Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Mengenal Lever: Apa, Penyakit, Penyebab dan Cara Menjaganya

Mengenal lever atau hati. Dari apa ciri-ciri lever bermasalah, penyakit hati, penyebab dan cara menjaganya

Dalam menerapkan gaya hidup sehat, manfaat yang dirasa tidak hanya menjadikan tubuh lebih bugar saja, tetapi juga pada bagian organ lebih sehat. Penting untuk mengenal kondisi diri, dan penerapan pola hidup sehat yang rutin. Salah satunya, untuk kita mengenal lebih dekat tentang “Lever: apa, penyakit, ciri-ciri lever bermasalah dan bagaimana cara menjaganya. 

apa ciri-ciri lever hati bermasalah

Apa Itu Lever?

Eh kok lever? 

Yups, lever ya. Bukan liver, karena ini kata tidak baku. 

Jadi, apa itu lever dalam tubuh kita? 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, lever berarti hati. 

Letak lever berada di sisi kanan rongga perut dan berada tepat di bawah diafragma. Dengan dua lobus (kanan dan kiri) yang memiliki ukuran berbeda, dan berwarna coklat kemerahan tua. Sebagai organ pada tubuh kita, hati memiliki fungsi dalam sistem pencernaan untuk:

  • Menstabilkan gula darah 
  • Menyimpan cadangan energi dan protein
  • Memproduksi cairan empedu
  • Detoksifikasi, membersihkan darah dari zat-zat berbahaya yang berpotensi menjadi racun 
  • Merombak sel darah merah yang sudah tua menjadi senyawa pewarna empedu (biliverdin)
  • Mengatur imunitas tubuh, karena masih bagian dari sistem fagosit mononuclear (pembentukan sel kekebalan tubuh)
  • Menyerap vitamin K dan membantu dalam penggumpalan darah, dan pembekuan darah. 
  • Menjaga tekanan darah melalui produksi albumin
  • Memproduksi hormon yang terkait dengan perkembangan dan pertumbuhan tulang/otot.
  • Membantu produksi kolesterol dan trigliserida (jenis lemak yang mengalir dalam darah). 

sebutkan sembilan jenis penyakit lever hati
ilustrasi ciri-ciri lever bermasalah (freepik)

Apa Ciri-ciri Lever Bermasalah?

Sehatnya lever dengan menjalankan fungsinya secara optimal, tentunya akan berpengaruh pada kehidupan kita. Tubuh terasa lebih bugar saat beraktivitas. Hanya saja, kita pun perlu peka ketika ada hal-hal yang tak biasa dengan memahami apa saja ciri-ciri lever bermasalah:

  • Bagian perut bengkak (asites) dan terasa nyeri
  • Bengkak pada bagian kaki dan pergelangan kaki (edema)
  • Mata dan kulit terlihat kekuningan (jaundice)
  • Urine berwarna gelap
  • Feses pucat atau BAB berdarah
  • Gatal pada kulit
  • Rasa lelah yang kronis
  • Selera makan menghilang
  • Mual atau muntah
  • Seringkali mengalami memar pada tubuh

Macam-macam Penyakit Lever yang Perlu Kita Waspadai

Kalau sudah membicarakan penyakit, akan membuat kita bergidik. Terlebih adalah penyakit hati. Eh, tapi ini bukan penyakit hati yang seperti iri, dengki, dan sirik ya. Maka kita samakan persepsi dulu, bahwa penyakit hati ini adalah penyakit lever. Nah, setelah mengetahui ciri-ciri lever bermasalah, lalu apa saja penyebabnya yang perlu kita waspadai:

  • Kebiasaan mengonsumsi alkohol berlebihan.
  • Infeksi virus, misalnya virus hepatitis.
  • Sistem imun tubuh (autoimun) menyerang sel atau jaringan sehat pada lever.
  • Adanya faktor genetik.
  • Penyalahgunaan obat-obatan.
  • Pola makan tidak sehat dan obesitas.
  • Penggunaan jarum suntik bersama orang lain.
  • Tumbuhnya sel kanker.
  • Paparan dari senyawa kimia beracun.
  • Melakukan tato dengan atau alat tindik yang tidak steril.

Penyebab penyakit lever di atas, dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Maka sebisa mungkin dapat menghindarinya. Terlebih adanya beragam penyakit lever yang perlu diantisipasi dengan penanganan yang pastinya berbeda pula. Berikut ini sembilan jenis penyakit lever yang umumnya terjadi:

1. Hepatitis

Mungkin mendengar kata hepatitis sudah tidak asing terdengar oleh kita. Penyakit ini disebabkan oleh virus, yaitu Hepatitis A (HAV), Hepatitis B (HBV), Hepatitis C (HCV), Hepatitis D (HDV), Hepatitis E (HEV).

2. Alcoholic Fatty Liver

Seseorang yang kerap mengonsumsi alkohol apalagi sampai berlebihan, dapat mengakibatkan fungsi levernya terganggu, sehingga tidak mampu mencerna lemak dengan optimal. Penyakit ini disebut dengan Alcoholic Fatty Liver atau penyakit Lever Terkait Alkohol.

sebutkan apa saja penyebab penyakit lever
ilustrasi dari freepik

3. Nonalcoholic Fatty Liver

Bahaya kegemukan atau obesitas dapat mengakibatkan seseorang terkena serangan stroke, penyakit jantung, batu empedu, dan juga penyakit lever. Struktur dan fungsi hati mengjadi terganggu karena menumpuknya sel-sel lemak pada hati. 

4. Hepatitis Toksik 

Bijaknya kita mengonsumsi sesuatu yang dibuat dengan senyawa kimia seperti obat, suplemen, maupun zat kimia lainnya, karena dampaknya akan berpengaruh pada kesehatan lever dan menyebabkan penyakit hepatitis toksik.

5. Kista Hati

Kista hati dapat muncul ketika pada bagian hati muncul kantong berisi cairan. Kista hati dapat membesar dan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut bagian kanan yang terasa nyeri. 

6. Inherited Liver Disease

Inherited Liver Disease adalah kelainan genetik yang terjadi pada lever menimbulkan gangguan, sehingga lever tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

7. Penyakit Lever Kolestasis 

Penyakit liver kolestasis atau kerap disebut juga penyakit kuning, terjadi akibat tersumbat maupun kurangnya cairan empedu dari hati, sehingga bilirubin menumpuk dan menimbulkan penyakit kuning.

8. Kanker Hati 

Kanker hati kerap terjadi dikarenakan komplikasi jangka panjang hepatitis B dan C. 

9. Sirosis Hati

Gangguan hati yang terjadi secara jangka panjang tanpa mendapat penanganan yang tepat, bisa menimbulkan jaringan parut permanen dan mengakibatkan kerusakan hati atau sirosis hati. 

bagaimana cara penanganan dan pencegahan penyakit lever
ilustrasi lever/hati (freepik)

Cara Menjaga Lever dengan Gaya Hidup Sehat

Penanganan penyakit lever bisa dilakukan dengan meminum obat sesuai anjuran dokter, dan transplantasi hati. Namun, kita bisa mencegah agar penyakit tersebut tidak menghampiri, dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu:

1. Jauhi Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol memiliki risiko tidak baik untuk kesehatan lever. Secara perlahan, sel-sel hati dapat rusak dan tidak menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. Maka menjauhi minuman beralkohol bisa menjadi langkah tepat dalam menjaga organ dalam tubuh tetap sehat.

2. Batasi Konsumsi Garam

Tentunya memakan hidangan tanpa diberikan garam, maka akan mengurangi rasanya. Namun, bukan berarti harus berlebihan dalam penggunaannya. Dengan menerapkan diet rendah garam, akan memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh, khususnya lever. 

3. Batasi Konsumsi Lemak

Tak hanya garam yang perlu dibatasi dalam menjaga kesehatan lever, membatasi asupan makanan berlemak tinggi pun harus dilakukan, agar lemak tidak menumpuk yang dapat menimbulkan penyakit hati.

4. Jaga Berat Tubuh

Upayakan untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan rutin berolahraga, dan tidak makan malam di atas pukul 7 malam. 

5. Tidak Sharing Barang Pribadi

Hentikan penggunaan barang pribadi bersama orang lain, termasuk juga penggunaan jarum suntik. Hal tersebut, tidak hanya menjaga diri dari bahaya penyakit kulit maupun penyakit menular lainnya, termasuk juga upaya dari menjaga kesehatan lever. 

6. Konsultasi Lebih Dulu

Bila hendak mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya bisa berkonsultasi dengan dokter lebih dulu. 

apa saja penyebab dan penyakit hati pada manusia
ilustrasi lever sehat (freepik)

Penutup 

Dengan mengenal lever lebih dekat, dari pengertiannya, macam-macam penyakit hati, ciri-ciri lever bermasalah dan tips menjaganya, semoga dapat membuat kita lebih peduli akan kesehatan organ dalam tubuh. Dapat pula melakukan vaksinasi hepatitis, sebagai langkah pencegahan dini. Lanjut ke artikel berikutnya yuk, 6 Langkah Menerapkan Gaya Hidup Sehat pada Ginjal.


