Pahami Bagian Ini Ketika Melakukan Servis Motor

Gaya hidup tidak hanya menjadikan tubuh sehat saja, tetapi juga terhadap kendaraan yang kita gunakan, salah satunya motor matic. Perawatan sepeda motor matic merupakan pemeriksaan berkala terhadap kondisi sepeda motor yang biasa dilakukan pada saat kendaraan telah menempuh jarak tertentu. Model semacam ini perlu dirutinkan, karena terkait dengan keselamatan dalam berkendara. Oleh karenanya penting untuk memahami dan memeriksa suku cadangnya juga agar diperiksa dengan cara menyervisnya.

bagian motor apa saja yang perlu diservis
dok. Pixabay

Delapan Bagian Penting pada Motor

1. Oli mesin

Oli mesin mempunyai fungsi melumasi, mendinginkan dan melindungi mesin. Inilah sebabnya mengapa oli harus diganti secara berkala tergantung jarak tempuh, rata-rata pabrikan menyarankan penggantian oli pada jarak 2500 km. Biasanya biaya yang harus  dikeluarkan itu sudah termasuk biaya pembelian oli (harga tergantung merk) dan biaya jasa ganti oli.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa produsen/retailer mobil berani merekomendasikan penggantian bila jarak tempuh sudah mencapai 5.000 km/2 kali lipat dari oli konvensional. Padahal, minyak yang mereka pasarkan menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar saja jika retailer ini mengklaim bisa bertahan hingga 2x lebih lama dibandingkan oli biasa karena merupakan base oil tertinggi di kategori oli.

2. Oli gardan

Orang yang menggunakan kendaraan bertransmisi otomatis sebaiknya mengganti oli gardan secara rutin. Ingat, fungsi oli gardan adalah untuk melumasi roda gigi transmisi variabel kontinu (CVT). Saat mengganti oli, gunakan rumus ganti oli mesin dua kali, dilanjutkan dengan penggantian oli poros satu kali.

3. Busi

Busi adalah satu atau lebih bagian sepeda motor yang mengubah arus listrik dari kumparan menjadi bunga api untuk menghidupkan mesin. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, kendaraan mungkin akan sulit dihidupkan. Ini memerlukan penggantian busi.

4. Bantalan rem

Rem menjadi salah satu bagian sepeda motor matic yang mempunyai pengaruh besar terhadap keselamatan pengendara. Jika bantalan rem tipis, cengkeraman rem akan buruk dan dapat menyebabkan kecelakaan. Hal ini menjadi alasan penting mengapa penting untuk selalu memeriksa kondisi kampas rem saat merawat sepeda motor matic.

5. Saringan udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang bakar untuk mencegah masuknya kotoran yang kemudian dapat menyumbat sistem injeksi bahan bakar dan karburator. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau perlu diganti.

6. Baterai atau Accu

Tegangan pada aki idealnya 12,3 hingga 12,6 Volt saat mesin dimatikan. Selama ini, jika mesin hidup, tegangan aki adalah 13,7 hingga 14,2 Volt. Oleh karena itu, jika tegangan aki tidak sesuai dengan peraturan tersebut, akan ada tanda-tanda kebocoran atau terminalnya berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan secara detail. Baterai yang sudah tidak dapat digunakan sebaiknya segera diganti biar tetap nyaman berkendara.

7. Ban

Seperti yang kita ketahui, pemeriksaan ban juga sangat penting dilakukan secara rutin. Kita harus mengecek terlebih dahulu kondisi ban sebelum menggunakan sepeda motor matic. Biasanya mekanik akan fokus pada pengecekan tekanan udara pada ban, kondisi ban secara umum (ban gundul atau tidak)

8. Sesuaikan servis tune up secara teratur

Servis tune up sepeda motor matic ini jadi servis rutin yang meliputi pengecekan seluruh bagian. Pemeriksaannya itu berfokus pada tekanan ban, kondisi penerangan, pembersihan karburator (saringan udara), pengecekan ketegangan rantai, rem dan klakson. Terkadang pula pada penyetelan disertai dengan penggantian oli mesin, penggantian oli gardan, atau penggantian suku cadang. Namun jangan khawatir, mekanik akan memberitahu kita terlebih dahulu. Jika setuju, teknisi akan melanjutkan perbaikan.

oli motor matic servis planet ban
ilustrasi oli motor dok. pixabay

Ini Bengkel Servis Sepeda Motor Terbaik untuk Kamu

Perlunya kita mencari bengkel sepeda motor matic yang bagus dan dapat diandalkan seperti Planet Ban. Di bengkel ini kita bahkan bisa mendapatkan keuntungan dari servis sepeda motor matic jadi ala mesin baru atau disebut juga dengan sistem servis terpadu. Tujuannya itu untuk mendukung performa dan ketahanan sepeda motor matic yang meningkat secara cepat dan hemat biaya. 

