

Fav ku pastinya nastar, kue salju, kastangel dan lidah kucing. Harus ada ini. Tapi kastangel makin kesini kenapa makin mahaaaaal hahahahahahah. Pusiiiiing liat harganya. Yg pake mentega dan keju biasa sih banyak. Tapi kalo udh pake keju tua trus butter, jangan tanyalah harganya 🤣

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja