Blog rejekingalir.com
Blog rejekingalir.com mengulas tentang sastra, game, dan gaya hidup dengan sudut pandang yang lebih luas

Tips Jaga Kerongkongan untuk Sistem Pencernaan Sehat

bagaimana cara merawat kesehatan kerongkongan? berikut tips menjaga kerongan untuk sistem pencernaan sehat

Bagaimana cara menjaga kerongkongan tetap sehat, perlu kita lakukan sedini mungkin. Eh tapi, siapa nih yang suka tertukar antara kerongkongan dan tenggorokan, alias kerap salah sebut? Atau malah menganggap keduanya sama?

Sebenarnya, kerongkongan dan tenggorokan itu dua saluran berbeda pada tubuh. Begitu juga dengan fungsi yang tidak sama. Pasalnya, kerongkongan menjadi penghubung antara mulut dan lambung. Sedangkan tenggorokan, memiliki tugas sebagai saluran pernapasan dan juga penghubung antara mulut dan paru-paru. Nah, khusus yang akan rejekingalir.com bahas di sini adalah mengenai kerongkongan. 

Tips menjaga kerongkongan untuk sistem pencernaan sehat

Mengenal tentang Kerongkongan

Apa itu kerongkongan? 

Kerongkongan adalah tabung otot sebagai penghubung mulut dengan lambung. Pemilik nama beken esofagus ini memiliki ukuran 23–25 sentimeter yang panjangnya mulai dari tenggorokan hingga ke lambung.

Kerongkongan memiliki katup yang bentuknya seperti cincin (sfingter) yang bisa menutup dan membuka. Sfingter ini terdiri dari:

  • Upper Esophageal Sphincter (UES) yang berguna mencegah makanan dan minum masuk ke tenggorokkan (trakea). Oleh karenanya, kita dianjurkan ketika makan maupun minum tidak sambil berbicara.

  • Lower Esophageal Sphincter (LES) yang berguna mencegah isi lambung balik naik ke kerongkongan. 

Fungsi Kerongkongan pada Tubuh 

Setiap masing-masing organ tubuh, pasti memiliki manfaat yang krusial. Bagian dari anggota tubuh kita ini, dapat menjalankan sesuai fungsinya. Lalu apa saja fungsi kerongkongan pada tubuh kita?

Tips menjaga kerongkongan untuk sistem pencernaan sehat
ilustrasi sistem pencernaan (freepik)

1. Penghubung Mulut dan Lambung

Kalau kita telaah sejenak, tatkala makanan masuk ke dalam mulut lalu kita kunyah dan menelannya, secara perlahan perut akan terasa kenyang. Tak disangka, perjalanan makanan di dalam perut tersebut, melalui saluran yang bernama kerongkongan ini. 

2. Mendorong Makanan ke Dalam Lambung

Bila pada lambung terdapat gerakan peristaltik, pada kerongkongan juga terdapat gerakan meremas tersebut, yang bermanfaat dalam mendorong makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk sampai ke lambung. 

3. Mencegah Naiknya Asam Lambung

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, kerongkongan memiliki manfaat dalam pencegahan refluks asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini dikarenakan adanya otot lower esophageal sphincter. Oleh karena itu bagaimana cara menjaga kerongkongan tetap sehat perlu dilakukan sebagaimana menjaga organ tubuh lainnya. 

Gangguan Kesehatan pada Kerongkongan

Mungkin kerap kali kita hanya fokus untuk jaga kesehatan pada organ jantung, lambung, ginjal, dan hati saja. Padahal, kerongkongan sebagai bagian dari sistem pencernaan juga memiliki hak yang sama, agar gangguan kesehatan tidak datang. 

1. GERD

Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD adalah gangguan kesehatan pada kerongkongan dengan kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan. Gejala yang umumnya terjadi seperti batuk kronis, nyeri ulu hati, mual, kesulitan menelan, rasa pahit pada mulut, dan bau mulut. Jika tidak lekas diatasi, iritasi dapat terjadi pada kerongkongan. 

2. Akalasia

Akalasia, merupakan kondisi terhambatnya makanan masuk ke dalam lambung karena bagian bawah sfingter kerongkongan tidak terbuka.

3. Esofagitis

Gangguan kesehatan pada kerongkongan selanjutnya adalah esophagitis yaitu terjadinya radang atau iritasi pada kerongkongan yang menimbulkan gejala seperti sensasi panas pada ulu hati (heartburn), kesulitan menelan, mual dan muntah. 

4. Kerongkongan Barrett

Kerongkongan Barrett adalah kondisi pada penderita refluks asam lambung kronis yang tidak dapat diobati, sehingga pada lapisan bagian bawah kerongkongan dapat terlihat lapisan lambung, dan sel-selnya mulai menyerupai sel usus. 

apa saja gangguan kesehatan pada kerongkongan
ilustrasi gangguan kesehatan pada kerongkongan dan lambung (freepik)

5. Striktur Esofagus

Striktur esofagus adalah penyempitan pada saluran kerongkongan yang disebabkan oleh radang atau iritasi jangka panjang. Gejalanya seperti mulut terasa pahit, nyeri ketika menelan, sering bersendawa atau cegukan atau sendawa, dan batuk atau tersedak saat menelan.

6. Esofagitis Eosinofilik 

Esofagitis Eosinofilik adalah kondisi eosinophil (sel darah putih) yang berlebihan di kerongkongan. Hal ini dapat mengakibatkan pembengkakan pada lapisan esofagus, dan rentan terjadi pada pasien yang memiliki berbagai alergi. 

7. Kanker Kerongkongan

Kanker kerongkongan memungkinkan terjadi, dan perlunya kita mewaspadai gangguan kesehatan ini.

8. Kejang Esofagus

Terjadinya kontraksi atau kejang otot yang langka dan menyakitkan pada kerongkongan, sehingga makanan tidak dapat mencapai perut (lambung). 

Cara Menjaga Kerongkongan Tetap Sehat

Bagaimana cara menjaga kerongkongan tetap sehat agar bisa berfungsi secara normal, kita dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Jangan Berbaring Usai Makan

Rasa kenyang yang melanda, kerap membuat nyaman pada bagian perut sehingga tanpa sadar kebiasaan berbaring pun kerap dilakukan. Jangan berbaring setelah makan, karena dapat meningkatkan risiko asam lambung naik. 

bagaimana cara merawat kesehatan kerongkongan
ilustrasi berbaring setelah makan (freepik)

Bila terpaksa harus berbaring juga, maka lakukan 3 jam setelah makan. Atur posisi kepala lebih tinggi dari tubuh sekitar 15 sampai 20 sentimeter, sehingga LES pada esofagus tidak terbuka. 

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok menjadi kunci gaya hidup sehat pada tubuh, termasuk kerongkongan. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat meningkatkan asam lambung, dan memungkinkan terjadinya GERD. 

3. Hindari Jenis Makanan Ini

Sebagaimana kita tahu bahwa kerongkongan terhubung dengan lambung, maka hindari jenis makanan dan minuman yang bisa memunculkan asam lambung naik, seperti makanan pedas dan berlemak, makanan yang mengandung mint, minuman yang mengandung kafein maupun alkohol, makanan yang memiliki tekstur keras (misalnya kacang-kacangan dan kerupuk), makanan yang mengandung bawang, serta minuman asam. 

4. Hindari Diet Pemicu Gangguan Lambung

Bila ingin melakukan diet, maka hindarilah diet yang dapat memicu naiknya asam lambung dan terjadinya GERD. Bisa konsultasi lebih dulu dengan pakar kesehatan atau ahli gizi, sehingga stimulasi gangguan lambung maupun gangguan kesehatan pada kerongkongan dapat dihindari.

bagaimana tips merawat kesehatan kerongkongan
ilustrasi dari freepik

Penutup

Kerongkongan sebagai bagian dari sistem pencernaan, perlu kepedulian kita untuk merawatnya bagaimana agar tetap sehat. Sebab antar satu organ dengan organ yang lain di dalam tubuh saling berkaitan. Seperti yang akan rejekingalir.com bahas pada artikel selanjutnya yaitu “Bagaimana Cara Merawat Kesehatan Tenggorokan dengan Rutin?” Yuk, semangat merawat organ tubuh untuk sistem pencernaan sehat. 


