Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

7 Cara Jaga Kesehatan Usus dengan Gaya Hidup Sehat

bagaimana cara menjaga kesehatan usus dengan gaya hidup sehat agar dapat mencegah kanker usus besar?
bagaimana tips menjaga kesehatan usus

Kalau mau sehat pada tubuh, maka jaga dulu kesehatan usus. Kalimat tersebut bukan seperti isapan jempol semata. Pasalnya menurut Dokter Frank Lipman (Afrika Selatan), bahwa sekitar 70% sistem imun pada tubuh berada di sekitar usus. Bila ada masalah kesehatan, terjadi karena ketidakseimbangan mikrobioma usus. Dari sini, rejekingalir.com mau ajak kamu untuk mengulik lebih dalam bagaimana cara menjaga kesehatan usus dengan gaya hidup sehat. 

Yuk, Kenalan Sama Usus Kita!

Jika membicarakan usus, jadilah kita bernostalgia dengan pelajaran biologi. Masih ingat kan, kalau usus itu bagian dari sistem pencernaan? Usus yang berada di dalam tubuh kita terdapat:

  • Usus halus berfungsi untuk melawan penyakit, membantu makanan yang masuk ke tubuh mudah dicerna, dan menetralkan asam lambung. Terdiri dari usus 12 jari (duodenum), usus penyerapan (ileum), dan usus kosong (jujenum).

  • Usus besar (colon) terdiri dari usus besar, sekum, usus buntu, rektum, dan anus. Di sini penyerapan cairan dan vitamin dilakukan, kadar asam pada tubuh distabilkan, serta memproduksi antibodi bersama jaringan limfoid. 

Bagaimana cara menjaga kesehatan usus agar tidak kena kanker usus besar
sumber gambar Alodokter

Waspadai, Tanda-tanda Usus Kotor

Mengapa perlunya kita menjaga kesehatan usus? Jaga organ maupun bagian tubuh kita, menjadi salah satu tanda syukur atas nikmat hidup yang diberikan . Bila tidak kita jaga dengan sepenuh hati, pastinya akan balik lagi dampaknya kepada diri kita sendiri, bukan?

Maka dari itu, usus yang tidak bersih, memberikan pengaruh tidak menyenangkan pada tubuh. Hal ini bisa kita lihat dari tanda-tanda bila usus kita kotor yaitu sering migrain, sulit BAB (buang air besar), nafsu makan tiba-tiba meningkat, alergi, iritasi pada kulit, mood swing, tubuh sering lelah, wajah berjerawat, insomnia, dan pada bagian perut tidak nyaman. Nah, untuk ciri usus yang sehat dapat kita ketahui dari frekuensi BAB teratur dengan (maaf) feses tidak keras dan berwarna kecokelatan, suasana hati dan berat badan stabil, rambut tidak mudah rontok, kuku kuat.

Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Usus dengan Baik

Ketidaknyamanan pada tubuh tentunya akan mempengaruhi suasana hati, misal yang tadinya bahagia udah mau siap-siap bepergian ke suatu tempat, eh lantaran kepala migrain jadilah urung untuk melakukan perjalanan. Oleh karenanya, jangan sampai lengah membiarkan usus kita tidak bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Bukan itu, saja, dampak buruk tidak menjaga kesehatan usus dapat mengakibatkan:

  1. Timbulnya gangguan pencernaan, seperti perut penuh gas, kembung, rasa mulas yang tidak nyaman, diare, hingga sembelit.
  2. Tidur menjadi tidak lelap, dan tubuh mudah kelelahan.
  3. Keadaan emosional yang tidak stabil seperti stres tinggi, dan penuh kecemasan
  4. Berpontensi tinggi terkena penyakit, seperti flu, tifus, obesitas, infeksi usus, sembelit kronis, penyakit jantung, dan kanker usus.


apa yang terjadi jika usus kotor
ilustrasi usus kotor (freepik)

Kalau dilihat dari potensi penyakit yang ditimbulkan dari usus yang tidak sehat, amat berat, ya? Apalagi merujuk kepada laman WHO disampaikan bahwa kanker usus besar adalah penyebab kedua kematian yang disebabkan kanker. Penyakit ini tidak mengenal gender, dimana terjadi di Indonesia hampir 6% menimpa perempuan dan 12%-nya adalah laki-laki (Data Globocan 2020). Dengan begitu, sudah semestinya kita bisa lebih peduli lagi dengan kesehatan pada bagian usus.

Langkah Menjaga Kesehatan Usus dengan Gaya Hidup Sehat

Dalam keseharian kita, khususnya ketika sedang menyantap hidangan, mungkin terpikirkan atau tidaknya, betapa butuh kerja kerasnya sistem pencernaan kita memproses makanan yang masuk ke dalam mulut, hingga kemudian dicerna, diserap, lalu ampasnya dikeluarkan. Kurang lebihnya kerja keras tersebut menjadi bahan renungan untuk kita, agar senantiasa menjaga agar sistem pencernaan, khususnya usus dapat bekerja sebagaimana mestinya, melalui gaya hidup sehat, dengan menerapkan:

1. Batasi Garam, Gula, dan Lemak 

Kita pastinya tahu bahwa membatasi konsumsi garam, gula, dan lemak menjadi salah satu gaya hidup sehat yang tepat. Bila berlebihan dalam penggunaannya, akan memberikan dampak buruk bagi usus. Berlebihan dalam penggunaan gula, dapat mendukung perkembangbiakan bakteri jahat dalam usus. Apalagi bila gula yang dikonsumsi adalah pemanis buatan, efek yang ditimbulkan beragam dari yang menjadi penyebab diare, membuat perut nyeri dan terasa penuh, hingga sulitnya bakteri baik dalam usus kita melakukan fungsi penyerapan sari-sari makanan. 

Garam yang dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan buruknya kinerja bakteri Lactobacillus Murinus, padahal bakteri ini bermanfaat dalam melindungi susu dari mikroorganisme jahat dan kesehatan lapisan pada usus terjaga. Dengan tingginya konsumsi garam, pertahanan usus akan semakin menipis. 

Konsumsi asupan yang mengandung lemak secara berlebihan, dapat mengiritasi bagian kerongkongan. Hal tersebut dikarenakan saluran pencernaan, khususnya usus terasa berat, dan produksi asam lambung meningkat. Bila terus terjadi pembiaran naiknya asam lambung hingga sampai ke kerongkongan, perut akan terasa perih. 

Oleh karena itu bijaknya penggunaan lemak, garam, dan gula harus kita lakukan. Pembatasan ini bukan berarti menghilangkan sepenuhnya, karena walau bagaimanapun, tubuh kita juga memerlukan asupan tersebut.

mengapa gaya hidup sehat mempengaruhi kesehatan usus
ilustrasi perut sakit (freepik)

2. Kurangi Makanan Siap Saji

Makanan siap saji memang praktis untuk kita santap, karena penyajiannya yang cepat. Hanya saja, jangan pula terlalu sering mengonsumsinya, karena umumnya kandungan lemak jenuhnya terbilang tinggi dan kadar natriumnya berlebihan, sehingga tidak baik untuk kesehatan mikrobioma usus. 

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Pastinya kita sering mendengar kata “probiotik”. Yups, jenis makanan probiotik memiliki manfaat bagus untuk usus kita selalu optimal. Probiotik adalah bakteri-bakteri baik yang menguntungkan untuk tubuh. Untuk mendapatkan asupan mengandung probiotik, bisa melalui tempe, acar (fermentasi mentimun dan wortel dengan air+garam), yoghurt, kimchi, minuman fermentasi biji kefir dengan susu (sapi/kambing/domba), sauerkraut (fermentasi kubis/kol), miso, natto (fermentasi kedelai). 

4. Perbanyak Asupan Mengandung Serat Prebiotik

Kalau pada cara menjaga kesehatan usus dengan gaya hidup sehat poin 3 adalah probiotik, maka pada poin 4 ini tentang prebiotik. 

Eh, bukannya sama ya, probiotik dan prebiotik?

Berbeda, gaess. Prebiotik adalah serat khusus yang mendukung sistem pencernaan menjadi lebih lancar, dan membantu peningkatan bakteri baik di usus makin meningkat. Jenis-jenis asupan yang mengandung serat prebiotik ini dapat kita temukan pada kacang-kacangan, daun bawang, biji-bijian, asparagus, sereal, apel, chia seeds, pisang, tomat, dan rumput laut.


manfaat minum air putih untuk kesehatan usus
ilustrasi minum air putih (freepik)

5. Jangan Malas Minum Air Putih

Manfaat air putih tidak hanya melepas dahaga kita semata. Kunci gaya hidup sehat ini, memiliki fungsi brilian untuk kesehatan usus seperti memudahkan pembersihan usus, mengurangi gangguan sembelit, sebagai pelarut makanan yang sulit dicerna di usus, membuang limbah yang telah menumpuk di usus, dan mencegah kanker usus besar. Oleh karena itu, jangan sampai malas minum air putih ya!

6. Jauhi Perasaan Cemas dan Stres

Ketika perasaan cemas seperti stres melanda diri kita, mikrobiota usus langsung bereaksi dengan melepaskan metabolit, racun, dan hormon saraf sehingga suasana hati dapat berubah. Kondisi seperti ini bila terjadi pembiaran, merujuk pada laman Medical News Today, dapat mempengaruhi kesehatan usus kita, yaitu Irritable Bowel Syndrome atau sindrom iritasi usus besar, sehingga harus mendapat pengobatan lebih lanjut dari ahli kesehatan.

7. Olahraga Rutin Sesuai Jadwal

Saat melakukan olahraga secara rutin dengan terjadwal akan memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh, ketimbang yang dilakukan sekali-sekali, atau ketika sedang ingat saja. Padahal manfaat olahraga ringan yang rutin dikerjakan misalnya jogging, lari, senam, yoga, dapat membantu keseimbangan mikrobiota usus terjaga, risiko sembelit dapat dicegah, dan pergerakan usus lebih optimal. 

apa saja menjaga kesehatan usus
ilustrasi dari freepik

Penutup: Jaga Ususmu, Maka Usus akan Menjagamu

Cara menjaga kesehatan usus dengan gaya hidup sehat, menjadi langkah penting agar tubuh senantiasa dalam keadaan bugar. Apalagi sistem pencernaan kita ini, adalah salah satu yang memiliki peranan untuk menciptakan suasana hati lebih bahagia. Bahasan tentang sistem pencernaan lainnya, kamu bisa mampir ke artikel Lambung Sehat Saat Puasa dengan Gaya Hidup Sehat, ya! Semangat menjaga kesehatan usus, maka usus akan menjaga kita. 


Sumber materi:

  • https://ygi.or.id/
  • https://www.alodokter.com/
  • https://www.suara.com/health/2021/03/01/181000/dokter-masalah-kesehatan-usus-menjadi-sumber-segala-penyakit
  • https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/colorectal-cancer 

28 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Demia Kamil mengatakan…
Aku juga lagi berusaha banget ih membatasi asupan garam, gula, dan lemak, soalnya deket banget sama keseharian aku huhuhu, sama perbanyak minum air putih juga, semoga terus konsisten hehehe
Komen Blog rejekingalir.com
Jiah Al Jafara mengatakan…
Usus, bagian pencernaan yang sama pentingnya dengan organ lain. Kalau ada yang gak beres, kita juga yang bakal sakit. Beneran kudu cintai ususmu ya. Catet deh tips-tipsnya
Komen Blog rejekingalir.com
Khoirur Rohmah mengatakan…
Sudah terbukti dengan apa yang dialami keponakan karena gaya hidup. Mulai makanan yang dikonsumsi, kebiasaan minum air putih yang kurang, dan suka menunda saat mau buang air kecil, berdampak banget dengan usus
Berkaca dari itu, aku pun sangat berhati hati betul dengan apa yang perlu dikonsumsi
Jaga pikiran biar ga stress juga termasuk
Komen Blog rejekingalir.com
Keke Naima mengatakan…
Pencernaan memang katanya jadi otak kedua manusia. Makanya perlu dijaga kesehatannya. Saya sekeluarga rutin juga mengkonsumsi probiotik. Karena memang bagus buat pencernaan.
Komen Blog rejekingalir.com
Ulihape mengatakan…
Benar banget harus bisa menjaga badan dan semua pemberian Allah, dan ternyata besar juga efek kalo usus ga sehat ya. Aku termasuk malas makan serat tapi demi jaga usus aku minum suplemen serat dan emang berasa beda kalo serat kurang..sehat2 ya kita
Komen Blog rejekingalir.com
Arda Sitepu mengatakan…
Penting banget ya mbak menjaga kesehatan usus. Apalagi kalau pencernaan bagus maka semua pekerjaan tubuh akan menjadi mudah. Hal yang masih sulit dilakukan adalah konsisten berolahraga kak.
Komen Blog rejekingalir.com
Sovi Nur Wakhidah mengatakan…
Makasih untuk 7 tips menjaga kesehatan ususnya, Mbak. Ini jadi reminder buat aku yang suka makan makanan pedas dan fast food. Perut kadang nggak karuan. Aktivitas jadi terganggu.
Komen Blog rejekingalir.com
Lita Chan Lai mengatakan…
Ngeri juga ya, lihat usus yg ada dalam tubuh kita. Kalau ga pinter2 jagainnya bisa bahaya. Makasi ya tips2nya. Jadi lebih awareness dg kesehatan.
Komen Blog rejekingalir.com
Diah Alsa mengatakan…
jujurly masih banyak nih yang belum konsisten dikerjakan untuk menjaga kesehatan usus, sedih sih sebenarnya tapi godaannya masih begitu berat ini, apalagi yang olahraga nih, ampuunn deh.
Komen Blog rejekingalir.com
Nanik nara mengatakan…
Ternyata nggak cuma sembelit aja efeknya kalau usus bermasalah, bahkan bisa mempengaruhi suasana hati, terus bisa bikin jerawatan juga.

Jadi emang penting banget ya menjaga kesehatan usus itu. Usus sehat, badan pun sehat, suasana hati bagus. belajar ataupun bekerja pun pastinya jadi nyaman, fokus dan bisa optimal hasilnya
Komen Blog rejekingalir.com
Catcilku mengatakan…
Ternyata migrain bisa disebabkan oleh usus kotor ya. Adakah cara cepat dan sehat supaya usus bisa bersih kembali?
Komen Blog rejekingalir.com
Ophi Ziadah mengatakan…
Sepakat mba, organ pencernaan terutama usus memang penentu kesehatan organ tubuh lainnya. Klo mau beneran sehat, mulai dr menyehatkan usus dan saluran cerna sih
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Sudah lama saya memiliki masalah di pencernaan. Padahal makan sayur ok. Minum air putih juga lancar. Mungkin karena stress dan pikiran?
Komen Blog rejekingalir.com
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Banyak hal yang bisa dilakukan ya mba untuk. Jaga usus agar sehat. Minum air putih menurutku memang kunci. Dan jangan terlalu cemas itu ya penting karna mempengaruhi psikis
Komen Blog rejekingalir.com
Idah Ceris mengatakan…
Ya ampun, sampai mood swing juga pengaruhnya, ya. Yukk bisaa yukkk, buat menjaga kesehatan usus meskipun masih banyak PR. Seperti mengurangu makanan siap saji. Bismillah...
Komen Blog rejekingalir.com
AlineaLala mengatakan…
Penting banget nih mesti jaga kesehatan usus, soalnya aku udah ngerasa mulai bergas banget dan jadinya mudah cemas serta stress juga.
Semoga bisa segera mengurangi tingkat stress, cemas serta memperhatikan asupan makanan supaya usus kian sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Idah Ceris mengatakan…
Ya ampun, sampai mood swing juga pengaruhnya, ya. Yukk bisaa yukkk, buat menjaga kesehatan usus meskipun masih banyak PR. Seperti mengurangu makanan siap saji. Bismillah...
Komen Blog rejekingalir.com
Menjaga pola makan itu memang salah satu kunci untuk menyehatkan tubuh kita. Walau samapai sekarang kadang aku pun masih suka bandel, tapi tetap selalu mengurangi makanan yang tidak sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Dewi Rieka mengatakan…
Ternyata asupan makanan sangat berpengountuk kesehatan usus ya, sedang berusaha mengurangi gula dan lemak nih biar perut nyaman dan pencernaan sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Susi Susilawati mengatakan…
Anak kedua saya juga lagi ada masalah di ususus, udah bolak balik dokter anak. Semoga secepatnya masalah ini clear. Emang jangan anggap sepele masalah usus tuh ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Susi Susilawati mengatakan…
Anak kedua saya juga lagi ada masalah di ususus, udah bolak balik dokter anak. Semoga secepatnya masalah ini clear. Emang jangan anggap sepele masalah usus tuh ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Gaya hidup dan pola makan memang harus dijaga banget biar usus kita sehat. Kalau lagi kambuh tuh, perut begah, badan pegel gak karuan dan sampai sakit kepala.

Selain itu, stres juga memicu usus kita bermasalah. Semoga saya bisa menjalani hidup sehat biar usus sehat dan juga sehat.
Komen Blog rejekingalir.com
Novitania mengatakan…
Kakkk, ah kayanya usus aku kotor deh, soalnya aku sering gangguan pencernaan.fix sih kayanya aku harus lebih aware
Komen Blog rejekingalir.com
Yurmawita mengatakan…
Menjaga makanan bisa tapi kalau menghindari stres dan pikiran itu yang sulit karena seringkali datang tiba-tiba tanpa diundang hehe
Komen Blog rejekingalir.com
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Sering kita tidak menyadari kalau usus juga memegang peranan penting dalam saluran pencernaan. Maka Dari itu sebisa mungkin dijaga dengan pola hidup sehat ya Mbak
Komen Blog rejekingalir.com
Karunia Sylviany Sambas mengatakan…
Duh, lagi-lagi perkara gaya hidup bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh, ya, Mba. Meski memang tak mudah bukan berarti nggak bisa kita ubah hal yang kurang baik untuk kesehatan di masa depan, ya.
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Ternyata kesehatan itu sambung menyambung yaa..
Dari mulai kesehatan usus, bisa memengaruhi ke semua organ lainnya. Jadi inget kalau kudu banget menjaga apa yang kita konsumsi agar sehat lebih lamaaa.. ini maknanya yaa..
Komen Blog rejekingalir.com
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku sekarang rutin mba minum kombucha (teh fermentasi). Udh sekitar 2 tahun lah

Banyak banget yg dirasain setelah rutin minum kombucha tiap pagi. Yg pasti jadi lancar bab , jarang sakit, jarang masalah ama perut.

Dulu sebelum kombucha aku susah bab nya. Pasti butuh teh pencahar atau apalah yg bikin mules. Cuma ga bagus krn nantinya jadi terbiasa bab pakai obat. Sementara kombucha fermentasi alami yg mengandung probiotik bagus utk usus.

Minum air putih juga. 2 liter sehari selalu rutin. Apalagi aku memang disuruh banyak minum ama shinshe china.

Kalo itu rutin dilakuin, usus bakal jarang masalah kok

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network