Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

5 Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur

rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur yang islami dengan masjid bersejarah

rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur

Ngobrolin tentang Indonesia yang memiliki wilayah waktu bagian barat (WIB), tengah (WITA), dan timur (WIT), nah bahasan berikut yang akan rejekingalir.com angkat adalah tentang Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur. Pilihan wisata Islami berikut ini, bisa menjadi destinasi religi buat kamu dalam mengenal sejarah bangunannya di sana saja, dan bisa masuk ke dalam itinerary tatkala berkeliling ke Indonesia bagian timur.

rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur masjid jami doom
sumber: kompas.id

Masjid Jami Doom, Sorong, Papua Barat Daya

Masjid Jami Doom terletak di Pulau Doom (Onderafdeling), Kota Sorong, provinsi Papua Barat Daya. Masjid bersejarah ini berada sekitar tahun 1920-an dan telah mengalami renovasi, serta menjadi saksi bisu sejarah masuknya agama Islam di wilayah ini hingga Raja Ampat. Keunikan lain di sini adalah terdapatnya bedug yang akan dibunyikan saat memasuki waktu solat fardhu, bulan Ramadan, sholat tarawih, sholat jumat, dan hari raya dengan jumlah pukulan bedug yang berbeda.

rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur masjid patimburak, papua

Masjid Tua Patimburak, Fakfak, Papua Barat

Masjid Al Yasin atau dikenal juga dengan nama Masjid Tua Patimburak berada di kabupaten Fakfak, provinsi Papua Barat. Rekomendasi tempat wisata religi di Indonesia Timur ini, memiliki arsitektur unik karena tampak seperti gereja dengan masjid dan terdapat sentuhan Nusantara dan Eropa. Sosok bernama Abuhari Kilian mendirikan masjid ini di abad ke-19 atau sekitar tahun 1870. Meski telah mengalami renovasi (tanpa menghilangkan jejak keasliannya), pada bagian pilar masjid menjadi saksi bisu, bahwa masjid dengan luas 100m² ini pernah mendapat jejak peluru dari bombardir kala penjajahan Jepang silam.

rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur masjid wapauwe maluku
sumber: travelokezone.com

Masjid Tua Wapauwe, Maluku Tengah

Kalau kamu hendak berwisata religi di Indonesia Timur, tepatnya ke sekitaran Maluku tengah, maka Masjid Tua Wapauwe bisa menjadi rekomendasinya. Masjid ini menawarkan sejarah bangunan masjid yang sempat mengalami perpindahan lokasi, semula berdiri di lereng gunung Wawane pada abad ke-15 oleh Pernada Jamilu, keturunan Kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha (Maluku Utara), kini berada di Negeri Kaitetu. Selain itu, terdapatnya koleksi mushaf tertua yaitu mushaf Imam Muhammad Arikulapessy tahun 1550 Masehi (tanpa iluminasi/hiasan pinggir dan ditulis tangan), dan mushaf Nur Cahya tahun 1590 (tanpa iluminasi, ditulis tangan pada kertas produk Eropa).

rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur masjid jami ambon
sumber: medcom.id

Masjid Jami’ Ambon, Maluku

Masjid Jami’ kota Ambon, provinsi Maluku ini memiliki sejarah yang terbilang dramatis. Meski bukan merupakan bangunan asli dari semenjak dibangun pertama kali pada tahun 1860, tetapi historikal dan kebersamaan masyarakat setempat luar biasa. Bangunan masjid pernah mengalami terjangan banjir dari meluapnya Sungai Wai Batu Gajah tahun 1933. Kemudian dilalap si jago merah akibat kompeni saat itu (tahun 1940) membuka keran minyak di sekitar Sungai yang dekat dengan masjid lalu membakarnya, demi mengusir tentara Jepang. Kini Masjid Jami’ Ambon menjadi destinasi wisata religi pilihan yang menyenangkan, terlebih di bulan Ramadan ini, tradisi takjil gratis terus dipertahankan.

rekomendasi Tempat Wisata Religi di Indonesia Timur masjid raya al fatah maluku
sumber: antaranews.com

Masjid Raya Al-Fatah, Maluku

Masjid Raya Al-Fatah, berada di kota Ambon, provinsi Maluku menjadi rekomendasi tempat wisata religi di Indonesia Timur terakhir ala rejekingalir.com. Masjid yang menjadi ikon-nya kota Ambon ini memiliki luas 5000m², dan 27 tiang beton dengan lapisan marmer menjadi daya tarik luar biasa bagi siapa saja yang berkunjung ke sini. Apalagi punya sejarah penting pada tahun 1963, di mana Presiden RI pertama, Ir Soekarno meletakkan batu pertama di sana.

Baca Juga: Tradisi Ramadan di Wilayah Indonesia

Semangat menjalankan ibadah di bulan Ramadan, dan semoga rekomendasi tempat wisata religi di Indonesia Timur ini menjadi khasanah menyenangkan buat pembaca blog rejekingalir.com, betapa indahnya negeri kita ini, karena kaya akan destinasi wisata bernuansa Islami yang dapat dikunjungi.

32 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
Farida Pane mengatakan…
Beneran unik, ya. Ada yang jumlah pukulan beduknya beda, punya bekas peluru, ada mushaf tertua dll
Komen Blog rejekingalir.com
hani mengatakan…
Alhamdulillah pernah ke Masjid Tua Wapauwe waktu ke Ambon. Yang lain-lain belum. Baru tahu ada masjid sejak tahun 1920-an di Papua loh...
Semoga makin makmur ya masjid-masjid di sana
Komen Blog rejekingalir.com
Bambang Irwanto mengatakan…
Walau bukan pendudukya mayoritas muslim, tapi di Papua dan Maluku nuansa keislamannya tetap kuat ya. ini dibuktikan dengan khadiran masjid-masjid istimewa dan menjadi tempat wisata religi.
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Indonesia timur banyak menyimpan keindahan alam dann ternyata juga memiliki banyak tempat wisata religi yah. Peninggalan masa lampau yang terus terjaga dan semoga masih terus terawat sehingga bisa dikunjungi sampai nanti
Komen Blog rejekingalir.com
Deeva Collection mengatakan…
Masya Allah, banyak Masjid yang hingga saat ini berdiri kokoh meskipun ikut menjadi bagian saat perang penjajahan. Pastinya juga menjadi saksi sejarah. Pastinya sennag banget bisa ke masjid-masjid yang sudah berusia puluhan tahun itu
Komen Blog rejekingalir.com
Aldhi Fajar mengatakan…
Wisata sejarah emang ga ada bosannya, kita bisa time traveling dan berimajinasi bagaimana keadaan saat dulu masih beroperasi. Pastinya sangat historis sekali
Komen Blog rejekingalir.com
HendraDigital mengatakan…
Masjid-masjid tersebut pasti punya sejarah perjalanan yang sangat panjang. Nampak dari beberapa bagian bangunan masih terlihat asli. Saya beum pernah sekalipun ke daerah Indonesia Timur. Pernah jalan-jalan paling timur ya ke Surabaya doang, wkwkwkwk.... Very nice sharing, jadi menambah wawasan baru seputar wisata religi di Indonesia bagian timur.
Komen Blog rejekingalir.com
Yustrini mengatakan…
Wisata di dalam negeri memang banyak sekali ya. Rasanya nggak perlu keluar negeri jika belum bisa mengunjungi tempat-tempat indah di Indonesia
Komen Blog rejekingalir.com
Yonal Regen mengatakan…
MasyaAllah, terkesima melihat gambar masjid-masjid di Indonesia bagian timur ini. Apalagi yang di daerah Papua, ternyata sudah ada masjid dari semenjak dahulu kala dan bahkan menjadi sejarah masuknya Islam ke sana, ya
Komen Blog rejekingalir.com
Alfida Husna mengatakan…
Masya Allah banyak juga mesjid di Indonesia bagian timur ini ya. Selain indah juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Wisata religi nih kalau kesini, bisa sambil pelajari sejarah-sejarahnya juga.
Komen Blog rejekingalir.com
Didik Purwanto mengatakan…
subhanallahu. Banyak banget wisata religi di Indonesia Timur ya kak. Jadi kita ga cuma tadabbur alam lewat wisata alamnya tapi juga wisata hati melalui wisata religi di setiap lokasi, tak terkecuali ke Indonesia Timur ini.

Semoga aku diberikan cukup rezeki utk berwisata religi ke sini ya kak.
Komen Blog rejekingalir.com
Lintang mengatakan…
Penasaran sama Masjid Tua Patimburak deh. Sentuhan Nusantara dan Eropa nya bikin daya tarik sendiri. Apalagi udah didirikan sejak abad 19. Semoga bisa mengunjungi berbagai masjod di wilayah timur negeri.
Komen Blog rejekingalir.com
Yuni Bint Saniro mengatakan…
Masjid Tua Patimburak di Fakfak itu yang menarik banget. Bangunan lama gitu ya. Jadi ingin pergi ke sana.
Komen Blog rejekingalir.com
Okti Li mengatakan…
Keren di Papua juga ada masjid tua yang sangat bersejarah dan dijadikan wisata religi ya. Kalau di Maluku sih tidak heran secara di sana kan ada kesultanan Islam... peninggalan nya pasti lebih banyak ya
Komen Blog rejekingalir.com
Triani Retno A mengatakan…
Masya Allah, ternyata banyak masjid tua bersejarah ya di Indonesia Timur. Mainku beneran kurang jauh, nih. Cuma familier dengan Masjid Al Fatah, karena seering disebut di media massa beberapa tahun lalu.
Komen Blog rejekingalir.com
Han mengatakan…
masyaAllaah, jadi pensaran sama semua masjid di bagian timur Indonesia. Termasuk di Ambon yang kata Ayahku juga keren banget, termasuk orang2nya juga pada ramah2 semuaaa
Komen Blog rejekingalir.com
Meimoodaema mengatakan…
Bisa jadi referensi untuk orang orang yang hobi ke destinasi wisata religi, mengingat juga ke daerah sana masih jarang ya mba jadi bermanfaat banget miy artikelnya buat referensi, suka banget dengan masjid-masjid gitu juga, biasanya tiap daerah punya tempat unik tersendiri
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Bangga ya, negeri kita ini kaya akan destinasi wisata bernuansa Islami. Di pulau Jawa banyaknya tidak terhitung. Tempat ibadah yang indah jadi bikin tambah semangat beribadahnya ya....
Komen Blog rejekingalir.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Masjid-masjid di Indonesia Timur juga sangat bagus. Bisa menjadi wisata religi ketika liburan di sana. Mencari tahu sejarah tentang pembangunan masjid dan penyebaran agama islam di sana.
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Belum pernah ke Indonesia Timur, pengen juga wisata religi ke sana, apalagi lumayan deket yah dari Bali, hehe.. semoga kesampaian bisa mengunjungi salah satunya, aamiin..
Komen Blog rejekingalir.com
Kyndaerim mengatakan…
Belum pernah ke Indonesia Timur, pengen juga wisata religi ke sana, apalagi lumayan deket yah dari Bali, hehe.. semoga kesampaian bisa mengunjungi salah satunya, aamiin..
Komen Blog rejekingalir.com
Diaz Bela mengatakan…
Kalau ada waktu, kesempatan, dan biaya, pengen rsanya jalan-jalan ke Indonesia Timur dan melihat langusng sejarah islamnya salah satunya melalui masjid-masjidnya!
Komen Blog rejekingalir.com
Alley Hardhiani mengatakan…
Masjid-masjidnya punya keunikan masing-masing. Apalagi ditambah dgn nilai sejarahnya. Jadi makin istimewa. Semoga suatu saat bs berkunjung ke Indonesia Timur dan bs mengunjungi masjid-masjid unik tersebut.
Komen Blog rejekingalir.com
Akarui Cha mengatakan…
Unik dan cukup bersejarah juga ya masjid yang ada di Fakfak. Bahkan pernah dibombardir peluru di masa penjajahan Jepang. Iya lho, kalau sekilas diperhatikan, nggak terlalu nampak seruap masjid. Tahunya usianya sudah lebih dari seabad.
Komen Blog rejekingalir.com
Bundamami Devi mengatakan…
Wow, ternyata meski mayoritas penduduknya bukan muslim, tapi tetap memiliki aneka masjid dengan desain yang cantik, ya.
Komen Blog rejekingalir.com
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
Ya Allah semoga rejeki nya ngalir deh biar bisa jalan-jalan ke indonesia timur ya
Komen Blog rejekingalir.com
Bundamami Devi mengatakan…
Wow, meski mayoritas penduduknya non muslim, ternyata wilayah Indonesia Timur juga memiliki masjid dengan desain yang indah, ya.
Komen Blog rejekingalir.com
Retno Kusumawardani mengatakan…
Penasaran, pingin berkunjung ke Masjid Tua Wapauwe. Ingin melihat mushaf bersejarah yang ditulis tangan...
Komen Blog rejekingalir.com
Diah Alsa mengatakan…
MasyaAllah, bangunannya ada yang masih digunakan seperti itu ya, tidak mengubah model yang ada.
Komen Blog rejekingalir.com
April Hatni mengatakan…
Saya jadi pengin mengunjungi satu persatu masjid tersebut. Semoga ada waktu, sekalian berwisata ke tempat yang lain, hehhe...
Komen Blog rejekingalir.com
Monica Anggen mengatakan…
Bentuk bangunannya unik-unik ya. Ah, semoga rejekingalir terus nih ke kita semua biar bisa jalan-jalan dan berkunjung langsung ke berbagai tempat keren di Indonesia Timur
Komen Blog rejekingalir.com
Fanny_dcatqueen mengatakan…
Cantiiik2 bangeeet semuanya. Indonesia timur belum banyaaak yg aku datangi kecuali makasar. Sisanya beluuum mba. Nyeseeel banget pas papa msh kerja di papua, aku malah ga pengen ikut . Dulu blm suka traveling soalnya 😁.


Tiap kali traveling mesjid dan tempat ibadah lain selalu suka aku masuki. Krn apapun agamanya, tapi selalu ada sensasi menenangkan di stiap tempat ibadah. Sejuk, tenang... Makanya aku suka masuk dan melihat suatu design dari tempat ibadah apapun.
Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network