Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

5 Gaya Hidup Sehat untuk Sistem Pernapasan Optimal

Bagaimana Cara Gaya Hidup Sehat untuk Sistem Pernapasan Optimal? Serta ciri-ciri gangguan kesehatan pada organ pernapasan apa saja?
Gaya Hidup Sehat untuk Sistem Pernapasan Optimal

Apakah kamu masih ingat tentang pelajaran sistem pernapasan saat sekolah? Cuss, kita flashback kecil-kecilan mengenai pelajaran IPA, khususnya biologi. Dalam pelajaran tersebut, diterangkan tentang sistem pada tubuh (anatomi) manusia yang terdiri dari sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem peredaran darah, sistem eksresi, sistem endokrin, sistem saraf, sistem otot, sistem kerangka, dan sistem integumen (kulit). Nah, khusus yang akan saya bahas di sini seputar sistem pernapasan. 

Apa Saja Bagian Sistem Pernapasan pada Manusia?

Kalau berbicara tentang organ pernapasan, yang terlintas pertama memungkinkan adalah hidung dan paru-paru. Untuk lengkapnya, berikut delapan organ sistem pernapasan manusia: 

  • Hidung sebagai organ pernapasan pertama dan saluran pertama masuknya udara.

  • Faring sebagai jalur masuknya udara dan makanan. Di bagian ini terdapat epiglotis berbentuk tulang rawan yang akan menutup ketika masuknya makanan ke arah kerongkongan. 

  • Laring berfungsi sebagai kotak suara kita dan membantu pernapasan.

  • Trakea atau batang tenggorokan sebagai penyaring udara menuju ke paru-paru.

  • Bronkus berfungsi sebagai penyaring udara dan terdapat silia (rambut kecil) sehingga dapat mencegah debu atau partikel lainnya dan dikeluarkan dalam bentuk lender/dahak.

  • Bronkiolus yaitu cabang bronkus penyalur udara ke alveoli.

  • Alveolus sebagai tempat pertukaran gas di tubuh kita.

  • Paru-paru sebagai organ pernapasan utama penampung udara (oksigen) lalu dialirkan ke pembuluh darah. Paru-paru terdiri dari bagian kiri dan bagian kanan (berukuran lebih besar dari yang kiri).

cara Gaya Hidup Sehat untuk Sistem Pernapasan Optimal
sumber gambar: hellosehat

Fungsi utama sistem pernapasan sebagai penyaring, pelembab, dan menghangatkan udara yang kita hirup. Selain itu, menjadi tempat bertukarnya gas oksigen dan karbondioksida yang nantinya hanya oksigen saja yang diedarkan melalui pembuluh darah, dan mengeluarkan karbondioksida. Tugas ini dapat berjalan optimal, tentunya dengan rasa peduli kita merawat organ pernapasan.  Sebab, bila tidak dirawat dengan pola hidup sehat, penyakit pada sistem pernapasan bakal berdatangan seperti yang saya rangkum dari laman Halodoc dan Healthline:

  • Asma: penyempitan dan peradangan pada saluran udara

  • Flu: terserangnya bagian sistem pernapasan akibat infeksi virus influenza 

  • Epligotitis, yaitu pembengkakan jaringan yang menutup tenggorokan

  • Pneumonia, yaitu radang paru-paru dengan menumpuknya cairan/nanah

  • Bronkitis, yaitu radang saluran bronkus 

  • Hipertensi pulmonal, yaitu penyempitan pembuluh darah paru-paru akibat tekanan darah tinggi

  • Croup yaitu infeksi virus akut ditandai ketika batuk menggonggong  

  • Kanker paru-paru

Ciri-ciri Organ Pernapasan Terganggu

Seseorang dapat mengalami risiko gangguan sistem pernapasan karena terpapar polusi, merokok, stres berat, berada di permukaan tinggi, maupun menderita obesitas. Maka pentingnya kita mengenali ciri-ciri kesehatan organ pernapasan yang mulai terganggu seperti kondisi badan mengalami demam, sakit tenggorokan, batuk berdahak, batuk kering, gelisah, suara parau, keringat dingin, napas berbunyi “ngik”, dada terasa sesak atau seperti terikat, dan bengkak pada bagian perut atau kaki. 