Sumber materi:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16976-esophageal-disorders
  • https://www.alodokter.com/mengenal-fungsi-kerongkongan-dan-cara-menjaganya-agar-tetap-sehat
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/fungsi-kerongkongan-dalam-sistem-pencernaan

22 komentar

Komen Blog rejekingalir.com
dessy achieriny mengatakan…
Nah ini nih yang sering banget orang lakuin. Abis makan langsung tidur sambil main hp. Sepele tapi bikin banyak penyakit mulai dari situ.
Komen Blog rejekingalir.com
Arni mengatakan…
Sejujurnya saya juga kadang masih lieur membedakan fungsi kerongkongan dan tenggorokan. Setelah baca artikel ini jadi mengerti deh fungsi kerongkongan dan cara menjaganya. Luar biasa ya Tuhan menciptakan semua organ tubuh kita ini. Masing-masing memiliki fungsi berbeda yang sangat bermanfaat dan wajib dijaga dengan baik
Komen Blog rejekingalir.com
tantiamelia.com mengatakan…
Jadi ingat hadits yang isinya: Makan sampai kenyang sangat dilarang oleh Rasulullah SAW. Disamping karena hal tersebut terkesan menunjukkan bahwa seseorang itu rakus, juga karena dari segi kesehatan tidak baik untuk badan.

Nah kalau ibuku selalu bilang : JAMU : JA - galah MU - lutmu
insya Allah aman jaya
Komen Blog rejekingalir.com
Andiyani Achmad mengatakan…
Salah satu fungsi kerongkongan adalah untuk membawa makanan yang telah dihaluskan dari mulut menuju lambung. Nantinya, otot kerongkongan akan menghasilkan gerak peristaltik sehingga dapat mendorong makanan hingga sampai ke lambung.

 
Komen Blog rejekingalir.com
Nurul Sufitri mengatakan…
Nah, ini dia jadi lebih ngerti deh bedanya kerongkongan dan tenggorokan. Memang ada fungsinya masing-masing ya. Mesti kita jaga sebaik-baiknya agar kita senantiasa sehat dan jauh dari penyakit. Nah, aku kadang habis makan langsung rebahan. ternyata tidak boleh ya malah bisa membahayakan hhhmm besok-besok jangan lai deh. TFS.
Komen Blog rejekingalir.com
Andiyani Achmad mengatakan…
Menjaga kesehatan kerongkongan sangat penting untuk mendukung pencernaan yang optimal. Kerongkongan yang sehat membantu proses menelan makanan berjalan lancar dan mencegah masalah seperti refluks asam. Dengan memerhatikan kesehatan kerongkongan, kita dapat memastikan seluruh sistem pencernaan berfungsi dengan baik dan mengurangi risiko gangguan pencernaan.
Komen Blog rejekingalir.com
Catcilku mengatakan…
Baca esofagus, kok jadi ingat sarcofagus ya. Eh beda 🤭. Setiap bagian dari tubuh memiliki fungsinya masing-masing dan saling terhubung. Bila ada satu yang tidak beres, maka akan berefek ke bagian lainnya ya
Komen Blog rejekingalir.com
Siti Nurjanah mengatakan…
Ternyata kesehatan kerongkongan cukup erat kaitannya dengan lambung atau pencernaan
Memang klo ada salah satu yg kurang sehat akan berasa ga nyaman apalagi fatalnya juga kerap kali berdampak pada organ tubuh lainnya
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Kerongkongan merupakan organ berotot yang berperan penting dalam sistem pencernaan. Fungsinya adalah menyalurkan makanan dari mulut ke lambung. Menjaga kesehatan kerongkongan sangatlah penting untuk memastikan kelancaran proses pencernaan dan mencegah berbagai masalah kesehatan
Komen Blog rejekingalir.com
Tukang jalan jajan mengatakan…
Kerongkongan merupakan organ berotot yang berperan penting dalam sistem pencernaan. Fungsinya adalah menyalurkan makanan dari mulut ke lambung. Menjaga kesehatan kerongkongan sangatlah penting untuk memastikan kelancaran proses pencernaan dan mencegah berbagai masalah kesehatan
Komen Blog rejekingalir.com
AlineaLala mengatakan…
Kembali diingatkan tentang pentingnya tidak berbaring setelah selesai makan dan menjadi bagian dari cara merawat kerongkongan agar tetap sehat. Benar adanya satu organ dengan organ lainnya saling berkaitan, penting sangat buat menjaga kesehatan organ tubuh supaya tetap sehat. Makasih sudah diingatkan tentang menerapkan pola hidup sehat is key.
Komen Blog rejekingalir.com
Menjaga kesehatan tubuh terutama untuk kerongkongan memang gak kalah penting menurutku. Selain itu memilih asupan juga kunci supaya tubuh sehat ya dan efeknya untuk investasi kesehatan diri juga.
Komen Blog rejekingalir.com
Eri Udiyawati mengatakan…
Rasa gak nyaman banget tuh ketika asam lambung naik. Di kerongkongan kerasa banget, ya panas dan pahit. Udah gitu dada jadi kayak ikutan sakit.
Komen Blog rejekingalir.com
Lia Lathifa mengatakan…
Selama ini kaya sakit bagian dada, sendawa, kirain asam lambung naik, jangan-jangan ada masalah di kerongkongan. Bagian pencernaan yang ada tapi sering gak dianggap ada. Mantap nih artikelnya bikin melek kondisi tubuh.
Komen Blog rejekingalir.com
Nia K. Haryanto mengatakan…
Kerongkongan memanglah organ yang sangat harus dijaga banget. Soalnya sangat berperan besar dalam hal makan. Harus deh dijaga. Supaya kita tetap sehat dab menikmati hidup. Perlu diingat bahwa kerongkongan itu merupakan stempat terjadinya gangguan yang tgerjadi di dalam tubuh, terutama perut. Harus elalu dijaga deh ya pokokna mah
Komen Blog rejekingalir.com
I. Afrina Putri mengatakan…
Jadi keinget betapa tersiksanya kalau kerongkosangan udah sakit. Bawaannya pengen diam aja karena menahankan sakitnya itu
Komen Blog rejekingalir.com
lendyagasshi mengatakan…
Kalau dari sahabatku yang menderita GERD, rasanya memang sangat gak nyaman sekali. Dan penyembuhannya pun butuh waktu. Jadi menjaga kesehatan kerongkongan ini penting banget agar saat makan pun nyaman dan badan bisa menyerap nutrisi secara maksimal.
Komen Blog rejekingalir.com
Khoirur Rohmah mengatakan…
Catatan pokoknya kalau setelah makan
Wajib buat aktivitas yang kurleb 1 jam bisa rehat seperti santaian gitu
Diriku menghindari buat rebahan kalau jeda setelah makan gitu
Komen Blog rejekingalir.com
Tria TR mengatakan…
Kalau habis makan trus ngantuk banget, aku suka tidur sambil duduk. Pura-puranya lagi di perjalanan naik mobil atau kereta api. Hehehe.... Soalnya memang pernah baca kalau abis makan nggak boleh langsung rebahan.
Komen Blog rejekingalir.com
Siti Mustiani mengatakan…
Wahh satu lagi nih pengetahuan tentang kesehatan kerongkongan yang ternyata sepenting itu, meskipun cara menjaganya cukup mudah yahhh tapi tetap saja jangan sampai disepelekan.
Komen Blog rejekingalir.com
Risalah Husna mengatakan…
Awalnya aku pikir kerongkongan sama tenggorokan juga sama loh, eh ternyata beda toh. Baru tau juga si kerongkongan ini yang bisa bikin asam lambung yang rasanya sumpah ngga enak banget. Makasihh banget udah nulis artikel edukatif kaya gini mba fen
Komen Blog rejekingalir.com
Dewi Rieka mengatakan…
Ternyata nasihat jangan tiduran setelah makan tuh tidak hanya untuk menjaga kesehatan pencernaan tapi juga untuk kesehatan kerongkongan ya

friends

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network
KSB
KSB
BCC Squad
BCC Squad
KEB
KEB
Peserta BRT Network Growth Organic Periode April - Agustus 2024
Intellifluence
Intellifluence
Bplus
Bplus
Logo Komunitas BRT Network