Sumber materi:

  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-penyakit-liver
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/pencernaan/jenis-jenis-penyakit-hati-yang-perlu-anda-ketahui
  • https://hellosehat.com/pencernaan/hati/cara-kerja-fungsi-hati-adalah/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Liver

27 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Nanik nara mengatakan…
Ternyata banyak juga penyakit yang bisa menyerang lever ini ya. Saya selama ini tahunya hanya hepatitis saja (kalau orang kampung saya menyebutnya sakit kuning).

Begitu banyak dan vital peran lever ini dalam metabolisme tubuh, jadi memang penting untuk selalu dijaga kesehatannya
Komen Blog rejekingalir.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah ternyata banyak jenisnya ya penyakit lever ini. Reminder buat saya dan semua untuk menjaga kesehatan lever agar tetap sehat hingga nanti
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Kalau cek darah HBV, aku carier Hepatitis B. Engga sakit dan engga menularkan sekarang ini. Istilahnya, virusnya tidur. Tapi engga boleh jadi donor darah sih. Banyak juga yaa penyakit hati tuh...
Semoga sehat-sehat deh semua...
Komen Blog rejekingalir.com
Annie Nugraha mengatakan…
Saya pernah ngalamin non-alcoholic fattty liver saat BB pernah mencapai 75kg dan hobi banget makan daging-dagingan. Solusinya ya itu diet ketat. Jadi saat itu tujuannya benar-benar untuk kesehatan. Alhamdulillah akhirnya berkurang seiring dengan penurunan BB. Meski harus berdiet dari 2004 hingga saat ini.
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
memang harus terus disiplinkan diri untuk terus menerapkan pola hidup sehat ya, Mbak. Jangan ikut-ikutan gaya hidup yang jelas merugikan, termasuk merokok dan minum minuman beralkohol. Karena kalau sudah kena lever, maka akan merugikan diri sendiri. Apalagi penyakit lever ini banyak ragamnya juga.
Komen Blog rejekingalir.com
Jadi tahu bagaimana ciri-ciri lever yang bermasalah. Ternyata megurangi konsumsi garam itu juga bisa membantu kerja lever, thanks sharingnya kak.
Komen Blog rejekingalir.com
Maria G Soemitro mengatakan…
Jadi inget alm ayah yang meninggal sewaktu saya masih duduk di bangku kelas 3 SD
Dulu tahunya ya cuma sakit lever aja , padahal ternyata banyak jenisnya ya?
Dan bener banget, semua gejala di atas nampak di alm ayahanda
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Jadi inget akutu kalau pas lahiran pernah divonis hepatitis.
Lupa tapi hepatitis apa dan untuk pencegahannya, bayinya langsung di vaksin.
Ini bikin shock yaa.. Tapi aku sadar banget.. pas hamil tuh makan makanan warteg muluu ngidamnya. Huhuhu.. jadi mungkin dari segi kebersihan yaa..
Komen Blog rejekingalir.com
Ria Fasha mengatakan…
Banyak penyakit yang sebenarnya berawal dari makanan ya
jadi penting banget menerapkan pola hidup sehat biar jauh dari penyakit berbahaya
Komen Blog rejekingalir.com
Susi Susilawati mengatakan…
Whaaaa makasih sharingnya, Mbak. Saya jadi pengen menerapkan kembali pola hidup sehat dengan rajin olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Tapi, yaaaa gtu deh suka banyak magernya.
Komen Blog rejekingalir.com
Armita Fibriyanti mengatakan…
Semoga terus sehat yaaa semuanya, saya jadi lebih waspada dengan gejala penyakit lever seperti ini.
Komen Blog rejekingalir.com
Andiyani Achmad mengatakan…
aku pernah baca artikel online kalau konsumsi suplemen tradisional juga bisa membuat liver bekerja keras
Komen Blog rejekingalir.com
Dian Restu Agustina mengatakan…
Baca ciri-ciri dari lever yang bermasalah kok jadi ciut saya...wah, ternyata begitu banyak fungsi yang diemban lever yang jika kita tidak menjaganya dan mulai bermasalah dia, akan merambah ke fungsi organ lainnya.
Edukatif artikelnya jadi pengingat untuk saya untuk lebih menjaga kesehatan diri termasuk lever ini
Komen Blog rejekingalir.com
Helenamantra mengatakan…
sakit liver banyak macamnya yah, baca-baca di kolom komentar ada yang kena sakit liver secara genetik tapi sifatnya tidur, berarti berpotensi aktif kalau ada pemicunya. Menjaga pola hidup sehat jadi cara pencegahan terbaik, yah.
Komen Blog rejekingalir.com
Jiah Al Jafara mengatakan…
Kalau aku paling sering dengar penyakit Lever ya Hepatitis. Hati kecil kalau udah kena penyakit, kan bahaya banget ya. Emang hidup sehat tuh wajib banget biar jauh-jauh dari penyakit
Komen Blog rejekingalir.com
Lia Yuliani mengatakan…
Lever atau hati sebagai organ dalam memang memegang peranan penting bagi kesehatan. Menjaga kesehatan lever dimulai dari pola hidup sehat, jauhi rokok apalagi minuman alkohol. Lebih baik menjaga daripada mengobati soalnya
Komen Blog rejekingalir.com
Ya Allah... ini jadi ingat almarhum papaku yang kemarin pergi karena sakit laver, karena memang ini salah satu organ yang penting dalam tubih kalau tidak dijaga dengan baik akan berbahaya.
Komen Blog rejekingalir.com
duniaeni.com mengatakan…
Aku jadi ingat salah satu di kantorku dulu ada yang tiba-tiba kondisi drop banget dari awla sehat banget. Terus meninggal katanya liver, jadi ternyata liver itu beragam ya. Jadi aware juga nih untuk terus terapkan pola hidup sehat
Komen Blog rejekingalir.com
Molzania mengatakan…
ternyata lever termasuk organ penting bagi tubuh ya. makanya wajib untuk dijaga kesehatannya.
Komen Blog rejekingalir.com
tantiamelia.com mengatakan…
Subhanallaah kalau penyakit lever memang langsung bisa bikin orang drop ya mbak. Amnit-amit kena penyakit ini, ya PR aku waktu itu menurunkan BB karena pada saat BB mencapai 82 kg, kaki bengkak dan typhus sampai 2 kali - para typus 1 x dan itu bikin aku kapok banget