Pola Hidup Sehat untuk Sistem Pernapasan Optimal

Lalu apa yang harus dilakukan agar sistem pernapasan sehat? Caranya dengan menerapkan gaya hidup sehat secara teratur, yaitu:

1. Jaga Kebersihan Tubuh

Seringkali kita dengan mudahnya memegang benda, lalu tak dinyana menyentuh bagian wajah. Hal ini perlu diubah menjadi kebiasaan baik dengan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang benda atau berada di ruang publik, serta saat hendak bersin atau batuk usahakan menutupnya dengan tisu atau gunakan bagian lengan, agar virus tidak menyebar ke udara. Tak lupa untuk mandi minimal 2 kali sehari.

pola hidup sehat untuk organ pernapasan manusia seperti apa
ilustrasi gambar dari freepik

2. Hindari Kebiasaan Merokok

Asap rokok dan merokok, adalah dua hal yang sangat dianjurkan untuk dihindari. Kita pasti tahu akibat yang ditimbulkan, salah satunya adalah memberikan pengaruh buruk bagi organ pernapasan. Sebab munculnya penyakit, ibaratnya seperti gunung meletus yang dapat meledak kapan saja saat tingginya penumpukan magma.

3. Beralih dan Pertahankan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat yang dilakukan secara berkesinambungan hendaknya terus dipertahankan. Bila belum rutin, saatnya untuk lekas beralih dengan menerapkan olahraga secara teratur, konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung Zinc, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Kalium, Magnesium, dan Selenium, serta penuhi kebutuhan minum air putih yang bermanfaat untuk melapangkan sistem pernapasan dengan melarutkan lendir (mucus) yang menumpuk setiap hari. 

4. Hindari Terpapar Polusi

Paparan polusi dari asap kendaraan, asap pabrik, dan asap rokok menjadi momok yang sebisa mungkin kita hindari agar tidak menggangu kesehatan sistem pernapasan. Kita bisa menggunakan masker wajah sebagai pelindung tatkala berada di luar ruangan. Sedangkan untuk di dalam ruangan atau rumah usahakan untuk membuka jendela ketika pagi, bersihkan rumah, dan sediakan ventilasi agar sirkulasi udara dapat bekerja sebagaimana mestinya. 

5. Vaksinasi dan Berkonsultasi

Contoh selanjutnya penerapan agar organ pernapasan sehat dengan melakukan vaksin pneumovax (untuk mencegah pneumonia dan dianjurkan bagi perokok), vaksin influenza, vaksin MMR (campak, gondok, rubella), dan vaksin batuk rejan (pertusis). Bila diperlukan, konsultasi dengan dokter dapat dilakukan sebagai langkah skrining dini. 

pola hidup sehat untuk organ pernapasan manusia seperti apa
ilustrasi gambar dari freepik

Penutup

Gaya hidup sehat untuk sistem pernapasan merupakan hal yang patut diperhatikan, karena sebagai aset masa depan tubuh kita. Dengan menjaga kesehatan organ pernapasan, sebagai langkah kewajiban kita kepada Maha Pencipta yang telah memberikan nikmat hidup dan sehat. Nah, jangan sampai terlewatkan nih untuk lanjut membaca artikel 7 Cara Jaga Kesehatan Usus dengan Gaya Hidup Sehat, sehingga tubuh pun menjadi lebih bugar dan siap untuk beraktivitas.


Sumber materi:

  • https://www.halodoc.com/artikel/pola-hidup-sehat-untuk-mencegah-infeksi-saluran-pernapasan
  • https://hellosehat.com/pernapasan/sistem-pernapasan-manusia/
  • https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/urutan-organ-pernapasan-manusia#:~:text=Urutan%20saluran%20pernapasan%20manusia%20yang,Paru%2Dparu%20(pulmo)

36 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Annie Nugraha mengatakan…
Jangan lupa juga diinfokan bahwa perokok PASIF tuh lebih bahaya daripada perokok AKTIF. Seringkali timbul banyak korban akibat sering berada di lingkungan para perokok meskipun dia tidak merokok.

Saya jadi teringat dengan kejadian yang menimpa istrinya Indro Warkop. Istrinya gak merokok tapi karena sering berada di dekat Indro yang merokoknya heboh, istri akhirnya kena kanker paru-paru. Itu disesali oleh Indro sampai sekarang.
Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
setuju, penting banget menjaga kesehatan pernapasan ini

Udah setahun ini saya olahraga jalan pagi, khususnya ngambil jalan menanjak

dan hasilnya emang bagus, sekarang mudah tidur
Komen Blog rejekingalir.com
Nanik nara mengatakan…
Faring, laring, Trakea.
duh beneran ini aku mbacanya sambil mengingat-ingat pelajaran biologi jaman sekolah dulu.