Kelebihan layanan di Planet Ban adalah penggunaan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi guna meningkatkan performa sepeda motor matic dan melindungi mesin. Otomatis mesin akan berumur lebih panjang karena jarang rusak. Lalu, jika dipadukan dengan penggunaan suku cadang asli akan lebih nyaman digunakan, tahan lama, mesin sejuk dan mudah ditarik.

Untuk urusan ganti oli hanya setiap 5.000 kilometer atau sekitar 4 hingga 6 bulan tidak perlu sering-sering ke bengkel. Selain itu, biaya pelayanan juga lebih hemat, serta kita pun juga menjadi penyumbang dalam menjaga dan melindungi lingkungan dengan mengurangi emisi dan polusi dari sepeda motor.

dok. planetban.com

Bedanya servis motor di Planet Ban dengan tempat lain

Jika diservis di tempat lain, seringkali masih banyak kotoran dan sisa terbakar yang tertinggal di beberapa bagian mesin sepeda motor. Bahkan, kotoran kerap masuk ke blok CVT sehingga membuat laju kendaraan terasa berat.

Kalau melakukan perawatan rutin sepeda motor di Planet Ban, maka seluruh bagian atau komponen mesin akan dibersihkan hingga seperti baru misalnya pada bagian blok CVT, kepala silinder, katup mesin, throttle body, dan piston bebas dari sisa pembakaran dan kotoran sehingga membuat mesin terasa seperti baru. Dengan begitu tatkala melaju jadi lebih ringan, emisi berkurang lebih dari 70%, penghematan bahan bakar berkurang, dan mesin benar-benar bersih.

Terjangkau dan lengkap servis sepeda motor di Planet Ban, seperti perawatan sepeda motor injeksi bahan bakar biayanya itu hanya Rp 20.000 - CVT dan chain service Rp 19.500. - bahkan perawatan throttle body hanya Rp 20.000,-. Yuk, jaga mesin motormu, terutama periksakan oli motor matic di Planet Ban. Langsung buat jadwal servis motor maticnya, biar tidak terlewat.

Komentar

Dian Restu Agustina mengatakan…
Gara-gara Planet Ban aku jadi jalan sendiri kalau servis motor ga lagi ngandelin suami. Karena servis di sini tepercaya dan motor serasa baru setelahnya.
Annie Nugraha mengatakan…
Yang namanya mesin kalau rajin dirawat, pasti kerjanya juga oke. Tinggal kita si pemilik yang harus komit ngerawat, rutin dan konsisten. Apalagi kan sekarang sudah banyak jasa perawatan kendaraan seperti Planet Ban ini. Harga jasanya terjangkau pulak ya. Jadi gak ada alasan bagi kita bermalas-malasan untuk tidak merawat motor yang kita miliki.
Iva C Wicha mengatakan…
Baru tau klo planet ban skrg bisa servis motor jga..patut dicoba, soalnya dlu klo ganti ban slalu ke planet ban
Emma Malika mengatakan…
Nah penting nih, untuk servis motor yang terjaga baik dengan penservis yang bisa diandalkan seperti planet ban ini agar mesin motor awet.
Bambang Irwanto mengatakan…
Motor matic saya, sangat membantu aktivitas saya, Mbak. Termasuk saat ada pekerjaan ke Jakarta yang lokasinya agak sulit dijangkau TJ hehehe. Makanya saya pun secara berkala servis motor. Dan emmang bagian-bagian di atas itu, harus diperhatikan saat servis. Tapi terkadang juga, ada beberapa spare part yang harus diganti.
Maria G Soemitro mengatakan…
langganan anak saya nih: Planet Ban, karena katanya lengkap dan pelayanannya memuaskan
Jadi kalo pulang ke Bandung, dia langsung bawa sepeda motor ke Planet Ban
Eka FL mengatakan…
gak boleh telat banget nih urusan service motor, meski dibikin jadwal khusus. sayangnya di deket rumahku belum ada planet ban, kalaupun ada jaraknya lumayan jauh, pake motor kisaran 1-1,5 jam. semoga cabangnya bisa menjangkau banyak kelurahan yaa.
Wahid Priyono mengatakan…
Setahu saya, untuk kendaraan yang sudah tua memang harus rajin diservice ya. Kalo motor setidaknya oli mesin harus sering diganti, agar kendaraan juga ngebut dan terjaga performanya. Makasih infonya yang sangat bermanfaat ini kak..
Nanik nara mengatakan…
Ternyata murah banget ya biaya servis motor di planet ban. Dengan biaya murah tapi dapat layanan maksimal. Habis di servis, tarikan enteng dan semua komponen dalamnya bersih
Lasmicika mengatakan…
Planet ban ini langganan aku dan suami kalo urusan servis. Banyak cabangnya jadi gampang di cari.
Dee_Arif mengatakan…
Wah iya
Emang kalau mau servis motor harus paham, bagian apa dulu yang perlu di servis ya mbak
Kyndaerim mengatakan…
Artikel ini like reminder me kalo udah saatnya servis motor nih, haha.. Kebetulan juga servisnya di Planet Ban, bengkel terdekat dari rumah juga sih. Memang kalo udah servis motor tuh percayakan aja sama ahlinya, harganya terjangkau pula.
Hallowulandari mengatakan…
paling sering ngurusin ganti oli, cek kipas mesin doang, ternyata banyak banget yang perlu di recheck recheck yaaa klo mau service kendaraan. Planet ban jangkauannya luas yaa, dimana mana ada
Erin Herlina mengatakan…
Service rutin yang biasa aku lakukan ganti oli. Kalau sudah lama pemakaian, biasanya cek oli gardan, busi, dan lainnya. Itupun tanya dulu ke suami karena gak paham soal otomotive. Hoho
Didik Purwanto mengatakan…
8 hal ini emg hrs dicek rutin sih. Kadang kita suka lupa. Cuman pake aja. Eh ini yg bikin kecelakaan di jalan raya tuh meningkat loh klo motor ga prima di jalan.

Service di Planet Ban emg mantap sih. Terjangkau harganya.
Goresan hati mengatakan…
Meskipun suami yang punya motor, aku juga harus paham apa aja yang diservis dari motor agar bisa ingetin suami untuk datang ke bengkel. Penting itu biar motornya juga awet dan terawat
ANGGITA RAMANI mengatakan…
Samaan nih mba. Kalau aku biasanya minimal ganti oli sama oli gardan untuk motor matic
Happy mengatakan…
baru beberapa bulan lalu nyobain servis ke Planet Ban, ternyata harganya lebih murah dan abangnya ngasih taunya jelas gitu. jadi buat aku yang gak paham motor bisa mikir-mikir juga perlu ganti ini itu atau ngga
lendyagasshi mengatakan…
Terpukau banget setelah servis di Planet Ban karena jadi bisa menjaga mesin motor lebih awet dari sisi pembakaran yang sempurna. Belum lagi perawatan lainnya seperti penggantian spare-part bila sudah waktunya dan penggantian dengan oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.
Han mengatakan…
Haa aku seringgg ganti oli di Planet Ban, atas rekomendasi suami tentu sajaa. Hihi.. alhamdulillah emang lebih aweet sih, seliisih 2 bulan lho dengan pemakaian setiap hari. kan lumayan banget tuh
Siti Mustiani mengatakan…
Planet Ban ini memang benar-benar serekomended itu yaahhh soalnya banyak banget yang review bagus. Tapi memang ya demi keselamatan di perjalanan kendaraan seperti motor matic kudu dirawat dengan baik di tempat yang terbaik juga.
Nia K. Haryanto mengatakan…
Ini nih yang sering kelupaan. Servis motor secara rutin. Kayak ganti oli. Aku kadang harus selalu diingetin aja. Jadinya performa motor gak maksimal. Tapi iya, setuju kalo servis motor di Planet Ban itu the best. Langganan suami ini mah.

Postingan populer dari blog ini

Ini Cara Mudah Belajar dan Menyenangi Sastra

Pejuang Cantik dari Kupang: HKSR Komprehensif untuk Anak & Remaja