6 Jajanan Khas Ramadan Terlaris dan Enak

Jajanan Khas Ramadan Terlaris dan Enak

Gaess, masih kuat puasanya kan? Soalnya rejekingalir.com mau bahas soal jajanan khas ramadan terlaris dan enak. Siapa tahu kan gara-gara bahas ini jadi oleng, eh, wkwkwk. Jangan lah ya. Namun jadi ini sebagai ujian mental demi lulus pada Hari Kemenangan nantinya, asiik.

Kenapa sih harus ada bahasan jajanan khas Ramadan unik dan lezat? 

Soalnya pada artikel sebelumnya rejekingalir.com udah bercerita terkait takjil Ramadan. Maka dari itu biar makin menggugah lagi rasa dan banyak dapat rekomendasi, disambungin nih dengan makanan khas Ramadan yang tak terlupakan, yaitu:

Jajanan Khas Ramadan Terlaris dan Enak
sumber: Cookpad

Es Timun Suri dan Es Belewah

Kudapan yang dua ini jadi jajanan khas ramadan murah dan enak. Bahkan kita juga bisa membuatnya sendiri (kalau lagi rajin hehe). Entah mengapa kalau kita perhatikan si timun suri dan belewah ini, muncul ramainya ketika bulan Ramadan. Pada 11 bulan kemudian, kok gak ada gitu ya? Padahal baik blewah maupun timun suri, keduanya bukan buah musiman.

Mungkin karena di bulan Ramadan, kebanyakan orang cenderung mencari yang segar-segar, sehingga keduanya ini bisa dijadikan pilihan sebagai minuman yang tinggal tambahkan es batu dan sirup. Dengan begitu, banyaknya permintaan pasar mengakibatkan para pedagang membuat banyak stok timun suri dan blewah.

sumber: resepkoki

Kolak Biji Salak

Saat mampir ke stan para pedagang takjil, acap kali kolak biji salak hadir menyertainya. Cara pembuatannya yang cukup mudah dengan bahan baku ubi jalar (bisa ubi putih, ubi merah dan ubi ungu yang menurut rejekingalir.com lebih nikmat), santan, gula merah, dan tepung kanji. Lalu dikemas praktis yang umumnya dalam keadaan dibungkus plastik maupun dalam cup.

Buah Kurma yang Nikmat

Kurma memang cocok jadi jajanan khas ramadan murah dan enak. Punya beragam varian misalnya kurma ajwa, kurma medjool, dan palm fruit, memiliki kandungan gizinya yang amat baik untuk tubuh seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Lewat buah kurma yang semisal langsung santap begitu saja, amat nikmat. Dijadikan olahan minuman pun juga bisa. Terlebih bisa nih dijadikan infused water, yang bakal membuat harihari kita menjalankan ibadah puasa makin bersemangat.

rekomendasi jajanan khas ramadan yang segar dan enak

Es Pisang Ijo

Hmm, rekomendasi jajanan nikmat saat bulan Ramadan ini mana ada sih yang bisa nolak, hehe. Udah seger dengan es dan rasa manisnya yang pas, ditambah lezatnya pisang yang diberi adonan berwarna ijo. Cocok sebagai hidangan berbuka puasa, maupun menjadi kudapan lepas melaksanakan solat tarawih.

Bubur Kacang Ijo Ketan Item

Kolaborasi yang apik antara ketan item dan bubur kacang ijo, menjadikan hidangan manis untuk berbuka puasa. Walaupun sih kuliner Ramadan ini juga bakalan sering kita lihat pada bulan-bulan lainnya, tapi tetep aja menjadi favorit sebagai jajanan khas ramadan yang selalu dicari.

rekomendasi jajanan khas ramadan yang segar dan enak
sumber: cookpad

Aneka Gorengan + Lontong

Nah, ini pun juga kolaborasi yang luar biasa dalam memanjakan lidah kita. Yes, aneka gorengan + lontong, menjadi jodoh yang tak terpisahkan sebagai jajanan buka puasa terlaris. Gimana gak laris, dari jam sekarang rejekingalir.com bikin artikel ini (pukul 14:23), itu tukang gorengan udah standby di titik manisnya, hehe. Lalu berdatanganlah mereka yang memang sudah menunggunya demikian sabar.

Baca Juga: Cara Isi Ngabuburit yang Gak Bikin Galau

Berbagai macam jajanan khas ramadan terlaris dan nikmat ini bisa menjadi inspirasi buat kamu. Pilih yang memang mau dimakan dan pasti habis ya gaess, agar tidak terbuang sia-sia dan bukan membelinya karena lapar mata. Jadi, yang mana nih favorit kamu? 