Komen Blog rejekingalir.com
Dee_Arif mengatakan…
Menjaga kesehatan liver itu sangat penting
Kita harus melakukan upaya preventif untuk menjaga kesehatan liver ya
Selain itu harus aware dengan gejala gejalan, supaya bisa segera ditangani
Komen Blog rejekingalir.com
Rach Alida Bahaweres mengatakan…
Menerapkan gaya hidup sehat ini teryata penting banget ya mba untuk mencegah beragam penyakit. Termasuk penyakit liver ini. Dan bener deh minum minuman keras bisa berpotensi rawan kena penyakit liver ini
Komen Blog rejekingalir.com
Tian Lustiana mengatakan…
Jenis penyakit lever tuh banyak yah, jadi harus banget dijaga karena memiliki peranan penting untuk metabolisme tubuh.
Komen Blog rejekingalir.com
AlineaLala mengatakan…
Mesti hati-hati dan menerapkan pola hidup sehat buat jaga lever tetap baik-baik saja. Kebayang kalau kita terkena sakit lever, nyeri menyiksa dan aku pernah mengalami ketemu pasien dengan sakit tersebut, berujung pada meninggal karena sudah kronis.
Jaga kesehatan organ tubuh amat penting, mesti rajin olahraga dan makan makanan sehat, semoga kita semua di berikan kesehatan 😇🙏
Komen Blog rejekingalir.com
Adriana Dian mengatakan…
pola makan tidak sehat ternyata bisa ngaruh ke lever juga ya mak? Serem ya kalo lever kita sudah nggak berfungsi dengan normal, kita mesti pinter pinter menjaga kesehatan badan dan kesehatan lever kita yaa
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Menjaga hati atau lever ini penting sekali yaa..
Karena dari asupan makanan, kita bisa sadar betapa pentingnya makan dengan cukup, gak berlebihan agar gak obes dan yang terpenting, hindari makan makanan berlemak jahat yang gak baik untuk lever.
Komen Blog rejekingalir.com
Uniek Kaswarganti mengatakan…
Fungsi lever banyak banget yaaa ternyata. Terkadang ada yang enggak aware untuk menjaga kondisi tubuh dengan konsumsi makanan atau minuman yang justru memberatkan kerja lever.

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network