Pernafasan itu penting banget, jadi memang mesti dijaga demi kesehatan paru-paru kita
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Suami pernah kena masalah di paru-paru namanya PPOK. Kata dokter akibat merokok, padahal suami udah berhenti merokok 20 thn yl. Nah, masalahnya kata dokter, efek negatif merokok tuh memang gitu, walaupun udah berhenti, ternyata bisa muncul bertahun kemudian. Serem ga sih...
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Yang sulit itu menghindari asap rokok dari orang lain. Padahal justru jadi perokok pasif itu yang paling berbahaya.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Saya kan punya amandel nih. Nah kalau sedang kambuh, pernafasan juga terganggu banget
Sesak dan tenggorokan terasa panas
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Sufitri mengatakan…
Menjaga kesehatan paru-paru kita itu tidak semudah teori. Yang paling menyesakkan adalah saat seseorang menjadi perokok pasif. Walaupun sudah banyak ruangan terpisah smoking area dan non smoking, tetap saja asap rokok ke mana-mana. Bingung juga begini keadaannya. TFS mak.
Komen Blog rejekingalir.com
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Sebagai penderita alergi dan asma, buat saya memang penting banget menjaga kesehatan pernapasan... Harus selalu sedia masker supaya terhindar dari polusi...
Komen Blog rejekingalir.com
Mirza Pradita mengatakan…
Asik dapet tips lg soal hidup sehat. Harus diterapin nih. Asli pernah nyesel ga hidup sehat soalnya dulu pernah sakit TBC
Komen Blog rejekingalir.com
Elva Susanti mengatakan…
Pentingnya menjaga kesehatan pernapasan, soalnya pernah mengalami napas agak ngos gitu mendadak, sejak itu mulai dirutinkan olahraga atur pernapasan. Makasih mbak Feni udah mau berbagi informasi
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
MashaAllaa yaa..
Mahal sekali nikmat Allah yang satu ini.
Aku kemarin barruu aja ngebersihin air-pirifier dan dapat debu tebeell banget.

Kepikiran gitu, Allah subhanahu wa ta'ala menciptakan kesempurnaan organ manusia, terutama pernapasan. Karena ga perlu dibuka dan disikat, uda bersih dengan sendirinya ketika bersin atau dikeluarkan melalui exhale.

Kebayang kalau kaya mesin, gitu yaa..
Kudu dibongkar pasang.. Habis uang berapaaa.. dan pastinya tersiksa sekali.

Alhamdulillahilladzi bi ni'matihi tatimmush sholihat.
Komen Blog rejekingalir.com
bu guru mengatakan…
Polusi sih mbak yang susah banget dihindari, kita ngga merokok tapi di tempat umum banyak yang merokok. Kalau ngga rokok ya vape, mana wangi kan baunya. duuuh
Komen Blog rejekingalir.com
Bening Pertiwi mengatakan…
yang paling susah kayaknya hindari terpapas polusi ya. apalagi kalau keluar rumah, agak susah menghindari polusi. mau di rumah terus biar enggak ketemu polusi, tapi bosen juga heheheh
Komen Blog rejekingalir.com
Aku tuh kalau lagi di tempat umum suka sebal sama orang yang gak aware dengan kesehatan orang lain. Kita tetap harus menjaga kesehatan pernafasan juga, makan teratur dan pola hidup sehat juga penting sekali.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Sistem pernapasan ini pastinya menjadi salah satu organ yang harus dijaga. AKu pernah ngerasain sesak pas hamil dan subhanallahu, sakiiitt banget. Kaya ikan yang diangkat dari air, engap-ngap..
Huhuu.. semoga dengan gaya hidup sehat dan mensyukuri nikmat sehat dari Allah, Allah berikan kesehatan seluruh organ tubuh ini. Aamiin~
Komen Blog rejekingalir.com
Susi Susindra mengatakan…
Banyak juga ya ternyata, penyakit dari sistem pernapasan. Harus hati-hati benar kalau gitu. Kebersihan organ pennapasan juga perlu diperhatikan.
Komen Blog rejekingalir.com
Yurmawita mengatakan…
Mahal banget memang ya sehat itu, apalagi nih kesehatan organ paru tapi kalau seperti alergi menahun ini pastinya sangat mempengaruhi gaya hidup kita
Komen Blog rejekingalir.com
Rokok nih yang enggak bisa dihindari
Di sekeliling banyak rokok
Bahkan orang terdekat pun ahli hisap
Namun artikel ini saya sodorin supaya mereka sedikit demi sedikit sadar
Komen Blog rejekingalir.com
Eni Rahayu mengatakan…
Sudah 2 orang keluarga saya yang meninggal karena aktif merokok. Bapak kena stroke dan adik kena paru-paru yang diawali dengan kanker rahang. Sayangnya kalau orang udah kecanduan merokok meskipun tahu kalau berbahaya ya tetap saja sulit melepaskan.
Artikel yang sangat bermanfaat, menjaga pola hidup agar tetap sehat memang butuh niat yang sangat kuat ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Iim Rohimah mengatakan…
Beberapa bulan ini saya mulai aware dengan kesehatan pernafasan juga. Salah satunya dengan jogging ke area pesawahan dekat rumah untuk mendapatkan udara yang lebih sehat dan menjaga kesehatan badan.
Komen Blog rejekingalir.com
Adriana Dian mengatakan…
Selain nggak merokok, kayanya penting juga bagi yang nggak ngerokok buat ngehindarin asap rokok ya mak.. huhuhu. Polusi juga salah satu yang sulit dihindari bagi masyarakat kota ya mak
Komen Blog rejekingalir.com
YWidya mengatakan…
Sangat sulit menjaga agar tidak terpapar polusi, apalagi saya hidup di kota besar.yang pasti selalu pakai masker sih. Tapi saya setuju dengan pola hidup sehat menjaga kesehatan pernapasan
Komen Blog rejekingalir.com
Karunia Sylviany Sambas mengatakan…
Saya udah nerapin pakai masker sejak sebelum pandemi, Mba. Rasanya memang lebih nyaman buat saya yang naik kendaraan umum. Namun untuk rokok, saya masih terpapar perokok aktif. Kalau sudah begitu bisa sesak saya.
Komen Blog rejekingalir.com
Raja Lubis mengatakan…
Saya nggak ngerokok, tapi sayangnya lingkungan sekitar kurang aware. Dan saya pun pernah terkena penyakit gara2 asap rokok. Soal rokok memang kalau bukan kesadaran individu dan sosial yang tinggi, sulit sekali para perokok ini untuk berhenti.
Komen Blog rejekingalir.com
Inia lutarfus mengatakan…
Keponakan saya kemarin sempat sering masuk rumah sakit karena masalah pernapasan padahal di rumah nggak ada satupun yang ngerokok sedih banget emaknya sampai nangis anaknya jadi sensitif ternyata kenanya di luar waktu jalan-jalan
Komen Blog rejekingalir.com
Antung apriana mengatakan…
Wah aku sudah lupa nama organ pernafasan Kita kecuali paru-paru baca ini jadi ingat lagi deh
Komen Blog rejekingalir.com
Wahyu Eko C mengatakan…
aku merokok sesekali, bukan kecanduan yg harus tiap hari yg mulutnya asam klo gk ngerokok, aku enggak, hanya merokok pas disaat nongkrong di circle kebanyakan merokok jadi ikutan jg. Kira-kira bahaya gk ya. dalam sebulan mungkin hanya 1 kali doang dan sangat jarang bgt
Komen Blog rejekingalir.com
Inda Chakim mengatakan…
Gaya hidup sehat ngasih dampak positif di berbagai lini termasuk dlm hal kesehatan pernapasan. Aku pun dikasih saran untuk mengubah gaya hidup lebih sehat demi bisa sembuh dari asma. Tp entah kapan ni bisa aku lakuin.
Komen Blog rejekingalir.com
Mporatne mengatakan…
Baca blog jadi ingat anak kecil di tiktok yang hapal bagian organ di paru-paru. Yang penting jangan merokok dan menghindari hirup udara rokok
Komen Blog rejekingalir.com
Kang Geri mengatakan…
ini mah makanan saya pas kuliah biologi, sampe segala hal dibahas, tapi itu dulu, sekarang mah udah lupa hahaha .. jdi keingetan lagi bacanya, ilmu yang penting sebetulnya, pengetahuan umum yang sangat bermanfaat
Komen Blog rejekingalir.com
Harianeko.com mengatakan…
Merawat pola sehat dilingkungan sekitar kita wajib dilakukan setiap hari kak agar terhindar sgla bentuk bakteri dll.
Komen Blog rejekingalir.com
Ririn Wandes mengatakan…
Penting sekali ini untuk mengetahuinya terutama menjaga kesehatan sistem pernapasan begini. Dengan gaya hidup sehat yang dijalankan semoga terus terjaga deh sistem pernapasan.
Komen Blog rejekingalir.com
Pipit ZL ceritaoryza.com mengatakan…
Nah, apalagi buat yang tinggal di Jakarta, ubuh aja dah terasa mulai berdebu ya kak. Masker sih yang wajib selalu dipakai IMO
Komen Blog rejekingalir.com
Priyani Kurniasari mengatakan…
Sepertinya urusan merokok ini yang rada susah untuk berhenti ya, soalnya presentase pria tidak merokok di Indonesia ini termasuknya kecil
Komen Blog rejekingalir.com
Yanti Alif mengatakan…
Kita sudah menjgaa kesehatan eh ada yang merokok di dket kita dengan sntainya sama aja kan kita perokok pasif makanya penting banget tegas sma perokok2 ini supaya gk merokok sembarangan nih karna penyakit pernafasan gampang menyerang siapa aja
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Menjaga kesehatan ini penting sekali.
Dan banyaknya penyaring yang Allah berikan untuk pernapasan membuat manusia banyak bersyukur karena kerumitannya yang jelas menjadi nikmat luar biasa.

Semoga dengan menjaga polahidup sehat dari makanan hingga lifestyle, semua organ bisa bekerja dengan baik.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network