Komentar

Fanny_dcatqueen mengatakan…
Blm nemu es timun suri niiih 🤣. Padahal ini biasanya selalu aku cari kalo ramadhan. Apalagi buahnya selalu muncul pas puasa doang kan... Kayaknya sengaja yaa dibuat begitu mab, biar ekslusif 😄

Tapi fav ku dari dulu juga arem2 kalo bukaan. Dan kurma muda yg msh kuning atau merah. Aku ga suka kurma biasa. Tp kurma muda doyan banget. Lbh kriees dan manisnya ada sepet2nya
fendi.felix mengatakan…
Keliatan bener enak es pisang ijonya. Recomended banget ni.
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Masih menjadi penasaran saya kenapa timun suri buahnya hanya banyak saat Ramadan hahaha. Dulu saya selalu minum es ini karena suka. Tapi, suami gak suka. Jadinya sekarang diganti sama es blewah atau semangka. Udah pasti sekeluarga suka, deh.
YSalma mengatakan…
Blewah untuk campuran es buah ala-ala rumah. Gorengan juga pilihan semua lidah di rumah, kolak biji salak dan kolak pisang campur-campur untuk lidah terbatas.
Kalau timun suri lidahnya sampai sekarang masih belum akur.
Tapi nikmat bulan Ramdhan itu memang luar biasa, berbuka dengan air putih saja nikmatnya luar biasa, yang lain hanya pelengkap.
Setuju, saat berburu takjil jangan sampai lapar mata, ntar malah mubadzir.
Ila Rizky mengatakan…
Aku paling suka bubur kacang ijo pakai ketan hitam. terus biasanya kalau es pakai es timun suri. buat buka puasa seger banget. Gampang dicerna tubuh dan enakk
Bimo Rafandha mengatakan…
Kalau di Palembang nggak terlepas dari olahan pempek nih. Hehe. Tapi selalu penasaran dengan kolak biji salak. kayaknya susah banget nih ditemui di palembang.
Bimo Rafandha mengatakan…
Kalau di palembang pasti nggak lepas dari pempek sih. hehe. tapi penasaran banget dengan kolak biji salak. Susah banget kayaknya di palembang ya. :")
Tri Sapta mengatakan…
Semua saya suka. Enak dan khas Indonesia
Bunsal mengatakan…
Semua referensi kulinernya, ibarat kata mau dihidangkan semua pas momen berbuka, bakal ludes ndak bersisa.
Serba enak, seger dan pastinya juga sehat.
Apalagi kalau bikin sendiri.
Stefanny Fausiek mengatakan…
Klo aq suka berburu jajanan asinan sayur, gorengan dan bubur sumsum.
lendyagasshi mengatakan…
Pas disebut es ketan item, aku jadi nostalgia.
Pas hamil, pernah ngidam bubur ketam item. Dan dibeliinnya es ketan item. Hihihi.. memang di Bandung aga sulit dapetin bubur ketan item yang beneran padet gak cair.
deddyhuang.com mengatakan…
semua menu ini terasa enak banget kalau makan pas bulan puasa ya, aku juga masih nyari pedagang yang bikin menu-menu seperti ini buat takjil.
Sabrina mengatakan…
saya suka banget dengan es pisang ijo, rasanya khas banget dan suka banget dengan wanginya, sepertinya kalau buruan takjil ini yang bakal saya cari mba Fen
Siti Nurjanah mengatakan…
Di deket rumahku ga ada pasar takjil yg lengkap. Jadi paling mentok di kolak buah dan gorengan. Coba kalau ada kaya jajanan pasar juga, ehmm..bisa auto kalap
Helena mengatakan…
lewatin pasar ku lihat blewah tapi ga jadi beli, hahaha ragu gitu. mending beli buahnya atau es blewah yang tinggal sruput yah.
penasaran deh dengan timun suri dan blewah yang muncul hanya di bulan puasa. Kok bisa? kemana mereka di 11 bulan lainnya?
Raja Lubis mengatakan…
Kasta tertinggi jajanan khas Ramadan tetap dipegang oleh gorengan dan segala jenisnya. Walau Ramadan kali ini saya sudah mengurangi makan gorengan. Kalau kolak, saya suka kolak pisang aja.
Leyla Hana mengatakan…
Jajanan ramadan kesukaannya sama denganku. Aku juga suka biji salak dan pisang ijo itu. Tapi yang pisang ijo jarang penjualnya.
Ays tala mengatakan…
Kangen sama biji salak atau bubur candil kalo di Bandung . Di Malang ada menu sejenis tapi rasanya beda
Cindi mengatakan…
Es Timun Suri dan Es Blewah kebayang segernyaaa Kak :-D
Apalagi dimakan sama gorengan, udah nikmat banget..
Irra Octaviany mengatakan…
Ngiler banget ini lihat jajanan selama bulan ramadan yang entah kenapa nikmatnya bertambah berkali=kali lipat saat dikonsumsi saat bulan puasa..
Endah Kurnia Wirawati mengatakan…
Pisang ijo favoritku... Kalau saya di rumah biasanya nyetok timun biasa, sama nata de Coco, jd pas buka biasanya bikin timun serut+nata de Coco+selasih, tinggal tambah sirup dikit kalau pengen Manis. Kuenya mah beli aja deh di pasar. Hehehe

Postingan populer dari blog ini

Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja